setting blogger

Setting Blog di Blogger Kalian Sebelum Dikirim ke Medan Perang

Setting blog (blogger/blogspot) kalian dulu, baru dikirim ke medan perang. Bukan setelah membuat blog, kalian langsung mengirim blog kalian untuk berjuang.

Masih ada banyak hal yang harus kalian lakukan.

Supaya ketika blog kalian dikenalkan kepada calon pembaca, blog kalian tidak dianggap belum siap terbit.

Sebelum mengatur setting blog, pastikan kalian sudah login ke akun blogger.com terlebih dahulu.

Mari mulai membahasnya.

Inilah pengaturan (setting) dasar blogger yang harus kalian lakukan :

1. SETELAN (SETTING) > Dasar (Basic)

setting dasar blogger

1a. Dasar

  • Judul : adalah nama dari blog kalian. Untuk mengubah judul blog Klik edit dan untuk menyimpan, klik simpan perubahan (save).
  • Deskripsi : adalah penjelasan singkat tentang apa saja yang kalian bahas di blog. Disarankan tidak lebih dari 500 kata. Untuk mengubah deskripsi blog Klik edit dan untuk menyimpan, klik simpan perubahan (save). Supaya tidak salah dalam membuat deskripsi, baca : cara membuat deskripsi blog yang menarik + contoh.
  • Privasi : adalah kebebasan yang diberikan oleh blogger.com tentang bagaimana blog kalian dicari oleh pembaca. Ada 2 pertanyaan tentang : Tambahkan blog Anda ke cantuman kami (blogger)? dan Biarkan mesin pencari menemukan blog Anda? Tentukan pilihan kalian pada opsi Ya atau Tidak. Untuk menyimpan, klik simpan perubahan (save).

1b. Publikasi

  • Alamat blog : adalah URL blog yang kalian miliki. Untuk mengubah URL blog, klik edit dan untuk menyimpan, klik simpan perubahan (save). Pada pengaturan ini, kalian juga bisa mengubah URL/Link blog dengan custom domain yang kalian sewa.

1c. HTTPS

  • Pengalihan HTTPS : adalah fitur baru supaya blog kalian bisa diakses dengan aman melalui HTTPS. Silahkan pilih opsinya Ya atau Tidak

1d. Izin 

  • Penulis blog : adalah sebuah fitur di mana kalian bisa mengelola blog lebih dari satu orang. Misalnya dalam 1 blog ada 5 orang yang akan mengelolanya. Untuk menambahkan penulis lainnya, klik + tambahkan penulis  setelah itu masukkan email penulis lain ke dalam kotak di bawahnya. Lalu klik Undang penulis. Nanti, penulis lain akan menerima email approve sebagai bukti mereka setuju untuk menjadi pengelola blog tersebut.Setelah diapprove, kalian bisa menentukan penulis lainnya sebagai Pengarang atau Admin.
  • Pembaca blog : adalah bentuk kebebasan kedua yang diberikan blogger. Fitur ini digunakan supaya blogger tau, blog yang kalian buat akan dibaca oleh siapa ?
    1. Publik,
    2. Pribadi – Hanya pemilik blog atau
    3. Pribadi – Khusus untuk pembaca tertentu.

2. SETELAN (SETTING) > Pos, komentar dan berbagi (Post, comment and share)

setting pos komentar dan berbagi blogger

2a. Pos

  • Tampilkan sebanyak mungkin : adalah fitur yang mengatur berapa banyak artikel yang ingin kalian tampilkan di halaman utama (homepage) blog kalian. Kalau Pangeran sukanya 3 post aja. Biar pembaca nggak scroll sampe galau karena kebanyakan. Ada 2 pilihan yaitu Postingan atau Hari.
  • Template entry : adalah fitur yang digunakan untuk mengubah tampilan postingan di blog kalian dengan menuliskan kode HTML khusus. Namun, jika kalian belum memahami tentang coding, sebaiknya tidak perlu diedit. Biarkan saja kosong.
  • Tampilkan gambar dengan lightbox : adalah fitur yang membuat gambar yang diklik oleh akan tampil dalam ukuran besar. Tapi masih berada di halaman yang sama. Dan jika gambar terdiri lebih dari satu, maka gambar tersebut akan ditampilkan dalam bentuk thumbnail di bagian bawahnya. Ini fitur yang bagus, sebaiknya pilih Ya. Jika kalian memilih Tidak, gambar yang diklik akan muncul pada halaman baru.

2b. Komentar

  • Lokasi komentar : adalah fitur yang mengatur di mana tempat untuk pembaca kalian mengirimkan komentar. Apakah di halaman yang sama atau di tab yang berbeda. Ada 4 option yang bisa kalian pilih : Tersematkan (tampil pada pos dan halaman), Halaman Penuh (tampil pada tab yang sama namun hanya menampilkan komentar), Jendela munculan (tampil pada tab baru), Sembunyikan (komentar tidak akan ditampilkan).
  • Siapa yang dapat mengomentari : adalah option yang dapat kalian gunakan untuk mengatur siapa saja yang boleh mengomentari blog kalian. Silahkan pilih salah satunya dari Semua Orang – termasuk Pengguna Tanpa Nama, Pengguna Terdaftar – termasuk OpenID, Pengguna dengan Akun Google, Hanya anggota blog ini.
  • Moderasi Komentar : adalah fitur yang digunakan untuk mengatasi spam yang masuk pada komentar blog. Saran Pangeran, sebaiknya pilih option Selalu. Supaya semua komentar benar-benar dapat difilter dengan baik. Tapi, jika kalian ingin memoderasinya tidak sering, pilih Kadang-kadang dan jika tidak mau memoderasi, pilih Tidak pernah.
  • Tampilkan verifikasi kata : adalah fitur yang digunakan blogger untuk membantu menghindari spam juga. Hanya saja, jika kalian sudah mengaktifkan moderasi selalu, maka verifikasi kata ini tidak perlu diaktifkan. Jujur saja, cukup mengganggu. Tapi semua kembali ke diri kalian.
  • Tampilkan Tautan Balik : adalah fitur yang dapat menampilkan link aktif pada komentar blog. Jadi, untuk menghindari link aktif yang mungkin tidak pantas untuk blog kalian, pilih option Sembunyikan.
  • Pesan Formulir Komentar : merupakan fitur yang sangat Pangeran suka dari blogger. Jadi, ini semacam notif yang ada di atas form komentar yang gunanya sebagai pesan etika berkomentar mungkin, alasan kenapa harus komentar, dsb. Contohnya bisa kalian isi : “Berkomentarlah yang sopan dan jangan buang waktu untuk melakukan spam. Terimakasih.”

2c. Komentar Google +

  • Gunakan Google+ Komentar di blog ini : merupakan fitur yang digunakan sebagai alternatif komentar dengan akun google +. Hanya saja, jika kalian memilih option Ya, komentar bawaan blogger tidak akan tampil. Tapi, jika kalian memilih Tidak. Komentar blogger tetap akan ditampilkan. Kelemahan fitur satu ini adalah loadingnya yang super berat. Sehingga, kadang blog yang menggunakan fitur ini seakan jadi males untuk berkomentar. Bahkan tidak jarang di jaringan tidak stabil, form komentar ini tidak dapat diload. Alias harus refresh berkali-kali

2d. Bagikan ke Google +

  • Bagi Otomatis postingan yang baru dipublikasikan ke profil Google+ Anda : fitur satu ini cukup dibilang baru. Zaman Pangeran ngeblog, belum ada fitur ini. Atau, Pangeran yang nggak sadar. Hehehe. Yang jelas, fitur ini ngebantu banget buat kalian yang pengen promo ke Google +, tapi waktunya nggak sempet. Makanya, fitur ini akan membantu kalian. Pilih Ya jika kalian ingin otomatis artikel baru kalian langsung publish di google +. Tapi jika tidak, pilih Tidak.
  • Ingatkan untuk berbagi setelah memposting : fitur yang ini nggak kalah keren dengan yang di atas. Fungsinya hampir sama.Tapi, fitur ini tidak melakukan publish otomatis. Melainkan fitur ini cuman mengingatkan saja. Jika kalian nggak ada yang mengingatkan (atau jomblo) fitur ini wajib di aktifkan dengan memilih Ya. hehehe. Nah, jika post baru tidak kalian buat otomatis publish ke google +, kalian harus aktifkan pengingat. Sebaliknya, jika kalian sudah aktifkan publish otomatis, kalian tidak perlu mengaktifkan pengingat. Kalau jomlo nggak apa-apa. 😀

3. SETELAN (SETTING) > Email

setting email blogger

3a. Email

  • Mempublikasikan entri menggunakan email  : adalah  fitur yang cukup menarik dan membantu kalian ketika punya ide, tapi takut hilang entah ke mana. Jadi, fitur ini bisa dicoba.Pangeran sendiri belum pernah nyoba, soalnya enak langsung di entry. Pada fitur ini, kalian boleh memilih 3 option yaitu : Segera publikasikan email, Simpan email sebagai draf entri dan Dinonaktifkan
  • Email Notifikasi Komentar : adalah fitur yang dapat mengirim setiap komentar yang masuk di blog kalian. Baik yang dimoderasi atau tidak sama sekali. Fitur ini bagi Pangeran sangat membantu. Karena, kapanpun tanpa buka blog, sudah tau siapa saja yang sudah mengirimkan komentarnya di blog kalian. Caranya tingggal masukkan email kalian dan klik Simpan Setelah (pada kanan atas) untuk menyimpan.
  • Email entri ke : jika fitur di atas mengirimkan komentar, fitur ini berbeda. Yang dikirim bukan uang miliaran. Tapi setiap postingan baru di blog kalian, akan langsung di kirim ke email. Jika sekiranya kalian menyukai fitur ini, silahkan masukkan email kalian dan klik Simpan Setelah (pada kanan atas) untuk menyimpan.

4. SETELAN (SETTING) > Bahasa dan pemformatan (Language and formatting)

setting bahasa dan pemformatan

4a. Bahasa

  • Bahasa : yang di maksud adalah bahasa pada akun blogger kalian. Kalian bisa memilih bahasa yang kalian suka dan mengerti.
  • Aktifkan transliterasi : fitur ini bisa kalian gunakan untuk mengonversi kata dari bahasa Inggris ke bahasa yang dipilih. Tujuannya, supaya bisa membantuk Google menyempurnakan fitur ini. Hanya saja, jika tidak penting, tidak usah dipilih option apapun.

4b. Format

  • Zona Waktu : adalah alat untuk menentukan di mana area kalian tinggal. Jika di Indonesia, kalian pilih option (GMT+07.00) Jakarta.
  • Format Header Tanggal : harus kalian tentukan akan menggunakan format yang mana. Format tanggal ini akan tampil di atas entry post.
  • Format Timestamp : sama halnya dengan yang di atas. Kalian harus menentukan format waktu mana yang ingin kalian tampilkan di blog.
  • Format Stempel Waktu Komentar : ini akan tampil di bagian komentar. Jadi, kalian juga harus menentukan format yang ingin kalian tampilkan pada kolom komentar blog.
  • Jika semua sudah diatur dengan baik, klik Simpan Setelan (Save Setting) untuk menyimpan.

5. SETELAN (SETTING) > Preferensi penelusuran (Search preferences)

setting referensi penelusuran blogger

5a. Tag Meta

  • Deskripsi : adalah deskripsi yang akan ditampilkan pada mesin pencari. Tentunya, kalian harus membuat deskripsi ini menjelaskan secara singkat dan tidak lebih dari 150 kata tentang isi keseluruhan blog kalian. Cara mengisi Tag Meta Deskripsi yaitu klik edit > pilih option yes > Isi deskripsi blog kalian > Jika sudah, klik Simpan Perubahan. Supaya deskripsinya lebih SEO dan menarik, baca panduan ini : cara membuat deskripsi blog yang menarik + contoh.

5b. Kesalahan dan Pengalihan

  • Pesan Khusus untuk Laman Tidak Ditemukan : fitur ini bagi Pangeran cukup menarik. Karena, kalian bisa bebas menyampaikan pesan dengan versi kalian jika ada pembaca kalian tidak menemukan apa yang mereka cari di blog kalian. Contohnya seperti ini :
    contoh laman tidak ditemukan
  • Pengalihan Khusus : ini juga fitur yang cukup keren. Fungsinya bisa kalian gunakan untuk mengganti permalink lama kalian menuju permalink yang baru. Untuk lebih jelasnya, akan Pangeran bahas di postingan lainnya. Karena pengaturannya cukup rumit.

5c. Perayap dan pengindeksan

6. SETELAN (SETTING) > Lainnya (Others)

setting lainnya pada blogger

6a. Impor dan Backup

  • Konten (halaman, postingan, & komentar) : fitur dari blogger ini, juga gak kalah keren dengan yang lain. Dengan adanya fitur ini, kalian jadi mudah dan tidak perlu takut kehilangan konten yang ada di blog kalian. Termasuk komentarnya sekalipun. Fitur ini juga dapat digunakan buat kalian yang nantinya mau pindah ke platform lain juga bisa. Caranya, jika kalian ingin memasukkan konten ke blog kalian, tinggal klik Impor Konten dan jika ingin menyimpan konten yang sudah ada di blog kalian, supaya tidak hilang, klik Backup Konten. Mengenai panduan lengkapnya, baca : cara backup konten (halaman, postingan & komentar) dan theme di blogger

6b. Hapus Blog

  • Hapus blog Anda : Banyak sekali yang sering bingung cara menghapus blog secara permanen di blogger. Inilah fitur yang sudah disiapkan oleh blogger. Cara menghapus blog kalian hanya dengan klik Hapus Blog dan blog kalian akan hilang dari dunia yang keras ini.. hehehe

6c. Feed situs

  • Izinkan Umpan Blog : sebaiknya kalian pilih option Singkat. Tujuannya supaya melindungi blog kalian dari tindakan Grab Content : Blog AGC (Auto Generated Content). Itu lho, blog yang suka secara otomatis mencuri semua postingan dari blog kalian yang juga terbit di blog AGC.
  • URL Alihan Feed Postingan : fungsi fitur ini untuk mengalihkan permalink di feed kalian menuju permalink yang kalian targetkan. Jika bingung, kosongkan saja.
  • Footer Feed Posting : fitur ini dapat kalian gunakan untuk menampilkan iklan di feed kalian dengan syarat Izinkan Umpan diganti menjadi Penuh. Tapi, jika takut error, mending kosongin aja.
  • Aktifkan Tautan Judul dan Tautan Lampiran : fitur ini dapat menambahkan opsi tautan judul dan tautan lampiran di editor postingan. Tautan judul memungkinkan untuk kalian menetapkan URL khusus pada judul postingan. Sedangkan, tautan lampiran digunakan untuk membuat podcast, MP3, dan konten lainnya yang ada di postingan kalian yang tetap dapat diputar di umpan seperti RSS dan Atom. Jika ingin mengaktifkan, klik Ya begitu juga sebaliknya.

6d. OpenID

  • URL OpenID Anda : fitur ini dibuat dengan tujuan supaya memudahan kalian mengarahkan pembaca lainnya menuju blog kalian. Pada bagian ini, tidak ada yang perlu kalian edit atau tambahkan.

6e. Konten Khusus Dewasa

  • Konten Dewasa : jika konten yang kalian buat di dalam blog memiliki unsur Dewasa (18+), sebaiknya pilih option Ya. Jika tidak dan bisa dibaca semua kalangan, sebaiknya pilih option Tidak.

6f. Google Analytics

  • ID Properti Web Analytics : fitur ini untuk memudahkan kalian memantau lalu lintas blog kalian menggunakan fitur keren dari Google Analytics ini. Namun, kalian harus mendaftar dulu supaya mendapatkan ID tersebut. Caranya bisa kalian baca pada panduan cara mendaftar dan memasang google analytics di blogger
  • Jika semua panduan sudah diatur, jangan lupa klik Simpan Perubahan. Supaya perubahan yang kalian buat tidak hilang.

7. SETELAN (SETTING) > Setelan Pengguna (User Settings)

setting setelan pengguna

7a. Umum

  • Profil Pengguna : pilih profil yang ingin kalian tampilkan pada blog. Apakah profil dari Blogger atau Google+.
  • Gunakan Draf Blogger : fitur ini cukup keren. Karena, kalian bisa menyimpan konten dan theme dalam bentuk draf. Caranya bisa kalian pilih option Ya. Tapi, jika kalian bingung, pilih saja option Tidak.

7b. Bahasa

  • Bahasa di blogger.com : bahasa yang dimaksud di sini adalah bahasa yang kalian gunakan pada saat kalian login ke akun blogger. Boleh sesuaikan dengan bahasa yang kalian pahami.

7c. Notifikasi Email

  • Pengumuman fitur : jika kalian memilih option Ya, maka setiap ada fitur baru yang blogger tampilkan, kalian akan mendapatkan emailnya. Namun, jika kalian merasa tidak perlu, pilih option Tidak.

—o0o—

Begitulah tadi panduan menyeting blog di blogger. Pesannya, Pangeran harap kalian membaca panduan ini dengan cermat, sabar dan teliti.

Supaya tidak terjadi kesalahan pada blog kalian. Selamat belajar.

Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *