Blog Haris Firmansyah : Blogger Jomlo yang Religius

Saya pikir, menulis itu selalu tentang bagaimana bisa membuat pembaca nyaman dengan tulisan itu. Ternyata tidak. Karena, saya pernah membuat seseorang nyaman tapi nyatanya saya ditinggal nikah. “April Mop!!!.”

Ini jelas canggung banget. Serius! Gue yang biasanya nulis materi dengan kata ganti orang pertama ‘Gue’ menjadi ‘Saya’ itu bukan pekerjaan mudah. Hanya saja, ini nggak berlaku bagi seorang Blogger Jomlo Religius yang satu ini. Namanya Haris Firmansyah. Blogger yang ternyata seorang Pangeran juga di Hirawling Kingdom. “Duh…. Keknya kalo gue sama bg Haris nyalon jadi Gubernur DKI, Pak Ahok makin galau ni….”

Buat yang belum tau, gue kenalin dulu, ya. Haris Firmansyah adalah seorang Penulis yang sudah memiliki 8 Karya dalam bentuk buku. Bg Haris juga memiliki Grup bernama Hirawling Kingdom yang sampe sekarang gue pengen gabung, tapi masih malu. Hirawling Kingdom itu terlahir dari beberapa penulis yang menjadi Kiblat bg Haris dalam membuat karyanya. Hirawling : Andrea Hirata, Raditya Dika dan J.K Rowling. Grup ini seperti tempat untuk orang-orang yang memang udah ngefans banget sama bg Haris dan karya-karyanya. Istilah kerennya Fanbase.

Meskipun sudah dikenal banyak orang dan sudah memiliki banyak fans, satu hal yang membuat kurang lengkapnya dari sosok bg Haris adalah MASIH BETAH SENDIRI (Sorry, bg. Capslocknya nyala sendiri). Entah apa yang sedang bg Haris rencanakan, tapi dari beberapa status yang gue baca. Bg Haris lebih tepatnya pengen langsung NIKAH. Biar gak ngerasain ditinggal nikah lagi. “Ukhuk.”

—o0o—

Sudah mulai kenal dengan bg Haris Firmansyah? Oke, gak lengkap rasanya kalo membahas tentang review blog, tapi cuman Ownernya aja yang gue bahas. Jadi, sekarang gue akan membahas tentang Blog Haris Firmansyah, Karyanya dalam bentuk Buku dan Fakta baru tentang Haris Firmansyah. Nah, biar gampang membahasnya, gue jadikan 3 bagian, ya.

1. Blog Haris Firmansyah

blog haris firmansyah

 

Tahun 2015 kemaren adalah awal pertemuan gue dengan blog Haris Firmansyah (Ciyeee Pangeran Wortel inget banget tahun pertemuan), pertemuan itupun bukan karena gue penasaran sama statusnya bg Haris, terus kita pacaran. Bukan gitu. Tapi, karena bg Haris ikutan gabung di Komunitas Blogger Energy. Semenjak saat itu, guepun jadi lumayan sering mampir ke blog ini.

Blog ini punya pembahasan yang menurut gue beda dari Blogger Pesonal pada umumnya. Pertama, penggunaan kata ganti orang pertama ‘saya’ yang menurut gue terlalu formal layakanya seperti mention akun pak SBY. Tapi, pandangan gue salah, bg Haris tetep sukses dengan Jokenya yang fresh meskipun menggunakan kata ganti orang pertamanya menggunakan ‘Saya’. Kedua, dari hasil suvei gue ke beberapa postingan di blog ini. 80% materinya selalu dikaitkan dengan mantan. “Lah, kok kita udah 2x samaan bg… Ciyeee… Apa kita???? :D”

Terus, kesan pertama Pangeran Wortel mampir di blog ini apa?

Kesan pertamakali mampir di blog ini, sejujurnya ya bg : Gue udah ngira bg Haris itu SOMBONG banget. Sombong yang gue maksud di sini dalam urusan komentar. Dulu, pernah gue komentar panjang tentang materi yang bg Haris tulis. Tapi, responnya cuman singkat banget. Bangetnya double dan karetnya dua. Ngebaca itu, rasanya pengen bisikin Asmaul Husna di telinga kiri bg Haris, biar dia makin sadar kalo hidup itu gak sesingkat balasan komentarnya. “Ukhuk.”

Cuman, makin ke sini bg Haris mulai sadar dan memperbaiki kebiasaan yang menurut gue kurang baik untuk dipertahankan dalam dunia blogger. “Terus pertahankan, ya bg.”

Terlepas dari respon singkat bg Haris tentang cara membalas komentar, gue tetep kagum dengan cara bg Haris menyajikan materi di blognya. Hampir semua postingan yang ditulis seperti sebuah paket lengkap. Ada seriusnya, ada ketawanya, dan ada juga pelajaran yang tak ada gunanya. Tapi, kadang ada sedikit yg berguna. Seperti postingan ‘7 Artis yang Tidak Boleh Baca Doa Puasa di SCTV’ di postingan itu bg Haris sukses banget membuat pembaca geli dan sampe capek ketawanya. Seperti artis yang pertama :

FATIN
Kenapa Fatin gak boleh bacain doa? Padahal dia jadi ikon muslimah remaja bertalenta abad ini. Simpel aja alasannya, karena Fatin suka tiba-tiba lupa lirik. Khawatir, waktu bacain doa, dia lupa niatnya, tapi hafal rasanya. Kalau lupa, dia bisa sedih. Kalau Fatin sampai nangis, emangnya Teh Ocha masih mau nenangin? Nggak. Kontrak Rossa sebagai mentor Fatin udah habis sejak X Factor season 1 tamat.Kalau Fatin nangis sewaktu lupa baca doa, gak mungkin Rossa ujug-ujug nyamperin, lalu meluk Fatin sambil bilang, “Kenapa nangis? Jangan nangis. Nanti puasanya batal, lho. Sinih, sama teteh. Udah, jangan sedih. Tuh, dimakan kolak pisangnya. Keburu anyep.”

Ada lagi postingan tentang ‘7 Orang yang Bisa Mengalahkan One Punch Man‘  : postingan ini gak kalah kamfretnya bikin rahang sakit seperti postingan di atas. Pertama ngeliat Anime One Punch Man, gue pikir gak ada lagi yang bisa ngalahin sibotak tengil itu. Tapi, logika bg Haris sukses membuat gue percaya kalo One Punch Man tetep bisa dikalahkan oleh orang no 7 :

CEWEK PMS
Saitama bisa mengalahkan musuh sekali pukul. Cewek PMS bisa membuat dunia hening dalam sekali bentakan. Jelaslah, siapa yang lebih superior di sini.

Masih tentang postingan di blog bg Haris, kali ini judulnya ‘7 Kemampuan Hantu Dalam Film Horor ini Berguna Bagi Kehidupan Sehari-hari’ (Yaelah bg. Kenapa harus angka 7? Mau ngelawan On The Spot?) : Awalnya, gue mikir pasti postingan ini sama gak bergunanya dengan 2 postingan di atas, tapi kali ini beda. Agak berguna. Dari kemampuan no 1-7, semuanya bermanfaat. Apalagi di bagian ke-7 :

TELEPORTASI
Dikisahkan dalam film-film horor, hantu bisa tiba-tiba muncul, bisa juga mendadak hilang. Kemampuan berpindah tempat ini disebut teleportasi. Teleportasi sangat berguna untuk pak pos dan pelaku Long Distance Relationship.Seandainya hantu mau meluangkan sedikit waktunya untuk mengisi seminar “Cara Berpindah Tempat Dalam Sekejap Mata”. Mungkin gak ada lagi pak pos yang kelelahan mencari alamat. Dan gak bakal ada pelaku LDR yang merasakan sesak di dada karena harus memendam rindu ingin bertemu.

2. Buku Haris Firmansyah

Selesai membahas tentang blog, gue akan lanjutkan ke karya bg Haris yang sudah dibukukan. Tercatat sampai tahun 2016, bg Haris sudah menerbitkan 8 buku (7 Buku Single dan 1 Buku Antologi). Serius, bg Haris adalah penulis yang produktif banget dalam urusan berkarya. Yang membuat gue paling salut lagi yaitu 6 Bukunya itu lahir sebelum bg Haris Punya blog. “Keren gak, sih?” Beda banget sama gue. Ngeblog udah 3 tahun, baru 1 buku Antologi yang berhasil gue miliki. Tapi, gue tetep bangga dan semoga bisa mencontoh semangat bg Haris dalam berkarya.

buku haris firmansyah

 

Sebenarnya, sebelum post ini gue buat, gue udah sempet nabung untuk beli salah satu buku karya bg Haris. Tapi, entah apa yang terjadi. Tabungan buat beli buku ini, selalu kalah dengan urusan perut sendiri. Walau begitu tragisnya perjuangan mendapatkan buku karya bg Haris, gue tetep akan membahas tentang masing-masing Blurb dari 7 Karya bg Haris itu. “Biar sama-sama penasaran.” Karya ke-8 gak gue bahas, soalnya angka 8 mengingatkan gue dengan……. Ahsudahlah. Skip.

1. Blurb Date Note (Penerbit: Bentang Belia, 2012)

Memoar korban cinta bertepuk sebelah tangan (disingkat: cybersetan) ini bener-bener bikin gemes. Dengan tampang minimal, Haris berusaha ngejar cinta sejatinya to the max!

Jatuh bangun Haris dimulai dari menjadi pengagum rahasia Cinderella, galau karena harus CLBK berkali-kali, kena karma kencan buta, labil ngejalanin LDR, sampai nekat nulis surat buat istri di masa depan!

“Sepenyok-penyoknya panci, pasti ada tutupnya juga.” Apa prinsip ini berlaku juga untuk kisah cinta Haris? Simak cerita konyolnya di buku ini!

2. Blurb Nyengir Ketupat (Penerbit: Ping!!! [Diva Press], 2013)

Buku ini adalah sebuah komedi religi berisi 30 catatan cacat dari seorang perindu Ramadhan. Selain berisi cerita lucu, ada juga penggalauan agamis, ceramah sok iye, tips ngaco, esai ngelantur dan tanya jawab ngawur.Merangkum macam-macam fenomena lucu selama bulan puasa. Isinya kadang mencerahkan, tapi lebih sering bikin gedor-gedor pintu kamar mandi. Mulai dari keruwetan menentukan awal bulan puasa sampai mencari alasan Bang Toyib tidak pulang saat lebaran. Dari SMS untuk Mamah Dedeh sampai SMS Mama Minta Takjil. Dari plesetan lagu Bimbo sampai surat cinta untuk juragan mercon. Bahkan, hasil wawancara absurd dengan keluarga setan bintang iklan kartu seluler pun ada di sini.

3. Blurb Cireng Forever (Penerbit: de TEENS (Diva Press), 2013)

“Astaghfirullah…, Bapak?!” pekik Tajudin kaget.

“Pak, ngapain nangkring di atas tower? Bapak mau coba ilmu kanuragan baru?”

Mendengar ada yang memanggilnya, Pak Solar melongok ke bawah. Dilihatnya Tajudin dengan wajah cemas seperti menahan pipis sedang melihat ke arahnya.

“Pak Solar, turun, Pak. Ini saya bawakan springbed, Bapak loncat saja!”

“Iya Pak, saya juga bawa tenda biru. Nanti kita nyanyi bareng Mpok Desi Ratnasari.”

Para tetangga tampak saling bersahutan membujuk Pak Solar agar turun. Tetapi, Pak Solar malah asyik makan ciplukan di atas tower.

Novel komedi cinta ini menceritakan jatuh bangun Tajudin dan ayahnya, Pak Solar, dalam berwirausaha. Diwarnai dengan drama asmara antara Tajudin, Nadia, dan Hannah.

4. Blurb All About Teen Idols (Penerbit: de TEENS (Diva Press), 2013)

Perjuangan seorang fans itu nggak semulus jidat Nabilah JKT48. Trus, mention-mention caper, tapi belum juga difolbek @zaynmalik. Bete banget pastinya. Niat nonton konser Super Junior, tapi di hari ‘H’ malah diajakin ke tempat laen. Pasti dilema tuh. Sewindu dukung Arsenal, tapi klub jagoan masih puasa ngangkat tropi, hadehh siap-siap di-bully lagi.Guys, buku ini hadir di tengah kegalauan para fangirl dan fanboy. Di sini dibeberkan cara fangirling yang sesuai syariah. Kamu juga bakal diajak comot hikmah dari kisah para selebriti. Dan telaah gaya hidup idola, mana yang boleh di-follow, mana yang fardhu ‘ain di-unfollow. Jangan sampe kebalik yak!

5. Blurb Good Hobby VS Bad Habit (Penerbit: Saufa (Diva Press), 2014)

Ketika remaja, temukanlah jati diri. Salah satu cara menggali kemampuan diri adalah cari tahu apa minat dan bakat kita. Lalu, salurkanlah minat dan bakat itu dalam sebuah hobi. Hobi yang baik akan membawa kita jadi pribadi yang baik.

Guys, seperti apa sih habit dan hobi kamu sehari-hari? Lebih banyak mana yang kamu lakukan? Yang membuat orang lain ngelus dada sambil beristighfar saking bandelnya kamu atau yang justru membuat orang lain ngangkat jempol sama attitude kamu.

 

Nah guys, sebagai remaja yang baik, udah waktunya deh kamu membentuk diri menjadi muslim yang selalu berpikir dan bertingkah positif. Dan tenang, Haris Firmansyah bakal bantuin kamu membentuk jati diri yang special bagi orang-orang di sekitar kamu. Chek this out!

6. Blurb 3 Koplak Mengejar Cinta (Penerbit: Wahyu Qolbu, 2014)

Kalo demi ngedapetin cewek, elo ditantang suruh kerja nyikatin gigi buaya tiap hari, mau nggak?? Orang normal pasti bilang, “TIDAAAK!!” Tapi buat 3 KOPLAK, jawabannya, “KENAPA TIDAAAK??” Yang penting bisa melepas status JOMBLO AKUT yang melekat pada mereka.

Tiga sahabat; Ardan, Ibam, dan Pasai sedang dalam misi mencari cinta sejati. Ardan, lebay dan labil; Ibam, pemuda ber-IQ jongkok dan over pede; dan Pasai, SANG PENCERAH JALAN KESESATAN. Ketiganya bersaing ngelepas status jomblo. Celakanya, mereka mengincar cewek yang SAMA. Hadeuuh… *Nepuk jidat!!

Belum beres masalah persaingan cinta, eh datang masalah baru. Mereka punya wali kelas baru yang STRICT dan udah bikin daftar siswa “BANDEL” yang terancam bakal nggak naik kelas. Lalu, gimana nasib 3 Koplak selanjutnya? Gimana dengan persahabatan mereka? Apakah mereka akan naik kelas? Gimana pula dengan masa depan kejombloan mereka? Buruan baca deh!!

7. Blurb Wrecking Eleven (Penerbit: Ping‼! (Diva Press), 2015)

Sepak bola menjadi titik balik kemampuanku setelah entah sudah berapa ratus kali kalah dalam pertarungan tazos, bayblade, maupun tamiya. Setelah menemukan passion itu, aku harus berjuang untuk bersama Bang Jep demi mencairkan tim sepak bola Garuda Baja yang sudah setahun dibekukan. Jatuh-bangun kami menghidupkan tim ini kembali…. Duh, kok jadi kayak lagu.

Persatuan dan kesatuan kami diuji ketika kekalahan dan hal lain menghampiri tim Garuda baja. Rupanya, strategi dan kemampuan saja tidak cukup dalam sepak bola. Kerja sama sangat dibutuhkan. Apalagi, setelah sebagian besar anggota ada yang dapat kontrak iklan sosis dan kacang atomlah, kumat main PS-lah, milih nemenin ceweknyalah, piala Walikota ini makin berat didapat. Kami adalah sekumpulan pejuang di lapangan.

“Di lapangan, kita satu tim. Di luar lapangan, kita sahabat!”

3. Fakta baru tentang Haris Firmansyah

Ngomongin Buku udah, blog juga udah. Saatnya gue membahas tentang Fakta. Pernah gak, sih, kalian mengamati kalo bg Haris ini jarang pake foto sendiri di Profilnya? Sebenarnya, alasan apa yang membuat bg Haris nggak mau memasang Foto Profilnya dengan wajah sendiri. Ini tentunya menimbulkan pertanyaan besar. Namun, setelah gue pelajari baik-baik, ternyata ini sebabnya :

Takut terkesan sok coolor.
Fakta baru Tentang Haris Firmansyah 1 by Tulisan Wortel
Ternyata cowok Korea yang mengispirasi gaya bg Haris. Pfffttt.

 

Biar orang tau kalo dulu pernah ikut Silat.

Fakta baru Tentang Haris Firmansyah 3 by Tulisan Wortel
Kok beneran mirip ya bg. Padahal gak sengaja nemu di Google

 

Kalo ngantuk, tinggal merem.

Jadi, mungkin inilah cara bg Haris membagi waktu Istirahatnya. Sambil foto sekalipun bisa nyambil tidur. 😀

 

Biar kelihatan unyu tapi jiwanya sangar.

Mungkin yg baju item itu ekspresi bg Haris pas tau ternyata dia ditinggal Nikah. Pfffttt…

 

Fakta tentang Bahasa Tubuh bg Haris

Menurut Merdeka.com – “Pada situasi yang serius, isyarat ini bisa berarti bahwa teman atau orang yang Anda ajak bicara tidak setuju dengan pendapat yang Anda kemukakan. Kemungkinan ini lebih besar jika orang tersebut menjauhkan tubuhnya dari Anda, misalkan dengan bersandar.


Di sisi lain, jika situasinya cukup nyaman, isyarat ini berarti bahwa teman Anda sedang berpikir dengan serius. Menyilangkan kedua tangan di depan dada bisa membantu dua sisi otak untuk berpikir.”


Jadi, kesimpulan mengapa bg Haris jarang memasang foto profil dengan wajah aslinya, besar kemungkinan karena bg Haris adalah orang yang pemalu. Sehingga, ketika difoto, bg Haris harus menyilangkan tangannya untuk menunjukkan bahwa dia sudah tidak nyaman dengan kesendiriannya. “Makanya bg, cepet nikah sana..”

 

—o0o—

 

Begitulah sosok seorang Haris Firmansyah dan kiprahnya di dunia Blogger. Buat gue yang masih belajar ini, sejatinya merasa salut banget dengan konsistensi dan produktivitas seorang Haris Firmansyah. Nggak cuman dalam urusan menulis buku, tapi tentang semangatnya dalam menulis materi di blog. Untuk itu, sebelum gue tutup, gue mau mengucapkan selamat ulang tahun yang Pertama untuk Blog Haris Firmansyah, semoga kedepannya makin sukses dengan semua impiannya dan jangan lupa selalu berikan semangat menulisnya kepada blogger yang lain. Sebagai penutup, mungkin inilah kado sederhana yang bisa Tulisan Wortel berikan (Semoga suka ya bg):

Untuk huruf ‘G’ gue menggunakan Mata Uang Ringgit Malaysia. Selain itu, Mata Uang Rupiah.

Terimakasih buat kalian yang sudah mau membaca postingan ini sampai selesai, semoga bg Haris bisa menjadi orang yang mengispirasi kalian dalam berkarya kedepannya. Nah, buat kalian yang mau lebih tau tentang bg Haris, silahkan kunjungi Blognya di sini. Oke, sepertinya itu dulu yang bisa gue bagikan. Pangeran Wortel pamit.. See you..

Image by Google.com
Thanks to Harisfirmansyah.com

80 thoughts on “Blog Haris Firmansyah : Blogger Jomlo yang Religius

    1. Iya, dibah. Pangeran kalo nulis emang selalu didasari niat. Biar apa yang ditulis juga bisa membuat pembaca gak ngerasa materi yg ditulis terlalu buru-buru. 🙂

      Makasih doanya dibah… 🙂

    1. The best gimana ki? Review lo bagus lho…

      Aminn ya Allah. Makasih doanya ki. 🙂

      Hahaha, gue jarang makan bakmi. Palingan makan nasi kasi kecap udah seneng. :'(

    2. Ya punya lo lengkap banget bang, keren deh.

      Jangan nasi kecap doang bang, kasih garam juga dong. Abang kan makan garamnya lebih banyak di dunia blog di banding gue.. hehe

  1. Bahahaha. Bang Haris pernah bilang soal Batman yang punya segalanya tapi nggak punya pasangan. Kayaknya Bang Haris terinspirasi dari Batman deh, Pange. Makanya dia MASIH BETAH SENDIRI. *capslock ikutan nyala sendiri*

    Ini reviewnya lengkaaaaap dan keceeee. Segala ada blurb novelnya 😀 Trus itu foto-foto yang diedit, kayaknya upaya balas dendam ya, Pange? Karena Bang Haris pernah anuin fotonya Pange yang alis naik sebelah itu? Eh hahaha. *langsung siapin buraq buat kabur*

    Sukses deh buat Pange. Moga menang yak. Ini postingan pake usaha banget :'D

    1. Mungkikah sosok baju Hitam itu Batman cha??? XD Yang tabah ya bg Haris..

      Punyamu lebih kece kali, cha… Kurang lebihnya gitu cha. hahaha. Iya, Roasting balik. XD

      Makasih doanya cha.. Amin.. ya Allah..

  2. Jomblo langsung nikah buat ngehindarin zina kali yah bang haris haha. Tapi di do'ain lah supaya cepet-cepet dapet jodohnya dan langsung menikah segera hihih

  3. Niat emang gak pernah menghianati hasil. Saya akui Heru niat banget bikin foto saya disandingin beragam makhluk. Lucunya tuh di situ! 😀
    Oke, impas ya roasting-nya. Hahaha.

    Btw, saya jadi gak enak karena sering gak bales komen di blog. Kalaupun bales, cuma ala kadarnya. Hahaha. Tapi mulai kemaren saya coba bales satu persatu komen semampunya. 😀

    Ngomong-ngomong, duit kamu banyak juga, Her. Bagi dong. Ada ringgit segala. "Malah malak"

    1. Tumben bener openingnya pake Quote gini bg? lagi bener ya? 😀

      Alhamdulillah bg. Gue kalo ngerjain sesuatu apapun diusahakn dengan niat yg tulu. 🙂 OKe.. IMPAS. *Tos!!*

      Tapi, wajar aja sih, bg. Mungkin kareng bg Haris jugakan punya kesibukan. CUman, gue kenalnyakan dulu. Gue kira siapa??? gitu. Eh, rupanya udah penulis terkenal. 🙂

      Hahaha. Sini-sini bg. Gue kasih… Nih, ambil. *Nyodorin undangan mantan 😀

  4. Komplit banget bang bikin review nya. Mantap!!
    Haha, Kirain beneran foto silat itu fotonya bang Haris, taunya nyari di google toh. Kalo dibawah fotonya nggak ada keterangan pasti percaya aja. Ko bisa mirip gitu ya..

    1. Harus complate, dri. Biar pembaca juga jelas siapa Haris Firmansyah ini. 🙂

      Hahaha, gue juga awalnya cuman iseng nyomot. Eh, pas disatuin. Kok bisa2nya sama… XD

      Mungkin itu orang ke-2 setelahbg Haris yg wajahnya sama. XD

    1. "TERNIAT SEPANJANG MASA?" Aduh… masih banyak yg lebih niat lagi laili. Pange mah, apa atuh.. :X

      Duit sendiri dong.. Tahun kemaren baru dari sana. Jadi, masih ada sisa dikit. Buat kenang2an. 🙂

  5. MasyaAllah. Ini review bukan sembarang review. Bener-bener luar biasaaaa Pange.
    Semuanya dibahas habis. Mulai dari postingan blog, buku bang Haris, foto, makna gaya foto juga. Hahhahaaa

    betewe, aku dlu juga ngira kalo bang Haris itu sombong. Hahahaaa. Iya alasannya sama kayak Pangeran. Kalo balesin komen suka singkat. Kayak pake hp esia hidayah. Irit. Tapi lama-lama bang Haris udah merubah balasan komennya yg singkat kok. Hehheheeee

    Ngakak mulu makin ke bawah bacanya. Apalagi gaya fotonya bg Haris disama-samain gitu. Hahahahaha ada ada aja ih Pange.

    Seniat itu bikin tulisan HBD buat bg Haris. Wkwkwkw
    Itu duitnya kasih juga dong ke bang Haris, Pange. 😀

    1. Duh… wulan sampe takjub gitu.. 🙂 Makasih lan. 🙂

      Iya, lan. Biar lengkap. 🙂

      Nah… benerkan, ya? Tapi, ternyata dugaan kita (Ceilee kita) memang salah ya lan. Mungkin karena bg Haris itu sibuk dan banyak kerjaan. 🙂

      Hahaha, gue aja geli sendiri nulisnya lan. XD

      Jangan dong lan.. Itu buat tabungan masa depan. XD

  6. Waaaaahhh, lengkap nih. Meskipun belum punya bukunya Haris, bisa aja ngakalin pake blurb. :))

    Kayaknya review gue doang yang nggak ada pembahasan Haris pake kata ganti "Saya". Ahaha.

    Her, bagi duitnya dong. Yang biru aja gapapa deh. Gak perlu yang ringgit. Emaap malah salah fokus. 🙁

    1. Duh.. Gue mah, apa yog.. Bisanya cuman ngakali. :'(

      Tapi, kemaren keknya ada yog? Apa gue lupa ya?

      Hahaha, bagi duit mulu lo yog. Kerja sanah. Hehehe. Itu Tabungan yog… 😀

  7. Itu duit asli semua? Tebel banget isi dompet Pangeran. Ehehe

    Gue juga salut, lho, sama Bang Haris. Tulisannya selalu kocak dan konsisten. Bener-bener jadi panutan dan teladan buat kita-kita, nih. Kita jangan mau kalah. Ayo, gulingkan bang Haris. *lho, malah provokasi*

    1. Iyalah rob. Masa pake duit Monopoly… -__-

      Iya, rob gue juga salut. Yoi, emang patut banget buat jadi patokan kalo mau nulis komedi. 🙂 Ayooo… Gelindingkan dia di jalanan. XD

  8. Whaaaa… lengkap bangeet….!!

    Kayaknya semua bakalan kalah sama cewek PMS ya.. -_-

    Panjat tower sambil makan ciplukan kayaknya menarik buat dicoba.. eehh..

    Ikutan salut sama bang Haris deh pokoknya.. yang punya buku lebih dulu daripada blog 🙂

    1. Iya, rum. Biar pembaca juga bisa mengenal baik sosok bg Haris ini. 🙂 Hahaha.

      SIlahkan dicoba rum. kerusakan fisik ditanggung pengguna. XD

      Iyakan rum. Bisa punya buku sebanyak itu. Duh… kerenlah pokoknya.

  9. Wah. Langsung jatuh cinta sama bukunya.
    Hahahhahaha.
    Dari blurb buku-nya sudah menarik.

    Btw, Semoga menang GA-nya Bang Haris, Pange.

    Kirain yang G itu dari uang Soekarno-Hatta.
    Nggak lihat tulisannya. Fokus ke warnanya. heheheehehe

  10. lah,, bukannya haris firmansyah itu pacarnya vindy putri,,?
    gue juga kadang suka ngintip blognya, meski pake "saya" tapi jokesnya dapet, ko bisa kepikiran bikin bercandaan kaya gitu. hemm mungkin otaknya bang haris agak absurd, haa

  11. WTH? Diumur yang belum dibilang tua itu, udah nyiptain 8 buku? Mungkin gue perlu nanya ke dia, tips supaya bisa produktif gitu dalam menulis buku.

    Btw lo niat banget nyeritain tentang Bang Haris. Tapi sipp banget dah 🙂

    1. Santai bro.. Gak usah segitunya. 😀 Yoi, bg Haris emang ketje kalo soal nulis buku gini. Yaudah, mampir aja di blognya, siapa tau jodoh. 🙂

      Wajib bro. Karena, sesuatu yang diawali dengan niat, akan lebih dimudahkan. 🙂

  12. Wah… Udah lama kenal sama haris, sejak dia belum punya buku trus sekarang udah kayak secepat kilat… wuzzzz bukunya udah banyak dan gue jadi malu… #tutupmuka karena belum punya buku sendiri…

    Kalo bahasa "Saya" itu kayaknya udah jadi ciri khasnya si Haris, waktu nulis catatan ramadhan di note fesbuk dari awal kenal sampe sekarang masih konsisten pake "Saya"

    Kerenlaaah… Semoga suatu saat bisa tukeran buku, entah kapan buku gue bisa terbit.

    Reviewnya juga keren, Pangeran… 😀

    1. Serius Erni? Wah… artinya dirimu lebih kenal bg Haris dong, dibanding gue.. Gue mah, apa.. XD

      Gue doakan, semoga Erni bisa segera punya buku sendiri. Amin.. 🙂

      Iya, Er. makanya, menurut gue itu cukup unik untuk diperbincangkan. Halah

      Aminnn… Tukeran sama Pangeran Wortel juga, ya.. 🙂

      MAkasih kerennya .. 🙂

  13. Lengkap amat ulasannya bang, jadi ngiri nih. Iya, sih bang Haris emang punya ciri khas yang khas banget. Selalu membahas mantan dan selalu menyampaikan kegelisahannya lewat guyonan yang bikin orang ngakak~

    1. PUnya lo juga lengkap hul, Malahan udah punya bukunya. Lah gue?. Nggak usah ngiri gitu hul.. 🙂 Sama-sama berdoa supaya bisa mendapatkan juara yg sudah ditentukan oleh Owner Blognya. 🙂

      Yoi, bg Haris emang punya karakter yg kuat di Komedi.

  14. Iya nih nulis blog paka ganti "saya" rasanya gimana gitu ya. Bang Haris nyebut dirinya sendiri pangeran di Hirawling Kingdom, bang Heru nyebut dirinya sendiri pangeran di negeri wortel. Kesimpulannya semua orang adalah pemimpin bagi dirinya sendiri (?)

    Wih itu keren banget sampai ada fanbasenya gitu..
    Ehm.. ngidol sesuai syariah gitu ya. Jadi pas nonton dedek-dedek nari pakai rok mini nyebut "Astaghfirullah" tapi tetep dilihatin gitu ya? Leh uga caranya.

    Keren lah reviewnya, dari blognya, bukunya sampai orang-orangnya sekalian direview. Kenapa gak sekalian isi rumahnya apa isi dompetnya gitu direview?

    Semoga sukses ya.. 🙂

    1. Yoi ki, rada sedikit formal. Tapi, formalitas itu justru yang membuat bg Haris jadi beda dari Blogger yg lain. 🙂

      Asek.. Quote lagi ni Semua Orang adalah Pemimpin bagi diri sendiri.

      Tumben lo bener gitu ki? XD

      Iya, ki. Fanbasenya udah berdiri lama banget. Mungkin fansnya juga udah bejibun. 🙂 Kalo soal itu, gue gak tau ki. Tanyain orangnya langsung aja. XD

      Karena gue gak serumah ki. Dan karena bg Haris bukan Istri gue. Jadi, dompetnya adalah miliknya. Kalo Istri, barulah Dompetmu, dompetku juga. XD

      Makasih doanya ki..

  15. Ups, jangan salah, saya juga termasuk blogger personal yang konsisten dengan penggunaan kata "saya" lo?

    Hahaha.

    Saya suka cara Pangeran Wortel menyajikan tulisan.

    Begitu detail, begitu terperinci.

    Beda dengan saya. Semangat naik turun 😀

    Saya beruntung masuk komunitas Blogger Energy. Di sinilah, saya bertemu dengan orang-orang hebat.

    Bloger Energy nggak ada rencana bikin KOPDARNAS?

    Pasti seru tuh 😀

    1. Gue emang selalu salah bg Yon. Kan cowok. Hahahah. *Ciyee samaan dengan bg hari…

      Makasih bg Yon, semoga gak suka sama saya ya? XD Becanda bg.

      Semangat naik turun itu biasa bg. Laut yang dalam aja, ada pasang surut. Jadi, tetep nikmati aja apa yang abang mau lakukan.

      Sama bg. Gue juga bersykur banget diterima dan menjadi Bagian di BE. KAGUM + BANGGA BANGET.

      Wacana sudah dibuat bg Yon, hanya saja realisasinya masih dibincangkan. Doakan ya… Segera.

  16. Aku juga ngikut salut jug sama sosok Mas Haris Firmansyah. Produktif banget yaa dalam menulis. Jadi memang dia udah nelurin 6 buku terlebih dahulu baru bikin blog, keren. Blognya pun juga masih baru satu tahun ini.

    Renyah banget yaa joke nya, meskipun make kata ganti orang pertama 'saya'. Aku aja yang make kata ganti orang pertama 'saya' jarang bisa bikin joke yang renyah kayak Mas Haris.

    Tapi btw, ini bener-bener review yang kece banget, Masbroo. Lengkap banget. Bahkan ada riset dari merdeka.com segala hehe. Ini diikutkan yang giveawaynya Mas HAris itu ya? Good luck deh 😉

    1. Iya, zam. 6 Bukunya terbit sebelum punya blog. Canggih bgt ya?. 😀

      Nah, itu dia zam. Meskipun pake kata ganti orang pertama 'saya' jokenya tetep pecah semua. XD

      Wah.. makasih zam. Hahaha, biar kesannya gak bohongan. 🙂

      YOi, ini ikutan GA bg Haris..

  17. Asik si pangera wortel mengerti sekali dengan seluk beluk bang haris. Jangan jangan kalian…….? Ciyeeehh!

    Gue juga salut syekalehhh dengan bang haris ini. Terlebih tau karya karyanya. Ajegile buku solonya banyak banget. Gue satu aja gak ada ada. Boro boro satu, otline aja ga kelar kelar hahaha *eh, malah curhat*

    Ternyata gitu, ya pangeran, sebelum punya blog bang haris bahkan udah eksis dalam urusan terbit menerbitkan buku. Mungkin kita harus minta tips produktif dari blio.

    Anyway itu epilognya cakep pangeran. Kok kepikiran ya pake duit gitu. Kalo gue mah…duitnya gak ada hahaha

    1. Harus dong… Sesama Pangeran harus saling peduli. XD Tapi, gak sampe gitu juga Fah… -_-

      Hahaha, makanya buat Outline sanah. Masa' iya, outline doang gak kelar2. 😀

      Iya, fah. Jadi, bg Haris emang udah punya nama sebelum dia buat blog. Jadi, wajar aja setelah dia ngeblog, bisa rame pembaca. 🙂

      Itu Epilog ya? GUe aja gak tau namanya. Cuman tau buatnya. Hahaha, nih gue pinjemin.

  18. Makanya bang Haris cepet nikah dong, jangan galau mikirin mantan terus wkwkwk

    Kalau aku pake kata 'saya' nulis di blog, jatohnya ga enak dibaca kesannya malah jadi alay. Tapi kok mas Haris engga? Apa sarannya? Bagi-bagi bisa kelesss..

    Pange, itu gaya mas haris keren ya? Cool-cool dingin gimana gitu, aduh ku gemas *apalah apalah deh gua* Bukunya udah banyak, keren lagi… Kok bang Haris keren terus ya? Tapi sayangmasih aja jomblo :p

    1. Hahahaha. Iya nad. Saran yg bagus itu..

      Lah, kenapa bisa alay nad? Keknya justru malah formal deh… Serius..

      Iya… Bg Har emang keren mulu di blog ini. Hahahaha

  19. ngeliat postingannya heru kali ini kayak udah firasat kalau heru bakal menang, iya menang her. udah fix dah ini, soalnya reviewnya niat dan keren!

    jadi bang haris pingin cepet2 nikah? udah bang sini taarufan yok bang, hahahaha *kedip manja*

    her, bagi2 lah tu duit, banyak bener. belom dapet nih dari om, mau beli lipstik nih.

    1. Duh… Pipit mulai main firasat ini.. Amin ya Allah.. Makasih doanya pit. Yang lain juga keren lo pit..

      Hahahaha. Kenapa cuman pipit yg ngodein bg Haris dari puluhan komentar yg masuk.. Ciyee pipit mulai kesemsem sama bg haris..

      Hahahaha. Itu duit tabungan pit. Sekarang udh jadi milik bank. Heheh. Ealah… Nanti Om kirim ya.. "Malah jadi om-om."

  20. wuanjiiir, lengkap banget yak.
    itu beneran udah nerbitin buku sebelum punya blog? asoy banget gila. pengen juga gue. semoga gue ketularan semangat beliau lah untuk bisa jadi manusia yang produktif. amin

    tapi itu dia beneran jomblo, bang?
    tapi kok kayaknya cocok gtu sih sama elu ya, bang heru. kalian ga coba deket''an aja dulu. siapa tau cocok kan. siapa tau loh. kan masalah hati ga ada yang tau.
    *eeeeh

    bang heru kapan tuh, mau nerbitin buku kayak bang haris gitu?

    1. Ahamdulillah zi. Iya beneranlah zi. Masa iya bohongan. 😀 AMin…. semoga cepet buku lo kelar ya ji. 🙂

      Iya zi. Bg Haris masih jomlo. XD BUset… kenapa gue dibawa2 buat dipasangan sama bg Haris? -_-

      Doakan tahun ini zi. 🙂 AMin…

  21. ALLHAMDULLILLAH !! Akhirnya gue tau wajah asli dari Bang Harris dari roastingan ini.
    Eh ini roasting pa bukan sih bang pang ?? Isinya kebanyakan ngangkat sih. Ahahahaha

    8 BUKU ??? Wadadadidaduy. gue tau bang Harris bukunya banyak, tapi nggak nyangka kalo udah 8 buku ??
    Perlu diundang ke seminar nih kayaknya beliau (beliau?)

    1. Akhirnya… Tau jugakan siapa bg haris ka? Gak pake konsep itu ka. Gue mah, nulis konsepnya Review aja. 🙂 Masih newbie soal nulis komedi.

      Perlu ka. Diundan ke acara Wiridtan gitu. Pasti bg Haris seneng.

  22. Tulisan reviewnya rancak banget, semua bagian saling mengikuti satu sama lain. Belum lagi blurb-blurb semua bukunya dikasihj juga, perihal soal bukunya haris, sampai saat ini hanya sebatas menyimak hasil reviewan orang doang.. Belum punya bukunya :/

    Dari 23 tahun, saya cuma satu buku, itu pun buku satu-satunya dan masterpiece, yakni Buku Skripsi :')

    1. Alhamdulillah kalo gitu fan. Gue berusaha ngasi yang terbaik disetiap karya gue. Biar semuanya lengkap dan bermanfaat. 🙂 Sama fan, gue juga belum punya. Mudah2 bisa segera beli karyanya ya.

      Hahaha, gue udah dua fan. XD

  23. Openingnya kayag beneran dari hati nih pangeran, ngak apalah bang biar orang yang ninggal pangeran nikah sekarang bisa sadar dan kembali lagi ke pangeran. hehehe

    diliat dari reviewnya keren banget bang, mengulas lengkap tentang bang haris. meski ngak bisa beli buku tapi ngak apa pakek blurb, eehh blurb itu apaan sih bang kok banyak yang nyebut begituan.

    bang haris beda seperti penulis biasanya yang awalnya berawal dari blog dulu baru itu menulis buku. bang haris juga produktif dengan 6 karya singlenya, semoga ngak single terus bisa jadi double dengan dia. melihat tokoh favoritnya juga keren-keren mulai dari bang andrea sampai bang radit.

    keren deh buat bang haris, dan semoga bang heru juga bisa nyusul kesuksesan bang haris,, eeh bang heru kan udah sukses. jadi gue ajah semoga bisa mengikuti bang haris dan bang heru 😀

    1. Hahahah, jangan gitulah. Kasihan nanti.XD

      Wah.. jadi cuman dilihat aja ni rud? Gak dibaca gitu? Hahaha. Oww Blurb. Nih, gue jelasin :

      "Blurb adalah penjelasan singkat tentang isi di back cover buku yang telah terbit. Tujuannya jelas untuk menarik minat baca dan keputusan membeli pembaca. Jadi, blurb harus dibuat semenarik dan semenggelitik mungkin."

      Udah ngertikan?

      Aminnn ya Allah. Semoga gue bisa nyusul ya rud. 🙂 Hehehe, semoga lo juga bisa segera tercapai semua cita2 lo ya bro..

  24. wah, lengkap ya reviewnya, terutama dibagian yang membedah karya haris di point ke dua. gokil. iya juga ya, kata ganti orang pertama saya di blog doi nggak mengurangi esensi jokes nya. dengan kata lain, ngejokes dengan kata ganti yang sopan :))

  25. gara2 banyak angka 7 7 an yang spertinya cool-or, aku jadi penasaran mampir blog H. siap2in tukang urut juga kalo misal rahang pegel.
    berani2nya bilang dua postingan sebelumnya gak berguna lagi. apa banget pangeran ini 😀

  26. komplit banget review nya. gokil!

    emang kampret joke nya bg haris. bikin ngakak banget. keren lah!

    dari bg haris juga gue untuk pertama kalinya dapet sense komedi walau dengan menggunakan kata "saya" sebagai orang pertama.

    moga menang ya pangeran hihi. komplit beud dah! kece!

    1. Makasih bg nurul. Eh, bg Yoga. XD

      Iya bg. Jokesnya bg Haris itu kadang sederhana banget, tapi bacanya geli-geli gitu. XD

      Yoi, serasa canggih aja ya bg. Pake saya tapi masih dapet komedinya.

      Aminnn bg.. Makasih doanya…

  27. Kocak abis review-nya. Ini banyak memuji Bang Haris sekaligus menjatuhkan hahahaha. Kasian Bang Haris.

    Aku pernah main ke blognya beberapa kali. Tau juga beliau (((beliau))) penulis. Tapi aku kira karyanya yang 3 Koplak itu aja. Habis kayaknya itu yang paling terkenal ya. So far aku salut banget deh dia bisa nulis produktif. Keliatan dari jarak terbit bukunya yang nggak jauh-jauh. Duh Bang, gimana sih cara jaga konsistensi nulis?

    Dan soal blognya emang bikin ngakak banget. Aku pernah baca yang Fatin itu. Sampe bercucuran air mata pas beres baca. Gila 😀

  28. bang haris emang mirip artis korea. dia sebenanrya segrup sama smash cuma dia menagambil jalur solo dan nggak mainmusik tapi main layangan.

    lengkap banget nih reviewnya ru.. KEREN lah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *