Cara Membuat Scroll pada Komentar, Popular Post dan Arsip Blog

cara membuat scroll pada komentar, popular post dan arsip di blog
Pada tips merapikan blog sebelumnya, Pangeran sudah menyarankan kepada sahabat wortel bagaimana cara merapikan blog yang mudah dan praktis. Nah, kali ini Pangeran akan melanjutkan tentang cara membuat scroll pada Komentar, Widget Populer post dan Widget Arsip yang ada di blog.

 

Lalu, bagaimana cara membuat dan memasang scroll pada komentar serta widget di blog?

 

Baca panduan lengkapnya di bawah ini dan selamat mencoba.

Cara Membuat Scroll pada Komentar di Blog

 

Menerapkan scroll pada komentar di blog memang bukan suatu kewajiban. Namun, jika kalian punya banyak pembaca yang suka berkomentar, supaya blog kalian tidak terkesan menjadi sangat panjang, penggunaan scroll adalah cara yang tepat untuk membuatnya lebih rapi. Mari kita bahas cara membuatnya.1. Buka Blogger.com > Template > Edit HTML. Nih, caranya :

 

cara edit html di blog

 

 

2. Silahkan cari code <b:includable id='threaded_comments' var='post'>. Biar lebih mudah, klik pada kotak Edit HTML dan tekan CTRL + F, terus copy dan pastekan code <b:includable id='threaded_comments' var='post'> di kotak searchnya. Begini caranya :

 

cara membuat scroll pada komentar di blog

 

 

3. Setelah ketemu. Langsung saja klik titik di samping code di atas tadi (jika belum terbuka. Jika sudah, lanjut ke panduan berikutnya).

 

4. Sekarang tambahkan code style='overflow:auto; height:250px' tepat di dalam code <div class='comments' id='comments'>. Begini cara menambahknya.

 

Sebelum ditambahkan code style='overflow:auto; height:250px'
<div class='comments' id='comments'>

 

Setelah ditambahkan code style='overflow:auto; height:250px'
<div class='comments' id='comments' style='overflow:auto; height:250px'>

 

Jangan lupa beri spasi untuk menambahkan code barunya dan ganti code warna merah dengan ukuran tinggi scroll pada komentar blog kalian. Sesuaikan dengan selera kalian, ya.

 

cara membuat scroll pada komentar di blog

 

 

5. Pastikan penempatan code sudah benar. Jika sudah, sekarang klik Simpan Template dan Refresh blog kalian untuk lihat hasilnya. Jika benar, hasilnya akan seperti ini :

 

contoh hasil memasang scroll di komentar blog

 

 

Cara Membuat Scroll pada Popular Post di Blog

1. Buka Blogger.com > Template > Edit HTML. Nih, caranya :

 

cara edit html di blog

 

2. Silahkan cari code PopularPosts. Biar lebih mudah, klik pada kotak Edit HTML dan tekan CTRL + F, terus copy dan pastekan code PopularPosts di kotak searchnya. Begini caranya :

 

cara membuat scroll pada popular post di blog

 

 

3. Setelah ketemu. Langsung saja klik titik (….) 2x di samping code di atas tadi (jika belum terbuka. Jika sudah, lanjut ke panduannya).

 

4. Tambahkan code style='overflow:auto; height:250px' di dalam code <div class='widget-content popular-posts'>. Nggak usah bingung, begini cara menambahnya :

 

Sebelum ditambahkan style='overflow:auto; height:250px'
<div class='widget-content popular-posts'>.

 

Sesudah ditambahkan style='overflow:auto; height:250px'
<div class='widget-content popular-posts' style='overflow:auto; height:250px' >

 

Jangan lupa beri spasi untuk menambahkan code barunya dan ganti code warna merah dengan ukuran tinggi scroll pada Popular Post blog kalian. Sesuaikan dengan selera kalian, ya.

 

cara membuat scroll pada popular post di blog

 

 

5. Pastikan penempatan code sudah benar. Jika sudah, sekarang klik Simpan Template dan Refresh blog kalian untuk lihat hasilnya. Jika benar, hasilnya akan seperti ini :

 

contoh hasil memasang scroll popular post di blog

 

 

Cara Membuat Scroll pada Arsip di Blog

 

Untuk panduan ini, sudah Pernah Pangeran bahas di panduan sebelumnya. Jadi, silahkan kalian langsung klik panduan di bawah ini :

 

Panduan Terkait

Cara Membuat Scroll pada Arsip Blog

Memasang scroll pada Arsip blog dapat membuat blog kalian terlihat lebih rapi dan teratur. Segera baca panduannya dan terapkan di blog kalian.

BACA PANDUANNYA >

 

—o0o—

 

Bagaimana panduan Cara Membuat Scroll pada Komentar, Popular Post dan Arsip di Blog kali ini terlihat sulit? Nggak dong. Kan udah Pangeran pandu menggunakan gambar juga.

 

Tapi, jika kalian merasa kesulitan, silahkan tanyakan di komentar. Atau ada yang mau request tutorial, silahkan tulis juga di komentar.

 

Okelah. Seperti biasa. Terimakasih sudah membaca panduan ini. Semoga bermanfaat. Pangeran Wortel pamit. See you…

15 thoughts on “Cara Membuat Scroll pada Komentar, Popular Post dan Arsip Blog

  1. baru sadar kalo template nya balik lagi ke yg dulu.. ehehe

    sekarang pange banyak tutor nih.. varokah sekalee..

    o ya.. bikin tutorial pasang RELATED POST juga dong.. gue udah nyoba2 disemua blog yg udah bahas bikin tutorial bikin kayak gitu, tapi gagal terus, keknya bentrok ama script apa gtu,, kalo ditemplate bawaan emang agak gampang. tp template hasil download sedikit susah, ehehe

    1. Iya, ni Dian. Pengen mengembangkan template sendiri aja. Lebih nyaman.

      Hahaha. Iya, nih… Aminnn.

      Related post, ya? Sebenarnya template apapun gampang di mata gue. (sombong…). hahahaha. Nanti gue buatin, ya. Masuk list dulu.

  2. Ilmu lagi nih, awal aku memasak scroll di komentar itu terinspirasi dari blog ini, setelah cari-cari sampai jadi bagaimana caranya komentar ada scrolnya. Selain jadi lebih hemat terlihat bagus juga.

    Pokoknya ditahun ini banyak belajar dari tlisan wortel.. Setiap baca langsung praktekan, ketika berhasil senang rasanya.

  3. Nah! tulisan komentar yg bnyak kadang mmbuat postingan jadi panjang kebawah buat ngescrollnya. Klo dibedain pasti halaman nya kepangkas buat tulisan postingan nya saja. Kbetulan saya jga lagi butuh tutorial ini sih, hehe.

    Oiya, klo smua tutorial diblog ini dijadiin buku, pasti sngat bermanfaat ini. Penjelasan nya lngkap bnget sih.

    1. Setuju, Rey. Dengan menambahkan Scroll pada komentar blog, akan jadi lebih rapi juga untuk blog. Nggak kelihatan panjang banget. Kadang seperti yg lu bilang. Ngalahin panjangnya postingan. 🙂

      Selamat menggunakan, ya Rey. 🙂

      Hem.. Belum kepikiran, sih. Mudah-mudahan aja bisa. 🙂

  4. Nah kalo misalnya widgetnya berhenti saat discroll kebawah terus pas sampe bawah naik ke atas gimana bang…saya bingung punya widget yang gak bisa naik keatas… padahal bisa berhenti pas discroll kebawah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *