Apa Perbedaan Blog dengan Website?

Suatu waktu, Pangeran dihadapkan dengan pertanyaan apa itu blog? Dan apa perbedaan blog dengan website? Apakah blog dan website itu sama?

Untuk menjawab pertanyaan tentang perbedaan blog dan website ini, rasanya tidak cukup hanya dijelaskan dalam 200-300 kata, mungkin jika lebih detail membahasnya, perlu ribuan kata untuk menjawabnya.

 

Tapi tenang, Pangeran akan memberikan pernjelasan semudah mungkin untuk bisa kalian pahami. Mari kita mulai membahasnya.

“Inilah Perbedaan Blog dengan Website”

 

Pengertian, Konsep Dasar, Fungsi dan Sejarah Blog

 

Apa itu blog

 

Blog (web log) adalah situs web yang menggunakan daftar kronologis dari postingan blog. Maksudnya seperti ini, sebuah blog biasanya memiliki postingan baru yang diperlihatkan pertama pada Halaman utama (Homepage) dan diikuti oleh postingan yang sebelumnya diperbaharui.

 

Sebuah blog biasanya memiliki topik-topik tertentu yang ditulis oleh pemilik blognya sendiri, hasil dari mengumpulkan sumber di blog lain atau hasil dari kontribusi para pembacanya.

 

Kemudian, konsep dasar dari sebuah blog yaitu :
  1. Artikel atau konten diterbitkan secara kronologis
  2. Artikel atau konten diperbarui secara berkala
  3. Posting blog diarsipkan berdasarkan tanggal, kategori, penulis, tag dan sub-kategori
  4. Pembaca memiliki kemungkinan untuk meninggalkan komentar
  5. Penulis blog lainnya dapat saling berinteraksi dengan blogger lainnya
  6. Memiliki layanan RSS (Really Simple Syndication) yang dapat memudahkan kalian untuk berlangganan dalam mendapat informasi terbaru dari blog tersebut, tanpa kalian harus membuka blognya.

 

Untuk memulai membuat blog dengan mudah, kalian dapat menggunakan platform seperti Blogger, WordPress dll. Dengan adanya platform tersebut, kalian sebagai pengguna tidak perlu untuk bingung bagaimana harus memiliki blog dengen desain yang menarik.

 

Karena, platform tersebut sudah menyediakan banyak sekali template yang dapat kita gunakan secara gratis.

 

Setidaknya, dari memahami beberapa maksud pengertian di atas, orang yang awam seperti Pangeran jadi lebih gampang untuk memahaminya. Bener, gak?

 

Terus, blog itu sejarahnya gimana Pangeran?

 

Mengenai sejarah blog, Istilah “weblog” pada awalnya diciptakan oleh Jorn Barger pada tanggal 17 Desember 1997. Kemudian bentuk pendek “blog”, diciptakan oleh Peter Merholz, yang bercanda memecahkan kata “weblog” menjadi kata “blog” di sidebar blognya Peterme.com sekitar bulan April atau Mei 1999 dulu….Setelah itu, Evan Williams di Pyra Labs menggunakan “blog” sebagai kata benda dan kata kerja. Maksudnya gini, kata “blog” diartikan untuk mengedit weblog seseorang atau untuk mempostingan ke weblog.

Semenjak itulah, Evan Williams menyebutnya dengan istilah Blogger. Kemudian pada tahun 2002, Google mengakuisisi atau istilah gampangnya mengambil alih kepemilikan dari blogger.com ini. Dibeli gitu lho…

Lalu, Blogger.com kemudian menjadi terkenal dan banyak yang menggunakannya. Sampai saat ini.

 

Pange, jadi cara buat blog itu gimana? Pengen belajar ngeblog juga

 

Sebelum Pangeran jelasin cara membuatnya, kalian juga harus tau. Sampai hari ini, banyak sekali yang menyediakan tempat untuk kita bisa memiliki blog.

 

Istilah kerennya itu Platform. Sejauh yang Pangeran tau, situs yang populer untuk membuat blog ada di Blogger.com, WordPress.com, Weebly.com, Tumblr.com dan dari Indonesia ada Blogdetik.com serta masih banyak lagi.

 

Setelah kalian memahami platform apa saja yang bisa menjadi tempat untuk membuat blog, sekarang Pangeran akan memberikan panduan kepada kalian bagaimana cara membuat blog.

 

Panduan ini Pangeran buat di platform Blogger.com karena paling mudah untuk blogger pemula. Cara lengkapnya sudah Pangeran tulis di Cara membuat blog gratis di Blogger. Terus, supaya tampilan blog kalian menarik dan membuat pembaca betah berlama-lama, bisa kalian baca panduan di cara mendesain blog.

 

Ow, ya Pangeran. Kira-kira memiliki blog itu ada resikonya gak?

 

Semua hal di dunia ini pasti punya resikonya masing-masing. Sama halnya ketika kalian memiliki blog. Jika resiko positifnya, mungkin kalian akan dikenal banyak orang. Jadi, yang belum siap terkenal, jangan ngeblog. Hahahaha.

 

Kemudian, resiko negatifnya privasi kalian akan mudah untuk disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Ya, seperti hacker yang akan mencuri identitas kalian, dimata-matai dan masih banyak hal menyeramkan lainnya.

 

Tapi tenang. Sekarang kalian sudah tau sendiri bagaimana Google melindungi para pengguna akun Blogger ini. Jika kalian tidak ingin disalahgunakan datanya, ya jangan memasukkan data pribadi yang bersifat identitas asli kalian.

 

Itulah peran penting Nama Pena atau istilahnya nama samaran kalian ketika di blog. Jadi, setidaknya hal ini bisa mengurangi kemungkinan data kalian akan disalahgunakan. Gitu..

 

Udah ngertikan?

 

Kemudian, setelah memahami tentang Blog, sekarang kita coba bahas apa itu website? Simak pebahasan lengkapnya di bawah ini.

 

Pengertian, Fungsi, Konsep Dasar dan Sejarah Website

 

Apa itu website?

 

Di sini sejujurnya yang masih jadi perdebatan sampe sekarang. Bahkan, kalo ditelaah secara tajam. Halah. Cuman, dari beberapa pendapat, Pangeran menyimpulkan bahwa :

 

Website adalah kumpulan halaman yang menampilkan informasi dalam bentuk teks, gambar diam ataupun bergerak, animasi, suara, video atau gabungan dari semuanya, baik yang memiliki fungsi secara statis maupun dinamis.

 

Website akan berfungsi statis ketika isi informasi website dalam keterangan yang tetap, jarang berubah, dan isi informasinya searah hanya dari pemilik website. Contoh website statis adalah website yang berisi profil perusahaan.

 

Namun, sebuah Website akan bersifat dinamis ketika informasi website selalu mengalami perubahan dan informasinya dua arah dari pemilik serta pengguna website. Contoh website dinamis seperti Facebook, Twitter dll.

 

Konsep dasar dari website yaitu :
  1. Sebuah situs yang menampilkan konten dari beberapa bagian dari halaman situs internal.
  2. Sebuah blog mungkin menjadi bagian dari sebuah situs web, tetapi bukan satu-satunya hal.
  3. Halaman pertanyaan yang sering diajukan pembaca dapat digunakan untuk menambah informasi lebih lanjut.
  4. Digunakan untuk sebuah halaman testimonial klien dan umpan balik.
  5. Syarat dan pernyataan privasi halaman perusahaan.
  6. Suatu bentuk kontak yang memungkinkan pengunjung untuk berhubungan.
  7. Halaman jasa / produk yang menampilkan apa yang mereka tawarkan untuk para pengunjung.

 

Untuk sejarah Website gimana Pangeran?

 

Website itu ditemukan oleh Sir Timothy John “Tim” Berners-Lee yang pertamakali tersambung dengan jaringan internet pada tahun 1991. Dulu, website difungsikan untuk memudahkan para peneliti saling bertukar binder dan memperbarui informasi dari tempat ia bekerja.

 

Kemudian, tanggal 30 April 1993, CERN (tempat di mana Tim bekerja) baru mengumumkan bahwa WWW dapat digunakan secara gratis oleh publik. Semenjak saat itu, website semakin populer dan banyak digunakan untuk situs pribadi, website pemerintah, web komersial, atau website organisasi non-profit.

 

Semua Apel adalah Buah, Tapi semua Buah belum tentu Apel. Sama halnya semua Blog adalah Website, Tapi belum tentu semua Website adalah Blog.

 

 

Jangan lewatkan Tips Blogging lainnya :
—o0o—

 

Masih bingung perbedaan Blog dan Website? Yaudah. Gak usah dipikirin. Enjoy aja..

 

Tapi, pengennya dengan membaca ini, kalian jadi tambah pengetahuan tentang perbedaan blog dengan website secara mendalam. Dan terbukti bahwa blog itu berbeda dengan website. 
Sebelum ditutup. Menurut kalian, apa perbedaan blog dengan website? Jangan lupa tulis pendapat kalian di komentar, ya.

Seperti biasa. Terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat. Pangeran Wortel pamit. See you..

 

29 thoughts on “Apa Perbedaan Blog dengan Website?

  1. Sebenernya gue ngerti perbedaan Blog ama website, tapi gue ga bisa ngejelasinya.

    Seringkali gue dapet pertanyaan dari orang terkait perbedaan blog ama website, terus gue cuma bilnag.

    "blog tuh gini, kalo website gini, ngerti ga ?"
    – engga
    "ya pokoknya gitu deh" wkwk

    kayaknya Ini link bisa jadi rujukan ane kalo ada yg tanya tanya lagi tentang perbedaan blog ama website.

    Nice infoh gan

    1. hihi Banyak yang kek gitu, sih. Sebenarnya ngerti, tapi susah ngejelasinnya.

      Nah, daripada bingung, mending share aja postingan ini, bro. Biar yg nanya jadi makin paham. (y)

      Jangan panggil gan dong… 🙁

  2. gue ngerti perbedaan website dan blog tapi susah ngejelasinnya.

    Hadeh gue baru tau, NAMA PENA…….Gue malah masukin identitas asli……..-_-

    btw. bang saya kepengen punya template kayak abang!, tolong ajarin saya!

    1. Wah… Keren… (h) Jadi, kalo ada yg nanya udah gampang dong, ngejelasinnya. (y)

      Kalo mau punya template kek blog ini, gak boleh dong. Ini karakter tulisan wortel. Kalo mau belajar buat template, pelajari Programming dan buat template lo sendiri.

  3. Buset.. Kalau nggak baca ini mungkin sampe sekarang aku belum bisa bedain Blog sama Web. Hahaha.

    Oiya, Pang, kemaren kamu ke-mention ama anak-anak pas aku lagi di Jakarta dan ngadain meet up ama temen-temen blogger se-Jabodetabek loh. Kiw :3

  4. Benar juga si pangeran, setiap hal pasti punya resiko. Boleh banget si pake nama pena, namun kalo saya pribadi lebih mengutamakan pakai nama asli karena saya menjadikan blog dan media sosial sebagai sarana branding diri. paling enggak agency/brand tertentu mengenal nama kita sebagai seorang blogger atau mungkin akan bermanfaat saat nanti melamar kerja karena nama kita sudah terbranding. Tapi itu kembali ke prinsip setiap orang masing2 si. hehe nice share pangeran

    1. Nah… Tepat sekali, mas Hanan. Apapun pasti punya resiko. (y)

      Soal penggunaan nama atau istilahnya branding diri, sebenarnya dalam dunia internet gak masalah gak pake nama sendiri (alias nama asli). Karena, internet punya konteks yg berbeda.

      Lagi-lagi, bener kata mas Hanan. Kembali ke prinsip masing-masing blogger. Maunya menampilkan nama Asli atau nama Pena. 🙂

      Terimakasih. Semoga bermanfaat. (y)

  5. Kalau ditanyai orang apa bedanya Blog sama Website ? gue juga bingung mau jawabnya kayak gimana. Ngejelasin kata2 nya agak susah haha

    Tapi disini gue belajar sejarah Blog dan Website. lebih mengenal ttg perbedaa mereka

  6. Pange, ini sangat membantu banget…

    Kalau ada yang nanya bedanya apa paling aku jawab kalau blog itu ada embel-embel blogspot.com atau wordpress.com tapi kalau website itu ga ada embel-embelnya langsung.com aja. Tapi kalau sekarang ada yang nanya kaya gitu, aku kasih link postingan ini ke yang nanya biar dia pinter.

    1. Wah… Seneng bisa membantu, Nad. (y)

      Lah, kalo ngejelasinnya gitu, salah dong. Kan blog juga bisa pake .com. Pokoknya pilihanmu tepat banget. Daripada bingung, share aja link ini. 🙂

      Setuju.. Biar pada pinter. (h)

  7. Kalau dari kacamata Copywriter junior macam aku ini, Pange.

    Blog adalah platform yang digunakan dan dikelola secara personal oleh perseorangan. Jadi, blog itu kayak personal profile seseorang. Bahasa penulisannya pun cenderung personal branding.

    Website itu biasanya dimiliki perusahaan. Kaku. Bahasa penulisannya pun begitu. Benar benar berfungsi sebagai company profile online dimana kita tuh ga bisa dengan mudahnya ninggalin komentar pembaca ya. Terkecuali web berita.

    Ada lagi nih, istilahnya microsite dan biasanya dipakai sama brand untuk ngadain campaign. Seolah olah si brand itu bisa langsung berbicara dan berbagi banyak informasi ke netizen dan microsite ga ngebahas soal jualan product atau jasanya.

    Kalau web jualan, ada e-commerce sama marketplace.

    Sekian ocehan Acha si copywriter junior ya Pange.
    ^.~

    1. Waduh… Ngakunya junior, tapi ilmunya Senior. (y). Btw, terimakasih atas tambahannya, Cha. Mudah-mudahan dengan penjelasnmu, pembaca di luar sana, jadi nambah ilmu tentang bedanya Blog dengan Website. (y)

  8. Dulu emang perbedaan tentang kedua (Blog dan website) ini jadi pertanyaan besar juga buatku bang Pang. Tapi setelah masuk dan dapet matkul pemrograman web, jadi tau bedanya.

    Tapi aku masih bingung dan penasaran sih buat konsep SEO. mungkin bang Pang, bisa post lebih tentang hal itu.

    Untuk website, skripsiku akan mengambil pengembangan web aplikasi sebagai media pembelajaran. Semoga lancar.
    Yawlo, malah numpang curhat di kolom komen orang. Maafkeun w/

    1. Wah… Ternyata keren juga, lo ka. Pelajarannya aja, Pemograman Web. Keren!!!

      Lah, emang di sana nggak diajarin, ka? Siap… Akan gue share kok. Ditunggu aja. 😀

      Aminnn… Semoga dilancarkan, ya ka. Biar cepet lulus. 😀

  9. Kalo di kepala gua dulu, gua mikirnya gini :

    Blog -> Kebanyakan adalah gratisan
    Website -> Kebanyakan bukan gratisan

    Hahahaha

    Tapi ya banyak generasi tua yg memang belom pernah denger, apa itu blog, jadi biasa kalo ngobrol dengan mereka, gua pake istilahnya website aja, biar gampang wkwkwk

  10. dulu waktu masih sekolah, ane nyebut blog ane itu website sama temen temen ane..
    eh sekarang gue punya website loh, tentang cinta cintaan kalian mau tau ?

    dengan pedenya ane dulu nyebut blog ane itu website… padahal blognya juga copas haha

    nah semakin lama, ane mulai tau kalonya blog sama website itu berbeda
    tapi cuman sekedar tau itu berbeda tanpa tau bedanya apa hahaha 😀

    nah pas baca tulisan pange, akhirnya ane bisa tau bedanya apaan, jadi gak sekedar tau doang seakarang hihii

    pange hebat lah kalo ngejelasin 😀 ane pasti paham

  11. Dulu aku kira website dan blog itu sama, setelah membaca postingan yang cukup panjang ini aku udah paham perbedaan website dan blog, dan ternyata setiap blog belum tentu website.

    Jadi tau sejarah website dan blog, kalau ingin lebih paham tentang dunia blog ya mampirlah ke blog pangeran wortel ini heheh betul kan sange eh pange?

    Teruslah berkarya kakak pangeran.

  12. Bertambah lagi nih wawsan dan pengetahuan tentang website dan blog. Boleh dibilang web sama blog itu kembar tapi beda ya. Ya kayak tadi, semua apel itu udah pasti buah, tapi gak semua buah itu apel.

  13. Ntappp!!! Tapi gue masih belum bisa sih membedakan secara detail klo ditanya orang. hehe
    Intinya tulisan ini sedikitnya memberikan manfaat bagi gue dan gue punya blog. *Apaan sihhh.. 😀

  14. Terkadang banyak temen temen yang sering tanya gini “Bedanya blogs sama website”. Mungkin bakalan gue saranin buat ngebaca postingan ini, soalnya gue udah capek ngejelasin tapi dianya nggak faham faham. Banyak dari temen gue juga ngenyuruh gue buat ngebikinin blogs, tapi dia pinginnya bikin blogs yang kayak Instagram, padahal Instagram itu bukan blogs. Beda jauh malahan.

    Kalau kita pingin, kita bisa mengubah blogs kita itu kayak instagram. Sebenernya blogs itu lebih mudah di operasikan daripada website yang lain. Karena dengan menggunakan blogs kita tidak harus mengerti secara mendasar tentang pemrograman web, sedangkan kalau website yang lain ( yang nggunain cpanel atau apalah ) harus mengerti secara mendasar tentang pemrogaman web.

    Blogs dan website itu kalau menurut gue kayak jari dan jempol, tidak semua jari itu jempol tapi semua jempol itu jari. Semua blogs itu website tapi semua website bukan blogs.

  15. Wuih lengkap lah pengetahuan ku terkait blog dan website. Biasanya aku kalo jelasin ke murid ya sama aja, blog dan website. Bahaha. Untuk pengertiannya biar mereka cari di Google. Guru macam apa ini?

    Aku udah lama gak main ke sini. sekarang banyak tips tips blogging ya. Nanti dibaca baca deh, soalnya lagi pingin belajar lebih tentang blog. thank you ya her.

    Kalo soal Pku, yah mungkin belum rejeki ketemu. Kapan kapan kalo ada kesempatan lain. kita kopdar.

  16. Wah, gila!!!

    Bangher makin keren aja isi blognya lah!!! Gue baru tau informasi kayagini asli. Sebenarnya ini pengetahuan basic yang harus diketahui blogger dan seharusnya menjadi topik yang wajib ada di blog. Tapi, gue blum kepikiran buat bikin postingan kayagini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *