Cara Membuat Multiple Post Instagram di Photoshop

multiple-post-ig-instagram-photoshop

Beberapa waktu yang lalu, Pangeran sempat upload foto Multiple Post untuk pertamakalinya di Instagram. Berangkat dari iseng-iseng, ternyata ada beberapa temen-temen di Instagram juga yang penasaran bagaimana cara membuat Multiple Post Instagram seperti ini :

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Pangeran Wortel (@heruaryaa) on

Multiple Post Instagram adalah fitur baru yang ditawarkan oleh Instagram dengan maksud supaya kalian dapat langsung upload 10 foto dalam 1 post sehingga jika dislide akan terlihat nyambung.

Nah, berangkat dari fitur baru inilah banyak Netizen mencoba dengan kreativitas masing-masing untuk membuat slide instagram nyambung dari beberapa foto.

Okelah, daripada kelamaan langsung kita bahas tutorialnya. Ow, ya. Tutorial kali ini Pangeran buat untuk Versi PC/Laptop (Destop) dulu, ya. Versi androidnya menyusul.

Persiapan Membuat Multiple Post Instagram

  1. Foto dengan Color Grading (Pewarnaan) yang senada
    Ini penting banget dan harus kalian catat baik-baik sebelum kalian membuat  Multiple Post Instagram. Karena, pewarnaan foto yang senada atau sama dapat membuat hasil Multiple Post Instagram kalian jadi lebih keren dan mudah-mudahan mengundang banyak love.
  2. Aplikasi
    Pada tutorial Multiple Post Instagram ini, Pangeran menggunakan 2 Aplikasi, yaitu : Untuk pewarnaan supaya senada, Pangeran menggunakan Adobe Lightroom Classic (2018) dan untuk mengedit Multiple Post Pangeran menggunakan Adobe Photoshop CS6 (Karena versi ini ringan banget. Bahkan untuk laptop kentang Pangeran aja masih berjalan lancar dibandingkan versi-versi lainnya).
  3. Multiple post instagram size
    Sebelum membuat multiple post, kalian harus mengetahui size berapakah yang ingin kalian buat nanti. Ini multiple post instagram size yang disarankan :
    Square Image: 1080px in width by 1080px in height
    Vertical Image:  1080px in width by 1350px in height
    Horizontal Image: 1080px in width by 566px in height
  4. Kreativitas
    Setiap manusia punya caranya masing-masing untuk menghasilkan foto yang lebih menarik. Ini sulit untuk dijelaskan, intinya menarik tidaknya hasil Multiple Post Instagram kalian nanti, tergantung kalian sendiri.
  5. Berdoa dan jangan mudah menyerah
    Ini juga penting, kalau sekali membuat Multiple Post ternyata belum menarik (menurut kalian). Jangan menyerah, coba, coba dan coba terus sampai kalian dapat hasil yang memuaskan.

Cara Membuat Multiple Post Instagram di Photoshop

  1. Buka Aplikasi Adobe Photoshop di PC/Laptop kalian
  2. Klik File > New (Ctrl + N) dan akan tampil pop up seperti inimultiple-post-instagram
    Penjelasan : Pada tutorial ini, Pangeran memilih ukuran persegi, yaitu 1080 x 1080. Nah, jika kalian ingin membuat 4 foto, maka 1080 x 4 = 4320. Isikan pada kolom lebar (width) dengan ukuran 4320 dan Tinggi (Height) 1080. Nah, jika kalian ingin membuat lebih dari 4 foto, silakan dikalikan sesuai berapa banyak foto yang ingin kalian upload nanti. Maksimal 10 foto dalam 1 post.
  3. Klik OK, maka hasilnya akan seperti ini :cara-bikin-multiple-post-instagram
  4. Untuk yang format rulesnya belum Pixel, cara menggantinya cukup klik kanan pada rules dan pilih Pixel.
  5. Kemudian, selanjutnya kalian harus membuat garis pembatas dari setiap potongan gambar. Caranya, klik View > New Guide (Ulangi sesuai dengan banyak jumlah gambar yang akan kalian potong) dan akan muncul pop up seperti ini :
    cara-buat-multiple-post-instagram
    Ket : Ceklist Vertical dan isi position (pada tutorial ini) : Mulai dari O px, 1080 px, 2160 px, 3240 px, 4320 px dan terus dikalikan dengan 1080 sampai berapa gambar yang ingin kalian buat.
  6. Setelah selesai, maka hasilnya akan seperti ini :
  7. Lanjut ke tahap memotong setiap bagian supaya ketika diexport nanti hasilnya sudah langsung terpotong menjadi bagian yg kalian mau. Caranya, klik Slice Tool di bagian Toolbar, jika belum ada, klik kanan seperti gambar di bawah ini dan pilih slice tool.
  8. Sekarang potong membentuk kotak (sesuai ukuran) menggunakan Slice Tool tadi setiap bagiannya dengan cara klik tahan dan tarik per kotak. Jika benar, hasilnya seperti ini :
  9. Sekarang, saatnya kreativitas kalian diuji. Susunlah gambar semenarik mgkn, boleh 1 gambar untuk background, kemudian dilanjutkan dengan menumpuk gambar lainnya. Di sinilah ide kalian harus terus dikembangkan. Coba-coba saja susun sampai nyaman.
  10. Jangan lupa berikan teks simple dengan kombinasi font yang menarik. Jika sudah selesai, hasilnya akan seperti ini :
  11. Jika sudah selesai, export hasilnya dengan klik File > Save For Web dan akan muncul pop up seperti ini :
    Ket : Pastikan format Preset kalian PNG-24 dan sisanya sesuikan dengan gambar di atas.
  12. Untuk menyimpan Klik Save > Pilih lokasi penyimpanan dan Voyaa!! Hasilnya setiap foto sudah terpotong seperti gambar ini :

    Foto sudah terpotong menjadi 4 bagian secara otomatis.
  13. Besok tinggal upload, deh. Selamat mencoba.

Gimana, mudahkan cara membuat multiple post instagram di Aplikasi Adobe Photoshop?

Pada dasarnya, pembuatan teknik desain ini tergantung oleh kreativitas dan ide yang mau kalian kembangkan. Saran Pangeran, dalam membuat multiple post ini jalan cerita dari foto pertama sampai max 10 foto itu harus sejalan. Biar yang view juga gak bingung kita bahas apaan.

Sepertinya sampai di sini dulu, semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan ke teman kalian supaya semakin banyak yg tau bahwa membuat multiple post di instagram itu mudah banget.

Pangeran wortel pamit, see you…..

About Pangeran Wortel

Blogger Bengkalis dan suka mengisi waktu luang untuk buat video di youtube, nulis di blog, belajar desain feed instagram dan kadang suka sendiri di pantai. Salam kenal..

View all posts by Pangeran Wortel →

7 Comments on “Cara Membuat Multiple Post Instagram di Photoshop”

  1. Iya nih lagi ngetren ya di instagram multiple post yang bersambung gini, jadi lebih enak diliatnya kalau ngeswipe foto.
    Biasanya brand2 juga pakai multiple post gini

  2. Untuk multiple post begini, gue juga pernah bikin. Tapi, karena skill photoshop gue belum jago, makanya lebih sering menggunakan aplikasi dari google playstore.

    Beberapa kali udah pernah posting dengan fitur ini di instagram. Bagus sih memang. Tapi, engga terus-menerus menggunakan multiple post di instagram juga sih, kalo gue

  3. Sudah pernah belajar demikian beberapa tahun yang lalu lewat YouTube Bena Kribo. Tapi sepertinya ini lebih simpel. Sekarang postingan di IG (atau sosial media manapun) sudah tidak memikirkan feed. Kadang asal post aja. 😅

  4. Multiple instagramnya bagus nih. Jadi tertarik juga pengen bisa post yang bersambung kayak gitu eh tapi saya belun mahir gunakan photoshop. Cuma kayakny tutorialnya mudah ya. Boleh nih kapan2 dipraktikkan.

  5. Entah kenapa malah senyum-senyum sendiri sama tutorial ini haha. Ternyata ada juga yang melakukan trik yang sama buat bikin feed IG biar menarik kalau kontennya berisi beberapa foto/gambar. Tapi aku pakenya corel, bisanya pake itu soalnya.
    Yang pengen feed IGnya bagus bisa dicoba nih triknya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.