Pengalaman 10 Tahun Kerja dari Rumah : Tanpa Modal Emang Bisa?

kerja dari rumah

Kerja dari rumah itu mudah. Ibu rumah tanggapun bisa melakukannya. Tapi, tanpa modal sepeserpun itu bohong. Namanya kerja dari rumah, pastinya kalian setidaknya butuh bantuan teknologi supaya kerja kalian bisa menghasilkan uang.

Walaupun, pada kenyataannya kerja dari rumah di Indonesia masih belum sepopuler negara lain. Serius. Benar-benar hanya di rumah dan bisa kerja plus mendapatkan penghasilan.

Makanya, di konten kali ini Pangeran ingin berbagi pengalaman 10 tahun lalu mulai memutuskan bekerja dari rumah saja dan tetap bisa menghasilkan uang.

Supaya gak kelamaan, kita mulai yuk.

kerja dari rumah

Awal cerita Pangeran mulai kerja sampingan di rumah itu sejak 2010. Masih jaman SMA. Mau melamar pekerjaan masih belum punya pengalaman dan juga sering ditolak dengan alasan : “Sekolah saja dulu yang pinter. Baru nanti kerja.”

Secara batin, tertampar rasanya. Tapi, kalau melihat kondisi ekonomi saat itu, Pangeran merasa bahwa harus mulai membuat perubahan besar dalam diri. Gak mau rasanya hidup begini terus. Menyusahkan kedua orang tua.

Alhasil, awal 2010 Pangeran memutuskan untuk mencari lowongan kerja dari rumah yang bisa menghasilkan.

Zaman itu, masih pake hape yang jaringannya EDGE. Walaupun loading-nya LUWAMA banget. Tapi, Pangeran yakin bahwa teknologi akan membantu mewujudkan keinginan Pangeran punya penghasilan sendiri dari rumah.

Berhubung jaringan hape tidak mumpuni, waktu itu memberanikan diri masuk ke Warnet untuk pertamakalinya.  Meskipun harus membuat alasan mencari jawaban pekerjaan sekolah.

Singkat cerita, dari sekian banyak lowongan pekerjaan. Tidak satupun yang diterima. Akhirnya, Pangeran memutuskan untuk membuat blog. Karena, waktu itu pernah membaca sebuah artikel : bisa menghasilkan uang dari blog.

Kemudian, mulailah membuat blog pertama Pangeran di internet dengan menggunakan platform Blogger.com.

Namanya juga ekspektasi anak SMA. Setelah membuat blog, diisi dengan konten copas dan tinggal nunggu hasilnya setiap bulan.

Kenyataanya?

kerja dari rumah

Sepeserpun tidak mendapatkan hasil. Karena, taunya cuman buat konten. Padahal, ada part lainnya yang harus dipahami supaya blognya menghasilkan.

Walaupun kecewa, Pangeran terus mencoba ngeblog. Tapi tidak lagi mencuri konten orang lain lalu mengakui milik sendiri. Waktu itu mencoba menulis konten sendiri. Entah apapun yang menurut Pangeran menarik, akan coba Pangeran bagikan di Internet.

Perlahan, mulai mendapatkan pembaca. Walaupun masih puluhan orang. Pangeran yakin dengan berbekal akun blogger gratisan dan komputer warnet yang bayar setiap jamnya bisa menghasilkan.

Satu tahun berjalan. Sudah dapat apa?

Jangan ditanya. Dapatnya banyak banget. Setidaknya bisa untuk membayar sewa warnet per jam.

Rasa pesimis mulai ada. Blog hanya diisi kapan ada waktu saja. Dan itu berjalan sampai Pangeran kuliah di sebuah Universitas tepatnya di Pekanbaru.

Nah, selama di Pekanbaru. Ada begitu banyak waktu kosong yang rasanya sangat berguna jika digunakan untuk hal yang bermanfaat.

Pangeranpun memutuskan untuk mengurus blog lagi. Membangunnya pelan-pelan dan alhamdulillah saat itu Pangeran juga dikenalkan di sebuah komunitas Blogger, yaitu Blogger Energy.

Sejak saat itu, banyak sekali pelajaran baru yang Pangeran temukan di komunitas ini. Apalagi, membernya sangat peduli kepada sesama konten kreator.

Pangeran terus belajar dari mereka yang sudah lebih dulu menggeluti pekerjaan di dunia blog ini. Sampai akhirnya, Pangeran mendapatkan penawaran kerjasama pertamakali dari brand yang cukup terkenal. Kerennya, mereka siap bayar berapapun untuk sebuah konten promosi brand mereka di blog ini.

Sejak saat itu, bermunculan satu per satu brand lokal yang ingin mengajak kerjasama baik untuk mempromosikan brand mereka atau bahkan ada yang siap membiayai perjalanan Pangeran ke event yang mereka buat.

Proses ini terasa begitu cepat. Jika kalian tidak pernah mengalaminya sendiri. Pada kenyataan di balik layar, Pangeran pernah ditolak lebih dari 100 brand lokal atas proposal pengajuan kerjasama saat itu.

Mungkin lebih, tapi Pangeran terus yakin bahwa  : Setiap blog itu akan ada penikmatnya sendiri. Entah kapan itu, percayalah masih banyak orang yang membutuhkan pengetahuan ataupun pengalaman kalian yg ditulis dalam sebuah blog.

Kerjasama blog setiap bulan semakin banyak, tapi justru Pangeran merasa ingin mencoba hal baru, yaitu tanpa bekerja tetap mendapat uang.

Lalu, jalur Google Adsense Pangeran tempuh untuk mencapai itu semua. Berhubung harus menggunakan domain berbayar untuk bisa mendaftarkan kerjasama dengan Google Ads, bermodal uang seadanya. Domain tulisanwortel.com terbeli pada tahun 2013. Beberapa bulan kemudian, Pangeran mencoba mendaftarkan blog ini ke Google Ads.

HASILNYA?

DITOLAK dong. Hahahaha. Ini tidak semudah yang kalian bayangkan. Butuh 8x pengajuan baru blog ini diterima. Itupun, beberapa bulan penghasilan ditangguhkan karena ada konten negatif.

Rupanya, konten negatif yang dimaksud adalah konten copas dari blog lain sebelumnya yang belum dihapus. Makanya, kalau kalian belum tau bahaya copas konten orang lain itu seperti apa? Baca ini : 7 Resiko Fatal Copy Paste Artikel

Lanjut persoalan Ads. Setelah menghapus semua konten copas tadi, 1 bulan berikutnya blog ini diaktifkan kembali akunnya dan mulai menghasilkan.

Alhamdulillah.

Walaupun hanya recehan belaka, tapi bersyukur banget impian lama bisa kerja dari rumah dan menghasilkan itu sebuah kebanggan tersendiri.

Terus, hasilnya sampai saat ini gimana Pangeran?

kerja-sampingan-di-rumah

Malas banget bicara soal hasil. Karena, usaha itu pasti sesuai dengan hasil. Usaha Pangeran untuk sampai di titik sekarang itu gak gratis. Semuanya butuh modal uang, tenaga dan pikiran tentunya.

Makanya, kalau ada yang bilang kerja di rumah tanpa modal sepeserpun cuman hoax aja. Sekecil apapun tetap saja butuh modal.

Contoh, jika kalian jualan barang online dari rumah.

Tentunya butuh Barang, Smartphone, Internet dan apakah semua itu gak pake uang belinya?

Makanya, sebelum menuju kesimpulan dari konten ini. Pangeran mau membagikan tips yang semoga bermanfaat.

Cara mendapat uang tambahan kerja dari rumah

  1. Menyiapkan alat tempurnya : bisa saja Laptop, PC atau Smartphone plus paket internetnya.
  2. Menentukan tujuan kerjanya : Internet itu bebas. Jadi, jangan membatasi diri atas apapun yang kalian miliki. Asah semua bidang dan pilih mana yang paling mampu kalian tekuni.
  3. Konsisten : Banyak yang semangat di awal dan loyo di akhir. Ya itu hal yang manusiawi. Tapi, tidak menutup kemungkinan jika kalian mampu konsisten mengerjakan apa yang kalian suka dengan tujuan yang jelas. Semuanya akan dimudahkan.
  4. Jangan merasa bisa segalanya : Ini yang paling Pangeran terus jaga sampai saat ini. Karena, menjadi tinggi itu akan sulit untuk melihat ke bawah. Tapi, ketika kalian biasa saja. Justru orang tidak akan beranggapan kalian orang sombong. Sejatinya, kesombongan itu tak akan bertahan lama.
  5. Banyak belajar : Hari ini internet semakin meluas. Sampai bumbung rumah saja bisa dilihat dari jarah jutaan meter. Lalu, semakin maju teknologinya maka kalian juga harus terus upgrade pengetahuan kalian supaya tidak ketinggalan.
  6. Bangun relasi : untuk mendapatkan penghasilan dari kerja sampingan. Jangan sungkan untuk menambah teman dari manapun. Karena, sampai saat inipun banyak tawaran kerjasama itu datang dari temen-temen blogger yang lain.
  7. Kepercayaan : Namanya juga internet. Kalian bisa bebas ngapain aja. Tapi, dalam dunia kerja. Kalian harus menjaga sekali kepercayaan baik itu brand, agency atau siapapun yang sudah menawarkan pekerjaan kepada kalian. Kalau perlu, jadikan mereka teman dekat. Supaya, ketika kalian tidak mendapatkan job baru, kalian bisa mengajukan penawaran kepada brand sebelumnya yang telah menawarkan kerjasama dengan kalian.

Kesimpulan

Pada dasarnya, kerja dari rumah ataupun di luar rumah, prinsipnya sama saja. Yang membedakan hanya lokasinya. Tapi, attitude kalian juga harus dijaga.

Apalagi dalam masa menghadapi pandemi seperti ini. Ada begitu banyak orang yang hilang dari pekerjaanya. Makanya, kalian yang sudah mulai bekerja dari rumah sekarang, jangan menyerah. Teruslah belajar dan asah kemampuan kalian supaya ketika pandemi ini selesai.

Kalian tetap bisa survive dalam keadaan apapun.

Okelah, sepertinya sudah cukup panjang.

Jika konten ini bermanfaat, jangan lupa bagikan kepada teman kalian, ya.

Pangeran Wortel pamit. See you……

image by tulisanwortel dan pexels

About Pangeran Wortel

Personal guide blogger sejak 2010 dan suka membahas tips blogging, desain blog, belajar SEO, serta hal menarik lainnya.Salam kenal..

View all posts by Pangeran Wortel →

6 Comments on “Pengalaman 10 Tahun Kerja dari Rumah : Tanpa Modal Emang Bisa?”

  1. Salam kenal mas, menarik kisah dan sharingnya. Kalau saya mulai 2009 kerja dari rumah, diselingi dua kali kerja on site buat orang lain sih tapi cuma sebentar.

    Penghasilan utama saya dari jual jasa. Pernah juga ngerasain earning adsense, affiliate amazon, jual produk sendiri, dan sponsored post. Ini sedang semangat lagi mau main affiliate amazon.

    Kalau modal, banyak sih yang udah saya keluarin. Termasuk buat beli online course dan buku biar mempersingkat waktu belajar.

    1. Salam kenal, om. Sepertinya Om Purwanto jelas pengalamannya sudah begitu banyak. Mudah-mudahan aku bisa diajarin. Hehehe.

      Semoga bisa semangat lagi buat main affiliatenya om. Aku masih fokus Ads sampe sekarang.

      Wah, sama sih om. Kalau modal jangan ditanya. Baik materi, tenaga, pikiran dan semuanya.

  2. Your story here really inspires me Pangeran. And yes it needs more focus and we have to know how to adapt to work from home. Yet it’s not easy but if we know the big picture why we are doing this then, insya Allah we will achieve more.

  3. Membaca ini, aku jadi teringat 1 hal yang belum aku lakukan selama ngeblog, yaitu ngirimin proposal ke brand-brand untuk diajak kerjasama. Serius deh belum pernah. Kayaknya aku harus coba deh. Biasanya aku dapat income dari blog itu palingan cuma dari replacement article, sponsore post, dan adsense tiap beberapa bulan sekali, tapi belum pernah nyobain ngirimin proposal gitu.

  4. Nice bnget ceritanya. Dulu awal mula ngeblog kerna seneng aja. Ingat dlu blognya kambing jantan, abis tu ngeblog isinya curhat2an. Trus lma2 oengen onghaislkan jg dri blog, trus diingetin. Klo mau ngblog jngan uang jdikan tujuan utama, kerna nanti pasti cape sndiri dan ujungnya nyerah. Alhamdulillah lah, skrg dh bsa byar domain wkwk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.