12 Kesalahan yang Merugikan Blogger dan Cara Mengatasinya

Hallo sahabat wortel. Bagaimana kabar kalian? Semoga sehat selalu, ya.

Kali ini Pangeran akan membahas tentang beberapa kesalahan yang sering dilakukan seorang blogger. Baik blogger yang sudah lama ataupun blogger pemula.

Memang, ketika kalian memutuskan untuk menjadi seorang blogger, tidak ada aturan yang mengharuskan kalian melakukan ini atau itu.

Tapi, sadarkah kalian jika masih banyak blogger di luar sana melakukan banyak kesalahan yang seharusnya tidak dilakukan?

Makanya, kali ini Pangeran akan membahas 12 kesalahan blogger (pemula ataupun yg sudah lama) yang dapat merugikan seorang blogger, jika terus melakukan hal yang akan Pangeran bahas di bawah ini.

1. Malas Nulis

Kesalahan pertama yang sering sekali Pangeran temukan adalah MALAS MENULIS. Mengapa kalian memilih menjadi Blogger jika masih malas menulis?

Anu Pangeran, suka bingung mau nulis apa?
 

Ini Pange, gak ada ide dan suka stuck pas udah di depan laptop.
 

Waktunya gak ada Pange.
 

Lagi sibuk urusan sekolah, kuliah, kerja dan mikirin mantan.

Udah selesai alasannya? Guys. Kalo memang kalian mau pengen jadi blogger yang karyanya dibaca oleh banyak orang. Apa mungkin cuman 1 postingan di blog bisa buat satu Indonesia tau kalian punya blog ?

Pikirkan itu.

Malas Menulis Blog

Seperti kata yang selalu Pangeran ucapkan : menjadi blogger itu gampang. Tapi kuat gak, sama prosesnya?

Terus, cara mengatasinya gimana Pangeran?

Gampang. Kalo kalian pengen gak males nulis. Mulailah dengan menuliskan apapun yang ada di dalam pikiran kalian. Udah, gak usah pikirin alur cerita yang mau kalian tulis.

Tentukan saja tema tentang ‘Mantan” misalnya. Yaudah, bahas apapun tentang mantan yang kalian ketahui. Kalo standar Pangeran, biasanya minimal 2 page MS. Word. Nah, setelah selesai, baru coba kalian baca (pakai suara bukan dari hati). Jika cara seperti tadi tidak bisa mengatasi, Pangeran sudah siapkan cara lainnya di bawah ini :

Disarankan

16 Cara Hebat Mengatasi Rasa Malas dan Bosan Ngeblog

Tantangan terberat menjadi seoarang blogger adalah rasa malas, jenuh dan bosan yang tentunya hal ini akan sangat mengganggu konsistensi kalian sebagai seorang blogger. Makanya, diharapkan setelah kalian membaca 16 tips ini, bisa mengatasi rasa malas, jenuh dan bosan yang sering dialami oleh blogger. Baca tipsnya sekarang dan jadilah blogger yang selalu konsisten.

BACA SELENGKAPNYA >

Mudah-mudahan cara itu bisa mengatasi rasa malas yang hadir dalam diri kalian. Inget!! Kalo gak pengen jadi malas menulis, jangan suka beralasan.

2. Salah Memilih Topik

Salah dalam memilih topik menurut Pangeran hal yang paling FATAL. Kenapa?

Oke, Pangeran coba ilustrasikan. Misalnya kalian mau membuat blog yang membahas tentang Otomotif, tapi kalian juga membahas dunia IT, Tutorial Hijab dan Kesehatan.

Kira-kira nyambung gak, sama topik blog kalian?

Makanya, banyak banget blogger yang salah pengertian tentang pentingnya topik dalam sebuah blog. Bukan cuman penting, tapi ini akan berpengaruh ke pembaca kalian.

Contohnya pembaca kalian adalah orang yang suka otomotif. Tentunya orang tersebut akan sering berkunjung dan menunggu update selanjutnya dari blog kalian. Tapi, ketika kalian selipkan postingan yang gak nyambung, pembaca kalian jelas akan dengan mudah pergi dari blog kalian.

Terus, kalo sudah terlanjur gitu gimana Pangeran?

Gampang. Kalian gak perlu menghapus postingan yang ngawur dari topik blog. Cukup yang harus kalian lakukan adalah :

“Kembali ke jalan yang benar.”

Kuatkan lagi topik kalian yang sudah kalian miliki dan tulis kembali materi yang masih berkaitan dengan topik yang kalian pilih. Ingat! Kesalahan memilih topik, akan membuat pembaca kalian pergi.

3. Copy Paste Artikel

Kesalahan yang ke-3 ini adalah faktor yang disebabkan oleh kesalahan ke-2 yang Pangeran bahas sebelumnya : salah memilih topik.

Nah, ini yang sering terjadi dan banyak dilakukan oleh blogger pemula bahkan yang sudah profesional juga kadang melakukan ini. Jika kalian menganggap hal ini biasa, mungkin kalian perlu membaca 7 resiko fatal copas artikel blog lain. No. 7 paling fatal.

Copy Paste Artikel

Makanya, dalam memilih topik blog, usahakan apa yang kalian pahami. Jangan terlalu memaksakan trend yang membentuk tulisan kalian akan seperti apa. Sadarlah, Copy Paste artikel orang lain itu bisa membuat kalian DIBANNED oleh Google.

Gak maukan? Nangis air mata darah gara-gara blog yang sudah lama dibangun kemudian dibanned?

4. Suka Gonta-ganti Template

Mengganti template sebenarnya bagian yang paling penting dalam menunjang kenyamanan pembaca blog kalian. Tapi, sadarkah kalian ketika terlalu sering menggonta-ganti template akan membuat pembaca kalian bingung karena banyak hal yang tiba-tiba berubah.

Belum lagi, jika kalian masih belajar dalam mengedit template. Guys, pembaca bukan membutuhkan 100% template kalian bagus.

Pembaca membutuhkan konten yang bagus. Bukan template yang bagus. Jadi, jangan terlalu sering menggonta-ganti template, tapi seringlah membuat konten yang bagus.

Pangeran, terus saran template yang baik itu gimana?

Template yang baik menurut Pangeran adalah Mobile Friendly, Fast Loading dan Tidak terlalu banyak widget (apalagi widget ikan peliharan. -_-).

5. Salah Pengertian Tentang SEO

Sampe sekarang, jujur Pangeran sendiri suka bingung kalo ada pertanyaan :

Pange, gimana sih, biar blog kita ada di page one google?
 

Pange, aku udah pake tools ini (black hat) itu biar blognya ada di page one, tapi kok gak bisa ya?

 
Pange, padahal aku udah narok keyword banyak di postingan. Kok belum di Page One?

Wahai sahabat wortel yang budiman. Buat kalian yang belum ngerti (secara matang) tentang SEO. Gak usah dipikirin. Lupakan SEO. Pikirkan cara membuat konten yang baik.

Salah Pengertian tentang SEO

Sekarang Pangeran tanya : Kalian nulis konten itu untuk robot atau manusia?

Manusiakan.. Makanya, kebanyakan cara SEO di luar sana yang kalian temukan itu adalah cara yang JADUL dan banyak banget efek gak baiknya buat blog kalian. Makanya jangan ditiru. Tapi, jika kalian memang ingin belajar SEO, silahkan baca : Apa itu SEO ?

Jadi, mulai sekarang (apalagi buat pemula) jangan pikirkan SEO terus, lupakan. Yang harus kalian pikirkan dan pelajari adalah bagaimana membuat konten yang bagus.

Inget, tulisan kalian bukan dibaca robot, tapi manusia. Makanya, buat konten yang Human Friendly.

6. Suka Melakukan Aktifitas Spam

Guys. Taukah kalian melakukan aktivitas spam bisa membuat blog kalian terbanned. Iya! Banned. Jadi, jangan pernah mencoba cara-cara SEO yang salah sehingga kalian dianggap SPAM oleh Google.

Hal ini paling sering dilakukan oleh blogger pemula. Harapannya dengan memasang link aktif di blog yang sudah punya banyak pembaca, akan membuat blog barunya menjadi ikut-ikutan banyak pembaca.

Mulai sekarang, buang jauh-jauh logika itu. Sering gak, kalian menemukan Spammer (atau kalian melakukan sendiri) yang berkomentar di blog kalian dan meletakkan link aktif yang banyak?

Nah, cara SEO seperti itu udah gak jamannya guys.

Belum lagi komentar yang gak ada kaitannya satupun dengan konten. Makanya, buat kalian yang masih pake cara seperti ini, sebaiknya mulailah tinggalkan.

7. Tidak Mau Bergabung dengan Komunitas

Membangun Branding Blog sebenarnya sebuah pekerjaan yang susah-susah gampang. Karena, untuk menemukan pembaca yang setia itu, gak bisa dalam waktu 2 atau 3 hari. Butuh berbulan-bulan dan bahkan bertahun-tahun.

Pangeran di awal ngeblog memang masih (merasa paling) yakin kalo bisa membuat blog pangeran punya banyak pembaca.

Tapi, anggapan itu justru salah besar. Selama 2 tahun Pangeran ngeblog, jumlah terbanyak visitor tidak lebih di bawah 100 dan pageview tidak lebih dari 100.

Bayangkan, 2 tahun Pangeran egois merasa bisa mengembangkan blog tanpa harus gabung di komunitas. Ternyata itu perbuatan yang salah.

Masuk ke Komunitas Blogger Energy

Akhirnya tahun ke-3 ngeblog, Pangeran gabung di Blogger Enegry (khusus blogger personal). Sejak saat itulah Pangeran menemukan banyak pembaca dan teman-teman blogger tentunya.

Jadi, intinya penting buat kalian yang masih pemula dalam dunia blogging untuk bergabung di komunitas yang sesuai dengan topik blog kalian. Inget! Jangan cuman gabung, tapi harus aktif dan saling mendukung supaya banyak yang mengenal kalian untuk menemukan pembaca kalian.

8. Promosi Kepada Orang yang Tidak Tepat

Mempromosikan konten melalui social media adalah cara paling praktis untuk mendapatkan pengunjung. Cuman, kebanyakan blogger masih belum tau cara yang benar dalam mempromosikan konten mereka.

Social Media Share

 

Hasilnya, banyak pembaca yang hanya berujung kecewa karena tidak mendapatkan apa yang mereka cari dari blog yang dibagikan.

Begitulah pentingnya mempromosikan konten. Meskipun kalian ingin mendapatkan banyak pembaca, kalian juga harus tau siapa target pembaca yang kalian cari. Ada 2 kesalahan yang sering dilakukan dalam mempromosikan konten :
  1. Tidak dipromosikan sama sekali
  2. Dipromosikan kepada orang yang tidak membutuhkan
Sering gak, sih, kalian menemukan orang yang mempromosikan blognya, padahal kita tidak sedang membutuhkan informasi itu.

Belum lagi seperti di social media. Ada materi tentang kecantikan misalnya, nanti tiba-tiba ada yang berkomentar tentang Cara cepat mendapatkan uang dalam 1 menit. Kan gak nyambung banget.

Tapi banyak yang dengan santai melakukan ini.

Nah, Pangeran akan sedikit membagikan tips mempromosikan yang tepat kepada target pembaca kalian.

 
Ke Situs Komunitas 

Tentunya dalam sebuah komunitas yang besar, pasti akan menjadi wadah untuk bertanya. Manfaatkan kesempatan itu. Misalnya ada anggota komunitas yang bertanya tentang bagaimana membuat sebuah blog bagus dan menarik.

Nah, ini kesempatan yang tepat untuk kalian membantu mereka. Tapi, jangan langsung menjawab dengan menitipkan link blog kalian yang membahas tentang cara membuat blog yang bagus dan menarik.

Yang benar adalah lakukan teknik 3 : 1 (3x membantu baru kemudian 1x menitipkan link). Ini memang cara paling sederhana, tapi yakinlah orang-orang yang membutuhkan informasi seperti ini, akan setia menjadi pembaca blog kalian.

Karena, kalian sudah bisa membantu menjawab pertanyaan mereka.

Mengenai tips lengkapnya akan Pangeran bahas di postingan selanjutnya.

9. Terlalu Fokus Mendapatkan Uang

Guys, sadar gak sih, mendapatkan uang dari blog itu gak bisa hitungan bulan? Sadar gak? Kalo nggak, mending coba aja sendiri. Percayalah! Nyari duit itu susah.

Jangan Fokus Uang

Logikanya gini, memang semua orang pasti butuh uang. Tapi, menurut kalian jika Pangeran ilustrasikan seperti ini :
  1. Personal Blog : Usia blog 5 tahun, konsisten update, pembaca ribuan.
  2. Personal Blog : Usia blog 2 bulan, update kalo ada waktu (dan gak males), pembaca bisa dihitung pake jari

Kira-kira, dari kedua contoh di atas, logis gak, mau dapetin uang dari blog secara instan?

Makanya, kalian semua jangan terlalu terpengaruh (gampang percaya) dengan tutorial mendapatkan uang jutaan dalam hitungan hari. Itu cuman omong kosong. Gak usah percaya.

Itulah kenapa dari awal Pangeran selalu bilang jangan jadikan uang sebagai tujuan ngeblog kalian. Bukan gak boleh. Emang Pangeran siapa? Boleh aja. Tapi, kalian juga harus ngaca, kira-kira umur blog 1 atau 2 bulan gitu, ada gak, perusahaan besar yang mau pasang iklan di blog kalian?

Solusinya gimana Pangeran, kalo tetep pengen dapet uang?

Gampang. Tulis konten sekeren mungkin dan temukan pembaca kalian. Makin banyak yang tau blog kalian, maka makin banyak pula tawaran kerjasama. Gitu..

10. Tidak Konsisten

Kesalahan ini seperti udah mendarah daging banget di kalangan blogger. Kenapa? Pangeran juga bingung kenapa banyak blogger yang gak bisa konsisten (ya, meskipun gak semuanya).

Mengenai konsisten ini, kalo dibahas lagi, yakin gak akan selesai. Makanya, kalo kalian pengen konsisten, baca cara menjadi blogger konsisten.

11. Jangan Terlalu Banyak Belajar (tanpa action)

Memperdalam pengetahuan tentang dunia blogger memang penting sekali untuk menunjang dan meningkatkan kemampuan kalian dalam menulis konten yang baik.

Hanya saja, cara ini sering dilakukan dengan tidak benar. Karena terlalu banyak belajar, sampai lupa untuk menerapkan cara yang sudah dipelajari.

Bedasarkan survei yang pengeran lakukan sendiri :
kesalahan blogger

Ternyata terbukti kalo blogger pemula itu kebanyakan nanya, tapi actionnya kurang. Maaf. Bukan bermaksud menyingung yang udah bertanya kepada Pangeran.

Kalian juga harus sadar, kalau gelas kalian sudah penuh, jangan dipaksakan untuk mengisinya terus. Pasti akan tumpah. Kalian harus meminumnya dulu (menerapkannya) sampai selesai, baru diisi (belajar) kembali.

Jadi, ingat pesan Pangeran. Jangan kebanyakan belajar, kalo gak pernah action.

12. Salah Memilih Karakter Blog

Kesalahan ini juga paling sering dilakukan blogger pemula atau kadang Pangeran juga ketemu yang udah lama ngeblog, tapi masih gitu-gitu aja. Serius.

Memang, memilih karakter blog kita supaya pembaca gampang mengenali itu, bukan pekerjaan mudah. Tapi, seiring berjalannya waktu, kalian pasti bisa menemukan karakter kalian masing-masing.

Sayangnya, kebanyakan malah terkesan terlalu menjiplak tokoh inspirasi mereka. Jadi, pembaca tidak merasakan suatu hal yang beda dari blog kalian. Malah, mereka merasa sedang membaca blog inspirasi kalian.

Makanya, temukan karakter kalian dengan cara yang benar.

“Untuk bisa sama itu gampang. Tapi untuk berani beda itu tidak gampang. –Heru Arya”

Kesimpulan

Apapun kesalahan yang pernah kalian lakukan dalam dunia blogging, itu adalah sebuah pelajaran. Pangeran menjelaskan tentang kesalahan blogger ini bukan bermaksud Pangeran menggurui atau merendahkan kalian.

Tujuan Pangeran tidak lain supaya kita semua bisa berhasil meraih apa yang menjadi tujuan masing-masing. Apapun tujuan kalian, teruslah belajar dari kesalahan di masa lalu.

Jadi, kesalahan blogger mana yang sering kalian lakukan? 

 

Image by : 
  • google.com
  • tulisanwortel.com

110 thoughts on “12 Kesalahan yang Merugikan Blogger dan Cara Mengatasinya

  1. bener pange… Gue setuju dan sependapat sama pendapat lo. Waktu pertama nge blog , gue suka banget yang nama nya gonta ganti template , dan itu gue lakukan karena gue masih mencari jadi diri blog gue.Tapi lama kelamaaan gue udh bosen yang namanya ganti template.

    Terus juga yang lebih fokus kepada uang . JELAS , Kadang gue merasa jengkel kalo ada yang baru buat blog terus mau cepet cepet dapet uang. Mungkin dia kira duitnya langsung dateng apa ? . Kalo gue , gue lebh mementingkan kualitas tulisan di blog gue dibandingkan kuantitas artikel di blog.

    Jujur , itu prinsip gue dalam blogging.

    Nah terus yg suka aktivitas nge spam kebanyakan dari komentar.Jujur gue sangat jengkel orang yg seperti itu. Kalo promosi kan bisa lewat komunitas komunitas gitu kan , Nah kalo komentar itu sama aja kita beri pendapat untuk tulisan di blog itu . Bukan malah nge spam dengan menawari apa apa gitu…

    1. Sippp. Seru nih, kalo udah sependapat gini. 😀 Iya, sih. Banyak blogger pemula yang melakukan itu. Tapi, gue yakin aja pasti sampai di titik jenuh, gak akan ganti2 lagi. 😀

      Wah… keren lo bro. Punya satu persepsi yang sama dengan gue.

      Hem… Soal SPAM emang udah bisa diatasi, tapi kita sebagai blogger tetep harus memantaunya. Biar gak jadi sampah di blog kita.

  2. Kesalahan yang sering aku lakukan, atau mungkin lebih tepatnya yang tengah aku lakukan adalah yang nggak mau bergabung ke dalam komunitas blogger itu deh kayaknya. Bukannya nggak mau, tapi gimana ya, aku belum siap aja, Pangeran. Karakter di blogku yang you know kan kayak gimana dan konten di blogku yang review film abal-abal yang masih mencari ciri khasnya kayak gimana, bikin aku bisa dibilang minder gitu lah. Jadi mau mandiri dulu. Entah sampe kapan. Ada sih diajakin buat ikut komunitas, tapi ya gitu. Aku juga takut meninggalkan zona nyaman sebagai blogger liar, eh maksudnya blogger yang nggak dalam naungan komunitas gitu 🙁

    Trus aku sempat nggak konsisten. Dulu aku nulis curhatan keseharian, trus review lagu, dan sekarang malah review film. Apakah itu bisa dibilang sebagai kesalahan dalam menjadi blogger? Atau itu wujud pencarian jati diri sebagai blogger? Atau upaya untuk mencari calon penebar benih halal dalam rahim alias calon suami? Mohon pencerahannya, Pangeran. Terimakasih.

    1. Hem… Jangan ngerasa belum siap Cha. Semua blogger berhak atas karakternya masing-masing. Gabung di komunitas itu bukan malah ngebuat dirimu nggak semangat. Justru sebaliknya, selalu dapet semangat baru. Percayadeh.

      Ya, tapi kalo masih pengen mandiri. Guepun gak bisa maksain, sih. Itukan pilihan.

      Nggak apa-apa sih, cha. Itu proses penemuan jati diri. Gue juga dulu gitu. Gak semuanya yang gue tulis itu kadang gue suka. Itu gak salah sih, cha. CUman belum nemu aja.

  3. Kesalahan2 yg pernah gw lakuin adalah saat pertama kali buat blog gw copas sana-sini, tetapi untungnya nggk kena banned.

    dan yg aktivitas spam, gw nggk seneng ngelihat beberapa blog personal yang komennya kebanyakan link2 aktif apalagi yg isinya 18+, asli nggk enak ngelihatnya.

    Dan masalah gonta ganti template, saya baru tau kalo gonta ganti template itu kesalahan. jujur, sebelum baca ini aja gw sering bahkan selalu ganti2 template.
    gw baru tau dari post ini kalo yg penting itu kontennya bukan templatenya.

    1. Masih untung ya bro?

      Nah, makanya harus dipantau terus blognya. Biar nggak penuh spam.

      Ya itu udah pasti bro. Pembaca bukan 100% butuh template lo sebagus apa? Tapi, konten lo sekeren apa? Kan percuma aja kalo tampilan ketje badai, tapi kontennya ya gitulah..

  4. untung nge-blog ga ada ujian buat jadi syarat kelulusan ya Ru. Kalau ada udah banyak salah aku itu, hahaha. Kalau aku sendiri sih agak malas buat menggencarkan promosi. Maklum, selesai urusan ngeblog mesti balik lagi ngurus kerjaan.

  5. Pange mau konsul nih, kan biasanya gini…aku maraton tuh nulis arikel, harapannya pengen deh dikomen blogger a, b, c yg emang advance atau antusias dg topik itu…nah begitu aku bewe, itu timingnya abis publish kan…tapi biasanya target komentator yg tepat untuk topik itu malah ngomenin artikel kita yg lain, soalnya kadang tipe ini responnya lama (sesuai kesibukan waktu ngecek blog), biasanya malah cuma komenin yg postingan teratas, padahl kita pengen dia ngomenin yg artikel topik x yg sekiranya dia antusias buat bacanya…
    Itu gimana yakkk
    Sula rada kecewa pas kita pengen dia komen di artikel kita yg A, e ternyata yg dikomen topik yang b, akibat kelamaan ngrespon pas bewe hahahhah

    1. Hem… Kemungkin ini emang gak bisa dipungkiri sih, nit. Karena, setiap user punya cara pandang masing-masing terhadap blog yang mereka baca.

      Memang, di tulisan wortel gue jarang menemui kejadian itu, karena gue selalu berusaha membuat pembaca fokus sama apa yang gue bahas.

      Saran gue sih, soal lama respon keknya emang gak terlalu pengaruh, sih. Intinya, coba deh ganti teknik nulisnya pake sesuatu yg buat pembaca penasaran sama paragraf selanjutnya.

      Karena gini, banyak kejadian seperti itu, disebabkan mereka mulai jenuh di paragraf pertama. Seperti yang gue bilang. Enak itu relatif. Enak menurut gue, belum tentu enak menurut yang lain. Gitu sih..

    2. Pange…bukan itu maksud aku haha
      Jadi gini, misal aku nulis topik blogging, pengennya kan dikomenin oleh blogger yg konsen di topik blogging…
      Nah aku bewe dong ke blog dia, harapanya sih siapa tau doi kunbal terus dia komenin artikel aku yg topik blogging…
      Tapi si komentator target kita ini ngecek hasil bewe kita rada lama, sehingga akhirnya kita uda nulis lagi artikel yang baru, otomatis yg ada di postingan teratas kan uda bukan yang tema blogging lagi..kan?
      Nah tiba saatnya si komentator yang kita target tadi main ke blog kita buat kunbal, tapi karena yang di artikel paling atas udah ganti, ya dia baca yang artikel baru…bukan yg topik blogging itu huhu
      Alhasil, kadang karena si target itu hanya memenuhi 'kewajiban' kunbal, padahal dia sebenernya lebih advance ngomenin yang topik blogging, sedangkan artikel blogging kita uda ketutup ama artikel baru, maka itu bisa ga sih disebut gagal menentukan pembaca ?
      Solusinya gimana her, apa musti pas komen di blogger target kita, nulisnya pake name url? Biasanya aku komen dengan pilihan google plus, alhasil pas dikunbal dia nyamperinnya di postingn paling atas di gugle plus

    3. Owalah… Pantes dari bales komentar itu, gue ngerasa ada yang mengganjal. Rupanya gagal paham.

      Oke2. Kalo itu sebenarnya kembali ke genre blog kita, sih. Kan gini, banyak yang bilang Personal Blogger itu, kontennya kayak Gado-gado.

      Nah, itu yang jadi masalanya nit. Kita kalo emang pengen komentator yang emang senada dengan materi yang kita tulis, ya jangan jadi personal blogger yang ngebahas hampir semua hal layaknya Portal Berita Online.

      Solusinya bisa pake Name/URL itu, tapi apakah yakin mereka tetep memilih berkomentar di situ? Keknya nggak jamin.

      Solusi terbainya buat subdomain dari blog utama. Misalnya gini, blog utama Nita : gembulnita.com. Nah, karena Hobimu gak cuman nyeritain Daily, tapi banyak hal. Buat subdomain tentang Film misalnya : film.gembulnita.com. Nah, di subdomain itulah link yang dirimu arahkan ketika komentar di blog yang ditargetkan.

      Jadi, konsep Personal Blogger kalo mau fokus seperti itu, harus dipisah sih, nit. Biar mereka tau harus baca yang mana. 🙂

    4. Wah mantab nih her makasih pencerahannya
      Iya nih aku ga mau deh jd kek portal online..kadang ada rasa kek serakah pengen nulus semua tema, alhasil pembaca jadi bingung huhu
      Bener juga musti disub keun lg ke satu fokus klo gitu yakk ^______^

  6. Yarabb, lagi" gue dapet pencerahan, makasi pange, kirain gue, karna jaman yang smakin modern dan peminat baca yang mulai berkurang, dan beralih ke yutub, para blogger profesional udah pada gak ada, ternyata dugaan gue salah.

    Mungkin masalah yang gue alami saat ini adalah konsisten, masih usaha banget. Awal ngeblog gue juga selain hobby, itu karna punya inspirasi, gue pengen banget sesukses dia, dengan cara gue sendiri, walopun genre blognya sama. Bener, berani beda itu susah.

    1. Sama-sama Yog.. Hem… Semua platform selalu punya peminatnya masing-masing. Jadi, gak usah takut kalo ngeblog gak ada yang baca. Gak mungkin.

      Karena, coba aja Portal Berita online dibuat video semua. Yang mau nonton siapa??? Sama aja kek blogger Yog. Jadi, teruslah berkarya.

      Konsisten bukan masalah sih, Yog. Yang penting kuncinya lo gak gampang lupa kalo pembaca nungguin karya lo selanjutnya. itu aja.

  7. Wah saya tersindir di poin malas nulis dan tidak konsisten, ahaha dan itu kesalahan saya sebagai blogger 😀

    Untuk bagian yang ganti template, saya malah jd kepikiran untuk mengganti templatenya. Entah, nanti saya pikirkan dulu, saya tidak ingin itu malah menjadi suatu kesalahan 🙂

    Kalau yang poin 11 dalam dunia blogger itu apa ya yang biasa ditanyakan? Ini sebenarnya bagus juga untuk di segala hal. Karena kebanyakan kita itu selalu2 bertanya dan menunda action. Kalau gini mulu ya kapan eksekusinya 😮

    1. Hehehe. Kalo tersindir gue gak bisa bilang apa2. 😀

      Tenang mas bro. Mengganti template yang sesuai rekomendasi gue, gak sebuah kesalahan kok. 🙂

      Bener banget. Gue sering banget nemuin blogger yang tanya mulu. Tapi pas gue mampir di blognya, gak ada satupun action yang diterapkan.

    2. Saya juga ga bisa bilang apa2 kalau kesindir 😀

      rekomendasinya seperti apa yah? hehe ujung2nya skrng saya cuma ganti bannernya doank

      Wkwk tanya doank toh ternyata, mungkin sekedar ingin melepaskan rasa penasaran. setelah tau dan puas ya udah ^^

  8. kalo aku mah yang sering melanda itu yang pertama (males) her, bukanya gak ada ide atau gimana, tepatnya itu karna kuota ku yang limit makenya kan hape buat tetring, masih berat di ongkos. hehee

    berikute yang komunitas, sebenernya pingin gabung juga tapi rasanya gak pede tulisan dalam bogku yang masih gitu-gitu aja.. hmmm masih pingin sendiri dulu entah sampe kapan juga, udah hampir setahun sih ngeblog yang rasanya bener ngeblog. tulisan ku juga baru berapa judul ditambah topiknya juga gak jelas isinya aja campuran suka-suka aku nulisnya. hehehey.

    kalo yang templet malah aku dari pertama belum ganti, males soale mau ganti apalagi ganti ganti.

    1. Hahaha. Karena Males belum ada obatnya di. Jadi, cobalah untuk tidak males.

      Kalo ngomongin percaya diri. Mungkin lo bakal ngerasa paling percaya dari gue dulu di.

      Sekarang tuh, enak banget. Gampang nyari temen blogger. Dulu, zaman blog ini yang baca cuman hitungan jari 10 gue, rasanya itu udah seneng banget.

      Lah, setelah gabung di komunitas (meskipun belum PD) akhirnya itu membuktikan bahwa kita akan belajar banyak hal di komunitas.

      Makanya, yuk gabund di komunitas dan temukan pembacamu. 🙂 Jangan ngerasa gak PD kalo belum nyoba.

      Yaudah, pertahankan template yg sekarang aja. Yang penting rapi. 🙂

  9. ASTAGA INI SEMUA POINNYA BENER BANGET ASTAGA. :')
    Yang males nulis kayaknya mendarah daging di seluruh blogger nusantara, deh, Pang. 🙁
    Kadang kesel sendiri ama mood, kok, nggak dateng-dateng yak pas lagi banyak yang mau ditulisin. 🙁

    1. Hahaha. Jadi, ngena semua ni, Dev?

      Keknya dirimu perlu belajar gimana caranya nulis gak pake mood Dev.

      Soalnya, kebanyakan blogger itu bingung membangun mood karena terlalu mikir kalo nulis gak pake mood bagus, pasti tulisannya gak enak.

      Persepsi seperti itu bakal gue patahkan di postingan nanti. Semoga bisa membantu, deh. 🙂

  10. Kayaknya kesalahan terbesar gue sih menyia-nyiakan komunitas. Udah gabung tapi nggak ikut ngeramein. Gimana ya, udah kebanyakan komunitas selain blogger. maksudnya, macam grup kelas, grup kelompok, pokoknya nggak sempet ngeramein. Nengok mah sering.

    Kan komunitas yang gue ikutin semuanya ngumpul di dunia maya. Nah, ketumpuk sama grup kelas. Gitu maksudnya. :')

  11. yak ntaap!!
    aku kesindir telak.
    males nulis lagi sering-seringnya nih aku, lagi doyan gambar lagi soalnya. Yah namanya si B hobinya emang suka ganti-ganti gini. Gak konsisten.
    Soal gabung komunitas blogger, dulu udah sering, dan karna kayanya semangat di komnitasn blogger udah pada mulai luntur jadi males..
    Secara gak labngsung saling kunjung di blog itu-itu kita udah bikin komunitas sih, tepatnya circle jadi yaa, tanpa komunitas juga bisa kenal dan saling sharing.

    1. Dari beberapa yang komentar kok pada ngerasa kesindir, ya? *Bingung. XD

      Ow… gitu, dib. Lagi doyan gambar lagi. Baguslah, kembangkan terus karyamu.

      Hem… Menurut gue sih, memilih komunitas yang punya semangat bagus juga, penting. Jadi, gak akan ngerasa luntur atau gimana2.

      Nah, kalo itu bagus juga Dib. Cuman, kalo komunitaskan, biasanya lebih banyak hal yang gak bisa kita temukan jika kitanya terlalu seneng sendiri. 🙂

  12. Salam kenal pangeran 🙂
    Terimakasih udah nulis artikel yang keren begini. Sangat membantu bagi newbie sepertiku. Setidaknya sudah menjawab pertanyaan pertanyaan belum terjawabkan selama ini.
    Untuk konsisten aku baru proses menyemangati diri sendiri buat konsisten 🙂
    Untuk konten juga kaya proses dari curhat dan masih tentang curhatan. Haaa terimakasih pangeran vitamin A

    1. Salam kenal Dwi… 🙂

      Sama-sama dwi. Wah… Seneng bisa membantu. Pangeran juga newbie masih. Jadi, sama-sama belajar aja, ya. 🙂

      Biar makin konsisten, jangan lupa baca Cara supaya konsisten by Tulisan Wortel. Download sekalian ebooknya. 🙂

      Gak apa-apa isinya curhat. Yang penting konsistensinya. Terkadang, curhatan malah bisa jadi pelajaran hidup untuk orang lain.

      Sama-sama… Makasih sudah mampir. 🙂

  13. Beberapa point pernah ane alamin sih pange.
    tapi untuk sekarang sepertinya ane udah tobat kembali ke jalan yang benar.
    sekarang ane lagi fokus buat konsisten nulis nih pange.
    mohon doa'a restunya.
    btw.
    ane juga tau ada komunitas Blogger Energi ya dari blog pange wqwq.

    1. Hahahaha. Ketahuan deh. Syukurlah kalo udah tobat. Zaman sekarang itu, jangan tiru cara2 jadul. Gak work banget dan gak aman.

      Nah, bagus tuh. Pertahankan konsistennya.

      Hehehe. Syukurlah kalo banyak yang gabung setelah mampir di blog ini.

  14. Males nulis. Aku bangeeet yawla 🙁 mood ngeblog lagi turun. Aku merasa berdosa

    Komunitas blogger ya. Aku nggak pernah gabung komunitas manapun, Pange. Masih minder soalnya. Belum ada sesuatu yang bisa dibanggakan. Aku mah apa.

    1. Hem… Sini Lan, kopdar bareng Pangeran lagi. Biar Pangeran tularkan semangatnya. 🙂

      Hem… Jangan minder dulu lan, kalo belum gabung. Sama seperti pepatah "Kita gak pernah tau seberapa dalam sebuah sungai jika kita tidak terjun ke dalamnya."

  15. Artikel yg sangat bermanfaat pang. Mdah2an kita semua terhindar dari kesalahan2 yg kayak diatas.

    Mau nanya nih, tdi sya mmbaca kalimat, sy lupa di paragraf mana yg "nulis dlu di mcrsft word". Nah, saya punya masalah tntang teknis pnulisan nya nih mas. Klo mnulis blog, sya keseringan mnulis lngsung di entri blog jadi kerepotan sndiri dlam menyusun tiap prgrafnya, beda klo nulis di mcrosoft word, gmpang ngatur prgraf dn poin2 nya.

    Sy juga prnah coba mnulis dn editing di word trus copy dn pste ke laman entri blog, kok spasi nya malah ga beraturan ya? Mlahan gmbar nya ga ke baca juga?

    Mkanya sya lebih mlih nulis dn edit ke entrinya lnsung, wlaupun mkan waktu yg lama…
    Mhon solusinya mas pange.

    1. Aminnn… Sebenarnya mau nulis di Word dulu baru ke Entry atau langsung di Entry, tetep sama aja, sih.

      Cuman.. Kalo pengen supaya gak berantakan saat teks di Word dicopy ke entry, setelah lo pastekan tulisan dari Word ke Entry, lanjut klik huruf "T" ada underlinenya Remove Formatting namanya.

      Nah, setelah lo klik huruf "T" itu, semuanya akan barubah seperti ketika lo ngetik di entry. Baru deh, dirapikan. Gampang kok.

  16. Kesalahan terbesar yang pernah incess buat dalam dunia blog, incess males nulis!

    Inget kan her, pernah aku chat kamu gimana caranya ngilangin males buat nulis? Jawabanmu, g ada cara buat ngilangin males kecuali dilawan oleh diri sendiri, dan bener banget her. Aku selalu inget kata-katamu itu. Ngecambuk diri sendiri buat ngelawan males tuh berat, banyak godaan, apalagi kalo udah g nulis lama, kayak ilang jati diri gitu rasanya. Kagok pas nulis lagi, tapi kapan lagi kalau g sekarang buat ngelawan males? Kapan2 kalo inget :v

    1. HEm… Males gak ada obatnya pit.

      Inget banget. ALhamdulillah, ternyata kata-kata gue selama ini, ada manfaatnya juga buat orang lain. XD Mudah-mudahan lo terus konsisten ya pit. 🙂

      Iya, kapan kalo inget aja. Dasar males!! -_-

  17. Masbro, aku boleh saran nggak? Gimana kalau kamu nulis buku kiat blogger sukses aja, pasti nanti laku banget. Soalnya tips yang kamu bagi dari kemarin-kemarin itu keren banget dan selalu bisa jadi pembelajaran. Salut!

    Kayaknya kesalahan yang paling sering akulakuin ya nomor 1 deh. Soalnya kadang rasa malas itu sering menghampiri gitu aja. Tapi bener banget, kalau bukan kita sendiri yang melawan, ya kita nggak akan bisa melawan rasa malas tersebut.

    KAlau gonta-ganti template dulu sih pernah. cuman sekarang aku kayaknya minimal satu tahun sekali aja buat ganti template.

    yaa, intinya semua emmang butuh proses. Nggak ada yang instan. Pokoknya nikmatin aja prosesnya, suatu saat nanti pasti akan tercapai semua apa yang kita impikan dari ngeblog. Ya nggak?

    1. Silahkan zam, sarannya. Hahahaha. Pengen, sih, gitu. Cuman.. keknya kalo untuk sekelas Kiat Blogger Sukses. Gue aja belum sukses Zam. 😀

      Nah… Banyak sih, yang komentar2 sebelumnya ngerasa tersungging sama no 1. 😀 Nah, harus dilawan ya Zam. Biar gak males.

      Syukurlah, sekarang coba kurangin, deh. Gonta-gantinya.

      Yoi, proses itu yang sebenarnya mendewasakan sikap seorang blogger.

  18. Jadi kepikiran karakter nih, pange. Karakter gue gimana ya? Mudah diingetkah? Hehe

    Wah sering ganti template juga berpengaruh ya. Untung gue gak bisa ganti template. Wkwkw
    Ada rencana ganti sih, tapi masih belajar edit2 template dulu, pange.

    Makasih tulisannya, pange.

    1. Karakter lo itu………. mudah diingat kok ki. TEnang aja. Asal ada emot meringis lebar itu, pasti lo kan.

      Hahaha. Kirain pengen ganti, tapi males. Rupanya. -_- Siap… Belajar yang baik, ya.

      Sama-sama ki.

  19. Wah, aku sering banget gonta-gantu template. Sebenernya tujuannya sih nyari template yang mobile frienly sih. Secara sekarang kan banyak yang mengakses blog sebagian besar pakai smartphone. Nulis mah nukis aja, soal rezeki udah ada yang ngatur. Makasih sharinya, sob.

    1. Hehehe. Gonta-ganti gak masalah, mas. Asalkan udah ngerti. Mas Achmadkan udah master toh… Jelas pahamlah..

      Bener banget. Jangan sampe blog sekarang gak support mobile friendly.

      Siap mas… Sama-sama.

  20. poin2nya tepat banget. yang sulit adalah poin menyebarkan ke orang yang membutuhkan. kan personal blog, kebanyakan share cerita sehari2, nah apakah orang2 itu butuh cerita kita? mungkin cara pengemasan cerita dibantu dengan gabung komunitas bisa jadi solusinya.

    btw, gue malah gak ganti templete dan header lama banget malah. pengin ganti tapi yaudahlah itu aja xD

    1. Gini, Yog. Sebanarnya tergantung lo-nya memahami makna membutuhkan dan cara membuat orang meresa butuh. Gue juga blognya personal, tapi banyak lho, curhatan gue jadi pembelajaran orang lain. Nah, gabung di komunitas bisa jadi salah satu solusinya.

      Hahahah. Udah, itu aja.

  21. Duh komentarnya banyak banget, hayati capek scrollnya 🙁
    Hampir semua sudah pernah aku lakukan, kecuali yg SEO gitu. Bingung gimana konsepnya. Lagian gak mikirin SEO ada beberapa tulisanku yang masuk page one. Kebanyakan tulisan tentang ngidol. Apa berubah haluan aja jadi blogger ngidol?

    Ganti template pas awal punya blog bisa sampai 3 kali ganti. Sekarang kalo mau ganti mesti mikir-mikir dulu. Belum edit templatenya, menyesuaikannya. Ribet deh pokoknya. Pinginnya bisa bikin template sendiri.

    Masuk komunitas setuju banget tuh. Bisa ketemu orang yang sehobi itu menyenangkan. Apalagi masuknya ke komunitas Blogger Energy.

    1. Hahahaha. Hayati istirahat aja dulu. XD

      SEO itu gampang ki. Tapi, lo fokus konten aja dulu. Sambil nyicil belajar SEO itu gimana. 🙂 Nah, itu terbukti kalo SEO itu gampang. Bener gak? Soal haluan, up to you deh…

      Hahahaha. Nah, itu dia ki. Banyak hal yg harus dipertimbangkan sebelum ganti.

      Yoi, jadi serasa ada yang mensupport gitu ya ki? Setujua abis. Gabung di BLogger Energy solusinya. 🙂

  22. Ane setubuh sama pendapat pange.
    Kurang lebih semua pointnya udah pernah ane alamin pang,
    dari mulai ganti template, copas artikel orang sampe menghalalkan segala cara.
    Kalo sekarang alhamdulillah berkat Rahmat Allah yang maha esa, ane sedikit paham dengan dunia blog agar tidak terlihat alay.
    mohon bimbinganya pange

    1. Duh… baca Setubuh jadi merinding disko ni. XD

      Asoy… Keknya lo pengalamannya lebih banyak nih, dari gue bro.. Pastilah.. Gue mah, masih baru.

      Syukurlah, lo udah kembali ke jalan yg benar.

      Siap…

  23. Waah setuju, buat pemula fokus ke konten dan konsisten aja ngeblognya. Sambil sekali-kali belajar tentang SEO heheu

    Kalo di pikir pikir ide itu selaku ada, cuma males aja yg biasanya menghantui wkwkw

  24. tips nya oke… kalau saya sih ga ada masalah dlam menulis. cuma posting aja yang males hahahaha…
    makanya suka nulis dulu posting kemudian
    sekalinya posting beberapa artikel yang diposting. hix..

  25. Kalo menurutku sih tamplate bagus itu penting. Cuma masalahnya yang sering gonta ganti itu yang nggak penting. Apa ya kesalahanku? Oh ini, dulu taon 2012 pernah copy paste, tp sekarang udah nyadar dan nggak nglakuin lagi.SEO, dulu sempet juga mikir itu, tapi sekarang bodo amat. Yang penting tulisannya, krn tujuan aku ngeblog cm bwt menyalurkan kesenangan n nglatih menulis. Makannya itu juga nggak konsisten. Karena latihan nulisnya nggak cuma di blog tp juga di laptop. Jadi blog cuma sebagai media latihan nulis aja dan sengaja nggak dijadwal. Minimal 2 postingan dlm satu bulan jg udah cukup.
    Sekian. Salam…..at malam duhai kekasih~~ eh malah nyanyi.

    1. Bener. Cuman, namanya blogger barukan, masih bingung tuh, apalagi gak punya basic dunia Programing. Makanya, saran gue sih, yang penting rapi dulu.

      Syukurlah udah sadar. Kenapa bodo amat? Bingung? XD

      Sipplah, semoga semakin hebat dan jadi penulis.

  26. yang point ke 4, itu gue banget ya, dulu gue termasuk orang yang suka gonta ganti template, ngeliat template punya orang bagus jadi pengen.. tapi alhamdulillah sekarang gue sudah menemukan template pujaan hati #eaaa

    soal malas nulis sepertinya sudah pernah gue jelasin di blog gue, tapi materi gue gak selengkap punya lo bang her..Hehehe

    Btw, ilmu di tulisan ini mantap bang her, semoga bang her making eksis di dunia blogger dan bisa mneginspirasi blogger yang lainnya 😀

  27. Semua kesalahan ini kayaknya gabungan semua blogger yang dikenal yang pange? bener gak? #mulaiSotoy

    Iya emang enak jadi blogger. Yang susahnya itu jadi Blogger yang konsisten. Karna pasti ada aja halangan waktu mau apdet blog _-

    Kayaknya gue bakal melakukan action deh dari pada bertanya mulu hehe

  28. Postingan lu, pange..
    Asli sebagian nampar banget
    Kesinggung sih, iya.
    Tapi gak guna juga kalo mau kesinggung trus2an

    Thanks wejangan panasnya, pange..
    gue emang mesti sering2 digampar ginian..
    wkwkwkwkwk BAPER DETECTED!

    1. Hahaha. Serius ketampar. Gue gak ada nampar lho… 😀

      Syukurlah kalo lo segera sadar. 🙂 Sama-sama bro.. Tungguin aja post selanjutnya, biar ketampar lagi. 😀

  29. ampun master pange… sangat edukatif banget buat blogger yang lagi mencari jati diri. malas nulis memang kendala banget, kalau nulis udah males.. konsisten pun susah. tapi kalau konsisten dengan cara copas artikel orang, itu juga salah. hmm.. mantep lah panduannya, bukan cuma ngasih tau.. tapi juga ngasih solusi.

    1. Gue gak ngapa-ngapain lo Jev. Kenapa minta ampun? 😀

      Banyak banget yang gitu jev. Gak konsisten. Nah, bener banget, konsisten boleh. Copas jangan.

      MAkasih mantepnya.. Semoga bermanfaat ya.

  30. Salah pengertian SEO, gue rasa untuk blogger personal, gak perlulah gini-gini. Buat aja konten yang menarik. Kecuali untuk tujuan komersial, baru deh SEO abis-abisan.

    Terus yang komunitas gue juga sama kayak Pange. Egois banget lah pokoknya. Tapi sampai ini baru gabung satu komunitas, pengen cari lagi, ada sarn gak pange?

    1. Tetep perlu Ben. Cuman lo belum bener-bener ngerti keknya. Jadi, fokus aja kontennya. 🙂

      Gabung di Blogger Energykan udah ben? Kalo mau yang lain, bisa ke Komunitas di Google+

  31. kalo soal topik, gue pernah membaca tweet dari seorang penulis. 'jangan pernah mengikuti selera semua orang, anda akan stress, ikuti saja seleramu' gitu. Jadi intinya, buatlah topik yang dekat dengan diri kita aja, dan itu yang gue terapkan. hehe

    Nah, kalo soal gonta-ganti template. Gue paling anti, karena apa? Karena gue kagak bisa bikin template..hahaha

  32. Gabung di bloger bertuah ya ka heru? dari dulu pengen gabung juga, soalnya saya domisili pekanbaru.
    tapi saya masih minderan ih.. soalnya dulu mostly tulisan saya tentang daily life aja. saya sampai 'pindahan' blog buat bikin jati diri blog yang baru haha

    1. Iya, ni. Baru beberapa bulang yang lalu gabungnya. 🙂 Ayuk deh, gabung. 🙂 Biar bisa meet up gitu.. 🙂

      Lho.. Blog Pangeran juga Personal… Jadi, jangan minder. Yuk, gabung… 🙂

  33. Si Pangeran memang udah berpengalaman dan hebat! Makasih banyak udah share ilmunya, kita memang harus konsisten, ber ciri khas, menghubungkan blogging dengan kesenangan/ hobi, mengutamakan kepuasan pengunjung(bukan robot), action dan membutuhkan proses. Makasih banyak ya….:)

    1. Kalau Pengalaman banget, keknya belum. Masih #terusbelajar mas. 🙂 Setuju sekali dengan semua kesimpulannya. (y)

      Sama-sama mas. Semoga bisa sama-sama menjadi Blogger yang sukses. AMin…

  34. Gonta ganti template/tema blog memang jadi salah satu masalah serius dalam aktivitas blogging. Selalu saja ingin tampilan lebih baik dan lebih baik lagi, padahal harusnya tulisannya yang harus lebih baik lagi. Salam kenal mas Heru Arya. Mohon bimbingannya dalam blogging

  35. Soal template tuh betul banget. Khusus blog gue, 60% pengunjung masuk ke versi mobile. Jadi template yang bagus nggak penting. Yang penting bisa dibuka dan dibaca di hape. Gambar yang bagus juga nggak penting, yang penting ada dan menunjukkan isi. Soalnya, biasanya yang masuk ke blog gue adalah orang yang nyari jalan di Jakarta. (Mis. cara ke Pusat Kebudayaan Rusia, cara ke Pacific Place, cara ke Menteng … dan semua mengakses di hape.)

  36. wah makasih banget buat artikelnya, bro. gue juga baru mulai blogging, dan tbh gue bener-bener bingung harus mulai dari mana karena mulai dari 0 itu memusingkan banget. Konten lah, template lah, promosi lah, coding buat widget lah. Dan terima kasih udah mengingatkan lagi untuk join buat masuk komunitas, kalau cuma sendiri doang ga bakal diketahuin sama orang. Nice post!

  37. Ulasan yg bagus, Pange… Uppsss… ikutan mangil Pange sesuai postingan diatas, Pange, Pange, awalnya sih cuma manggil kak.. 😀

    Soal gabung di komunitas, itu aku setuju banget. Aku ngerasain sendiri, kayak ckrg udah gabung di BE, blogku yg awalnya sepi jadi rame.. 🙂

    #SalamKunjunganBalik

  38. Iya nih aku bener, cari uang di blog itu sama kayak cari uang di dunia nyata, pernah aku asik ngeblog di kampus, eh ada nanya tuh 'lagi ngapain sih?' aku jawab 'ngeblog' , dia nanya lagi 'ngeblog mulu tiap hari gak bosen, dapet duit ga? dan ku jawab, ya dapetla, dan saat itu juga ak ajarin dia main blog karena ya dia pengen dapet duitnya, tapi akhirnya sampe sekarang ga ada kabar lagi tuh blog, haha ngakak, dikira nyari uang itu gampang, Mantap mas pangek..

  39. Menurut pange gua baru mau ngeblog ini, kata pange bagus ga sih di satu blog itu membahas lebih dari satu topik ? Dan pandangan pange untuk template nya itu bagusnya gimana ?

  40. blog gado-gado bisa meranking banyak kata kunci, semakin banyak kata kunci yang masuk tentu berimbas pada traffic, traffic naik earning kadang juga naik. .

    kesimpulannya, tetap fokus saja hahaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *