15 Manfaat Memiliki Blog yang Banyak Dirahasiakan

Pangeran pikir, tidak semua yang membaca artikel di tulisan wortel sudah memiliki blog. Buktinya, beberapakali Pangeran mendapat PM di sosmed dan email yang intinya mereka pengen belajar membuat blog setelah membaca konten di tulisan wortel.

 

Makanya, kali Pangeran mau sharing tentang apa saja keuntungan dan manfaat yang bisa kalian dapatkan ketika memiliki sebuah blog.

 

Tapi, sebelum Pangeran jelaskan apa saja keuntungan dan manfaatnya, ada beberapa hal yang harus kalian ingat. Yaitu :

 

Semua keuntungan dan manfaat blog yang akan Pangeran jelaskan di bawah ini, adalah bukti dari sebuah proses. Jangan mudah tergiur dengan apa yang bisa dihasilkan dari sebuah blog.

 

Mungkin banyak artikel di luar sana yang berbicara lebih tentang bisa mendapatkan uang yang banyak dan cepat dari blog, contohnya.

 

Tolong jangan gampang percaya dengan ocehan belaka itu. Tidak ada orang sukses secara instan. Kalo ada, kebanyakan gagalnya juga akan instan. Intinya, mari sama-sama kita luruskan kembali persepsi bahwa keuntungan memiliki blog memang sangat banyak. Tapi, semuanya butuh proses.

 

Lalu, apa saja keuntungan dan manfaat yang akan kalian dapatkan ketika memiliki blog?

 

Baca pembahasan lengkapnya di bawah ini.

 

Keuntungan dan Manfaat Blog

1. Menjadi Penulis Terkenal

 

Jika berbicara menjadi penulis terkenal, tentu kalian semua sudah tau siapa saja yang sudah sukses menjadi penulis terkenal di Indonesia khususnya. Pasti nama yang akan kalian sebutkan seperti Raditya Dika, Benakribo, Alitt Susanto dan masih banyak lagi blogger yang sudah sukses menjadi penulis terkenal melalui blog.

 

Nah, ini tentunya menjadi kesempatan untuk kalian yang punya impian pengen menjadi penulis seperti mereka. Kalian bisa memulai dari memiliki blog.

cara menjadi penulis terkenal

 

 

Tidak perlu bingung, langkah awal yang harus kalian lakukan adalah membuat blog. Setelah itu, mulailah menulis dan jangan lupa untuk membagikan ke temen kalian untuk mendapatkan respon atas tulisan yang kalian buat.

 

Benar adanya bahwa blog bisa dijadikan tempat untuk belajar menulis yang paling mudah. Jujur, Pangeran memang aslinya suka dengan dunia kepenulisan sejak lama. Tapi, setiap menulis selalu mengalami kendala yang seperti kebanyakan orang rasakan.

 

Sulit untuk dinikmati.

 

Ini penting sekali. Siapapun bisa menulis. Tapi, belum tentu tulisannya itu bisa dinikmati saat dibaca. Makanya, semenjak memiliki blog, Pangeran banyak belajar bagaimana untuk bisa menghasilkan tulisan yang baik, enak dibaca dan tentunya bermanfaat.

 

Memang, sampai sekarang cara menulis Pangeran belum bisa dikatakan bagus. Hanya saja, Pangeran merasa lebih baik dari sebelumnya yang tulisannya sulit dimengerti oleh orang lain.

 

Nah, artinya melalui Blog, tidak menutup kemungkinan kalian bisa menjadi pernulis terkenal. Teruslah berusaha, yakin, berdoa dan minta saran kepada orang lain atas tulisan kalian, supaya lebih baik lagi.

 

2. Mendapatkan Feedback yang Cepat

 

Maksud dari feedback di sini adalah kecepatan kalian mendapatkan respon dari konten yang kalian tulis. Berbeda dengan buku, kalian tidak bisa langsung mendapatkan respon.

 

Tapi, melalui Blog kalian bisa secepat mungkin mendapat respon setelah kalian klik Publish. Artinya, ketika kalian mendapat respon pembaca lebih cepat, kalian juga akan lebih cepat belajar menghasilkan konten yang baik.

 

3. Membantu Orang Lain

 

Manfaat ngeblog tentunya bukan hanya untuk kita sendiri. Melainkan bisa juga untuk orang lain. Ya, misalnya kalian membagikan pengetahuan yang dapat digunakan oleh orang lain. Tentunya, ketika orang lain membaca konten kalian, akan merasa terbantu.

 

Beginilah kerennya memiliki blog. Meskipun kita hanya share pengalaman seperti cara membuat SKCK atau pengalaman lainnya, tapi bisa dimanfaatkan oleh orang lain.

 

Lebih kerennya lagi, blog kita bisa jadi tempat favorit pembaca untuk menambah pengetahuan mereka. Makanya, mulailah membuat blog dari sekarang.

 

4. Meningkatkan Kepercayaan Orang Lain

 

Maksudnya, ketika kalian membagikan konten atau artikel yang bermanfaat untuk pembaca kalian, contohnya kalian membuat tutorial mengedit template blog. Ini tentunya sangat dibutuhkan bagi pembaca yang memang masih baru mengenal blog.

 

Berangkat dari merasa terbantu itulah, kalian akan dipercaya oleh pembaca blog kalian sendiri.

 

Memang, apa pentingnya kepercayaan pembaca di blog kita, Pangeran?

 

Wah… Sangat penting tentunya. Apalagi, di zaman yang teknologi yang setiap saat terus dan terus berkembang. Karena itulah, sekarang semakin tinggi pertumbuhan bisnis online.

 

Nah, tentunya kalian juga tau, bahwa suksesnya suatu bisnis online berangkat dari kepercayaan. Semakin banyak orang percaya dengan bisnis kalian, maka semakin banyak produk yang dapat kalian jual.

 

Artinya, blog bisa menjadi tempat untuk membangun kepercayaan terhadap pembaca dan calon customer kalian. Kerenkan…

 

5. Mendapatkan Kerja yang Lebih Baik

 

Untuk keuntungan satu ini, memang di Indonesia belum 100% diaplikasikan. Tapi, ini terbukti di kehidupan pangeran sendiri.

cara mendapatkan kerja dari blog

 

 

Mungkin dari temen-temen semua banyak yang belum tau bahwa Pangeran adalah tamatan Sarjana Pertanian di UIN SUSKA RIAU, Pekanbaru. Tapi, sekarang Pangeran bekerja menjadi Freelance Desain Grafis dan Praktisi Hidroponik.

 

Kalau dipikir dan dipaksakan sehebat apapun, antara Pertanian dan Desain memang cukup berbanding kebalik. Hehehe. Tapi, begitulah yang terjadi.

 

Bukan bermaksud pamer, bahkan saat masih kuliah, Alhamdulillah Pangeran dipercaya untuk mengajar di Kelas Internasional UIN SUSKA sebagai Guide Desain Grafis.

 

Memang, saat perkenalan, mereka semua kelihatan meremehkan. Tapi, setelah melihat karya Pangeran, semuanya hening.

 

Inilah hebatnya memiliki Blog. Banyak perusahaan yang sudah Pangeran ajak kerjasama, baik di luar atau di dalam bidang Pangeran. Tapi, mereka semakin percaya ketika tau Pangeran memiliki blog dan banyak kemampuan di luar Pendidikan yang (alhamdulillah) membuat perusahaan tersebut yakin untuk melakukan kerjasama.

 

Jadi, nggak usah nunggu lama. Mulailah membuat blog dari sekarang.

 

6. Membangun Relasi (dan Teman)

 

Selama ngeblog, Pangeran tidak pernah terpikir punya teman di seluruh penjuru Indonesia. Bahkan, di luar negeri seperti Malaysia, Cina, Australia, Paris dan masih banyak lagi.

 

Melalui kegiatan yang sering disebut blogwalking inilah para blogger membangun relasinya. Dengan saling berkunjung ke blog milik blogger lainnya, tentu kalian akan semakin mendapatkan banyak teman dan relasi.

 

7. Dapat Mengenali Banyak Karakter

 

Sejak memiliki blog, Pangeran jadi tau banyak karakter manusia di dunia ini. Ada yang suka menjadi silent reader, suka kritis, suka curhat, suka minta pendapat dan masih banyak karakter lainnya.

 

Melalui demografi yang ditampilkan oleh Google Analytic, Pangeran jadi tau juga, pada usia berapakah yang paling banyak membaca blog ini.

 

Memahami karakter pembaca penting. Atau jika kalian melewatkan manfaat ini, mungkin kalian perlu membaca 12 kesalahan yang merugikan blogger. Sekaligus cara mengatasinya.

 

8. Mempelajari Hal Baru

 

belajar coding blog

Mau atau tidak, setelah memiliki blog, kalian jadi belajar banyak hal baru. Seperti, mendesain gambar pendukung artikel, memahami bahasa programming seperti HTML, CSS, Javascript, PHP dan Internet Marketing.

 

Meskipun kalian cuman share ke social media, sebenarnya itu sudah jadi salah satu cara kalian memasarkan blog kalian supaya mendapat banyak pembaca. Beginilah hebatnya manfaat memiliki blog.

 

9. Meningkatkan Pemahaman Tentang SEO

 

Ini ilmu yang tidak pasti. Meskipun ketika baru pertama memiliki blog dan mendengar kata SEO. Mungkin dalam hati kalian bertanya : Apa itu SEO?

 

Tapi, setelah menjadi blogger, tentunya sedikit banyaknya, entah melalui bertanya langsung atau secara diam-diam kalian berusaha memahami tentang SEO. Ini sama halnya dengan poin ke-8, mempelajari hal baru.

 

10. Tempat Mengekspresikan Diri

 

Kalo kalian adalah orang yang suka Photography, Musik, Videography, Fashion, Teknologi, Budaya atau apapun, dengan memiliki blog, kalian bisa mengekspresikan apa yang ada dalam diri kalian dan membagikannya kepada orang lain.

 

Mungkin kalian suka melucu (atau stand up), silakan ekspresikan melalui blog juga. Karena blog seperti yang Pangeran jelaskan di awal, bisa menjadi tempat paling mudah untuk belajar.

 

11. Menghasilkan Uang

 

Benar adanya jika blog bisa menghasilkan uang. Mau sebanyak apapun uangnya, juga bisa. Di Luar negeri ada blogger yang memiliki penghasilan $500.000-$800.000 per bulan bernama Michael Arrington ‘TechCrunch‘.

cara mendapatkan uang dari blog

 

 

Di Indonesia, justru lebih banyak. Hehehe. Tapi, kalian juga harus ingat, untuk membuat blog bisa menghasilkan uang, kalian harus bisa membuat blog kalian Paling banyak dicari di Mesin Pencarian (seperti Google, Yahoo, Bing) dan masih banyak hal lainnya yang harus kalian perhatikan.

 

Tidak hanya itu, kalian juga harus meluangkan waktu yang banyak jika ingin benar-benar bisa menghasilkan.

 

Pange, emang caranya menghasilkan uang di blog gimana?

 

Kalian bisa menggunakan Google Adsense, Afiiliate Programs, Jualan Produk atau menawarkan Partnership seperti blog Tulisan Wortel. Untuk cara lengkapnya, di kesempatan lain akan Pangeran bahas.

 

12. Tidak Takut Tersesat

 

Ini manfaat yang paling Pangeran rasakan. Selama menjadi blogger, Pangeran udah nggak takut tersesat mau ke mana aja. Misalnya ke Pulau Jawa, ada banyak sekali blogger di sana yang mudah-mudahan siap memandu Pangeran selama di sana.

 

Makanya, inilah kerennya memilki blog. Ke mana aja tanpa ragu. Karena, sudah memiliki banyak teman blogger di luar sana.

 

13. Diundang ke Acara yang Keren-keren

 

Beberapa bulan ini, Pangeran mendapat banyak sih, undangan ke acara yang keren-keren. Tapi, berhubung selalu bentrok sama kerjaan, jadinya Pangeran banyak absen. Tapi, yang pertama kali diundang ke acara keren itu, waktu di A CREATE PADANG tahun 2015 yang lalu.

 

Itu keren dan seru banget. Bisa juga jalan-jalan gratis. Hehehehe. Secarakan Pangeran tinggal di Pekanbaru. Dan masih banyak lagi acara yg nggak bisa Pangeran sebutkan satu per satu. πŸ™‚

 

14. Memiliki Profil Online

 

Nah, ini juga keren. Ketika memiliki blog, orang akan gampang mengenali siapa diri kalian. Artinya, kalo kalian belum siap terkenal, jangan buru-buru buat blog. πŸ˜€

hasil pencarian heru arya di google
Kan keren kalo nama kalian langsung mengarah ke blog

 

 

Pokoknya akan ada kebanggaan yang berbeda ketika nama blog kalian dicari di Google dan ada nama blog kalian. Tapi, kalo blognya baru dibuat sekarang, jangan buru-buru cari di Google. Langsung minta cari pake link blog aja.

 

Intinya, punya blog itu bisa nambah level kekerenan kalian. Bener gak, buat yang udah punya blog?

 

15. Cara Terbaik untuk Melupakan Mantan

 

Entah ini benar atau nggak. Salah satu kisah di rubrik Wortel Bilang Cinta, narasumber pernah menyatakan blog bisa dijadikan tempatΒ move on terbaik.

cara melupakan mantan

 

 

Ya, kalo dipikir iya juga, sih. Pangeran sampe sekarang udah lupa serpihan sayang ke mantan dulu. Karena, setelah putus, Pangeran langsung memutuskan jadi blogger.

 

Apakah ini bekerja atau tidak buat kalian yang susah move on? Ya, nggak ada garansinya, sih. Dicoba aja, dulu.
Jangan lewatkan Tips Blogging lainnya :

 

—o0o—

 

Gimana? Masih kurang keuntungan dan manfaat memiliki blog? Kalo kurang, silakan ditambahkan di kolom komentar, ya. Kalo tergiur pengen punya blog gara-gara baca ini, selamat berjuang..

 

Okelah. Sepertinya sampai di sini dulu sharing kali ini. Seperti biasa. Terimakasih sudah membaca. Semoga bermanfaat. Pangeran Wortel pamit. See you…

 

Image by :Β pexels.com

Pangeran Wortel

Blogger dari Kab. Bengkalis. Sukanya ngisi waktu luang untuk buat video, nulis di blog, desain feed instagram #bukanfakta dan kadang suka sendiri di pantai. Salam kenal..

74 thoughts to “15 Manfaat Memiliki Blog yang Banyak Dirahasiakan”

  1. Nah iya. Serunya ngeblog itu karena ada banyak blogger yg asik. Tapi yg lebih bikin seneng lagi kalok tulisan kita dibaca dan dikomenin. Berasa dihargai aja, ya walaupun postingan ku seret akan manfaat sik. Gak kayak postingan mu, Her. Wkwkwk.

    Ohya, makasih ya penjabarannya kemaren, ntar aku cobak edit edit deh di blog yg laen. Kalok aku gagal nantik boleh nanyak lagi yak! :p

    1. Setuju… Kalo blog dapet komentar itu. Bener-bener merasa dihargai. Tapi, kalo di tulisan wortel, ya gitu, ketika nggak relevan, harus see you. XD

      Siap, Beb. Sama-sama. Silahkan tanya saja, Beb. Selagi gue masih bisa bantu, akan gue jawab. πŸ™‚

  2. postingan terbaru. Aku yang pertama komen,hehe

    ngomongin keuntungan Ngeblog ya?
    aku juga rasain banyak manfaat nya, walaupun ngx sampe 15 poin kek yang pangee sebutin sih.

    Ngeblog jadi salah satu kegiatan positif yang aku lakukan Untuk mengisi kebosanan di kos selain merumpi .

    1. Waduh… Ada yg lebih duluan. Hehehehe.

      Ya, paling nggak 15 poin ini sudah mewakliki apa-apa saja keuntungan memiliki blog.

      Setuju!!! Kemaren, waktu sebelum wisuda, Pange juga gitu. Daripada ngabisin uang buat jalan-jalan nggak jelas, mending ngeblog. πŸ™‚

  3. Ku bahagia bgt baca tulisan ini. Pengetahuan blog ku jadi nambah. Jadi makin semangat nge blog. Ohiya,selamat kenal. Semoga bisa blogwalkinh,dan memberikan kesan 😊. Gatau aja,bawaannya setiap baca blog ini jadi semangat nulis.

    1. Yey!!! Pangeran juga ikut bahagia kalo ada yang bahagia baca tulisan di sini. πŸ™‚

      Salam kenal, Ai. Semoga selalu mendapatkan energy positif, ya. Setelah membaca konten-konten di sini.

  4. Bahagia lah jadi blogger.
    Kalau aku nih, keuntungan yang aku dapatin banget itu jadi banyak teman dan ketemu hal baru

    NAh, kalau yang terakhir itu bener sih, cara terbaik melupakan mantan. Tapi masa akhirnya aku malah nambah mantan πŸ™

    1. Alhamdulillah, bg. Hem… Begitulah kalo mau belajar desain bg. Harus niat dan sabar. Karena, mau bagus mendesain nggak bisa dalam sekejap mata.

      Eh, beneran bg? Ajarin dong… XD

    1. Wah… Kerenkan jadi blogger. Yaudah, cepet sana diterbitkan bukunya. πŸ™‚

      Dari yang nggak seberapa itulah, bisa jadi sangat berapa… *Eh, Gue ngomong apa, sih? XD

  5. Ngajar di kelas internasional? Saat masih kuliah? Wah salut bener gue pange. Emang sih soal design-design lo udah jago banget deh bang, nih liat template lo ciamik banget, rapih lagi.

    Beruntung pernah kenal dengan blog, yang dulunya hanya menganggap sebagai wadah untuk menulis, tapi lambat laun semua cabang akan "tumbuh".

    Salah satu hal yang sangat gue banggain karena mempunyai blog, diterimanya gue di keluarga besar Blogger Energy. Tentunya gue banyak dapat kenalan dan relasi πŸ™‚

    1. Hehehe. Iya, Fif. Alhamdulillah, dipercaya jadi Guide di Kelas Internasional UIN SUSKA. πŸ™‚ Hehehe. Belum jago kok, Fif. Masih belajar.

      Iya, ni Fif. Yang awalnya jadi tempat curhatan doang, sekarang justru bisa jadi lahan berbagi + ngumpulin receh. XD

      Setuju!! Jadi tambah banya punya temen, ya Fif… Berkat BE, gue juga bisa kenal lu Fif. πŸ™‚

  6. Iya, untuk jadi blogger yg pro ga bs dlm sekejap. Apalah ya aku ini… Pemulaaaaaa… Hiks. Mentorku jg bilang gitu, setahun bahkan bertahun2… Harus tekun dan terus mngembangkan kemampuan. Aku ini apalaaaahh… Masih harus2 bnyak belajarrr

    1. Ya, kadang2 ga punya waktu. Sekarang sih waktu ku rada senggang, tpi klo baby udah lahir nah ga tau ya. Cuma bnyak blogger ibu ibu lainnya yg nyatanya bisa tuh bagi waktu, jdi aku optimis aja.
      Bbrp hari yg lalu aku kepoin blog2 punya orang lain de, yg award dan endorsenya udah hebat bgt. Mereka tuh ternyata rajin bgt nulis. Konten mnurutku kadang mmg lebih kadang biasa, tpi mereka rajin sharing n ramah ke siapapun. Yang pasti postingannya mmg selalu bermanfaat. Seneng deh bisa punya bnyak teman yg bawa aura positif di dunia blogger πŸ™‚

    2. Hey hey… Komenku yg sebelumnya blm dibales. Ga sah nih.
      Buat ibu2 seperti aku, blog sgt menghibur sekali, krn aku jd bs terus belajar bnyak hal dri org lain, tukar pikiran, dan interaksi lainnya.

    3. Alhamdulillah, deh, kak. Sekarang kalo udah punya banyak waktu. Kan jadi gampang, ya, mau nulis lagi. πŸ™‚

      Hehehe. Iya nih, jangan mau kalah yang ibu2 yang lain. Harus semangat kak Dipi… Terus berkarya, ya kak. πŸ™‚

      Nah.. Belajar dari orang lain juga manfaat ya, kak. Karena, bisa tau kisah orang yang sudah melewatinya dan bisa kita aplikaskan di kehidupan kita.

      Maaf, kak. Komentarnya baru dibls. Lagi sibuk soalnya. πŸ™‚

    1. Yakin bg Haris L nggak punya mantan???? YAKIN????

      Manfaat itu sifatnya relatif, bg. Bisa buat orang terhibur juga, manfaat lho.. Menjaga kesehatan jantung dan jadi murah senyum. πŸ™‚

    1. Setuju… Karena, sebelum nulis konten, biasanya (kalo Pangeran) nyari referensi pendukung yg kuat dulu, baru bisa dishare ke blog. Pokoknya banyak banget, sih, manfaat punya blog.

  7. Heruuuu uda berapa ratus kali kamu ganti template dan header #pengamat tulisan wortel ahhahahah
    Hmmmm ngeblog yang paling aku ngerasa exited adalah pas postinganku tentang review geje, misal film jadul atau hal hal yang kadang orang cari karena belum ada yang nulis, trus komen panjang dan antusias nanggapin postinganku, nah itulah saat saat indah dari ngeblog. Rasa malas pun tergantikan sudah, karena beneran ada yang ngesearchingin kata kunci itu dan nemu sedikit penjelasannya di postingan ala ala gue ahhahahah

    1. Maaf, mbak Nit. Guenya lagi perbaikain template soalnya. Jadi, templat sebelumnya lagi deitambahin beberapa item. Sebenarnya ini template yg lama. CUman, diperbaharui gitulah. πŸ™‚

      Bener banget, mbak. Kalo udah ngeblog dan ternyata pembaca juga antusias sama apa yang kita tulis ditambah lagi komentar yg sangat relevan, rasanya capek ngeblog, ngantuk, bakal hilang.

      Semoga sebagai blogger tetap selalu mendapatkan dukungan dari pembaca, ya mbak Nit. πŸ™‚

  8. Meskipun sedari awal aku mengenal blog hanya dari tugas, tapi selepas itu aku malah jadi suka dan penasaran ngotak ngatik blog.

    Dari keuntungan dan manfaat diatas memang aku sendiri belum semuanya didapat, belum seperti mas Heru. Tapi dari blog mas Heru inilah aku banyak belajar tentang hal baru di dunia blog.

    Terkadang meskipun jurusannya pertanian tapi dapat kerjaan di bidang yang lain ya mas. Keren dan yang namanya rezeki tidak akan tertukar, darimana saja datangnya πŸ™‚

    Dari pengalaman selama kuliahnya keren mas Heru nih, sudah pernah jadi guide di kelas internasional juga. Jadi tambah semangat untuk berkarya nih mas πŸ™‚

    #Semangat…

    1. Alahamdulillah, mas. Semua inipun, hasil dari jerih payah menjadi konsisten selama ini. Artinya, konsisten nggak ada ruginya, kok. Selalu akan ada cerita indah di kemudian hari.

      Ya, gue sih, bersyukur banget mas. Bisa kenal dunia Desain, ya meskipun desain gue sendiri belumlah, masuk kategori yg bagus. Tapi, paling nggak berkat belajar, gue jadi lebih dihargai.

      Semoga mas Andi juga segera merasakan hal yg sama. AMin…

  9. Kalau saya pribadi sih yang paling kerasa itu poin nomor 6 dan 7. Menambah relasi dan mengetahui berbagai macam karakternya. Dan emang itu tujuan awal saya ngeblog. Nyari kawan baru.

    Ngomong-ngomong, saya baru sadar, blog kamu ini tampilannya makin bagus aja, Heru.

  10. 4 Tahun ngeblog harus diakui jadi blogger mengubah hidup gue sih, banyak kejutannya. Gue yang anak akuntansi jadi tertarik banget dengan dunia teknologi padahal bedanya jauh banget. Soal temen, jangan ditanya lah… kalo tersesat di Indonesia asalkan di daerah itu masih ada blogger pasti kita dibantu. haha.

    kalo soal money, gue udah lepas sih dari itu, kalo ada syukur gak ada juga syukur, sekarang blog lebih menyalurkan hobi bercerita aja sih. πŸ˜€

    1. Setuju bg. Banyak banget kejutan yang nggak pernah terduga. Ya samalah bg, gue juga alumni mahasiswa Pertanian. Sangat tidak nyambung malah. XD

      Bener bang. Udah nggak khawatir lagi kalo tersesat di Indonesia. πŸ˜€

      Ya itu kembali ke tujuan seperti yg gue sampaikan di atas bg. Setiap orang pasti punya tujuan masing2. πŸ™‚

  11. Poin poinnya gue setuju banget nih. Paling setuju kalo ngeblog itu bisa bikin mempelajari hal2 baru. Dari ngeblog bisa ngerti2 dikit kode html, design lewat photoshop, etika berintetaksi sama orang di dunia maya, membangun branding dan banyak lagi. Tambahan: ngeblog bisa bikin perasaan lega, karena kadang ada yg ngeblog cuma buat sarana curhat.

    1. Nah, bener banget Yog. Gue juga kenal code HTML, Design, dan hal-hal baru lainnya ya berangkat dari blog. Pokoknya, keren bangetlah rasanya kalo udah punya blog itu. πŸ˜€

      Sama sih, cuman versi gue emang beda kali, ya. XD

    1. Yakan sama aja, Bena… Sama-sama ngajar. πŸ™‚ Ya kalo Pangeran sih, alhamdulillah karena dipercaya, ya Pangeranpun melaksanan tugasnya.

      Reyhan : Ciyeee Rey… Yg jadi dosen… Ajarin desain dong..

  12. Sampe detik ini nulis terus, nggak pernah ngerti baca bolak balik berkali2 pengertian yang sengerti ngertinya SEO. Nggak bakat jadi penulis sepertinya i πŸ™

    1. Lah, jadi penulis nggak harus belajar SEO Dey.. SEO itu kalo mau mengoptimalkan konten kita di mesin pencarian. Istilah gampangnya, SEO itu yang menjadi salah satu faktor banyak orang nyari keyword yang menuju blog kita.

  13. Dari ke 15 tips diatas…. serasa bukan apa2 lagi kalo tips yang terakhir telah diucapkan…

    hahah pange belum move on ternyata…

    Tapi ya bener banget sih… manjur banget tips2nya…
    Detail dan keren banget…

  14. Selain bisa mlupakan mntan, mnulis blog juga bisa sebagai ajang untk tempat curhat, itu salah satu tujuan sya mnulis blog, hehe…gk perlu uang lah, yg pnting punya bnyak teman πŸ™‚

    Oiya pang di point 5 kalimat trakhir ada yg typo tuh.

  15. Huwaaaa, lama enggak main disini…

    Banyak juga yah keuntungan menjadi seorang blogger tuh, tapi kalo diamati, akhir-akhir ini jumlah jomblogger yang aktif sudah agak menipis bang, jadi keuntungan menjadi seorang blogger : banyak teman sudah hampir menipis juga πŸ™ *curhat*

    Keuntungan yang terakhir bikin berantem nih, bang heru membuka luka lama πŸ™
    #bangherujahat
    #akugaksukabangheru
    #bangheruterlalubaikbuataku

    1. Makanya Mar… Jangan kebanyakan nonton pelm Korea. πŸ˜€

      Hem… Menipis karena lo sendiri jarang BW mungkin. Sejauh ini, gue masih banyak ngerasa bertemu blogger yang aktif menuliskan konten-konten mereka. Jadi, kuncinya rajinlah Blogwalking. πŸ™‚

      Hahahaha. Ampun!!! #bgherumencobajujur #yonotakbaikbuatkesehataku

  16. semuanya memangbenar, belajar hal baru, relasi lebih luas, bisa di komersialkan, menjadi penulis terkenal, semuanya diawali dengan mencurahkan ekspresi dalam bentuk tilisan di blog. tapi gue baru tau ternyata blog bisa jadi tempat move on terbaik ya… betapa multifungsinya blog ini.

  17. Yes, bangga rasanya punya blog. Banyak manfaat yang bisa kita dapetin. Ngeblog aja, yang namanya uang kalau emang itu rezeki kita mah nggak bakalan kemana. Yang penting adalah tentukan dari awal tujuan kita ngeblog. Nikmati prosesnya.

    1. Betul, mas. Kalo udah konsisten, uang bakal nyari kita keknya. Tapi, banyak yang salah kaprah. Tujuan awal fokus uang, padahalkan membangun blog yang bener-bener mendapatkan banyak pembaca nggak bisa hitungan hari. πŸ™‚

      Setuju banget, mas. Nikmati prosesnya

  18. Ujung-ujungnya balik lagi ke mantan, hahaha. Nulis blog itu banyak banget manfaatnya, gua udah ngerasain sendiri. Kalo buat gua pribadi, nulis blog itu semacam proses introspeksi diri. Membuat kita memaknai ulang kejadian yg sudah terjadi wkwkwk

    1. Hahahaha. Kekmanalah bg. Keknya itu juga bisa jadi manfaat ngeblog. Banyak yang bilang gitu, sih.

      Ya, setuju bg. Jadi tempate intropeksi diri. Jadi ngerti apa aja yang udah dilakuin di masa lalu. πŸ™‚

  19. Salah satu hal yang sulit itu adalah tulisan kita belum bisa di nikmati pembaca. Membuat pembaca membayangkan dan merasakan apa yang kita tulis.

    Dan, manfaat yang gue dapet selama ngeblog adalah, menjadi wadah curhat, karena keresahan gue, gue tulis di blog.

  20. ngeblog bisa dapet hape Ru hahahaha

    ada banyak keuntungannya tapi memang harus ada prosesnya dan harus bisa nulis kalau nggak mau nulis lah ngapain bikin blog haha

    gue baru tahu kalau lo suruh ngajar desain grafis padahal anak pertanian

  21. Suka poin yang terakhir..
    Memang awalnya buat blog itu supaya bisa move on..
    Hehehehe..
    Selain itu kita kan juga bisa membantu orng lain dan diri kita sendiri juga..
    Sambil-sambil bangun relasi looh..
    Sapa tau di dunia perbloggeran ketemu sama yang cocok kan??
    #jonesmode

  22. Ternyata pangeran wortel dari Pekanbaru ya? Aku juga, tapi masih baru belajar ngeblog (dalam arti sebenarnya, Kalo nulis sih, sudah nggak jelas)#hahaha.. Banyak banget manfaatnya ngeblog ya, kayak relasi. Nggak pernah terpikirkan bisa kesana. Awal ngeblog, karena suntuk habis kontrak, terus pengen bagi cerita ke anak cucu perjalanan hidupku #caile,jauhnya.. Akhirnya si silent reader muncul juga πŸ˜€

  23. kalau tujuan saya bikin blog untuk mengekspresikan diri sendiri yang terkadang susah untuk diungkapkan secara langsung.. semacam pengganti curhat ke temen karena jujur saya ga suka curhat secara langsung

  24. Aku setuju sama semuanya, termasuk poin melupakan mantan.. Hahaha.. Satu hal lagi, dengan punya blog saya jadi lebih rajin baca dan lebih bertanggung jawab dalam membagikan sebuah konten.. Beda dengan posting di sosmed yang mungkin banyak sebar konten asal, konten hoax, apalagi konten nyinyir.. ;p

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *