membuat website sendiri

Mengapa Perusahaan Kamu Perlu Membuat Website Sendiri?

Apakah Kamu perlu membuat website sendiri?

Jawabannya…… Ya!

Internet memang telah berkembang sedemikian pesat dewasa ini. Hanya saja, tidak semua orang benar-benar memaksimalkan potensinya. Dan salah satu cara memaksimalkan potensi internet adalah dengan membuat website sendiri.

Bagi pemilik bisnis (mungkin Kamu salah satunya) online presence atau kehadiran bisnis di dunia online adalah wajib hukumnya. Ini akan memudahkan para calon pelanggan dalam mendapatkan informasi lebih mengenai bisnis yang Kamu jalankan.

Banyak telah sadar akan hal ini dan mencoba untuk meningkatkan online presence melalui beragam akun media sosial. Para pelaku bisnis pun tidak ingin ketinggalan.

Hasilnya, mereka membuat akun Facebook, Instagram, maupun Twitter untuk berjualan. Padahal, langkah meningkatkan online presence tidak melulu soal itu saja. Internet menawarkan potensi yang jauh lebih dahsyat dari sekedar media sosial.

Saat ini internet telah digunakan oleh lebih dari 250 juta pengguna di Indonesia. Tentu akan sangat menarik apabila bisnis Kamu (apapun itu bentuknya) dapat dilihat oleh mereka – melalui website yang dapat diakses semua orang.

Indonesia diramalkan akan menjadi salah satu pasar e-commerce terbesar di Asia. Pada tahun 2020 nanti, nilai bisnis sektor e-commerce diramalkan akan mencapai $ 130 miliar dengan cakupan hingga 480 juta pengguna. Tidakkah ini menggiurkan bagi bisnis Kamu?

Perihal potensi online presence hanyalah salah satu alasan mengapa Kamu sebaiknya mulai membuat website sendiri. Di bawah ini kami memiliki deretan alasan lainnya!

1. Bisnis Kamu Terlihat Lebih Terpercaya

Seperti lokasi bisnis toko offline, para calon pelanggan juga mengharapkan adanya website untuk bisnis Kamu. Apapun jenis bisnis Kamu, sekecil apapun skala perusahaan yang Kamu jalankan, Kamu membutuhkan website agar terlihat lebih terpercaya.

Bagaimana pun juga, di dunia yang serba menggunakan internet saat ini, akan terlihat sangat tidak wajar apabila suatu bisnis yang kredibel tidak memiliki website. Tidak perlu terlalu muluk-muluk, Kamu dapat mulai belajar membuat website sederhana terlebih dahulu.

2. Website Bisnis adalah Marketing Channel yang Perlu Kamu Coba

Website menghadirkan online presence secara otomatis bagi Kamu. Bayangkan website Kamu seperti sebuah pamflet iklan. Hanya saja, pamflet iklan ini letaknya secara online dan dapat diakses kapan saja oleh siapa saja.

Dengan memiliki website, channel pemasaran lain terbuka sangat lebar. Website memang dikenal sebagai pondasi distribusi konten Kamu di internet. Kamu dapat membuat kampanye content marketing, blogging, SEO, hingga online ads sekaligus dengan hanya berbekal website.

3. Pelanggan Mencari Apapun di Mesin Pencari

Jika memiliki website, bisnis Kamu akan lebih mudah ditemukan di mesin pencari. Bayangkan mesin pencari ini seperti buku telepon atau Yellow Pages, dimana semua orang menggunakannya untuk mencari segala sesuatu yang berkaitan dengan produk atau layanan.

Memiliki website akan memudahkan Kamu ‘unjuk gigi’ di mesin pencari. Bagaimana tidak, jutaan pencarian dilakukan setiap harinya. Tidak hanya pencarian global saja, pencarian lokal pun menyumbang angka yang cukup signifikan. Malah, pencarian lokal memiliki peluang lebih besar untuk menghasilkan konversi bagi bisnis Kamu.

4. Sumur Leads yang Tidak Pernah Kering

Fungsi lain dari website adalah sarana untuk mendapatkan leads baru. Kamu yang pernah memiliki toko offline mungkin pernah merasakannya: meminta pengunjung mengisi daftar tamu agar Kamu memiliki data diri mereka merupakan hal yang sangat sulit dilakukan.

Leads sangat mudah didapatkan menggunakan website. Kamu tinggal memasang kolom isian di website dengan sedikit iming-iming hadiah seperti ebook maupun infografis dan pengunjung akan secara sukarela memberikan alamat email mereka. Nah, leads berupa alamat email ini nantinya bisa Kamu manfaatkan sebagai database untuk pengiriman newsletter serta promo spesial.

5. Website Dapat Mendatangkan Pelanggan ke Toko Offline Kamu

Sebenarnya ini salah satu alasan mengapa banyak orang belum yakin membuat website sendiri. Kebanyakan dari mereka khawatir website-nya sepi dan tidak ada yang melakukan transaksi di sana.

Padahal, belakangan ini webrooming sangatlah populer. Webrooming adalah aktivitas pelanggan yang melihat-lihat produk atau layanan secara online, kemudian baru melakukan transaksi langsung di kios atau toko offline. Lihat, website bahkan dapat mendukung kesuksesan Kamu baik secara online maupun offline!

Jadi, mengapa Kamu tidak segera membuat website sendiri sekarang?

Ya, mengapa tidak? Website dapat mendatangkan kesuksesan yang lebih masif bagi bisnis Kamu. Sebenarnya tidak hanya bisnis saja. Bahkan jika Kamu merupakan profesional di bidang lain dan tidak memiliki toko atau bisnis, website pun dapat membantu meraih apa yang Kamu inginkan di dunia internet.

Kemudian, apabila hambatannya adalah soal kemampuan teknis, mungkin Kamu saat ini bertanya-tanya, bagaimana cara membuat website? Kini ada cara mudah membuat website, hanya lima menit saja! Kamu tidak perlu menguasai bahasa pemrograman terlalu rumit untuk membuat website sederhana milik Kamu sendiri.

Yang perlu Kamu lakukan hanyalah menentukan nama domain, memilih tema, mengisi konten, dan website akan langsung siap digunakan! Ikuti tautan berikut ini untuk informasi lebih lanjut.

Pangeran Wortel

Blogger dari Kab. Bengkalis. Sukanya ngisi waktu luang untuk buat video, nulis di blog, desain feed instagram #bukanfakta dan kadang suka sendiri di pantai. Salam kenal..

One thought to “Mengapa Perusahaan Kamu Perlu Membuat Website Sendiri?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *