Tanggal Tua? Have Fun Aja…

Menurut kalian mengerikan gak, sih, ketika mendengar kata ‘tua’?

 

Selama gue hidup, dari kecil sampe sekarang, gue selalu khawatir kalo ketemu kata yang berbau ‘tua’ gitu, kesannya pengen bergidik. Misalnya Rumah Tua, Mantan cinTua (maksa abis), Kuburan Tua, Kakek Tua, Nenek Tua, Andika Kangen Band Tua dan Tanggal Tua.

 

Kan… Tiba-tiba gue pengen noleh ke belakang aja. Serasa ada yang lewat. Tapi, dari semua contoh yang gue kasih, cuman 1 yang gak bisa gue hindari. Yoi, tanggal tua.

 

Okelah, kalo ada Rumah Tua, gue tinggal nyari rumah yang lain. Gak perlu ke situ. Sama halnya Kuburan, Andika Kangen Band, Kakek dan Nenek juga kalo gue gak mau lihat, gue akan lihat yang lain. Tapi, kalo tanggal tua, gue bingung harus ngelewatinnya ke mana. Secara, tanggal tua itu dateng dan kita dipaksa untuk menikmatinya. Iya, dipaksa. Mau atau nggak, gue harus menghadapinya.

 

Terus, gimana cara Pangeran menghadapi tanggal tua?

 

Nah, bagi sebagian orang, menghadapi tanggal tua adalah hal yang paling horor daripada ketemu mantan yang negur sambil pegang tangan pacar barunya.  Tapi, beda halnya dengan gue. Ketika tanggal tua dateng, gue akan selalu punya cara supaya tetep have fun aja.. Mau tau? Oke, gue mulai ceritain caranya.

 

1. Nyusun Jadwal Makan

 

Kalo udah masuk tanggal 25, tiba-tiba dada gue sesak gak jelas. Perut suka sakit. Badan gue ijo. Nggaklah. Maksudnya, setiap udah masuk tanggal 25, kebiasaan gue tiba-tiba berubah. Yang biasanya bangun pagi, bisa jadi kesiangan.

 

Kenapa? Karena belum waktunya makan. 😀

 

Gue yang sejak kecil diajarkan disiplin dengan baik, selalu membuat jadwal makan dengan baik. Kalo di tanggal muda, jumlah makan gue bisa 3-4x dalam sehari. Tapi, ketika masuk tanggal tua, jadwal makan gue berubah jadi seadanya. 😀 Iya, kayak cintaku padamu. (eaaaa) Biar kalian juga tau, gimana cara gue menyusun jadwal makan, nih gue kasi contoh :

 

Jadwal makandan minum tanggal tua

 

 

Bukan. Itu contoh yang salah. Kalo tanggal 25 sampe akhir bulan gue cuman minum air putih, mungkin gue akan menggantikan posisi Cinta (AADC2) di iklan #AdaAqua. Yoi, gue bakalan lari-lari di bandara ngejer Rangga. Terus, gue bilang : ‘Gue udah lama kelaperan. Kenapa gak dikasi makan!!!” TAMAT.

 

Oke-oke, kembali ke materi. Jadi, begini cara gue nyusun jadwal makan kalo lagi tanggal tua :

 

Jadwal makan dan minum tanggal tua 2

 

 

Nah, dengan cara itu, gue akan tenang dan nyaman menghadapi tanggal tua. Gak perlu galau.. Have Fun aja…

2. Ngumpulin Uang Receh (Koin)

 

Ngumpulin receh ditanggal tua by tulisanwortel

Buat gue, ngumpulin uang receh adalah ritual yang wajib dalam hidup. Memang, ngumpulin uang receh gak akan ngasi efek apa-apa, kalo lembaran Patimura belum nyusun cantik di dompet.

 

Tapi, lain halnya ketika akhir bulan. Uang receh adalah pahlawan paling tampan daripada Captain America. Meskipun di Marvel banyak superhero yang hebat, tapi mereka semua gak bisa jadi pahlawan tanggal tua. Receh lebih hebat dari mereka.

 

Bentuknya yang bulat semua, tak kalah keren dengan tamengnya Captain America. Lagian, kalo dibandingkan dengan tameng Captain America, jauh lebih berharga receh dari pada tameng itu. Emang bisa gitu, beli kuota pake tameng Captain America?

 

Makanya, jangan jadiin mereka pahlawan. Yang pahlawan itu Recehman : Pahlawan tanggal tua.. Jeng…. Jeng….. Jeng… 😀

Recehman pahlawan tanggal tua by tulisanwortel
Receh di dadaku

 

 

3. Belajar Hemat

 

Masih inget pepatah ‘Hemat pangkal kaya’ yang sering kalian denger pas sekolah dulu?

 

Kalo kalian inget, artinya kalian gak bolos sekolah seperti Boy di sinetron Anak Jalanan. Menghemat juga punya dua sisi yang harus kalian pahami. Pertama, mengatur uang dengan baik. Kedua, kalian akan dianggap pelit.

 

Yoi, zaman sekarang hemat sama pelit bedanya setipis kertas HVS. Kalo kalian salah tempat, percaya deh, predikat orang terpelit sekelurahan akan kalian sandang.

 

Buat gue, hemat yang baik itu untuk diri sendiri. Bukan ke orang lain. Tapi, bukan artinya terlalu loyal juga gak boleh. Kan gak lucu traktir temen ke Cafe pake recehan.

 

Nah, untuk menghemat, gue biasanya membuat beberapa amplop untuk keperluan gue selama sebulan. Dan, semenjak kuliah gue boleh dibilang selalu mencatat pengeluaran dan pemasukan. Kalo seimbang, artinya gue gak akan ngerasain minum energen buat sarapan, siangnya air putih dan malemnya minum promag. Yoi, biar gak sakit perut. 😀

 

Jadi, boleh hemat asal jangan pelit. Karena apa? Keduanya cuman setipis kertas HVS. Tapi, kalian jangan hemat seperti ini :

 

Makan pake lauk di laptop saat tanggal tua by tulisanwortel

 

 

4. Silaturahmi

 

Bertamu di rumah teman keluarga dan tetangga

Memiliki komunikasi yang baik dengan siapapun adalah kegiatan yang paling gue suka. Buat gue, mengenal satu orang baru dalam sehari, artinya gue punya 1 inverstasi untuk bisa menghadapi akhir bulan nanti.

 

Lah, emang gimana caranya Pangeran?

 

Ini sebenarnya rahasia. Tapi, karena udah gue tulis, udah gak jadi rahasia lagi. Jadi gini, ketika tanggal tua alias akhir bulan dateng, gue akan lebih sering berkunjung ke rumah temen-temen gue. Tapi perlu kalian tau, bukan temen yang tinggal di kostan.

 

Usahakan datengi temen atau keluarga yang tinggal di rumah sendiri. Kenapa? Karena masih ada 70% kemungkinan kalian akan mendapat pertanyaan “Tadi udah makan belom? Yuk, ke dapur makan dulu.” UYE!!!!!

 

Istilah gampangnya teman baru = tempat makan baru. 😀 Jadi, itulah gunanya banyak teman dan kenalan baru. Tapi, ada satu hal yang nggak boleh kalian lakukan jika pengen mendapatkan kemungkinan ini. Terlalu berharap. Apalagi ngasi kode megang perut pas ngobrol. Itu nggak banget.

 

Inget! Boleh lapar, tapi jangan rakus. Meskipun kemungkinan ditawari makanan, jangan kalian malah kelihatan seperti orang gak makan 1 minggu. Nikmati makannya dan santai. Anggap aja udah makan 4x. Biar kalo kalian ke situ lagi, tetep dapet tawaran lagi.

 

Makanya, mulai sekarang, jangan malu untuk berkenalan dengan orang baru. Ya… siapa tau bisa jadi pahlawan tanggal tua kalian. 🙂 Eh, tapi kalo kalian kenalan sama gue jangan malah pura-pura lupa, ya. 😀

 

5. Mengganti Preoritas Jaringan

 

Jaringan 4g diganti menjadi jaringan gprs

Cara ke-5 ini gak ada kaitannya sama postingan sebelumnya, ya. Itu memang real gue gak bisa mendapatkan jaringan H+. Yoi, ini mungkin akan sedikit terkesan lebay. Tapi, gue sering melakukannya. 😀

 

 

Jadi, setiap dateng akhir bulan, gue akan dengan sengaja mengganti preoritas jaringan dari LTE ke Edge. Apakah akan berhasil? Jawabnnya belum. Gak cuman itu, gue juga akan menonaktifkan beberapa aplikasi yang akan dengan semaunya makan kuota secara tidak berprikuotaan. Halah

 

Seperti Aplikasi yang banyak Gambar dan Video. Untuk sementara, biasanya 1 minggu terakhir gue akan melakukan itu sampai bertemu bulan kejayaan. Bulan muda. 😀 Atau kalo kalian mau lebih hemat, cari WIFI gratis di tempat yang bisa beli air mineral doang. Cuman bayar 3000 atau gratis, kalian dapet double gratis (air gratis + WIFI gratis).

 

6. Gak Beli Martabak

 

Martabak jangan dibeli saat tanggal tua

Ini mungkin cuman kebiasaan gue. Tapi, jika kalian punya kebiasaan yang sama. Tolong hentikan ini jika sudah memasuki akhir bulan.

 

Gue itu suka martabak udah sejak SD. Martabak pertama yang gue beli isinya masih ampas kelapa yang ditaburi gula. Beda sama sekarang, rasanya udah macem-macem. Rasa yang tak pernah dianggap juga keknya ada. Nggaklah.

 

Sejak itu, gue makin ke sini makin gak betah kalo melewati jalan yang ada penjual martabaknya. Akan ada perang batin antara otak sama hati. Makanya, kalo akhir bulan, gue akan mengurangi jatah keluar malam. Takut pulangnya gak bawa motor lagi. Karena digadaikan buat beli martabak sekaligus mas-masnya. 😀

 

7. Kuliah di Mesir

 

Kuliah di mesir

Kalo dipikir lagi, kok rasanya cara ke-7 ini agak absurd ya. Cuman, kalo kalian bisa melakukan ini, maka kalian akan makan gratis selama satu tahun. Tertarik?

 

Serius Pangeran? Gimana caranya?

 

Oke. Gue jelasin ya. Gue itu punya temen Blogger yang kuliah di Mesir. Di blognya, dia pernah bilang kalo jumlah mahasiswa/i per kelasnya itu bisa mencapai 1000 orang lebih.

 

1 tahun itukan 356 hari. Kebayang gak, sih, kalo kalian inget ulang tahun 365 orang dari 1000 orang itu, kalian bisa makan gratis setiap hari. Kerenkan??? 😀 Ya, itupun kalo tanggalnya beda-beda. Kalo nggak, ya mungkin kalian harus menghapal lebih banyak tanggal ulang tahun yang lainnya.

 

8. Bertemu Pahlawan

Ngomongin pahlawan itu bukan tentang membela kebenaran aja. Tapi, sosok pahlawan itu punya peran dan fungsi masing-masing yang jelas berbeda-beda.

 

Contohnya ketika akhir bulan, akan ada pahlawan Patimura yang akan menguatkan kita untuk tetep tangguh melewati tanggal tua. Sama seperti Budi ketika menghadapi tanggal tua, selalu ada MatahariMall yang siap menjadi pahlawan dengan Discount ketika Budi menghadapi tanggal tua. #JadilahSepertiBudi.Penasaran gimana caranya MatahariMall jadi pahlawan tanggal tua Budi? Tonton kisahnya di bawah ini :

 

Episod ke-2 tonton di sini : #JadilahSepertiBudi Eps. 2 Itulah tadi penjelasan gimana caranya supaya kalian tetep bisa have fun di tanggal tua. Semoga beramanfaat, ya…

 

—o0o—

 

 

Gimana, masih galau menghadapi tanggal tua? Udah deh, have fun aja.. Kan Pangeran udah kasi cara menghadapinya bersama MatahariMall. Jangan galau lagi, ya.

“Sejatinya, tanggal tua cuman dompet yang kosong. Hati jangan. Heru Arya” #QuoteTanggalTua

Oke deh, sepertinya itu dulu yang bisa gue bagikan kali ini. Semoga bisa have fun saat menghadapi tanggal tua, ya. Sampai jumpa di post selanjutnya. Pangeran Wortel pamit. See you..

Image and Video by :

  • tulisanwortel.com
  • google.com

 

Pangeran Wortel

Blogger dari Kab. Bengkalis. Sukanya ngisi waktu luang untuk buat video, nulis di blog, desain feed instagram #bukanfakta dan kadang suka sendiri di pantai. Salam kenal..

60 thoughts to “Tanggal Tua? Have Fun Aja…”

  1. Holaaaa Pangeraaan 😀
    Udah lama nggak main ke sini. Huhuuuu maapkeun ya ;(

    Poin-poinnya bener bangeeet. Nyusun jadwal makan, ngumpulin uang receh, silaturahmi dan lainnya. Tapi di poin 'Kuliah di Mesir ' itu aku ngakak, Pangeee. Bhahaahahhaa
    Itu si Fauzi maksudnya ya Pange?

    Bener juga loh yang Pangeran tulis. Kita bisa makan gratis selama 365 hari atau setahun kalo kita inget sama 1000 temen sekelas. Huahahahhaa.
    Pantes Oji betah di sana.

    1. Hollaaalalalala Wulan.. Tu kan.. Ngilang mulu. Ke mana aj?? -_-

      Hahaha. Iya, si Fauzi pernah cerita di Blognya. Makanya gue pikir ini bisa jadi Solusi. 😀

      Hahaha, iya juga ya. Pantesan Uji betah di Mesir.. itu rahasianya. 😀

  2. Wanjis ngirit banget pola makannya hahaha

    Gue sih kayaknya lebih milih nggak beli nasi daripada nggak beli martabak haha. Jadi lapar gini ngeliat martabak kayak gitu duh..

    Salam, Aa Indra

    1. Hahahaha. Biar hemat AA. 😀

      Kenapa gitu? Gue mah, gak beli martabak aja. Karena, orang Indonesia mah, udah makan apa aja, tetep makan nasi. 'Ada yang kurang' katanya kalo belum makan nasi. 😀

      Beli dong Aa Indra.. 😀

    1. HAlah… Gak semua Pangeran gitu.. Gue gak makan tahta kerajaan ki. GUe hidup mandiri (mandi, makan, tidur, nyuci, semua sendiri). Jadi, wajar saja jikague memulai semuanya dari Nol. "Iya, kek di SPBU."

      Iya ni ki. Makasih doanya… Aminn Ya Allah.

  3. Aduh, gue mau nangis ngeliat foto orang makan. Masa lauknya… cuma foto gambar. Aduh aduh, jangan sampe terjadi pada gue saat nanti ngekos. Karena gue nanti bakal makan pake… gambar yang udah dicetak. Kalo bisa disablon di baju. Hueheheh.

    Martabak jahat ya berarti. Jangan sok-sokan makan martabak kalo seharian cuma makan promag. :'D

    1. Hahaha. Jangan nangis Rob. Selow… Lo akan lebih nangis pas Ngekost nanti. 😀

      Kalo dicetak keluar biaya ROb. Biar irit gitu aja. 😀

      Hahaha, gitu… Jangan makan martabak kalo akhir bulan gak mau minum promag. 😀

  4. Haha ini sama aja bang boros. Boros beli promagnya. Pagi minum obat. Malam minum obat. Kecanduan obat, ntar ditangkep pak pol.
    Kepiting nya di print aja bang. Baru dijadiin lauk makan sama nasi wkwkwkw.

    Ilustrasi gambarnya keren keren bang, foto martabaknya terlalu menggiurkan untuk dilihat, ngiler. Semoga menang bang.

    1. Nggaklah, mendingan banget 1 hari cuman Rp500,- kalo mau minum air putih terus. XD

      Diprint mahal bro. Jadi, langsung dilihat aja. 😀

      Makasih kerennya. Amin… Lo juga ya… Semoga menang.

  5. Tanggal tuaaa memang momok bagi sebagian orang yang duit jajannya pas-pasan. ditanggal tua pasti bingung cari cara buat makan. Dan ini btw sudah memasuki tanggal tua juga yaa haha.

    8 cara diatas kayaknya memang bikin have fun buat menghadapi tanggal tua yaa. Tapi buat cara yang ke-7 itu sulit banget deh kayaknya. Buat yang udah kuliah di mesir mungkin bisa ngelakuinnnya. Lah kalo yang belum kuliah disana mesti berangkat kesana dulu dong.

    Cara ke-4 adalah cara yang paling cerdas! apalagi kalo pas berkunjung ke rumah temen habis maghrib, pasti langsung ditawarin makan malam bareng. Tapi tetep inget, nggak boleh rakus yaa.

    1. Yoi, tragedi horor banget ya zam. Kalo udah masuk tanggal tua. 😀

      Hahaha, yg ke-7 emang butuh perjuangan agak keras. Tapi, pasti berhasil. 😀 Yoi, mau gratis harus udaha dulu Zam. 😀

      Nah… Keknya lo salah satu yg sering ngelakuin itu ya Zam? buktinya lo tau waktu yg tepat gitu. 😀

    1. Hahaha, mau gimana lagi di. Namanya juga Irit di Tanggal Tua.

      Bener juga ya, kalo lo ngikutin cara ini, keknya lo bakalan jadi manusai tak berdaging. 😀

  6. Kalau gue tanggal tua malah seneng, soalny gajian di tanggal tua 😀

    Btw kalau kita bisa manage duit dengan baik sebenerny kita bisa ttp hura lo, ga perlu promag kl emg g sakit magh 😀

    1. Wah… pas banget dong bg. Tanggal tua malah gajian. 😀

      Aslinya iya bg. Cuman, belum tentu setiap bulan bisa manage yg baik. Akhirnya, kita butuh pahlawan seperti MatahariMall.

  7. Dulu waktu sma sering banget nyimpen uang receh, biasanya sisa kembalian. Tapi sekarang kalo bayar pakenuang receh di warung suka disindir sama ibu warungnya atau dia gak ikhlas aja terima uangnya. Apalagi uang receh seratus-dua ratusan. Wuiih… Diusir. Padahal itu kan uang juga.

    Ada saram lain kalo gak punya uang tapi pengen beli mizon atau coca-cola. Minumnya ditambah air. Haha hemat. Bisa untuk 1 minggu kalo hemat
    :3

  8. ya ampun heru… kisahmu begitu mengharukan her, sampai menitikkan air matah.

    pengalaman orang2 ditanggal tua ya. tapi rata-rata hampir sama, pasti masalah makan jadi yg utama, terus duit receh juga. aku belum ngerasain gimana rasanya bener2 ngekos dan hidup kayak kamu. jadi yah cuman bisa manggut-manggut aja dan bisa jadi pengetahuan baru buat aku beberapa bulan kedepan. yeah, i will be ngekost!

    doain yah biar kantong g seret di akhir bulan, hehehe.. agak takut juga kalau pas akhir bulan g ada duit trs makannya promag. tapi g pa pa, penting kurus :p

    1. Halah. Segitunya pit-pit. -_-

      Ya namanya tanggal tua pit. Mungkin bedanya seberapa tangguh dan kreatif aja. 😀 Makanya, kalo belum ngerasain jadi anak kostan, lo belum tau gimana kejamnya tanggal tua. 😀

      Aminnn. Semoga kantong lo gak seret, biar bisa kirim-kirim ke gue. 😀

      Selalu deh… Cewek mikir kurus mulu… -_-

  9. Pernah juga belanja pake uang receh seratus-duaratusan, tapi dari rumah udah kuplastikin seribu-seribu gitu, jadi penjualnya gak sengsara ngitungin duit seratusan (kalo seratus ribu mah mantap) 😀

  10. Ngenes yaaa >.< Hahaa.. Receh di dadaku segala. Bagus ulasannya. Goodluck ya.. makin ciamik ajaa… dan aku pengen martabak manis nih. Tapi lagi tanggal tuaaaaa… ngebakso aja deh sementara yaaa.

    Aku sih cara ngatasin kere di tanggal tua adalah bikin budget2 gitu. Jadi pas tanggal tua nggak kosong-kosong amaaat >.<

    1. Hahaha. Begitulah hidup anak Kostan Vin. Apalagi suka bikin geli-geli sedniri kalo inget tanggal muda sok-sokan belanja banyak, eh, pas tanggal tua makan garem sam kicap. 😀

      Nah.. Ngebakso aja. atau Mie Instan dikasi tepung. 😀

      Sama sih, Vin. Cuman.. ya gitulah, kadang suka kelepasan. 😀

  11. Menyeramkan ya tanggal tua, mirip mantan, eh…

    Itu kenapa Kangen Band dibawa2???

    Martabak… Hmmmmm saya juga hobi makannya Martabak.

    Saya juga ikutan lomba nih, semoga sukses buat kita semua

  12. Huahahahah. Nggak beli martabak. Menghindari makanan favorit kita yang bisa bikin kita boros gitu ya, Pange.

    Itu pola makannya ngenes banget….. :'D Kusedih, Pangeran. Ini tangan makin kayak tongsis aja ntar kalau aku ikutin. Dan bisa aja aku kayak Cinta AADC di iklan Aqua kayak yang Pangeran bayangin. Aku bakal datang ke bandara meminta belas kasihan sama cowok yang mirip Rangga, trus teriak, "14 tahun saya kelaperan!" 🙁

  13. Yang paling sedih dari semua itu adalah, kadang cuma jadi rencana aja :(. Awal bulan berencana ini itu, tapi akhir bulannya ngenes juga.

    Sama kita bang Heru, aku juga kalo lewat penjual martabak atau roti bakar itu harus perang batin. Kepala harus lurus menatap ke depan biar gak ngelirik kanan kiri, tapi setelah ngelewati penjual martabak, eh motornya minta puter balik.

    Yaudah, akhirnya beli juga 😀

    1. Hahaha, bener banget yu. Udah diatur sedemikian rupa, nyatanya malah kelebihan semua. 😀

      Lah, kalo balik lagi dan beli sama aja yu… Gue kalo gitu ngebut biasanya. Jadi, kalo mau muter udah jauh. jadi males. 😀

  14. Recehman dong Om Heruuuuuuu!!! Hahahaha. Iya sehebat-hebatnya Avengers, tetep nggak bisa nolongin anak kosan di tanggal tua. Tapi tetep aja buat aku Capt America lebih ganteng dan keren ke mana-manaaaaa *gak rela capt. america dikalahin recehman*

    Semua tipsnya bermanfaat banget Om. Tanggal tua nggak akan terasa menyiksa lagi nih kalo gini. Apalagi kalo kuliah di Mesir. Tiap hari makan gratisss. Siplah! 😀

    1. Hahaha. Yoi wi…. Pahlawan paling keren di tanggal tua. Eaaaa… Malah belain Captain America.. -_-

      Harusnya gitu. Tapi, kalo masih menyiksa, mungkin gue perlu survei materi lebih banyak lagi. XD

  15. Duh tips yang silahturahmu itu bener banget Her. Kalo aku magh sering banget minta ke rumah temen gitu. Hahaha, main aja pas waktu makan siang atau malam. Pasti ditawarin makan. 😀

    Atau malah aku minta untuk dibungkus. Wkwkwk. Parah emang! tapi mereka gak kapok tuh, malah seneng gitu kalo aku makannya banyak, biar gemuk. 😀

    1. Ini bukti banget kalo lo emang paling sering ngelakuin tips itu ya Ver? hahaha. Parah banget sampe minta dibungkusin. -_-

      Baguslah. Eh, btw temen-temen lo alamatnya di mana Ver? Siapa tau gue bisa ikut minta bungkus. Hhahaha 😀

  16. Bhahaha…ngakak deh, dengan tips no 3. Makan nasi putih doang sambil liat gambar lauknya :))

    Eh, iya. Itu makan paginya air putih + biskuit (gratis). Emang biskuitnya gak beli ya? Dari mana coba? Kok, gratis..hi..hi..

  17. lengkap dan tegas trik2 tanggal tuanya. ilustrasinya juga keren. itu yang kuliah di mesir emang enak ya kalau menghadapi tanggal tua, hahaha. tips nomor 3 boleh tuh, belajar hemat sambil belajar berimajinasi. yang dimakan apa, yang ada dipikiran apa. gokil.

  18. bagus!! gue suka sama ide ide lo hahaha…gue juga semakin tua tanggalnya semakin sering silaurahmi ke rumah Bulek..kan lumaya udah makan gratis kadang dikasih uang jajan lagi.hahahaha..semoga kepilih deh ya Her..gue jadi pingin ikutan juga nih. hahahha

  19. Ya olohhhh tips nomor 5-7 udah mulai ngaco2 tipsnya. Untung diselamatkan dengan Pahlawan Matahari Mall. Muehehe

    Yapz promag emang pahlawan juga bang untuk tanggal tua, sehari dua kali gak masalah kok ngonsumsi gituan.
    Kalo gue sih seringnya diniatin puasa mutih aja bang. Selain hemat, siapa tau gue bisa kebal. dan ikut debus ngalahin Limbad. 8)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *