Widget Penting Yang Harus Ada di Blog

Apakabar sahabat Wortel’s semua, semoga sehat selalu dan sukses terus. Kali ini penulis mau sharing tutotial lagi, setelah ditumpuk dengan kesibukan yang hampir berakhir, akhirnya diwaktu yang singkat ini, penulis mau mengajarkan tutorial yang dapat mempengaruhi rating dan ini salah satu teknik SEO yang tulisanwortel.com.
Seperti apa tutorialnya, yuk kita bahas.
1. Silahkan login Blogger.com – Dasbor > klik ‘Tata Letak’ Ikuti gambar dibawah ini :
2. Lansung cari bagian sebelah kanan, pilih ‘Tambahkan Gadget’ seperti gambar dibawah ini :
3. Jika kalian masih pemula, silahkan baca tutorial Cara Menambah Widget di Blog, setelah kalian faham, silahkan baca tutorial ini selanjutnya. Kita lanjutkan dengan memilih widget apa saja yang wajib ada di sebuah blog, apakah itu blog baru ataupun blog yang sudah lama, tapi ini terbukti di tulisanwortel.com
Silahkan cermati widget penting yang wajib ada di blog kita, karena blog yang cepat akan membuat pengunjung juga mencintai blog kita, kebanyakan blogger lupa akan itu, karena ada banyak jenis widget, sehingga hampir semua dipasang, meskipun itu gak ada pengaruhnya pada rating blog tersebut, disinilah penulis akan berbagi ke kalian semua, widget apa yang wajib ada di blog. Inilah 10 widget penting yang harus kalian miliki di blog:
1. Widget Search
Kotak Search
Seberapa besar kotak searching berpengaruh terhadap blog kita, tentunya sangat besar, jika sampai ada yang mereka cari dan melalui kotak pencarian yang kita gunakan, itu akan membantu kata kunci kita menjadi lebih populer dengan sendirinya, tanpa itu, rasanya kita bukanlah blog yang hanya tempat nulis saja, blog kita juga wajib dikenal oleh banyak orang, supaya apa yang kita tuliskan ada banyak orang yang rela meluangkan waktu banyak untuk membaca tulisan-tulisan kita. “Mulai sekarang silahkan dipasang ya.”
2. Widget Profil Singkat dengan Foto

Kalo dipikir, ini emang gak ada pengaruhnya, siapa bilang, tunggu dulu, foto diatas diberi nama ‘tulisan wortel’ dan deskripsi dibawahnya juga akan muncul di google sebagai kata kunci yang akan dihubungkan dalam pencarian, makanya kalo mau blog kalian cepet di index google, seringlah gunakan kata kunci pada cara-cara yang tulisanwortel.com berikan. “Dicoba ya.”
3. Widget Arsip Blog

Arsip blog adalah sebuah widget yang sangat memudahkan pembaca untuk mencari tulisan-tulisan lama kita, baik dari awal kita ngeblog hingga yang paling terbaru, meskipun tidak banyak yang menggunakan, tapi inilah teknik SEO yang baik dalam blog, google itu sangat senang dengan blogger yang memberi kemudahan akses para pengunjungnya. “So, langsung dipasang buat yg belom.”
4. Widget Berlangganan Melalui Email 
Kotak Langganan Email
Widget ini sering banget disepelekan para blogger, merasa cukup dengan rampingnya Alexa dan banyaknya pengunjung sudah cukup. Justru jika hingga ada yang rela berlangganan email dengan tulisan baru kita, itulah bukti kesetiaan para pengunjung kita, semakin banyak yang berlangganan, maka rating kalian juga akan dengan otomatis terus membaik. “Seneng bukan.”
5. Widget Profil G+ 
Widget ini memang yang paling ampuh membuat para pengunjung lebih dekat dengan kita, lebih akrab dengan kita, melalui akun jejaring sosial inilah kita bisa semakin dikenal baik blog dan kita sendiri. Menurut beberapa blog USA yang penulis baca, kebanyakan blog mereka menggunakan widget ini, karena untuk meningkatkan index dan backlink, siapa yang tidak mau backlink gratiskan. “Jangan lupa dicoba.”

Baca Juga : Cara Cepat Membuat Fanspage Facebook di Blog

6. Widget Follower Blog
Widget ini memang yang paling keren, selain berpengaruh kepada rasa kepercayaan, ini juga merupakan hal yang membuat blog kita semakin banyak pengunjung setia, karena ketika mereka menjadi follower blog kita, otomatis, setiap tulisan baru kita di blog, ketika mereka memiliki blog maka mereka juga akan mendapatkan pemberitahuan tentang tulisan-tulisan baru kita. Wajib deh ini dipasang.
7. Widget Total Visitor
Kebayangkan, jika setiap hari ada ratusan orang yang mengunjungi blog kita, seneng bangetlah. Ini sebenarnya tidak berpengaruh pada rating blog kita, tapi ini berurusan dengan kepuasan kita, bayangkan saja jika setiap hari angkanya terus berubah, penulis sendiri seneng banget. Bagaimana dengan blog kalian, sudah dipasang widget ini, jika belum, langsung dipasang ya.
8. Widget Populer Post
Ini penting bangetlah, bayangkan jika kalian punya tulisan selama kalian ngeblog dan itu terus ada yang membaca, jangan biarkan hanyak satu pengunjung yang tau hal ini, buat semua pengunjung tau tentang tulisan paling menarik yang pernah kalian buat. So, ini juga berpengaruh pada index yang dicintai google, memudahkan pengunjung menemukan sisi terbaik di tulisan kita.
9. Widget FanPage Blog
Jangan pernah takut untuk membuat fanpage blog kita sendiri, jangan takut tidak ada yang like atau apalah itu yang menjadi alasan, tapi kalian harus punya fanpage sendiri, karena jangan biarkan blog kalian hanya dibaca oleh pengunjung yang tidak sengaja kesasar di blog kalian, tapi buatlah mereka datang melalui apapun dan itu wajib kalian lakukan. “Sssttt, ini teknik SEO juga lho, langsung dipasang ya.”
10. Widget Statistik dan Online


Rasanya pengaruh kedua widget ini tidak terlalu besar ni? Ups, siapa bilang tidak terlalu besar, ini sistem backlink paling keren yang tulisanwortel.com punya, bukan ini saja, masih banyak teknik SEO yang bisa kita gunakan untuk membuat google terus mengindexs blog kita, tetep dipasang ya, selain membuat kita tau seberapa banyak pengunjung setiap hari, ini juga dapat meningkatkan gairah kita dalam menulis.
Apa yang kalian sudah dapatkan? Banyak, sedikit, atau sangat banyak, penulis berharap dengan sharing kali ini dapat membuat blog kalian semua cepat di index oleh google (pencarian terbaik). Untuk yang sudah menerapkan tutorial ini, jangan lupa isi unek-uneknya di komentar ya.

Enjoy!

8 thoughts to “Widget Penting Yang Harus Ada di Blog”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *