Trip by Train – Hemat dan Praktis Naik Kereta Jayabaya

kereta api jayabaya

Hai-hai…. Pangeran kali ini pengen bicara tentang Kereta Api Jayabaya yang merupakan salah satu kereta api ternyaman dibandingkan dengan beberapa kereta lain yang menuju Malang. Ditambah lagi plus AC di kelas ekonomi yang menghubungkan antara Stasiun Pasar Senen Jakarta dengan Stasiun Kota Malang.  Sepanjang jalan KA Jayabaya menawarkan pemandangan berbeda-beda, sehingga membuat perjalananmu tidak akan membosankan.

Adanya jalur kereta api semakin memudahkan perjalanan, bahkan bisa hemat dan praktis dengan naik kereta Jayabaya. Tidak perlu khawatir jika tiket kehabisan, karena saat ini, telah banyak pilihan jadwal perjalanan yang semakin beragam  berdasarkan pilihan dan kebutuhanmu. Di kelas ekonomi KA Jayabaya semua menggunakan AC sentral, tidak ada dari jenis AC split sehingga terasa sejuk. Simak ulasan sebagai berikut.

Kursi Khusus Kelas Ekonomi

Hemat dan praktis naik kereta Jayabaya  apalagi untuk kelas ekonomi KA Jayabaya diatur dengan posisi berdua saling berhadapan. Semua kursi terlihat baru yang plastik belum dibuka. Tapi, kursi ini tidak bisa diputar jadi, kamu harus sabar menerima jika duduk disamping atau berhadapan dengan orang yang bermacam-macam. Sebelum naik KA, sebaiknya berdoa terlebih dahulu agar diberi teman yang tidak cerewet atau menganggu.

Kereta Api Jayabaya Sangat Bersih

Setiap gerbong kereta api terlihat bersih, karena petugas kebersihan kereta selalu siap melayani serta menjaga kebersihan agar penumpang tetap nyaman. Tidak hanya itu, petugas juga memungut sampah dari penumpang seperti halnya melayani kereta kelas bisnis atau layanan pesawat. Hal ini merupakan salah satu poin terpenting agar kualitas KA Jayabaya tidak kotor.

Sebaiknya jangan membuang kantong plastikmu dan gunakan sebagai tempat membuang sampah sementara hingga petugas kebersihan datang mengambil sampah. Untuk masalah kebersihan toilet juga tidak perlu ditanyakan lagi, karena memang dicek secara rutin. Mulai aliran udara, penyediaan air, hingga toilet yang bersih dan layak digunakan.

Tidak Perlu Takut Kehabisan Daya

Jika kamu termasuk orang yang suka update status selalu di setiap terminal, maka tidak perlu takut kehabisan daya. Tersedia dua colokan listrik di KA Jayabaya untuk mengisi daya baterai handphone kamu di kursi masing-masing. Bagi kamu yang ingin main game seharian juga tidak perlu bingung, namun satu masalahnya, kamu harus bisa berbagi.

Tidak Perlu Takut Lapar Selama Perjalanan

Tidak perlu takut kelaparan karena adanya layanan dari para petugas KA yang telah berseragam rapi, ganteng dan cantik. petugas tersebut akan menawarkan dagangannya layaknya seperti maskapai lain. Jika ingin minum, cukup membayar Rp 4.000 saja sudah dapat teh hangat.

Namun, untuk harga makanan sebaiknya membawa bekal dari rumah agar tidak kelaparan dalam perjalanan. Tidak perlu khawatir juga akan pedagang asongan dengan apa yang mereka bawa jika nantinya ketika berhenti pada stasiun besar. Hal ini karena pintu KA tertutup rapat, kecuali saat penumpang naik atau turun.

Bantal dan AC

AC di KA Jayabaya memang sudah cukup dingin, untuk penumpang yang tidak betah dingin atau sudah lansia bisa membawa dan memakai syal. Di KA ini tidak ada persewaan selimut atau bantal. Sebaiknya membawa bantal sendiri yang kecil dan mungil agar saat tiduran bisa nyaman. Saat tidur juga jangan lupa memakai masker, agar tidak dilihat orang lain jika ada kelakuan yang aneh-aneh.

Perjalanan Pulang Mencapai 10 Jam Perjalanan

Untuk waktu perjalanan yang sama dengan menggunakan kendaraan dari Surabaya ke Jakarta saat ini hanya dengan 10 jam saja. Hal ini jika kereta berjalan lancar tanpa adanya kendala. Hambatan pada kereta api di sini jika tidak harus berhenti karena ada alasan tertentu, seperti alasan teknis, longsor, banjir, dan lain-lain. Jangan lupa untuk memperhatikan jam agar tidak salah.

Kereta Api Jayabaya memang sengaja dibuat dan mirip seperti saat kita menaiki MRT Singapore. KA Jayabaya akan memberi informasi ketika memasuki stasiun atau saat berhenti di stasiun mana. Meskipun kurang maksimal seperti di Singapura, namun tujuannya sudah sangat bagus dibandingkan tahun-tahun yang lalu. Minimal saat ini kamu tidak perlu repot melihat lokasi di GPS , karena petugas selalu memberi kabar lewat speaker apabila telah berhenti di stasiun.

Semoga bermanfaat, Pangeran Wortel pamit. See you…..

About Pangeran Wortel

Blogger Bengkalis dan suka mengisi waktu luang untuk buat video di youtube, nulis di blog, belajar desain feed instagram dan kadang suka sendiri di pantai. Salam kenal..

View all posts by Pangeran Wortel →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.