Membangun Kepercayaan Diri Bersama Qwords.com

cerita sukses bersama qwords

 

Jika dihitung, bentar lagi usia ngeblog gue memasuki tahun ke-4 dari tahun 2012 yang lalu. Tapi, dari awal ngeblog sampe sekarang, yang masih membuat gue ragu itu, masih sama. Tentang kepercayaan diri.

Sejauh ini, gue sendiri kadang suka ngerasa kalo apa yang gue tulis dan bagikan itu belum bisa memberikan hal-hal yang bisa diaplikasikan kepada orang lain. Sedangkan, tujuan orang mampir ke sebuah blog (selain bersilaturahmi) tentunya ingin mendapatkan manfaat dari apa yang mereka baca di blog gue.

Kepercayaan Diri yang Tak Kunjung Datang

Membangun Kepercayaan Diri

 

Gue memutuskan untuk bener-bener konsisten di dunia blogger itu mulai tahun 2012. Ya, dengan post yang entah apa isinya, tapi gue gak akan hapus post itu. Karena, gue bisa sampai sejauh ini karena post yang gak jelas itu.

Sebenarnya, saat itu gue sendiri bingung, apakah tujuan gue ngeblog ini sudah benar?

Apakah karena hanya ikut-ikutan?

Begitu banyak pertanyaan yang berkecamuk di dalam diri gue. Hanya saja, mungkin saat itu yang gue tau bahwa menulis itu tidak akan merugikan siapapun.

Dulu, awal tahun 2013, gue sempet ngerasa pengen melahirkan sebuah buku. Tapi, setelah gue mencoba menulis beberapa bab sampai selesai, calon naskah itupun sampai sekarang hanya tergeletak cantik di file laptop gue.

Kesadaran diri yang membuat gue melakukan itu.

Memang, hal paling sulit di dunia ini adalah memantaskan diri. Terkadang, kita sudah melakukan seluruh kemampuan kita untuk meraih apa yang kita inginkan.

Tapi… Setelah tercapai tujuan itu, justru kita suka merasa “Pantas gak, sih?”

Mengetahui kenyataan itu, guepun mengurungkan niat dengan urusan naskah. Gue kembali fokus ke dunia blogger. Tanpa tujuan, arah dan panduan.

Konsistensi Gue Diuji

konsisten ngeblog

 

Tahun 2013. Gue masih inget banget waktu itu gue sedang dalam keadaan kuliah. Menung sendiri di kelas ketika temen-temen yang lain fokus dengan ilmu dasar pertanian. Cuman, gue justru membayangkan untuk berhenti di dunia blogger. Selamanya.Baca juga : 11 Cara menjadi blogger konsisten

Semua ini gue lakukan karena hampir 1 tahun ngeblog, gue belum juga menemukan pembaca. Hem…

Keputusan itu seakan sangat matang untuk gue ambil.

Tanpa sedikitpun resiko yang terbenak dalam diri gue. Sampailah gue di sebuah pertemuan singkat dengan temen gue yang berada di kelas lain. Dia adalah cewek pertama yang kenal gue dari blog (karena setiap hari gue selalu nyepam di grup angkatan untuk buka blog gue). Miris.

Ketika itu, gue sedang di kelas sambil menunggu dosen datang. Lalu, cewek ini masuk ke kelas dan menghampiri gue.
“Mas. Aku sering baca blogmu, lho.. Kapan nulis lagi? Kemaren aku lihat belum ada yang baru.”

Gue shock!! “SERIUS!!! Dari mana tau blog mas?”

“Kan mas sering promo di grup angkatan.”

“Njir!!! SPAM gue berhasil.” Pikir gue dalem hati. Hehehe. “Wah… Makasih banget lho, udah baca blog mas. Iya, ni. Belum tau kapan mau nulis lagi. Mudah-mudahan besok ada lagi. Kalo udah terbit, baca ya.”

“Iya dong, Mas. Soalnya cerita mas suka lucu gitu, ngakak sendiri di kostan. Banyak temen-temen aku kasi tau untuk baca blog Mas juga.”

“Aduh… Makasih banget, ya.”

“Iya, Mas. Eh, aku mau masuk dulu. Dosennya udah dateng. Da… Mas Heru.” Kemudian cewek itupun masuk ke kelasnya.

