Tutor : Menyesuaikan Ukuran Foto di Header Blog

Sering sekali blogger tidak memperhatikan ukuran foto untuk header blognya. Memang bagi sebagian orang, penampilan blog bukan segalanya. “Tapi rapi itu enak dilihatkan??”

Untuk itu, tulisan wortel akan membagikan cara menyesuaikan ukuran foto header blog yang berlebih atau lebih tepatnya tidak seseuai dengan ukuran header.
1. Silahkan Login – Lanjutkan ke pilihan kotak segitiga kecil disamping kanan, kemudian pilih ‘Tempalate
2. Pilih Sesuaikan seperti gambar berikut : 
3. Pilih Sesuaikan Lebar dan perhatikan yang diberi kotak orange. Itu adalah ukuran yang akan kita sesuaikan dengan ukuran header yang kita buat. Ukuran yang akan kita gunakan yaitu Ukuran Keseluruhan Blog Misalkan pada blog tulisan wortel dengan ukuran 990 px. 
Klik untuk memperbesar
4. Ini rahasia yang harus kalian tau. Jangan gunakan ukuran 990 px yang menjadi contoh untuk membuat header. Karena, setiap blog bawaan blogger memiliki jarak 10 px dibagian kiri dan kanan. Artinya 990 px – 20 px = 970 px ukuran untuk Lebar header yang harus kalian buat. Namun, jika tidak ada jarak antar header kanan dan dikiri silahkan gunakan ukuran 990 px saja.
5. Cara menyesuaikannya jika sudah menjadi JPG atau gambar. Kalian dapat menggunakan software Photoscape : Edit – Resize – Ganti ukuran Width (lebar) sesuai dengan hitungan yang telah tulisan wortel ajarkan di tutor nomor 4. Ingat, jika pada kotak yang diberi warna merah tidak terikat, maka klik dahulu. Supaya tingginya otomatis menyesuaikan.
Klik untuk memperbesar
6. Upload foto header kalian dan selamat mencoba. Jika masih belum rapi, silahkan sesuaikan ukuran seluruh blognya kembali. Tapi ingat, jangan lebih dari 1000 px. Sering mambuat pembaca gak nyaman dengan ukuran yang terlalu lebar. 🙂
Semoga berhasil. Jika kesulitan, silahkan bertanya di komentar.

15 thoughts on “Tutor : Menyesuaikan Ukuran Foto di Header Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *