Rahasia Sukses Membuat Microblog di Instagram

microblog

Microblog (microblogging) adalah istilah untuk era baru dalam dunia blog. Kenapa disebut era baru?

Karena, microblog pada akhirnya mampu menjawab keresahan pengguna yang ingin mendapatkan informasi lebih cepat dan instan melalui ponsel pintarnya.

Microblog by Wikipedia 
Microblog adalah suatu bentuk blog yang memungkinkan penggunanya untuk menulis teks pembaharuan singkat yang biasanya kurang dari 200 karakter dan mempublikasikannya, baik untuk dilihat semua orang atau kelompok terbatas yang dipilih oleh pengguna tersebut.

 

Hal ini dibuktikan dari semakin banyaknya pengguna smartphone saat ini. Jadi, tidak heran jika konten microblog semakin banyak hadir di sosial media sebagai alasan kebanyakan orang butuh informasi secara instan dan cepat.

Biasanya, konten microblog dibuat dengan konsep yang singkat, padat dan mudah dipahami pembacanya.

Selain itu, saat ini microblog semakin populer di platform social media Instagram. Hal ini terjadi sejak instagram meluncurkan fitur Carousel Instagram (fitur baru slideshow sampai 10 foto). Fitur ini juga membuat hashtag #microblog mencapai 79K post dan setiap hari selalu ada banyak konten berkonsep microblog yang update.

Nah, melihat peluang ini. Tentunya sebagai pengguna sosial media, kalian masih punya banyak kesempatan besar untuk bisa ikut serta meramaikan trand positif ini. Karena, sudah banyak yang terbukti efektif membangun audience yang besar melalui konten microblog ini.

Bukti lainnya adalah besarnya jumlah pengguna Instagram yang mencapai 79% dari Indonesia. Tentu sangat rugi jika melewatkan kesempatan membangun audience baru dari platform ini.

Contoh microblog instagram

Sebelum menuju lebih jauh lagi membahas tentang microblog. Pangeran ingin menampilkan contoh konten microblog di instagram yang banyak dibuat oleh penggunanya saat ini.

comtoh microblog
contoh konten microblog di akun Pangeran

Sudah mulai paham sekarang?

Mari kita lanjutkan ke bagian cara membuat mircroblog di instagram supaya sukses mengumpulkan banyak audience.

Cara membuat microblog instagram

  1. Memantapkan NIAT
  2. Menentukan Nice (Tema) Konten
  3. Menyiapkan Konsep Konten
  4. Membuat Desain Microblog
  5. Memahami Struktur Microblog
  6. Aplikasi Mobile dan Destop untuk Microblog

Enam poin di atas merupakan poin penting yang harus kalian pahami sebelum mulai membuat konten microblog. Berikut penjelasan lengkapnya :

1. Memantapkan NIAT

Membuat konten microblog atau konten apapun, itu bukan pekerjaan mudah. Butuh waktu, tenaga, pikiran dan banyak hal yang akan dikorbankan.

Jadi, jika kalian tidak memantapkan niat untuk konsisten dalam membuat konten micrblog ini, tentu akan sangat sulit membuatnya berhasil mengumpulkan audience.

Niat di sini sangat menjadi patokan bagaimana kalian akan berproses nanti. Karena, akan ada saja kendala selama proses pembuatan konten, membangun interaksi dan hal lainnya yang mungkin akan membuat kalian merasa jenuh.

Karena, jika tanpa niat yang kuat. Akan sangat sulit meyakinkan diri untuk terus membuat konten yang sejatinya terkadang tidak sesuai dengan harapan yang kalian mau.

Pokoknya, jika kalian sudah mantap niatnya. Kita lanjut ke poin kedua.

2. Menentukan Nice (Tema) Konten

Ini bukan aturan mutlak dalam membuat konten microblog. Tapi, ada baiknya sebelum terjun ke dunia microblog, tema konten yang akan kalian bahas harus spesifik. Hal ini Pangeran pelajari dapat membuat tingkat kepercayaan audience baru jauh lebih baik daripada konten kalian yang campur aduk.

Contohnya, dalam satu akun. Kalian membahas fashion. Terus, mendadak bahas blog.

Tentunya, audience akan bingung fokus akun kalian ke mana. Tapi, jika kalian bingung mau membahas apa di microblog, silakan cek di #microblog dan lihat konten mana yang paling kalian kuasai.

Karena, ketika kalian membahas sesuatu yang kalian tidak suka. Pada akhirnya akan jenuh. Tapi, jika berangkat dari hal yang terdekat dari diri kita. Tentu sebagai pembuat konten akan lebih nyaman mengerjakannya.

Niat sudah mantap, tema sudah ketemu. Kita lanjut ke level paling penting.

3. Menyiapkan Konsep Konten

Sebelum kalian memutuskan membuat konten dengan konsep microblog dan memanfaatkan fitur Carousel, sebaiknya mulailah membuat konsep dari konten yang ingin kalian bahas.

Tahapan untuk membuat konsep konten harus dimulai dari judul besar apa yang ingin kalian bahas. Usahakan jangan terlalu banyak mengambil judul besar. Karena, kebanyakan yang terlalu banyak memiliki judul besar, akhirnya bingung arah kontennya mau ke mana.

Supaya lebih mudah, Pangeran coba kasi contoh. Misalnya judul besar kalian tentang Desain.

Nah, mulailah melakukan riset dari hal terkecil sampai terbesar dalam dunia desain. Urutkan satu per satu konten dimulai dari basic, pro dan expert.

Level ini sangat penting. Karena, kalian sebagai pembuat konten harus menyampaikan konten dengan selengkap mungkin. Jangan sampai ada bagian yang terlewatkan pada setiap kelompok konten yang akan dibuat. Supaya lebih mudah, lihat info grafis berikut :

Membuat Konsep Microblog

Jika kalian sudah selesai dan mantap dengan konsep yang sudah disusun rapi, mari kita menuju ke langkah selanjutnya.

4. Membuat Desain Microblog

Pada zaman ini, membuat microblog tidak hanya bisa dilakukan pada versi Destop seperti PC dan Laptop. Tapi, microblog juga bisa dibuat menggunakan smartphone yang serba bisa saat ini.

Jika kalian pengguna Destop, Pangeran sudah bahas di post lain : cara membuat microblog di photoshop. Silakan diklik linknya.

Buat kalian pengguna Smartphone, jangan berkecil hati. Dengan menggunakan Aplikasi bernama Canva. Kalian bisa mendesain microblog menjadi lebih mudah di Canva. Selain Canva, ada aplikasi lainnya seperti PixelLab, Phonto dan app lainnya yang sangat mudah digunakan melalui smartphone.

HAL PENTING DALAM MENDESAI MIRCROBLOG

Sampai hari ini, satu hal penting yang selalu Pangeran tekankan dalam desain microblog adalah karakter.

Buat kalian yang baru belajar desain, jangan takut untuk memulai. Buatlah desain semampu kalian dulu. Sambil jalan, nanti kalian akan berproses seiring kalian membuat konten. Selain itu, berikut poin penting lainnya :

  1. Teks bisa dibaca dengan jelas
  2. Pemilihan warna yang tidak terlalu banyak dan mencolok
  3. Komposisi Teks, Gambar dan hal lainnya harus padu padan
  4. Penggunaan font tidak lebih dari 2 font dalam satu konten
  5. Berkarakter

5. Memahami Struktur Microblog

Berdasarkan beberapakali uji coba membuat konten microblog, Pangeran menyimpulkan sebuah struktur yang berpotensi konten kalian dibaca sampai selesai dan berpotensi mendapatkan feedback interaksi yang bagus. Berikut strukturnya :

struktur microblog
Strukur Microblog

Struktur ini tidak baku. Hanya sebagai bentuk atau acuan buat kalian yang baru memulai. Karena, ada beberapa konten yang tidak bisa dibuat dalam struktur seperti di atas.

Intinya, sebagai pembuat konten, kalian dituntut untuk selalu memahami dan mempelajari mana struktur konten yang paling membuat audience menyelesaikan 10 slide tersebut.

Sebenarnya, ada konsep sederhana yang sering Pangeran terapkan di beberapa konten microblog di instagram ini.

Salah satunya dimulai dgn pertanyaan yang paling sering menjadi keresahan audience di luar sana. Nah, setelah itu dilanjutkan dengan masalah apa yang akan terjadi, lalu memberikan solusi. Kemudian, di akhir usahakan diberikan pertanyaan supaya audience yang membaca konten kita, memberikan feedbacknya melalui komentar.

6. Aplikasi Microblog

Pangeran yakin, tidak semua yang ingin memulai konten microblog memiliki alat profesional seperti Komputer dengan grafis dan spesifikasi yang bagus.

Tapi, itu bukan kendala utama yang akan menghambat kalian. Cukup menggunakan smartphone, kalian juga tetap bisa membuat konten microblog yang menarik untuk dinikmati.

Kuncinya ingat…. : NIAT.

Oke, langsung saja kita bahas apa saja contoh aplikasi microblog yang bisa kalian coba.

Aplikasi Microblog untuk pengguna Mobile (Smartphone) :

  1. CANVA
  2. Phonto
  3. PixelLab
  4. PicsArt

Aplikasi Microblog untuk pengguna Destop :

  1. Adobe Photoshop (Ps)
  2. Adobe Ilustrator (AI)
  3. CorelDraw
  4. Ms. PowerPoint

Ingat! Semua aplikasi yang Pangeran sebutkan di atas hanyalah alat. Tidak ada jaminan jika konten dibuat menggunakan aplikasi profesional hasilnya lebih bagus.

Semuanya kembali kepada penggunanya. Alat itu seperti kendaraan. Jika kalian ingin menuju ke suatu tempat, ketika menggunakan alat transportasi. Jelas akan menghemat waktu. Walaupun, tanpa bantuan alat kalian tetap bisa sampai di tujuan yang sama.

Jadi, di era ini bukan waktunya mengeluh spesifikasi hp atau laptop kentangnya. Tapi, saatnya membuktikan dengan alat seadanya tapi hasil bisa luar biasa adanya.

Microblog instagram template

Sebelum konten ini Pangeran tutup, izinkan untuk Pangeran mempersembahkan 4 template microblog yang Pangeran desain sendiri. Mudah-mudahan kalian suka dan tambah semangat belajar membuat konten microblognya.

CATATAN PENTING!!
Template ini boleh kalian download semuanya secara gratis dengan cara klik tombol “DOWNLOAD”. Template itu diberikan secara gratis untuk siapapun. Kalian diperbolehkan untuk meredesign, mengubah bentuk, mengganti credit atau apapun terhadap template free ini. Namun, yang tidak boleh kalian lakukan adalah menjual template ini untuk kepentingan satu pihak manapun.

 

Template 1
template microblog free 1
Demo Template 1
Template 2
template microblog
Demo Template 2
Template 3
template microblog
Demo Template 3

 

Kalian mau custome template microblog versi sendiri ?
Silakan order via email : heruarya@tulisanwortel.com atau DM ke akun instagram Pangeran @heruaryaa
– Proses pengerjaan max 2 hari (Senin-Jumat)
– Hasil gambar kualitas tinggi (HD)
– Warna Kombinasi yg menarik
Soal harga ramah di kantong
                                                                                                                                                                                               

Penutup

Mengikuti konsep membuat konten yang sedang populer di sosial media memang hal yang patut kalian coba. Tapi, satu pesan yang sering Pangeran sampaikan : tetaplah menjadi diri sendiri dengan karakter kalian.

Berikan konten dengan kualitas dari pengalaman kalian. Jangan terlalu memaksakan membuat konten kalian terlihat hebat demi sebuah popularitas.

Karena, makin ke sini pembaca di luar sama makin cerdas dalam menyikapi sebuah konten. Tidak hanya mentah-mentah diterima begitu saja.

Jadi, supaya kalian tidak dianggap pembohong. Mulailah bagikan hal yang paling kalian pahami, boleh bicara tentang panduan, tips, personal branding, desain atau apapun yang kalian suka.

Tapi ingat! Hal tersebut adalah hasil dari pengalaman yang pernah kalian lewati. Jangan coba-coba membahas hal baru yang sejatinya kalian tidak memahami secara untuk materi tersebut.

Pangeran yakin, akan ada waktunya orang yang benar-benar ahli di bidang tersebut menguji kalian.

Buat kalian yang sudah memulai atau sedang berjuang. Terus semangat memberikan dampak positif kepada banyak orang, supaya ilmu kalian tidak ditelan waktu.

Mungkin, sampai di sini dulu. Terimakasih sudah membaca.

Pangeran wortel pamit, see you..

About Pangeran Wortel

Personal guide blogger sejak 2010 dan suka membahas tips blogging, desain blog, belajar SEO, serta hal menarik lainnya.Salam kenal..

View all posts by Pangeran Wortel →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.