Sejak saat itu, gue terus nulis postingan blog yang awalnya hanya 1 minggu 1x. Sampai akhirnya gue pernah mencapai 1 hari 1 post. Prestasi yang gak pernah gue duga.

Keputusan untuk berhenti menjadi blogger itu seolah lenyap begitu saja. Gue gak pernah memikirkan kembali tentang keputusan untuk berhenti setelah kejadian ada orang lain yang membaca blog gue dan mereka terhibur.

Setidaknya, perlahan kepercayaan diri gue kembali.

Awal Tahun 2014 Kepercayaan Diri Gue Telah Kembali

tips blogging

 

Waktu memang gak bisa bohong. Orang-orang yang konsisten dan memiliki tujuan yang tulus atas suatu hal, semuanya akan dimudahkan.

Gue merasakan itu. Meskipun pembaca gue belum pernah sampai ke angka ratusan, gue tetep yakin, suatu saat nanti gue bisa sampai di titik yang gak pernah gue duga.

Awal tahun 2014 gue memutuskan untuk mengganti domain blogspot. Ya, saat itu gue sendiri aslinya gak tau gimana caranya mengganti domain. Serius.

Gue emang bener-bener gak tau harus mulai dari mana.

Kemudian, gue waktu itu sedang BW ke blognya bg Bena. Nah, berangkat dari blog itulah gue kenal Qwords.com dan sepenuh hati memutuskan untuk membeli domain di website itu.

Setelah membuka websitenya. Gue masih inget banget waktu itu. Hal pertama yang gue lakukan setelah buka Website Qwords.com, gue hening sampe 1 menit-an.

Gak tau. Gue tiba-tiba ragu, panik, pokoknya semua campur aduk. Lalu, temen gue bilang gini :

“Ru, kenapa ya, kalo kita gak pernah berani memulai, kita gak akan pernah tau akhir dari apa yang kita bayangkan?”

Gue diem. Serius. Entah kenapa kalimat itu cocok banget buat gue. Waktu itu, sebenarnya temen gue lagi curhat, kalo dia pengen menjalani hubungan sama gebetan barunya. Tapi, kalimat dia juga related sama keputusan gue waktu itu.

Berbekal yakin, guepun mulai mengirimkan pertanyaan melalui live chat. Gue pikir, gue adalah orang paling gaptek yang bener-bener gak tau soal cara ganti domain. Padahal ngeblognya udah lama. Rupanya, Customer Service yang sedang live chat bareng gue bilang :Mas bukan orang pertama. Jadi, tidak usah malu untuk bertanya. Kami siap membantu.

BOOM!!! Rupanya gue punya temen. Pikir gue. Hehehe.

Proses demi proses gue lewati, mulai dari order nama domain (yg udah gue pikirkan 1 minggu sebelumnya), terus transfer dan yang terakhir gue berhasil mengganti domain sendiri.

Keren!! Jadi gak dipandu lagi, Pangeran?

Ya masih. 😀

Usaha gak pernah menghianati Hasil

usaha tidak pernah menghianati hasil

 

Pikiran yang isinya semua keraguan gue, akhirnya luntur begitu saja. Gue makin percaya diri dengan apa yang gue tulis. Setiap mendapatkan saran, gue selalu belajar untuk memperbaiki dari saran-saran komentar yang sudah masuk di blog maupun akun sosmed gue.

Bahkan, setelah mengganti domain, gue baru berani untuk mengajukan diri bergabung di Komunitas Blogger Personal terbesar di Indonesia. Blogger Energy.

Bukan hanya itu saja, rating blog gue yang perlahan naik dan tentunya jumlah pengunjung blog gue jadi terus dan terus bertambah setiap harinya sampai saat ini.

Hal-hal yang gak pernah gue duga sekalipun, bisa terjadi begitu saja. Gue pernah diundang ke acara yang paling besar dari acara-acara lainnya yang gue tulis di sini.

Kelar urusan menghadiri acara-acara keren, gue juga alhamdulillah banget beberapakali mendapatkan tawaran kerjasama dari perusahaan yang sama sekali gue gak pernah duga.

Berangkat dari menggati domain di Qwords, hidup gue di dunia blogger bener-bener mengalami kemajuan yang luar biasa sampai saat ini.
—o0o—

Nah, begitulah cuplikan “Cerita Sukses Bersama Qwords” yang gue telah lewati. Dan… sekaligus untuk merayakan ulang tahun Qwords yang sudah 11 tahun telah memberikan pelayanan terbaik, gue persembahkan sebuah video sederhana tentang Cerita Sukses Membangun Kepercayaan Diri bersama Qwords.com :

Semoga cerita ini bisa mengispirasi temen-temen lain untuk terus berkarya di dunia Blogger. Okelah, sepertinya itu dulu yang bisa gue bagikan. Sekali lagi, selamat ulang tahun yg ke-11 untuk Qwords, jaya selalu dan semakin banyak discountnya, ya. Aminnn..

Pangeran wortel pamit. See you…

 

Image by : 
  • qwords.com
  • tulisanwortel.com

Pangeran Wortel

Blogger dari Kab. Bengkalis. Sukanya ngisi waktu luang untuk buat video, nulis di blog, desain feed instagram #bukanfakta dan kadang suka sendiri di pantai. Salam kenal..

46 thoughts to “Membangun Kepercayaan Diri Bersama Qwords.com”

  1. Wah keren bang, kisahnya menginspirasi.. Meskipun gue menemukan tulisan wortel ini tak sengaja, namun membawa peruban dalal hal blogging.. Beruntung gue bisa banyak belajar dari tulisan wortel..

    1. Biasanya gue kalau tersesat ngotak ngatik blog pasti tanya si mbah Google.

      Dan waktu itu nemu tulisanwortel bang, selain tampilannya keren, setiap tulisan mengenai dunia bloggingnya, banyak yg belum gue tahu, jadi betah aja jalan2 deh di tulisan wortel sampe sekarang.. hehe

  2. tuh kan.. sekalinya heru ikutan lomba blog, BOOM! Incess tenggelam dalam lautan luas, soalnya nggak kuku.

    btw tumben tuh muka seorang heru arya terpampang di setiap foto? biasanya pake gambar unyu2, ciyeee udah narsist cekalang :p

    good luck pangeran wortel! hayati hanya bisa mendoakanmu supaya menang dan juga siap untuk menghabiskan hadiahmu kelak. hahahaha

    1. Ealah… Inces mah, suka gitu. Melebih-lebihkan… 😀

      Hahaha. Lagi pengen menyesuaikan dengan Videonya Pit. Makanya, ditampilkan biar terpampang nyata wajah seorang Heru Arya. 😀

      Makasih doanya.. Hahahaha.

  3. Ciyeee yang juga pakai QWords. Aku juga pakai QWords Ru, buat hosting + domain. Meskipun akhir-akhir ini servernya sempet down beberapa jam sih :p. Tapi yang enak CS-nya bisa diganggu komplain pukul 2 pagi sekalipun, hahaha. 😀

    Ngomong-omong tentang percaya diri, kebetulan aku lagi nggak percaya diri ini. Cek GMail ya Ru! Makasii sebelumnyaaa 😀

    1. Ciyeee… Apaan??? 😀 Wah… Mas Mawi juga pake Qwords. Keren!!! Iya, sih. Tapi, bener banget mas. Mau komplain jam 3 pagipun, tetep ada yg respon… 24jamnya ketje bangetlah.

      Gak percaya diri kenapa mas??

      Oke mas. Udah dibalas. Semoga membantu. 🙂

    1. Iya bro Leon… 🙂 Iya, kebetulan Qwords juga sering buat lomba dan workshop keren-keren buat blogger. Sayangnya, gue jauh dari jakarta. jadinya gak bisa ikut. :'(

      Yg tabah… 😀

    1. Nah… Ini nih, buktinya bg Haris dipandu juga sampe jadi. 😀 Samaan kita, bg.

      Duh.. di post ini udah 3 orang dari blog bg Bena. Artinya, bermanfaat banget postnya. Makasih bg Bena. 🙂

  4. Inspiratif nih, yg palinh susah emang masalah konsistent itu sih, semua musuh bloggerida keknya sama deh. Penginnya begitu mulai ngeblog yg baca langsung banyak yg komen sejuta, padahal kan semua butuh proses.

    Gdluck lombanya semoga menang. Aye aye

  5. Aku juga pengen banget ganti domain blog tapi bingung gimana caranya. Aku liat ada beberapa blogger yang nulis tentang Qwords ini,jadinya udah gak bingung, kebetulan ada promo juga. Wah :3

    Btw pange, makasih tips menjadi blogger konsisten-nya, bermanfaat banget buat blogger yang susah konsisten kayak aku. Sampe sekarang aku berusaha buat konsisten, semoga aja setelah ini bisa konsisten. Aamiin T.T

    1. Wah…. Gak usah bingung. Beli di Qwords aja Nov.. Bener banget, domain .com lagi banyak promo tuh.. Buruan.. 🙂

      Sama-sama Nov… Semoga bisa menjadi konsisten terus, ya. Aminnn.. Semua pasti bisa, kalo ada kemauan. 🙂

  6. sebuah kisah perjuangan yang mungkin takkan pernah terlupakan, sebab juga sangat menginspirasi bagi saya bahwa kepercayaan diri dapat terwujud dengan kerja keras yang tak mudah putus asa, apalgi jika kemudian ada media Qwordsdong ah

  7. Untuk urusan domain aku juga percayakan sama Qwords.com. ceritanya menginspirasi. Aku juga dulu pernah punya pikiran buat berhenti ngeblog. Tapi aku pikir, ah udah sejauh ini, nanggung. Alhamdulillah lewat ngeblog aku bisa dapat rezeki yang tak terhingga. Bukan cuma rupiah, tetapi lebih sari itu, yaitu teman-teman blogger dari seluruh Indonesia dan ilmu yang selalu aku dapatkan setiap diundang di acara blogger. semangat ngeblog, mas.

    1. Yey!!! Kita sama… *tos!*

      Terimakasih untuk apresiasinya mas. Hehehe. Karena nanggung, jadi lanjut aja, ya mas. Dan terbukti dapet semuanya. Ilmu dan materi… Luar biasa..

      Semangat!!!

  8. Pangeeeeee kita samaan dong pake Qwords. *bicikkk Acha bicikkkk

    Tapi aku setuju, kalo kita nggak berani memulai, kita nggak akan tau ujungnya gimana. Dan salutttttt sama Pange emang.

    Btw habis baca postingan Pange kali ini, aku jadi semangeuttt. Cukuplah bulan Agustus cuma sanggup nulis 2 post ya. Bulan ini harus kembali konsisten.

    Makasih tularan semangatnya Pange.

  9. Wah pangeran suka promo blog di grup angkatan? Kayaknya aku belum punya keberanian seperti itu. Biar mereka yang menemukan sendiri. Pengalaman ada kakak senior yang nyasar ke blog gara-gara googling.

    Kepercayaan diri emang penting banget ya, apalagi untuk memulai sesuatu yang baru, sesuatu yang diluar kebiasaan. Kali orang kayak aku modal ngumpulin kePDan bisa buat nunggu antr kuota haji yang berangkatnya 30 tahun lagi -> paan sih?

    Selamat ulang tahun ke 11 bua Qwords, tunggu aku jadi customermu ya. Semoga makin banyak diskonan. Aamiin..

  10. Cerita yang sangat menginspirasi. Jadi inget dulu ngeblog ga ada pengunjungnya sama sekali, tapi dengan semangat seperti Bang Heru ini kepercayaan diriemang harus selalu ada.

    Itu sayang banget, naskah bukunya jangan dianggurin laah Bang

  11. Waaah cerita selama ngeblognya bikin terenyuh. Awalnya baeud jadi senyum sendiri. Aduh, jangan nyangka aku rada-rada ya, Pange.
    Aku masih malu-malu buat nunjukin diri seorang blogger. Baik ke sesama atau non-blogger. Kadang suka takut karena alesan yang nggak jelas :')
    Alhamdulillah, berarti pedenya bertambah seiring waktu bersama domain yang baru. Boleh lah nanti ku ganti domain pake qwords. Makasih Bang! :'D

  12. Seperti biasa tulisan pange tentang konsisten-konsisten itu emang selalu ada ya dibeberapa postan terakhir. Kayanya sekarang lagi sering sering memotivasi orang biar semangat ya pange? Hehehe tapi bagus deh, jadi sadar kaya aku 🙂

    Jujur aku sampe sekarang ga ngerti apa itu hosting cara pakenya, daftarinnya, misalnya mau daftar mungkin yang ngelayanin murka kali ya, aku ndak mudeng 🙁

    Pange lomba? Semoga menang eakkk..

  13. Huaaaaah aku juga sebenernya pengen banget punya domain sendiri. Tapi ya gitu, belum ada kepercayaan diri haha. Masih takut gak bisa konsisten.

