Inilah 9 Tips Rahasia Ngeblog untuk Blogger Pemula

Tips Ngeblog untuk Pemula – Hallo semua. Ketemu lagi bareng Pangeran. Ow, ya. Kali ini Pangeran gak akan membahas Harian Wortel dulu, tapi Pangeran mau bagi-bagi tips seputar dunia blogging.

 

Ya, mungkin ada di antara pembaca tulisanwortel ini pengen ngeblog, tapi masih bingung harus ngapain dulu. Kali ini kalian gak usah khawatir, Pangeran akan membagikan 9 Tips Dasar Ngeblog untuk Blogger Pemula yang harus kalian pahami sebelum kalian benar-benar memilih menjadi seorang Blogger.

 

Nah, beberapa waktu yang lalu, Pangeran sering mendapat pertanyaan seperti ini :

 

“Pangeran, ajarin ngeblog dong!!!”
“Pange, aku udah punya blog tapi gak tau harus mulai dari mana?”
“Pange, gimana sih, ngeblog itu?”
“Pange, kalo aku ngeblog kira-kira mantanku tau gak ya?’

 

 

Oke, pertanyaan terakhir agak curhat. Sebenarnya ketika ditanya pertanyaan seperti di atas, Pangeran sendiri bingung harus jelasinnya dari mana. Kalo dijelaskan semuanya, mungkin butuh banyak waktu untuk Pangeran menjelaskan semuanya.

Baca juga : 12 Kesalahan yang Sering Dilakukan Blogger Pemula

 

Jadi, kali ini Pangeran akan membagikan 9 Tips Dasar Ngeblog untuk Blogger Pemula. Berikut poin-poinnya :
  1. Tentukan tujuan dan nama blog
  2. Tentukan tema
  3. Pilih Platform
  4. Mulailah menulis
  5. Bagikan ke social media
  6. Blogwalking
  7. Motivasi dan ispirasi
  8. Desain dan SEO
  9. Jangan pikirkan uang

 

Mari kita bahas satu per satu.

 

1. Tentukan tujuan dan nama blog

 

Sebarapa penting, sih, tujuang ngeblog itu? Penting banget. Kenapa? Karena ketika kalian ngeblog tanpa tujuan, besar kemungkinan usia ngeblog kalian tidak akan bertahan lama. Belum lagi harus bertemu banyak hal-hal baru yang sejatinya akan menguras tenaga, waktu dan tentunya pikiran kalian.

tips blogging : tentukan tujuan dan nama blog

 

 

Setelah menemukan tujuan ngeblog untuk apa? Tentukan nama blog kalian. Saran Pangeran, jangan menggunakan nama yang sulit diucapkan, sulit dibaca dan sulit diingat. Buat nama sesingkat dan sesederhana mungkin. Hal itu akan membantu memudahkan pembaca mengingat nama blog kalian.

 

2. Tentukan tema

 

Tps Dasar Blogging : Tentukan Tema

Tentukan tema blog kalian akan membahas apa? Usahakan temanya yang memang kalian kuasai (paham). Jangan terlalu memaksakan untuk tema-tema yang memang bukan hal yang kalian senangi, karena kedepan kalian akan mengalami kesulitan untuk mengembangkan ide dari tema itu sendiri.

 

3. Pilih platform (layanan) untuk ngeblog

 

platform blog

 

Memilih platform sama halnya ketika kalian memilih provider jaringan. Ada banyak paltform tersedia di internet yang dapat kalian gunakan secara gratis, seperti : Blogger.com, WordPress.com, Tumblr.com dan lain-lainnya. Tapi, untuk kalian yang benar-benar masih pemula, saran Pangeran kalian dapat memilih Blogger.com karena fitur yang mudah digunakan dan diaplikasikan akan membuat kalian gampang membuat blog kalian terlihat menarik.
Baca juga : Cara Mudah Membuat Blog Gratis di Blogger

4. Mulailah menulis

 

tips blogging mulailah menulis

 

Untuk memulai menulis sebuah artikel di blog kalian, jangan terlalu takut dengan akan seperti apa tanggapan pembaca kalian terhadap blog kalian nanti. Jangan pikirkan bagian itu terlebih dahulu. Fokuskan saja membahas apa yang kalian pahami dari tema yang akan kalian bahas. Nanti, seiring berjalannya waktu, Pangeran yakin cara menulis kalian akan terus dan terus berkembang dan sampai ke titik di mana tulisan kalian akan selalu enak untuk dibaca.

 

5. Bagikan ke Social Media

 

tips blogging social media

 

Membagikan ke Social Media (Facebook, Twitter, Google+ dll) adalah cara promosi tercepat untuk memperkenalkan blog kalian. Untuk mendapatkan saran dan kritik mengenai blog kalian. Harapannya, ketika kalian sudah membagikan ke Social Media, kalian juga harus siap dengan konsekuensi untuk diberikan saran dan kritik. Ambil sisi positifnya supaya semangat ngeblog kalian semakin bagus.

6. Blogwalking (Berkunjung di blog lain dan meninggalkan komentar)

 

 

tips blogging : blogwalking

 

Istilah Blogwalking (BW) memang sudah menjadi bagian paling penting yang sering dilakukan oleh semua blogger. Entah itu pemula atau sudah master sekalipun. Blogwalking ini punya manfaat yang luar biasa terhadap perkembangan blog kalian.Dengan kalian berkunjung ke blog lain, tentunya kalian akan mendapatkan banyak hal, seperti : teman blogger baru, inspirasi untuk menulis selanjutnya, menjadi termotivasi untuk menjadi blogger konsisten dan banyak hal luar biasa lainnya. Intinya, blogwalking ini sangat bagus untuk dilakukan jika kalian masih baru memulai ngeblog dan ingat, ketika melakukan blogwalking, jangan lupa untuk memberikan komentar kalian terhadap tulisan blog yang kalian kunjungi.

 

 

7. Motivasi dan Inspirasi

 

Memiliki motivasi yang kuat dan didukung dengan Blogger yang bisa menginspirasi kalian, tentunya hal ini juga perlu kalian lakukan. Kenapa? Karena, menjadi blogger itu terkadang kalian akan mengalami semangat yang turun, ide yang tidak berkembang dan hal-hal lainnya yang akan menghalangi karir kalian menjadi blogger sejati.

 

tips blogging : motivasi dan inspirasi

 

Makanya, dengan kalian memiliki motivasi dan orang yang mengispirasi kalian, dalam keadaan apapun, kalian bersama diri kalian sendiri akan berusaha untuk melakukan yang terbaik.

 

Cuman, ketika kalian masih saja mengalami penurunan kualitas blogging kalian, coba kembali ke Tips yang pertama. Inget!!! Tujuan ngeblog dulu mau apa? Mudah-mudahan kalian bisa semangat kembali.

 

8. Desain dan SEO

 

Saat pertama membuat blog dulu, Pangeran tidak terlalu fokus membuat desain yang sebagus mungkin. Tapi, yang Pangeran utamakan adalah kerapian dari blog itu sendiri. Sejatinya, pembaca tidak terlalu membutuhkan seberapa bagus desain blog kalian. Tapi, seberapa berkualitas content/artikel yang kalian buat.

 

tips blogging : Desain dan SEO

 

SEO (Search Engine Optimization) adalah cara sebuah mesin pencarian menampilkan content yang paling baik dalam sebuah kata kunci. Jadi, intinya gini, SEO itu sebuah teknik untuk menampikan artikel kalian menjadi yang terbaik di halaman pertama. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa baca di bawah ini.

 

Tips Terkait

Apa itu SEO? – Pengertian dan Cara Menggunakannya

Banyak sekali (khususnya blogger pemula) tidak benar-benar memahami Konsep Dasar SEO dengan baik. Itulah kenapa Pangeran coba untuk membagikan pemahaman tentang SEO dengan versi yang ringan dan santai. Karena, anggapan yang salah selalu berangkat dari banyaknya penjelasannya yang terlalu rumit untuk dipahami.

