Cara dan Syarat Membuat SKCK Lengkap dengan Gambar

Cara membuat SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) banyak yang bilang tata caranya cukup sulit, itulah kenapa beberapa waktu lalu, Pangeran diminta untuk membuatkan panduannya dari permintaan seorang teman yang sedang ingin mengajukan lamaran pekerjaan.

 

Beliau kebingungan harus mulai dari mana. Dan kebetulan beberapa minggu yang lalu, Pangeran baru saja mengurus SKCK ini. Daripada Pangeran sendiri yang bisa, mending disharekan? Biar semuanya bisa tau cara membuat SKCK itu sangat mudah.

 

Sepengetahuan Pangeran, SKCK biasanya digunakan untuk banyak hal, sih. Seperti mengikuti pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (PNS), Melamar pekerjaan seperti teman Pangeran dan masih banyak lagi.

 

Semoga panduan ini bisa membantu teman-teman yang merasa kesulitan untuk membuat SKCK ini. Nah, seperti apakah cara dan syarat membuat SKCK?

 

Baca penjelasan lengkapnya di bawah ini.

 

Syarat, Biaya dan Cara Membuat SKCK

 

Untuk cara membuat SKCK di Kepolisian, tentunya sebagai warga yang baik, kalian harus mengikuti beberapa birokrasi yang nyebelin dan suka membuat warga merasa bingung. Oke, kita langsung masuk ke tahapannya aja, biar gak makin bingung :

 

1. Menyiapkan Surat Pengantar dari Kelurahan sampai ke Kecamatan

 

Untuk mendapatkan Surat Pengantar sampai ke Kecamatan, yang perlu kalian lakukan adalah meminta Surat Pengantar dari Ketua RT dan RW. Kemudian, setelah mendapatkan surat dari RT dan RW tadi, silahkan lanjutkan meminta Surat Pengantar dari Kelurahan/Desa.

 

Nah, pengalaman Pangeran kemaren, untuk mengurus Surat Pengantar di Kelurahan, dikenakan biaya sebesar Rp 25.000,-. Setelah mendapatkan Surat Pengantar dari Kelurahan, kalian bisa menuju Kecamatan untuk mendapatkan Surat Rekomendasi.

contoh surat pengantar kelurahan/desa
Contoh Surat Pengantar dari Kelurahan. Maaf, indentitas pribadi belum siap dipublikasikan. 😀

 

 

Kemaren, Pangeran tidak sampai mengurus di Kecamatan. Alasannya, karena Surat Pengantar dari Kelurahan sudah cukup untuk menjadi bukti di kantor Kepolisian nanti. Ya, meskipun saat diserahkan surat ini hanya dikembalikan begitu saja.Padahalkan, buatnya bayar. Pas ditanya, jawabnya “Ini gak perlu, dek.” Cuman bisa mengelus dada sendiri dan pengen berubah jadi hulk.

 

Tapi, jika diperlukan dalam Proses pembuatan SKCK di kantor Kepolisian tempat kalian berada, jangan lewatkan setiap birokrasinya. Ikuti saja, walau hati tak senada.

 

Setelah Surat Pengantarnya sudah berada dalam genggaman kalian, sekarang saatnya menyiapkan syarat membuat SKCK. Berikut penjelasnnya.

 

2. Syarat Pengurusan SKCK di Kantor Kepolisian

 

Jika Surat Pengantar dari Kelurahan dan Rekomendasi dari Kecamatan sudah kalian miliki, inilah saatnya kita melangkah ke syarat, proses pembuatan dan biaya yang harus kalian siapkan.