    Sampe sekarang aja aku masih bingung blog aku itu isinya apaan. Campur aduk banget wkwk. Harus banyak banyak belajar nih dari Bang Her biar bisa pede.

    Btw, semoga lombanya ya Bang!

  14. Menginspirasi nih, kayaknya semua orang pernah ngalamin titik terendah dalam hidupnya sampe-sampe mau nyerah gitu aja ya, tapi walau gimana pun juga kudu tetep semangat, apalagi kalo udah ada orang yang nungguin postingan kita rilis, hehe.

    Mirip-mirip kayak cerita gue ngeblog nih, btw usia blog kita juga sama, dari tahun 2012, haha. sampe sekarang pun gue masih ragu mau masang domain atau nggak, salah satu yang bikin ragu, bayak blogger yang blognya suka trouble pas udah dipasang domain. tapi, kalo kelak gue beli domain, kayaknya bakal di Qwords ini dah, soalnya udah banyak juga yang percaya sama Qwords ini.

  15. Btw, siapakah cewek itu? Hehe bisa jd trigger untuk tetap melanjutkan nge-blog

    Dulu pas awal ganti domain jg begitu, bingung. Langsung dh tanya CS nya 😀

    Yup, memang klo untuk bs konsisten itu harus punya alasan yang kuat. Sedangkan punya alasan kuat ngurusin blog itu sulit skali. Apalagi jelas banyak gangguan fokus dari sana sini.

    Makasih om Arya, udh menjadi inspirasi untuk terus berkarya, khusunya di dunia blogger 🙂

    Ahaha, kalau naik motor pake helm donk om #eh

  16. Wah lumayan lama juga ya negblog nya ? apalah gue yang masih baru nge blog di november 2015 lalu , malahan belum ada setahun gue nge blog. #miris.

    Emang bener , waktu gue pertama nge blog aja , gue bingung mau nulis apaaan. Gue bingung tema apa yang sesuai dengan kemampuan yang gue miliki,dan pada akhirnya tanpa disengaja blog gue pun jadi blog personal.

    Waktu pertama nge blog juga gue masih bingung cara dapetin pengunjung blog gimana . akhirnya gue promosiin deh tuh di semua medsos gue ( karena waktu itu gue belum gabung dengan grup blogger ) ya walaupun sedikit , tapi ada namabah lah . LUMAYAN DARIPADA LUMANYUN. ha ha ha …

    By the way .. video nya keren loh .Pengen juga buat video kayak gitu ,tapi belum punya skill di bidang editing video . Masih nyoba belajar dulu .

  17. Sebuah perjalanan yg asyik namun menginspirasi.
    Emang bener sih dalam dunia blog itu bawaanya naik turun. Kadang semangat kdang enggak. Tp kalo udah ada yg baca aplagi sampe komen, pasti seneng banget.
    Gue juga sempet nyerah dalam dunia blog. Alasannya sama karna gak ada yg berkunjung.
    Gue juga sering nyepam di grup angkatan bahkan sampai ngirim chat link ke temen2 gue. Alhasil tetep aja zonk.
    Walaupun peminat blogger personal mulai berkurang. Tapi dengan adanya kita yg masih konsisten untuk nulis, gue rasa masih bisa terselamatkan.
    Ceritanya ampir sama nih, bedanya kalo gue jd sering dimintai jadi pengisi seminar tentang blogger. Padahal blog gue aja gitu gitu doang hehe.
    Ngeblog itu bukan hanya sekedar nulis dengan tujuan akhir sebuah buku. Tapi blog itu adalah tempat dimana kita bisa menyimpan semua proses yg kita jalani dalam kehidupan. Karena cerita kita bukan hanya tentang hasil akhir, tapi prosesnya pun harus kita nikmati dan abadikan.
    Nice post 😀

  18. Gue sebelumnya nonton video lo dulu pange, baru baca postingan ini, hehe.. videonya bikin penasaran euy. Ternyata, bagus bener videonya, niat aja gitu, gue mah apa atuh, belom tergerak buat belajar ngedit video, padahal temen gue rata2 editor video amatir, hehe..

    Keknya dari video itu, udah menggambarkan postingan ini bang, ukhuk, terinspirasi gue bang, ternyata gak se-instan itu ya, dapet pengunjung.

    Btw, gue pernah hampir beli domain tuh di qword, gue sampe mikir dua kali bang, tulisan gue aja masih acak-acakan. keknya nanti dulu.

  19. Wah kece euy, kalo diseriusin, blog emang bisa datengin hasil ya. Dulu sih sempet mau ganti domain, tapi ya itu tadi gue masih tak percaya diri huhu. Lagian gue ngeblog cuma buat iseng dan ngisi waktu luang doang.

    Btw videonya asik, tapi pelafalan "gue" nya kayak aneh gitu wkwkwk

  20. Wahh, ternyata dulu pernah kepikiran berhenti buat jadi Blogger yaa, untunglah ada cewek tersebut yang kemudian awal membuat kamu percaya diri lagi buat terus ngeblog hehe.

    Konsistensi itu emang diperlukan banget dalam berkarya, malah justru hal tersebut lah yang paling susah. tapi kalau sudah konsisten dan tulus, ya pasti perlahan bisa membuahkan hasil.

    daaan, qwords ternyata juga membantumu untuk lebih percaya diri dalam dunia perbloggeran yaa. semangat! good luck juga buat lombanya, aku yakin pasti menang nih.

  21. Gue masih pake domain gratisan nih haha. Jadi bisa dibilang setelah pasang domain .com nih jadi titik balik untuk bangkit dari keterpurukan ya? Btw tumben nih banyak ilustrasi pake foto sendiri haha.

    Goodluck ya buat lombanya, kayaknya bakal menang nih :p

  22. Konsisten, tulus, dan percaya diri buat para blogger sama halnya mimpi buruk yang susah lepas.. gak tau kenapa

    dan buat balikin itu semua, cuma butuh secuil apresiasi yang itupun sulit banget dicarinya..

    lu bruntung, pange, dapat apresiasi dari temen cewek lu itu bersamaan dengan bantuan qwords dan lain2nya..

    Menang atopun gak dilombanya nanti..
    lu udah menang banyak sebelum lombanya ada 😀

    Sukses, deng 😀

  23. Hmm aku malah lebih fokus sama cewenya, siapa gerangan sebenarnya dia wahai pangeran. jangan-jangan dia sering baca blogmu gara-gara naksir kamu, tapi kamu kurang peka pangeran 🙁

    untuk masalah domain, trafik, pembaca, atau apapun itu entah kenapa aku ndak terlalu minat. yah, bisa dibilang aku ngeblog murni cuma pingin nulis & itupun menulis buat diri sendiri. begitulah~

  24. Sama-sama memulai di tahun 2012 tapi beda hasil ya bang. Aku masih gini2 aja sedangkan Lo uda melalang buana.

    Dulu pernah mikir buat ganti domain tapi kok tulisan nya gak mutu kok gaya banget pake dot com. Sedangkan masih banyak blog yang pake domai. Gratis tapi pembaca nya banyak.hhhmmm

    Sukses terus bang. Ebook Lo udah hatam gue eheh.
    Tapi masih gitu aja blog gue wqwq

  25. bahkan fotonya heru yang pertama di awal post aja bikin kakak ngakak haha

    eniwei blog kakak isinya curcol moloh gitu deh sejak ababil jadi memang sengaja gak share2 ke temen karena kuatir dibaca hahaha apa banget deh. soalnya pengunjungnya udah lumayan juga pas itu. belakangan saat isinya gak 'gitu' alay baru dah share share (sampai sekarang juga masih alay sih, cm berkurang doang kadarnya)

  26. Ru, mau nanya ini dong terkait domain:

    1. Kalo kita ganti domain, kita loginnya masih di blogger.com atau di webhosting penyedia domain yang udah kita beli?

    2. Misalnya, di video lo di post ini, blog lo sebelumnya itu heruarya.blogspot.com. Setelah beralih ke tulisanwortel.com, apakah blog sebelumnya enggak kita kelola lagi dan terbengkalai?

    Ditunggu jawabannya ya, thanks heru. 🙂

    1. Pertanyaan bagus gung. 🙂

      1. Masih di Blogger.com. Karena, yang ganti cuman domainnya, bukan platformnya. Kecuali, lo pengen yang Premium seperti (WordPress.org), baru lo harus mindahin data-data blog lo yg di domain blogger. Soal mindah-mindah, biasanya dibantu oleh penyedia layanan.

      2. Nggaklah. Yg ganti domainnya aja dari blogspot (gratis) kita ganti jadi .com (berbayar) gitu.. Blognya tetep blog yg lama. Hanya domainnya yg diganti gung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *