5 Potensi Blog untuk Generasi Muda

potensi blog untuk generasi muda

Semakin maju teknologi saat ini, sudah saatnya buat sahabat wortel semua memahami potensi blog untuk generasi muda yang akan datang. Dulu, Pangeran berpikir bahwa blog bukan sebuah jalur yang patut ditempuh untuk mengenalkan karya yang Pangeran buat selama ini.

Tapi, ternyata setelah 10 tahun menggeluti dunia blog. Baru sadar kalau saja sudah kenal blog sejak SD, mungkin akan Pangeran kembangkan sampai saat ini. Tapi, tidak ada kata terlambat. Kebanyakan hanya alasan tidak bisa nulis, bingung harus mulai dari mana dan bla bla bla.

Ada hal yang perlu kalian tau. Bahwa memulai blog bukan hanya tetang menulis, membagikan tulisan atau hal lainnya. Tapi, memulai blog ada tentang memahami peluang yang bisa kalian dapatkan kedepannya.

Makanya, di konten kali ini Pangeran ingin berbagi beberapa potensi blog untuk generasi muda yang sudah melek teknologi.

Apa itu Blog?

Sebelum kita membahas potensinya. Alangkah baiknya kita mengenal lebih dekat tentang istilah blog itu sendiri. Blog atau dikenal dengan ‘web blog’ adalah situs web yang menggunakan daftar kronologis dari postingan blog.

Kalau bahasa sederhananya, blog diartikan sebagai catatan online yang bisa diakses oleh siapapun, kapanpun dan di manapun.

Nah, makin maju era teknologi. Blog digunakan berbagai fungsi yang tentunya sangat menjadi luas. Awalnya dari sebuah catatan online, sekarang kiprah blog justru menjadi sumber informasi bagi banyak orang. Dan melalui blog, banyak orang sudah terbantu dengan membagikan pengalamannya melalui tulisan di blog.

Bahkan, blog menjadikan era baru dari penyampaian sumber informasi dengan cepat.

Buat sahabat wortel yang ingin membuat blog. Tidak perlu bingung lagi harus mulai dari mana. Karena, sekarang ada banyak sekali platfrom yang menyediakan fitur untuk blog. Contohnya yang banyak digunakan seperti blogger.com yang dimiliki oleh Google.

Kalian cukup menggunakan akun Gmail saja, sudah bisa mendaftar sebuah blog dan fiturnya yang sangat mudah digunakan.

Tapi, jika kesulitan dalam membuat blog. Kalian bisa membaca konten ini : panduan membuat blog.

Potensi Blog untuk Generasi Muda

Pada dasarnya, blog bisa dimiliki oleh siapapun. Orang tua sekalipun bisa. Namun, Pangeran kali ini ingin berfokus untuk mengingatkan generasi muda untuk terus produktif membangun industri kreatif di era ini.

Melalui blog, diharapkan generasi muda bisa menemukan potensi besar yang tentunya akan berguna untuk orang lain di masa depan nanti.

Baik, berikut adalah gambaran potensi blog untuk generasi muda masa kini :

  1. Meningkatkan kemampuan Menulis
    Sudah menjadi sebuah keharusan yang pasti. Memiliki blog ternyata jauh lebih besar manfaatnya dalam memahami dunia kepenulisan.

    Karena, setiap Pangeran membuat konten di blog ini. Akan terjadi hal baru yang positif dalam hal menulis. Tanpa sadar, semakin sering kalian membuat konten untuk blog. Potensi menulis kalian akan jauh lebih baik dari sebelumnya.

    Jujur saja, awal mula membangun blog ini. Ada banyak tanda baca, penggunakan kata dan hal lain yang tidak pernah Pangeran pahami. Apalagi perihal EYD. Sekarang jadi banyak tau.

    Bahkan, dulunya tidak tau bagaimana membedakan tulisan yang enak dibaca, sekarang jadi tau banget bagaimana membuat tulisan yang mudah dipahami oleh orang lain.

    Kuncinya, tulisan itu mudah dipahami buat diri kita dulu. Kedepannya tentu orang lain juga akan mudah memahami. Usahakan, menyampaikan tulisan di blog dengan gaya bahasa yang mudah dipahami dan dekat dengan pembaca.

    Dengan begitu, pembaca juga akan nyaman untuk membaca konten yang kita buat sampai selesai tanpa tertinggal satu katapun.

    Memang, untuk mencapai itu sebuah butuh proses. Hal yang wajar, karena tidak ada yang benar-benar instan di dunia ini.

  2. Membangun Personal Branding
    personal branding blog

    Mungkin, kalian yang membaca konten ini juga tidak yakin bahwa blog bisa membangun personal branding kalian jadi lebih baik.

    Tapi, kenyataanya memang begitu. Blog yang dapat diakses oleh siapapun dan di manapun yang bisa akses internet. Menjadi sebuah peluang besar untuk kalian mengenalkan Siapa diri kalian sebenarnya.

    Bahkan, tidak sedikit pengusaha besar yang sukses rela membuat sebuah blog demi untuk membangun personal brandingnya menjadi lebih kuat.

    Dan sebuah bocoran, buat kalian yang ingin mulai kerja dari rumah, blog sangat berpotensi menjadi nilai besar kalian dalam proses penerimaan pekerjaan. Karena, Pangeran sudah membutikan dari beberapa orang yang memiliki blog.

    Jauh lebih mudah diterima daripada yang tidak. Tapi, sekali lagi. Ini bukan tolak ukur mutlak. Ini sebagai tambahan supaya kalian punya catatan lebih ketika memiliki blog.

  3. Media Promosi
    Blog yang awalnya menjadi tempat untuk catatan pribadi. Saat ini sudah punya banyak fungsi hebat yang merupakan potensi blog paling patut diamati. Media Promosi.

    Jika kalian memiliki sebuah blog dan pembaca yang banyak, akan sangat besar blog kalian diajak kerjasama oleh brand untuk mempromosikan produk mereka melalui blog kalian.

    Tentunya, tidak hanya diajak kerjasama, kalian pastinya akan dibayar melalui promosi produk tersebut.

    Jadi, jangan heran kenapa banyak generasi muda saat ini menggeluti blog sebagai bentuk memahami peluang bahwa blog dapat digunakan sebagai media promsi yang cukup efektif.

    Alasan lain yang Pangeran pelajari. Sebuah blog itu seperti membangun sebuah kepercayaan dengan pembacanya. Dan ketika pembaca setia sudah komitmen untuk selalu menunggu karya kalian.

    Pastinya, mereka juga tidak sungkan untuk membeli produk yang kalian promosikan. Begitulah hebatnya potensi blog yang harus kalian pahami.

  4. Membangun Relasi
    network potensi blog

    Potensi blog inilah yang paling Pangeran kagumi saat ini. Awal mulanya tidak percaya bisa punya teman di seluruh pulau yang ada di Indonesia ini. Bahkan, ada beberapa pembaca setia dari negeri Malaysia, Jepang dll yang asli Indonesia.

    Sampai hari ini masih setia membaca blog ini dan menunggu setiap tulisan dari Pangeran.

    Tentunya, membangun relasi sangat penting. Apalagi jika kalian memiliki bisnis. Dengan adanya blog, kalian bisa membangun networking yang lebih luas dari tempat kalian tinggal.

    Bahkan, gara-gara blog. Pangeran jadi sering banget diminta untuk mengisi acara tentang blog dan beberapa poin penting dari blog itu sendiri.

    Gak kebayang. Dari sebuah blog, bisa mendapatkan relasi seperti saat ini. Lalu, generasi muda seperti kalian bagaimana?

  5. Mesin Uang yang Hebat
    uang dari blog

    Jujur saja. Setelah mantep untuk membeli domain berbayar tulisanwortel.com. Pangeran mulai berpikir untuk membangun blog ini semakin besar lagi. Dengan harapan supaya blog ini bisa menghasilkan.

    Setidaknya, bisa untuk membayar biaya per tahun dari domain ini. Ya syukur-syukur bisa lebih. Lumayan buat beli bakso.

    Ternyata setelah benar-benar memahami peluangnya, tepat 2 tahun setelah membeli domain. Blog ini mulai menghasilkan.

    Terus, bagaimana cara mendapatkan uang dari blog ?

    Ada banyak cara yang dapat kalian tempuh untuk membuat blog menghasilkan. Tapi, beberapa cara ini yang paling sering dan sudah Pangeran coba terapkan di blog ini.

    a. Job Review

    Cara ini banyak sekali ditempuh oleh blogger (sebutan nama pemilik blog) untuk menghasilkan uang dari blog. Memang, cara ini tidak bisa dijadikan patokan akan ada produk setiap hari yang kalian review.

    Tapi, pada dasarnya jika kalian sudah membangun kepercayaan baik dengan brand tersebut, mereka juga tidak akan sungkan untuk bekerjasama kembali dengan blog kalian.

    b. Artikel Placement

    Sama halnya dengan cara yang pertama. Namun, cara ini disebut cukup mudah. Karena, pemilik blog sudah dibuatkan konten oleh brand dan pemilik blog hanya tinggal mengedit sesuai kebutuhan gaya bahasanya serta terakhir mempublishnya di blog.

    Sangat mudah. Tetapi, biasanya bayaranya terbilang kecil dibandingkan dengan kalian mereview produk tersebut sendiri.

    c. Affiliate

    Cara ketiga ini paling banyak juga ditempuh oleh blogger. Sistem ini bisa disebut penyambung tangan.

    Artinya, pemilik blog mempromosikan produk orang lain. Kemudian ketika terjadi penjualan, maka blogger tersebut akan dibayar. Begitu sistemnya.

    d. Jualan Produk

    Selain tiga cara di atas, alangkah baiknya jika kalian punya produk sendiri. Sangat berpeluang besar jika kalian punya produk sendiri.

    Karena, sebagai pembaca mereka juga sebagai konsumen kalian kedepannya.

    e. Google Adsense

    Ini adalah cara terakhir menghasilkan uang dari blog. Teknik ini memang tidak mudah didapatkan.

    Karena, cara ini harus melalui beberapa proses setuju dan tidak setuju. Jika akun kalian disetujui, kalian adakan mendapatkan penghasilan bermata uang dolar melalui Iklan kerjasama dengan Google ini.

Penutup materi potensi blog untuk generasi muda

Memahami potensi blog untuk generasi muda memang perlu dilakukan. Karena, potensi ini memiliki peluang yang besar untuk terus dikembangkan.

Buat kalian yang masih awam tentang blog atau yang sudah memulai membuat blog. Ayo sama-sama semangat memberikan feedback positif supaya blog kalian terus tumbuh dan dikenal oleh banyak pembaca baru di luar sana.

Sepertinya itu dulu materi potensi blog untuk generasi muda.

Pangeran wortel pamit. See you…

About Pangeran Wortel

Personal guide blogger sejak 2010 dan suka membahas tips blogging, desain blog, belajar SEO, serta hal menarik lainnya.Salam kenal..

View all posts by Pangeran Wortel →

One Comment on “5 Potensi Blog untuk Generasi Muda”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.