9 Tempat Wisata Menakjubkan di Solo, Jawa Tengah

wisata kota solo

Solo, kota yang berada di Jawa Tengah dan lebih dikenal sebagai Kota Budaya. Hari ini, kita semua tau betapa masih pekatnya budaya yang ada di kota ini.

Kalau bicara sejarah, Solo pada masanya masuk dalam wilayah Kerajaan Mataram dan pernah menjadi pusat pemerintahan.

Namun semenjak ditandatanganinya Perjanjian Giyanti di tahun 1775, Mataram akhirnya terbagi menjadi dua, yaitu Kasunanan Surakarta dan Kasultanan Yogyakarta.

Selain tradisinya yang masih begitu pekat, Kota Surakarta ini memiliki banyak tempat wisata yang menakjubkan. Mulai dari wisata alam, sejarah, budaya dan edukasi yang cocok untuk tempat liburan.

Selama di Solo, kalian bisa menikmati perjalanan keliling Solo dengan menggunakan bus bertingkat Werkudoro, Kalian juga bisa menyusuri Sungai Bengawan Solo yang melegenda dengan perahu kayu.

Selain dua tempat di atas, ada banyak tempat lainnya yang bisa kalian kunjungi, berikut daftarnya :

1. Taman Sriwedari

Taman Sriwedari adalah Taman Hiburan Rakyat yang berada di Jl. Brigjend Slamet Riyadi, Sriwedari, Laweyan, Surakarta, Jawa Tengah. Kabarnya, tempat wisata ini dibuat sebagai tempat peristirahatan keluarga dari Kerajaan.

Berada di tempat ini, kalian akan mendapat sajian Atraksi Kesenian mulai dari Pertunjukan wayang orang, pentas musik dll.

Tidak hanya itu, buat kalian yang mau belanja. Tempat ini memiliki fasilitas Wahana Permainan Seri, Restoran dan Tempat penjual Souvenir.

Tempat ini dibukan mulai jam 10.00-22.00.

2. Kampung Batik Kauman

Buat Kalian yang penasaran gimana proses pembuatan batik “canting”, tempat ini cocok banget untuk dikunjungi ketika mampir di Solo.

Memiliki karakter warna batik yang cenderung warna gelap, Kampung Batik Kauman ini ternyata sudah banyak menjual produknya sampai ke luar negeri. Sampai-sampai banyak wisatawan asing datang ke Solo ingin menjadi pelanggan hasil dari Kampung Batik Kauman ini.

Keren bangetkan?

Kampung Batik Kauman terletak di Kauman, Pasar Kliwon, Surakarta, Jawa Tengah. Kalau dulu, kampung ini digunakan sebagai tempat untuk pembuatan kain batik bagi keluarga Keraton.

3. Pura Mangkunegaran

Pura ini dibangun oleh KGPAA Mangkunegara II dengan memadukan gaya tradisional Jawa dan sentuhan arsitektur Eropa pada tahun 1757. Tempat ini sebenarnya merupakan kediaman Sri Paduka Mangkunegara yang berbentuk seperti sebuah keraton kecil.

Selain Kalian dapat menikmati keindahan arsitektur bangunannya, Kalian juga dapat menyaksikan berbagai koleksi benda seni dan bersejarah yang masih tersimpan dengan baik, seperti : gamelan, wayang, maupun benda antik lainnya.

Konon, benda-benda antik itu dikumpulkan dari berbagai daerah seperti Madura, Yogyakarta, Bali, maupun Cirebon.

4. Pasar Triwindu Solo

Pasar ini dibangun pada 1939 sebagai bentuk peringatan 24 tahun Pemerintahan Mangkunegara VII. Di tempat ini, kalian dapat melihat aneka barang seni seperti patung batu dan kayu, uang kuno, radio lawas, senjata kuno, perabot rumah tangga, wayang, jam dinding, cangkir, mesin ketik, telepon tua, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jadi, kalau bingung mau bawain Souvenir unik dari kota Solo, mampir di pasar ini saja.

5. Keraton Kasunanan Surakarta

Keraton Kasunanan Surakarta adalah tempat bersejarah yang didirikan pada tahun 1744 oleh Susuhunan Pakubuwono II tepatnya di Desa Sala (Solo) yang kala itu berupa pelabuhan kecil di tepi Sungai Bengawan Solo.

Sampai sekarang, kompleks keraton ini masih berfungsi sebagai tempat tinggal Raja dan masih menjalankan tradisi kerajaan.

Di kompleks ini terdapat museum yang berisi benda-benda koleksi peninggalan kerajaan, termasuk berbagai hadiah dari raja-raja Eropa dan juga replika pusaka keraton, kereta kencana serta gamelan.

Ow, ya. Buat kalian yang mau berkunjung ke tempat ini, diwajibkan untuk mematuhi peraturan yang berlaku seperti tidak boleh mengenakan celana pendek, kacamata hitam, topi, sandal jepit maupun jaket.

Nah, Jika Kalian kebetulan mengenakan celana pendek maka dianjurkan untuk meminjam kain bawahan selama berwisata ke keraton.

Kalian juga tidak boleh merokok dan membawa makanan selama berkunjung di dalam kompleks keraton.

Keraton Kasunanan Surakarta ini terletak di Jalan Sidikoro, Baluwati, Pasar Kliwon, Surakarta, Jawa Tengah.

6. Agrowisata Sondokoro

Agrowisata ini berjarak sekitar 5 km dari kota Solo, tepatnya di Jalan Mangkunegara, Bojonegoro, Ngijo, Tasikmadu, Surakarta, Jawa Tengah.

Awalnya area ini adalah pabrik gula, namun kemudian dialihfungsikan menjadi objek wisata yang menakjubkan.

Suasana alam yang menyejukkan memang menjadi daya tarik yang luar biasa di tempat ini. Selain alam, Kalian juga dapat menikmati kolam renang dengan berbagai ukuran, spot untuk terapi ikan, pijat refleksi dan juga flying fox.

Buat yang mau upload foto baru di Instagram, terdapat monumen lokomotif yang bisa Kalian jadikan tempat berfoto yang keren.

Ow, ya. Jika kalian lelah jalan-jalan dan kesulitan mencari hotel di Solo, langsung cek saja pegipegi.com.

Kenapa harus memilih pegipegi.com Pangeran?

Alasan terbesar Pangeran menyarankan menggunakan pegipegi.com adalah fitur-fiturnya yang keren seperti :

Informasi Tentang Kota yang Kalian Kunjungi

fitur keren di pegipegi.com

Ini nih, yang Pangeran suka dari pegipegi.com : situs ini memberikan fitur informasi tentang tempat yang kalian kunjungi. Mulai dari Foto Hotel, Akses, Area Populer, Transportasi, Tempat Wisata, Kuliner, Catatan Penting dan Ulasan Hotel.

Paling bermanfaat adalah Ulasan Hotel. Jadi, sebelum kalian memilih hotel mana yang kalian suka, Pegipegi.com sudah memberikan fitur ulasan hotel yang dapat menjadi pembanding buat kita untuk memilih.

Selain itu, di Pegipegi.com kalian juga dapat memfilter Tarif Kamar, Bintang Hotel, Hotel Area, Fitur Hotel, Tipe Hotel yang sangat bermanfaat banget.

Jadi, sekarang sudah tidak bingung lagikan? Kalau mau pergi, cek pegipegi.com aja, ya…

7. Museum Batik Danar Hadi

museum-batik-danar-hadi

Tempat wisata ini menampilkan aneka macam koleksi batik dalam berbagai corak dari seluruh Nusantara. Baik berupa corak batik klasik, hingga kontemporer.

Selain dapat melihat aneka macam koleksi batik, di tempat ini kalian juga dapat melihat proses pembuatan batik.

Museum Batik berada di Jalan Brigjend Slamet Riyadi, Sriwedari No. 261, Laweyan, Surakarta, jawa Tengah.

8. Pandawa Water World Solo Baru

pandawa-water-world-solo-baru

Objek wisata ini diresmikan pada tahun 2007 dan dibuat dengan konsep cerita pewayangan, di mana pada beberapa sudutnya terdapat patung-patung.

Patung berukuran besar tersebut menggambarkan tokoh yang ada dalam dunia pewayangan, seperti : Arjuna, Nakula, Sadewa, Drupadi dan tokoh lainnya.

Tempat yang berada di antara Solo dan Wonogiri ini menyediakan 27 wahana permainan seru yang patut kalian coba.

Taman ini terletak di Kompleks Pandawa Solo Baru, Sukoharjo, Jawa Tengah.

9. Taman Balekambang

taman-balekambang

Memiliki luas area sekitar 10 Ha, Taman Balekambang ini sangat cocok untuk dijadikan tempat wisata keluarga di Solo.

Selain lokasinya yang hijau, bersih dan asri, pihak pengelola juga melepaskan beberapa satwa jinak yang bisa menjadi hiburan tersendiri bagi pengunjung.

Beberapa satwa tersebut antara lain adalah angsa, rusa, beberapa jenis ayam hias dan satwa lucu lainnya.

Objek wisata ini buka setiap hari mulai pukul 06.00-17.00 WIB dengan beberapa fasilitas taman yang cukup memadai.

Taman ini dapat Kalian temukan di Jl. Balekambang No. 1, Manahan, Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah.

—o0o—

Sebenarnya, masih ada banyak lagi tempat wisata di Solo yang keren dan menarik. Supaya makin lengkap, buat Kalian yang punya Rekomendasi Tempat Wisata Lainnya di Solo, jangan lupa tulis di kolom komentar.

Selamat jalan-jalan. Pangeran Wortel pamit, see you…

About Pangeran Wortel

Blogger dari Kab. Bengkalis. Sukanya ngisi waktu luang untuk buat video, nulis di blog, desain feed instagram #bukanfakta dan kadang suka sendiri di pantai. Salam kenal..

View all posts by Pangeran Wortel →

One Comment on “9 Tempat Wisata Menakjubkan di Solo, Jawa Tengah”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.