a. Syarat Membuat SKCK Baru

  1. Fotocopy KTP/SIM (Diharapkan KTP/SIM yang digunakan sesuai dengan daerah domisili pada Surat Pengantar dari Kantor Kelurahan)
  2. Fotocopy Kartu Keluarga
  3. Fotocopy Akta Kelahiran
  4. Pas Photo dengan latar belakang warna merah ukuran 4 x 6 sebanyak 6 Lembar (Sebaiknya lebihkan menjadi 10 Lembar untuk jaga-jaga kalau kekurangan)

b. Syarat Perpanjang SKCK

  1. Membawa SKCK Asli
  2. Pas Photo dengan latar belakang warna merah ukuran 4 x 6 sebanyak 6 Lembar (Sebaiknya lebihkan menjadi 10 Lembar untuk jaga-jaga kalau kekurangan)
  3. Fotocopy KTP
  4. Fotocopy Kartu Keluarga



3. Prosedur Membuat SKCK 

 

Ketika semua syarat yang Pangeran jelaskan di atas sudah kalian siapkan. Sekarang saatnya kalian datang ke Polres atau Polsek terdekat. (Ya, meskipuan gak semua Polsek bisa untuk membuat SKCK.)

 

Kebetulan, kemaren Pangeran mengurus SKCK ini di Polresta Kota Pekanbaru, Riau, Sumatera, Indonesia. Nah, buat warga Pekanbaru, Pangeran dapat pemberitahuan disarankan untuk warga Kota Pekanbaru, jika ingin membuat SKCK baru atau perpanjang, silahkan langsung ke alamat Polresta Pekanbaru, yaitu di Jl. Ahmad Yani, Kota Pekanbaru.

foto-polresta-kota-pekanbaru

 

 

Oke, sekarang kita mulai ke tahap membuat SKCK-nya :

 

1. Mengisi Formulir Keterangan Pribadi

 

Untuk mengambil formulir ini, silahkan serahkan semua syarat yang sudah Pangeran jelaskan di atas. Proses ini sama saja untuk yang Membuat SKCK baru ataupun Perpanjang SKCK.

 

formulir membuat skck
Contoh formulir SKCK

 

Apa saja yang harus kalian isi pada formulir seperti foto di atas? 

 

Yang jelas data diri dan beberapa pertanyaan seperti : Jenis Hidung, Warna Kulit, Bentuk Gigi, Bentuk Telinga (ini yang paling sulit ngejawabnya. Hehehe) dan masih banyak pertanyaan lainnya.

 

Untuk warga Pekanbaru, silahkan ambil formulirnya di tempat seperti foto di bawah ini (jika belum pindah) :

 

tempat pengambilan formulir skck kota Pekanbaru
Jangan tanya siapa wanita berjilbab biru itu. Nggak tau.

Kemudian, jika formulirnya sudah selesai diisi, langsung hantarkan ke bagian pengambilan formulir sebelumnya. Untuk apa?

 

Untuk menuju Proses selanjutnya yaitu Pengambilan Sidik Jari.

 

2. Pengambilan Sidik Jari oleh Petugas

 

pengambilan sidik jari membuat skck

 

 

Untuk diketahui, pengambilan sidik jari ini dilakukan pada semua jari. Jadi, sebaiknya sebelum membuat SKCK, silahkan membawa Tisu atau alat pembersih lainnya. Ya, biasanya memang disediakan tisu, tapi ngasinya suka sedikit, minta lagi cuman ditambah satu lembar. Hasilnya, kemaren tangan Pangeran masih item kek gini :

 

tangan hitam setelah cap sidik jari

 

 

3. Mengisi Formulir SKCK

 

Mengapa mengisi formulir lagi? Bukannya di awal sudah mengisi Pangeran?

 

Benar. Cuman, di awal tadi, kalian diminta untuk mengisi data diri, sedangkan formulir ini semacam menjawab pertanyaan tentang hal-hal kriminal yang pernah kalian lakukan + plus data diri lagi. Nggak tau, banyak bener data dirinya.

formulir skck

 

 

Jadi, ada banyak pertanyaan yang diajukan dan yang Pangeran inget seperti :

 

Apakah saudara bersangkutan Perkara Pidana? TIDAK
 
Dalam Perkara apa? TIDAK ADA
 
Bagaimana keputusan dan Vonis Hakim? BELUM PERNAH DIVONIS. DITINGGALIN SERING.

 

Nah, itulah yang masih Pangeran inget. Sisanya kalian lihat sendiri di formulirnya, ya. Usahakan menjawabnya jangan berkeringat. Nanti basah, minta kertas ulang takutnya nggak boleh. Hehehe.

 

Jawab yang menurut kalian perlu dijawab. Karena, kalau memang kalian tidak pernah terkena Pidana, ya berikan tanda garis atau kosongkan saja.

 

Ow, ya. Pada pengambilan Formulir ini, kalian akan dikenakan biaya sebesar Rp 10.000,- yang sudah diatur pada PP. No. 50 Tahun 2010 Tentang PNBP. Jika ada kesalahan penulisan, silahkan dikoreksi, ya.

 

Jika sudah selesai, antar kembali ke Loket tempat kalian mengambil Formulir Membuat SKCK tadi. Untuk warga Pekanbaru, masukkan kembali di Loket 1, ya :

loket 1 membuat skck
Maaf fotonya miring. Soalnya sedang desak-desakan.

4. Menunggu Hasil SKCK

 

Ini adalah moment yang paling membosankan di Dunia. Tapi, begitulah prosedur. Kalian harus taat. Kan mau jadi warga negara yang baik.

 

Karena bingung mau ngapain, sambil nunggu, Pangeran coba ngajak ngobrol orang di sebelah yang juga sedang membuat SKCK. Ya, sambil ngeliatin kotak ini :

 

kotak pelayanan membuat skck

 

 

Jujur, Pangeran penasaran banget dari sekian banyak yg merasa puas. Ada 1 kertas yang merasa TIDAK PUAS. Pengen ngambil, tapi daku tak kuasa.Nah, kalo Pangeran ngisi apa ni?

Ngisi PUAS dong…. Soalnya petugasnya ramah, cekatan dan sabar menjawab pertanyaan yang ya.. gitulah.

 

Oke. Setelah menunggu kurang dari 15 menit, nama Pangeran dipanggil dan SKCK Pangeran Wortel pun selesai… Nih, hasilnya :

 

contoh hasil skck asli
contoh surat skck dari kepolisian

 

 

—o0o—

 

Ow, ya. Sebagai tambahan aja, sih. Buat yang mau dilegalisir, silahkan fotocopy minimal terserah kalian maunya berapa aja. Dan berikan kembali ke loket penerimaan SKCK tadi, terus bilang :

 

“Mas/mbak, saya mau legalisir.”

 

Lalu serahkan SKCK yang sudah kalian fotocopy. Buat warga Pekanbaru, kalian bisa fotocopy di dekat Lampu merah nggak jauh dari Kantor Polresta Pekanbaru. Kemaren Pangeran survei ada 3 tempat, tapi yang masih buka di OSCAR ini. Nih, fotonya :

 

tempat foto copy terdekat di polresta kota pekanbaru

 

 

Memang, itu studio foto. Tapi, sepertinya mau ngambil untung lebih. #nggakmaurugi Jadilah dibuka tempat fotocopy ini.Untuk biaya Legalisir kemaren, Pangeran dikenakan Rp 10.000,- untuk 10 Lembar. Jadi, Rp 1000/lembar.

 

 

—-o0o—-

 

Ya begitulah tadi tata cara membuat SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) atau yang dulu disebut SKKB (Surat Keterangan Kelakuan Baik).

 

Semua konten ini ditulis bedasarkan Pengalaman sendiri. Jika ada perubahan data. Pangeran akan usahakan untuk mengupdate kembali.Ow, ya. Sebelum ditutup, sekedar info : pembuatan SKCK Online sudah gak bisa lagi.

 

Udah berkali-kali nyoba buka link skck online. Tapi, gak tau kenapa situsnya gak bisa dibuka.

 

Okelah. Sepertinya itu dulu yang bisa Pangeran bagikan. Terimakasih sudah membaca. Semoga bermanfaat. Jangan lupa dishare ke temen-temen yang lain, ya. Pangeran Wortel pamit. See you…

 

Thank’s to : Polri 

Heru Arya

Blogger kelahiran Bengkalis yang sudah jadi mantan Mahasiswa Pertanian. Sekarang sedang sibuk diam biar punya banyak emas.

37 thoughts to “Cara dan Syarat Membuat SKCK Lengkap dengan Gambar”

  1. Aku bikin SKCK jugak gak pakek calo. Gampang kok sekarang, gak ribet. Prosesnya jugak mudah.

    Tapi yg lucunya pas ngisi ciri ciri badan kita. Mata belo, sipit, idung mancung, pesek, bangir. Kan jleb banget yak :p

    1. Nice Beby… Jangan mau sama calo mulu. Padahalkan prosedurnya mudah, ya kan? 🙂

      Hahaha. Iya, ni Beb. Gue aja senyam-senyum sendiri. "Ini punya gue tergolong yg mana, ya?" 😀

  2. SKCK itu kegunaannya kayak kartu keluarga gitu iya…..iyakan?!

    gue nggk paham tentang membuat surat-surat penting gitu, yang gue tau cuman, membuat KTP, membuat SIM, terus Akte kelahiran, yap……sekarang itu doang yang gue tau saat ini.

    kok bisa ciri-ciri fisik didata?

    1. Keknya Attar nggak baca postingan ini dengan baik. Di awal sekali sudah dijelaskan kegunaan dari SKCK ini untuk apa.

      Inilah gunannya membaca. Biar jadi tau. Jangan menutup diri untuk informasi jika ingin maju.

      Mengenai itu, silahkan tanya langsung ke Kepolisian.

  3. ribet nggak ribet sih kalo menurutku.
    ribet kalo belum dilakuin, nggak ribet kalo udah dilakuin. "wah ternyata cuma gini aja ya"

    aku bikin skck 2 tahun yang lalu, dan sama sekali belum pernah aku perpanjang. alasannya ya itu, malas.
    indonesia bets.

  4. Aku jadi inget ini kalau sampe sekarang masih belum bikin SKCK hehe. Padahal itu sewaktu-waktu dibutuhin banget. Ah, nggak papa lah, yang penting KTP sudah EKTP (lah apa hubungannya) hahaha

    Tapi setelah baca alur yang kamu ceritain ketika buat SKCK, nggak terlalu ribet juga. Dan itu sehari saja sudah bisa langsung jadi yaa, beda banget sama bikin KTP yang harus berbulan-bulan. Sama persis kayak proses bikin paspor yang hanya sehari langsung jadi, tapi ya gitu, nunggunya lama banget.

    1. Hahaha. Mungkin kalo dipaksa dihubungkan, E-KTP jadi syarat untuk pembuatan SKCK. 😀

      Iya, Zam. Meskipun sehari selesai, tapi menunggunya itu yg membosankan. Hehehe. Malah, ada yg berjam-jam tapi gak selesai. Ya, intinya kalo mau buat surat menyurat begini, harus tabah dan sabar di Indonesia. 😀

  5. Aku udah mikirin untuk buat ini karena selesai wisuda mau ngelamar kerja pasti diminta SKCK sebagai salah satu syaratnya. Kalo surat keterangan sehat kan gampang aja minta ke puskesmas gak perlu ribet.

    SKCK cuma berlaku 6 bulan yaa.

    Dulu cuma pernah ditawarin calo untuk buat SIM, tapi aku gak mau karena mau tau prosesnya. Keknya calo ini udah kerja sama juga sama polisinya.

    1. Jangan dipikirin terus, yu. Buruan dibuat. Kan syaratnya gampang.. 🙂

      Betul. Berlakunya hanya 6 bulan. Takutnya kalo terlalu lama, kejahatan makin banyak. 😀

      Waduh… jangan mau deh. Gampang kok, buatnya. 🙂

  6. Syukur banget pembuatan skck gue kemarin lancar dan gak perlu banyak waktu pange. Jadi gue bikin skck ini buat keperluan masuk perguruan tinggi. Dan waktu gue bikin, banyak juga calon mahasiswa yang bikin juga. dan syukurnya banyak cewe haha.

    1. Alhamdulillah, ya Feb. 🙂 Meskipun masih ada beberapa proses yg lama, tapi sekarang mendinganlah, daripada dulu zaman pertama kuliah. Buat SKKB itu lama bener. 1 minggu baru kelar. Hadeh…

      Ukhuk. Emang bener, sih. Banyak ceweknya. 😀

    1. Iya, mas Achmad. Sama-sama. Semoga membantu jikalau pengen buat nantinya. Atau ada saudara, teman mau buat juga. Kasi link ini, aja. hehehe.

      Bener. Kalo SIM pake tesnya berkendara. Kalo ini nggak ada tes. Cuman menjawab aja. 🙂

  7. Oalah,jadinya kalo mau daftar PNS harus buat SKCK dulu. Kalo gue sih, buat apaan ya, gue aja masih kelas 2 SMA. Umur belum 17 tahun. Jujur aja, awalnya gue gak tahu SKCK itu apa. Gue malah coba nebak-nebak kalo SKCK yang lo buat itu semacam humor gitu kayak Surat Keterangan Cinta Kamu atau apa. 😀

    Ternyata, dikasih tahu cara pembuatannya. Makasih ya, cara-caranya. Mungkin akan berguna buat gue nih kalo mau buat esok hari. 🙂

    1. Iya, Ham.. Begitulah prosedurnya. Nggak apa2. Paling nggak jadi edukasi buat kedepan kalo perlu masuk ke Perguruan tinggi dan jika sudah memasuki dunia kerja.

      Sama-sama Ham..

  8. Seneng deh baca tulisan yg bermanfaat seperti ini. Nanti stepnya dipi inget2 ya de. Sekarang sih blm kpikiran bikin skck, yg ada malah kpikiran bikin akte kelahiran klo si dede udah lahir. Iiisshhh kok aku tua bgt yak… Hahaha. Dulu bikin skck waktu dipi jg mau ngelamar kerja. Jaman itu blm bs online. Inget bgt ruang ambil sidik jarinya seruang sama kantor bidang kejahatan gitulah.. Di dinding dipasang foto2 kejahatan penuh darah… Hororrrr. Sebagai balasan nanti baca tulisanku ttg asi eksklusif dan tips popok kotor bayi ya… Hahaha wkwkwk. Salam sayang sukses selalu ya buat ade wortel..

    1. Iya kak Dipi… Seneng juga bisa berbagi. 🙂 Hahaha. Semoga segera bisa buat akte kelahiran, ya kak. 🙂

      Sekarang juga yg online belum maksimal, sih kak. Masih sudah error gitu. Nggak tau kenapa.

      Waduh… serem juga, ya. Hahahaha. Siap kakak…

      AMinnn.. Makasih buat doanya yg selalu diberikan buatku, kak. Semoga kakak selalu diberikan kesehatan sampai lahir nanti. AMin… 🙂

  9. Salah satu kekurangan Indonesia dibandingkan negara-negara lain…yg namanya birokrasi tuh RIBET BANGET. Kalo di luar negeri, kita ga akan disuruh ngisi formulir berkali-kali, karena pas apply Resident Permit, kita udah disuruh ngisi satu formulir secara online yg berisi data-data lengkap kita. Kalo nanti kita perlu ngurusin dokumen laen, mereka tinggal ambil data-data (termasuk foto dan sidik jari) kita dari database, beres deh. Simpel kan? Gua biasa ngurusin perpanjangan visa dll, cuma perlu datang ke satu loket, dan ga sampai 10 menit prosesnya.

    1. Iya, bg. Begitulah ada negara kita ini. Makanya, sebagai anak Negeri, kita perlu untuk memperbaiki semuanya.

      Seperti teknologi secanggih di Cina yg abang sudah dapatkan. Coba untuk membuat gagasan supaya ada di Indonesia, bg. Siapa tau bisa beneran terealisasi. 🙂

  10. Cieee bang Pang, dapet tawaran job review dari kantor polisi Pekanbaru nih kayaknyaa ~

    Gue juga bikin ntar kalo ada niatan jadi PNS deh, ntahlah lewat birokrasi yang berbelit2 seperti itu atau make orang dalem. Muehehe
    Tapi sebagai warga Indonesia, aku jalan yang lurus aja deh. Pake orang dalem.

    Eh btw, kalo di tilang itu masuk dalam catatan kriminal gak sih bang ??

    1. Hahaha. Apaan diciyein? Ini hanya sekedar berbagi, Azka.. -_- Ya, kali kantor Kepolisian Ngedors gue. 😀

      Elaah… Semudah ini kok harus pake orang dalem. SAMA AJA. -_-

      Iya. Itu termasuk kriminal. Karena melanggar aturan lalu lintas.

  11. Hmm.. skck kek pernah liat, yang sering dibawa bokap pas mau ngelamar kerja gitu, eh ternyata bentuknya kayak gini heheh… maklum, sepertinya ini dibutuhin banget ya. Okelah.. mungkin saat gue butuh, gue akan search di blog ini.

    eh, tapi syarat potonya harus pake kopiah kah, semacam peci gitu Pange?

    1. Hahahah. Bener, Yog. Itulah SKCK. Siap, Yog. Nanti pas mau masuk kuliah atau mau ngelamar kerja, pasti perlu banget SKCK.

      Nggak, Yog. Itu pencitraan aja. hahaha. Nggaklah. Itu kebetulan lagi males foto baru, jadi foto yang ada aja, gue print. Yg penting sesuai syarat aja, Yog.

    1. Hahaha, iya mas. Jari 10 jadi item semua. Bener banget. Penjaganya agak semaunya sendiri. Mana tintanya lengket banget. Hadeh…

      Harusnyakan dibuat cap jari elektronik aja.

  12. Artikel yang berguna untuk gue nantinya, mana tau perlu surat ini dan harus mengurusnya ke kantor polisi terdekat.

    November nanti, umur tepat 17 tahun. Pasti lumayan banyak nih yang mau diurus, terlebih KTP/E-KTP. Bakalan sama nih sama pange, urus sana urus sini, nunggu, dan akhirnya selesai. Itu benar, ikuti saja alurnya, seperti kehidupan ini yang harus kita nikmati perjalanan di setiap alurnya~

  13. Hy…mw nax klw qt mw pengurusan SKCK apa hrus pke KTP?? Soalx usia sya belum ckup 17thun nnti bln 6 bru ckup tp sdh tmat SMA jdi KTP blum ada cuma pke Surat keterangan domisili… kira2 bisa tdk sya urus SKCK

    1. Benar sekali. Dalam pengurusan SKCK, memang harus punya KTP. Karena nanti akan ada pengurusan di Kelurahan dan itu membutuhkan KTP.

      Sarannya, sebaiknya ditunggu bulan 6 nanti. 🙂

  14. Soalx sudah ada twran kerja bulan ini tp syaratx pux SKCK… sya sdah dpat surat pengantar dari kelurahan N polsek… kira2 bisa ambil skck tdk??

    1. Nah…. Jika kondisinya seperti itu. Sebaiknya langsung tanyakan ke pihak Kepolisian. Apakah mungkin bisa menggunakan alternatif lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *