wisata keraton pulau jawa

Liburan Seru Antimainstream, Wisata Keraton di Pulau Jawa Naik Kereta

Akhirnya, Pangeran bisa nulis konten lagi. Sebagai pembuka, kali ini Pangeran mau bicara soal kerennya wisata keraton di Pulau Jawa. Mari mulai ke pembahasannya.

Indonesia sangat kaya dengan warisan sejarah dan budaya yang sebagian di antaranya masih terjaga dengan baik hingga sekarang.

Salah satunya adalah keberadaan keraton-keraton di Pulau Jawa seperti Keraton Cirebon, Keraton Yogyakarta dan Keraton Solo yang masih bertahan di antara gempuran zaman dan modernisasi yang menggempur negeri ini.

Selain menjadi cagar budaya yang dijaga oleh pemerintah, kita juga harus turut melestarikannya dengan terus memperkenalkannya kepada anak cucu. Caranya? Dengan mengajak mereka liburan ke keraton-keraton ini tentunya.

Coba lihat jadwal kereta api untuk musim liburan mendatang. Kalau pas, masukkan pula Keraton Cirebon dan mari liburan keliling keraton dengan seru dan pastinya, antimainstream.

Tapi, ada apa saja sih di keraton-keraton ini? Simak di sini yuk…

Cirebon

keraton-kesepuhan-cirebon
foto: budayajawa.id

Tidak hanya satu, Cirebon memiliki tiga keraton yang semuanya memiliki ciri khas sendiri-sendiri. Yaitu Keraton Kasepuhan, Keraton Kanoman dan Keraton Kacirebonan.

Tiga keraton ini dulunya adalah satu kesatuan. Namun kemudian terpecah karena selisih pendapat dan sampai sekarang berdiri terpisah. Namun dengan jarak yang saling berdekatan satu sama lain.

Di antara tiga keraton yang ada di Cirebon, Keraton Kasepuhan adalah yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Selain ukurannya lebih luas, Keraton Kasepuhan juga merupakan yang tertua di Cirebon.

Namun jangan hentikan perjalanan di Keraton Kasepuhan saja. Setelah puas berkeliling di sini, lanjutkan jalan-jalan ke Keraton Kanoman dan Kacirebonan yang juga sangat menarik.

Setelah semuanya dijelajahi, sekarang waktunya cek info tiket kereta Jogja Solo dan lanjutkan perjalanan menuju Daerah Istimewa Yogyakarta terlebih dahulu.

Jogja

keraton jogja
foto: ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

Di antara kota-kota yang masih memiliki keraton di Pulau Jawa, hanya Yogyakarta yang sampai sekarang masih berstatus sebagai Daerah Istimewa yang puncak kepemimpinannya dipegang oleh Sultan dan diwariskan secara turun temurun.

Tidak hanya itu yang membuat Jogja jadi istimewa. Megahnya keraton yang menjadi tempat tinggal Sultan dan keluarganya pun juga amat mempesona.

Bangunan megah yang terdiri dari beberapa bagian dan sebagian di antaranya dibuka untuk umum ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, baik dari dalam maupun luar negeri. Pada waktu tertentu, ada pertunjukan kebudayaan di Keraton Jogja yang membuat liburan di kota ini menjadi semakin istimewa.

Tetapi, rasanya tak lengkap kalau sudah berada di Yogyakarta tetapi tidak mampir sekalian ke Solo. Dengan jarak kurang lebih 1 jam perjalanan dengan kereta api, lanjutkan perjalanan menuju kota yang juga dikenal dengan nama Surakarta ini.

Dengan jadwal kereta Jogja Solo yang hampir setiap beberapa jam sekali beroperasi, perjalanan menuju Surakarta dan Yogya bukanlah hal yang sulit dilakukan.

Solo

keraton solo
foto: pinterest.com

Ada dua keraton yang bisa kamu kunjungi di Solo. Yaitu Keraton Surakarta Hadiningrat dan Kasunanan Surakarta. Dua tampuk pimpinan di Solo ini dulunya adalah satu. Namun perang perebutan kekuasaan membuat keraton Solo terpecah menjadi dua.

Meski hingga kini masih berseteru, tetapi permusuhan dua keraton di Solo tidak mengganggu aktivitas wisata yang berlangsung di sana. Lupakan perselisihan anggota keraton, dan nikmati indahnya sejarah budaya Surakarta yang tersimpan di masing-masing keraton.

Sudah terasa serunya bukan?

Liburan dari Cirebon, lanjut ke Yogyakarta dan kemudian menikmati indahnya Solo dengan kereta. Setelah mendapatkan tiket ke Cirebon dan menuju Jogja, jangan lupa terus pantau jadwal kereta Jogja Solo agar perjalanan kamu jadi lebih nyaman.

Oke deh, gitu aja dulu. Selamat liburan…..

Pangeran Wortel

Blogger dari Kab. Bengkalis. Sukanya ngisi waktu luang untuk buat video, nulis di blog, desain feed instagram #bukanfakta dan kadang suka sendiri di pantai. Salam kenal..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.