BACA >

 

Tapi, justru menurut Pangeran banyak yang salah pengertian di sini. Jujur, saat memulai ngeblog di tulisan wortel, Pangeran tidak pernah memikirkan SEO. Kenapa? Karena yang terpenting adalah membuat content yang bagus. Kita membuat artikel bukan untuk robot yang ada di Google ataupun Yahoo, tapi kita menulis untuk Human (manusia). Jadi, buat kalian yang baru memulai, gunakan saja teknik dasar SEO seperti submit URL kalian di Google. Itu saja sudah cukup. Inget. Content adalah No 1.

 

9. Jangan pikirkan uang

 

Kenapa jangan Pangeran?

 

Bukan tidak boleh. Silakan saja memikirkan uang. Tapi, untuk membuat blog kalian bisa menghasilkan uang, itu bukan perkara mudah. Percalah! Nyari uang itu susah, guys, Butuh proses yang masih sangat panjang. Bedasarkan pengalaman dan pengamatan Pangeran, blogger yang diawal terlalu fokus mendapatkan uang dari blog, mereka akan hilang ditelan waktu. Emang mau, baru ngeblog 1 bulan terus putus asa gak mau ngeblog karena gak bisa menghasilkan?

tips blogging : uang

 

 

Nah, untuk mendapatkan uang, kalian jelas akan butuh waktu, tenaga, dan semua hal yang tentunya tidak bisa dihasilkan secara instan. Ingat, blog itu bukan Mie Instan. Blog itu seperti pohon yang memiliki buah. Untuk menghasilkan, kalian harus merawatkan dengan hati yang tulus, yakin, optimis dan konsisten.

 

Jangan lewatkan Tips Blogging lainnya :

 

Kesimpulan

 

Menjadi seorang blogger memang bukan pekerjaan yang sulit. Tapi, kalian juga harus tau, untuk menjadi blogger yang berhasil, kalian harus memahami semua bagian dari proses yang kalian akan hadapi. Mulailah dengan tujuan yang benar, supaya kalian tetap bisa bertahan dan membuktikan bahwa kalian suatu saat nanti bisa menjadi blogger yang sukses.

 

Yang jelas, fokus pertama ketika memulai ngeblog adalah terus belajar bagaimana membuat content yang menarik dan membuat pembaca merasakan manfaat dari apa yang kalian tulis. Teruslah berkarya, temukan gaya kalian sendiri. Jadilah yang terbaik.

 

Okelah, sepertinya itu dulu 9 Tips Dasar Ngeblog untuk Blogger Pemula yang bisa Pangeran bagikan kali ini, semoga kedepannya Pangeran bisa terus berbagi tips blogging ini untuk membantu teman-teman memahami arti menjadi blogger sebenarnya itu, seperti apa.Semoga bermanfaat. Pangeran Wortel pamit. See you..

 

Image by : 
  • tulisanwortel.com 

Pangeran Wortel

Blogger dari Kab. Bengkalis. Sukanya ngisi waktu luang untuk buat video, nulis di blog, desain feed instagram #bukanfakta dan kadang suka sendiri di pantai. Salam kenal..

52 thoughts to “Inilah 9 Tips Rahasia Ngeblog untuk Blogger Pemula”

  1. duit juga perlu dikirinkan itu biar bisa beli kuota jadi bisa ngeblog, atau gak ya bisa buat ke warnet. kalo bisa mah nyari gratisan aja.

    nama blog,hmmm.. nama blogku ternyata susah diinget, susah disebut, aneh diucapkan kayaknya susah semua dah.

    yang ke tujuh itu motivasi, kayaknya aku motivasinya bergelombang dan sigzag.

    nice post wor.

    1. Hahaha. Bukan duit gitu maksudnya di. Tetep perlu dipikirinlah, tapi maksudnya kalo ngeblog jangan pengen mikir gimana menghasilkan. Gitu..

      Nah, coba nanti kalo pindah ke dot com pilih nama yg gampang diingat.

      Makasih.. Semoga bermanfaat ya..

    1. Iya dong bro… Harus punya tujuan yang kokoh dulu. Biar kedepan gak gampang loyo ngeblognya.

      Bener. Pikir dulu gimana supaya banyak content dan isinya berkualitas. Terus belajar.

  2. Gue masih bingung yang ngeblog karna hobby itu gak bakal tahan lama, kenapa ya?

    Btw, tips"nya bagus bang, walopun content gue jarang yang bermanfaat, tapi mudah"an terhibur sih itu tujuan gue sebenernya.

    1. Hahaha. Karena bakal ketemu hobby baru Yog. Makanya, ngeblog karena hobby sebenarnya bagus aja, sih. Asalkan tujuannya tadi kuat.

      Orang bisa tertawa dari cerita yg kita tulis, itu udah manfaat lho Yog.. Jadi, jangan menyerah. Semangat berkarya..

    1. Tapi tetep Fan, tujuan itu penting. Nanti ngeblog lama gak ada tujuan, pasti bisa menghilang tiba2 itu..

      TUjuan juga jadi semacam arah untuk memotivasi kita. Karena, orang berhasil harus punya tujuan.

      Nah, setelah udah fix sama tujuannya, baru deh, buat konten yang banyak dan berkualitas.

  3. kalau buat gue pribadi sih lebih sulit konsisten untuk ngeblog, soalnya kadang suatu waktu punya ide yang banyak, tapi abis itu bingung mau nulis apa, akhirnya males ngeblog, blog jadi terbengkalai.

    1. Hem… Konsisten itu gampang kok, bro. Semua orang bisa melakukan itu. Kalo gak percaya, coba deh, baca 11 Cara menjadi konsisten di blog ini. Semoga bermanfaat..

      Semangat terus bro..

  4. Heru mah emang bedes, eh de best maksudnya. Buat yg mau mulai ngeblog kemarilah saudara saudaraku

    Kalau incess masih oon urusan SEO dan desain. Tapi don't worry be happy, yang terutama seperti kata2mu konten. Incess mau belajar lagi buat konten yang bagus biar makin sip!

    1. Hehehe. Bahasa Incess satu ini emang selalu beda dari orang lain. Yuklah, ke sini… 🙂

      Jangan bilang OON. Tapi belum mengerti. Nah, fokus aja dulu sama contentnya pit..

  5. btw,

    ya ampyunnnn mas, blognya keren bangetttt *minder aku*
    ilustrasinya juga kece2.
    seneng banget bisa berkunjung balik ke sini.

    btw, membalas komentar kok ga ada di tips? atau saya kelewat bacanya?

    oiya, makasih banyak kunjungan dan komentarnya.
    semoga saya bisa sering2 kemari. betahhhh… kece bangettt blognyaaa

  6. Banyak teman-teman gue yang dari kemarin nanya" ke gue, pit buatin aku blog lah. Gue kira menjelaskannya segampang yang gue bayangkan. Ternyata hadeuh.

    Akhirnya gue tahu postingan lo ini cocok dibagikan kepada mereka.

    Keknya ada satu lagi deh yg kurang. Blogwalking memang wajib dilakukan oleh blogger pemula. Tapi dimana mereka bisa mendapatkan refrensi untuk bw itu? Nah blogger pemula harus bergabunh setidaknya satu komunitas blogger. Seperti Blogger Energy contohnya.

    Disitu tempat yang cocok banget untuk saling BW dibalas BW. Dan melatih kemampuan menulis juga.

    Itu aja sih dari gue. Tulisan lo kali ini bagus bro.

  7. Boom! Luar biasa, pange.

    Setuju banget untuk blogger pemula jangan fokus desain dulu. Tapi lebih penting konten, nanti juga lama kelamaan klo udah konsisten bakal mikirin desain juga.

    Sama point penting tujuan dan BW. Disitulah asupan semangat ngeblog. Jadi jangan lupa bw ke blog gue ya. *malah promosi* ahahaha

  8. Dahulu sih pas pertama nge-blog gak terlalu mematok nge-blog dengan niche apa, yang penting gue punya blog dan bisa menulis apapun yang gue suka. Lambat laun aktifitas nge-blog jadi lebih seru :D.

    Nge-blog itu tiangnya tulis dulu, kalo gak nulis-nulis itu bukan blogger, haha 😀

    Postingan ini cocok sekali yang dirinya berminat utk membikin sebuah blog, dan cocok buat orang yang sering nanya "cara bikin blog gimana, ya?"

  9. yoi, semuanya dimulai dari "tujuan". mau dibawa kemana tema dan topik2 di blog, baru lah nanti bermain dengan gaya penulisan yang dirasa cocok. selanjutnya sih, tinggal blogwalking biar post nya makin sempurna sekalian silaturahmi sesama blogger. terus… konsistensi deh. Kalau menurut gue sih, kalau emang udah passion, nggak terlalu salah juga emang mikirin uang.. kalau udah passion kan enhak, tinggal digoyang dikit buat mikir gimana caranya dapetin uang. tapi kalau tujuan awalnya buat nyari uang padahal blogging itu bukan passionnya, ya bisa dikatakan itu blunder.

  10. Setuju sama tipsnya pangeran… Memilih tema yang dikuasai cocoknya untuk blog personal, biar nggak kehabisan ide entar ke depannnya… Dan bener juga, kalo mikirin uang mendingan belakangan… Toh, bisa seiring sejalan ke depannya, tapi nggak salah juga ada orientasi untuk ngasilin duit… hehehehe 😀

  11. untuk point yang SEO jujur aku masih belum paham, oke sih emang kalo kita fokus bikin konten, tapi kan blogger juga harus berkembang, pengin karyanya bisa dibaca banyak orang dan kemudian bisa menghasilkan uang, nah yang bagian itu aku belum paham, saran aja sih, bang…lain kali dibuka dong sesi penjelasan mengenai SEO gitu, heheheh

  12. Suka sama tulisan ini, karena mengingatkanku pada jaman baheula awal2 ngeblog wkwkwkkww
    Semua memang butuh konsep dan proses sih, mulai dari tema sampai duit. Alhamdulillah sih blogku udah bisa menghasilkan duit, tapi itu ga mudah.
    Untuk pemula, tulisan ini sangat cocok

  13. Gue sependapat sama analogi blog itu seperti pohon, kalo kita rawat dengan tulus, yakin, optimis dan konsisten, bakal menghasilkan buah yang bermanfaat (dan bagi gue, buah itu ga selalu uang). bener juga sih, rata-rata blogger yang terlalu memfokuskan diri untuk nyari duit itu bakal ga bertahan lama.

    btw, gue pribadi juga orang yang ga terlalu ribet mikirin desain blog yang mewah-mewah, cukup simple, rapih, dan ga berat itu aja sih, soalnya yang gue tonjolkan itu content, bukan desain dalam blog.

    abis baca tulisan ini jadi keinget jaman gue baru ngeblog dulu di tahun 2012, dan bingung harus mulai darimana hehehe, btw gambar ilustrasi nomer 2 sampe 6 itu ga match atau emang sengaja ya?

  14. poin 8 sama 9, ga pas sih kalo di masukin ke tips dasar buat orang yang mau mulai nge blog. ya krena gue pribadi, sampai sekarang juga ga paham itu maksudnya SEO, dan belum minat juga nyari duit disini. hahaha. tapi, kedepannya nanti, ga tau juga lah. ehe

    dulu gue sering banget sih tuh yang namanya promo lewat sosmed, tapi ya gitu kurang optimal. cara paling optimal ya, gabung sama komunitas dan juga sering'' bw sih

  15. Poun itu menurutku yang paling juara. Dan yang paling penting. Karena kalau nggak ada tujuan yang pasti, buat apa ngeblog. Trus kalau misalnya lagi males atau letoy semangat ngeblognya, tujuan kita ngeblog bisa bikin kita semangat lagi. Yeaaaaah. Bener gitu nggak sih, Pange? 😀

  16. tapi, Pange, gue ngeblog kayaknya gak ada tujuannya deh, cuma nyalurin uneg2 doang. udah gitu belakangan ini ada rasa "masa uneg2 kaya gini aja dipost sih?" wqwq

    alhamdulillah dari awal ngeblog sampai sekarang nga paham sama sekali sama SEO dan desain. makanya tampilan blognya itu2 aja.
    but, gue berusaha semampu gue buat konsisten ngepost baru. dan pdf nya Pange udah gue donlot, tapi belum sempet dibaca. tepatnya nga mau nyempetin sih. huh pemalas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *