Kemudahan dan Kenyamanan yang Diberikan oleh Kereta Api Matarmaja

kereta-api-matarmaja

Hallo sahabat wortel, Pangeran mau kasi info keren, ni. Nah, buat kalian yang ingin berlibur ke Malang dari Jakarta ataupun dari jakarta ke malang kalian tidak usah khawatir. Karena kalian bisa menggunakan kereta api Matarmaja sebagai pilihan transportasi yang akan kalian gunakan.

Lalu apa itu kereta api Matarmaja ? mari kita simak penjelasan dibawah ini bersama-sama.

Apa itu kereta api Matarmaja ?

Kereta api Matarmaja merupakan sebuah kereta api yang di mana nama tersebut merupakan sebuah singkatan dari kota-kota yang dilaluinya ketika melakukan sebuah perjalanan dari kota Malang ke Jakarta maupun dari Jakarta ke kota Malang. Kota-kota tersebut antara lain adalah seperti kota Malang, kota Blitar, kota Madiun dan juga kota Jakarta.

Kereta api Matarmaja sudah mulai beroperasi sejak tanggal 28 September pada tahun 1983. Dulunya kereta api ini merupakan sebuah kereta api yang melayani perjalanan dari kota Madiun ke kota Jakarta pulang pergi. Sehingga nama dari kereta api ini dulunya adalah kereta api Senja Maja.

Kategori kelas yang dimiliki oleh kereta api Senja Maja adalah kelas ekonomi dan juga kelas bisnis. Sejak tahun 1983 jalur perjalanan kereta ini diperpanjang sampai dengan daerah Blitar lalu ke daerah Malang oleh pihak PT KAI (Persero). Sehingga namanya pun diubah sejak saat itu menjadi kereta api Matarmaja.

Alasan memperpanjangkan rute kereta api yang sebelumnya dari kota Madiun ke kota Jakarta sampai pada akhirnya diperpanjang dari kota malang ke jakarta pulang pergi adalah sebuah respon PT. KAI terhadap permintaan dari penumpang. Sepanjang perjalanan sejarahnya kereta api Matarmaja mengalami berbagai macam perubahan untuk jalur yang dilaluinya. Pada awalnya kereta api ini menggunakan jalur selatan, melalui kota Purwokerto dan juga kota Yogyakarta. Selanjutnya berubah lagi menggunakan jalur utara yaitu melalui kota Pekalongan hingga kota Semarang. Kemudian berbelok ke jalur lain yaitu dari arah kota Solo dan kota Malang. Penggunaan perubahan rute-rute tersebut adalah semata-mata untuk mengisi kekosongan untuk layanan rute dari kota Semarang ke kota Solo.

Rangkaian kereta yang dimiliki oleh kereta api Matarmaja

Rangkaian kereta yang dimiliki oleh kereta api Matarmaja adalah kereta api dengan kategori kelasnya yaitu kelas ekonomi yang beroperasi menggunakan Lokomotif CC201 atau menggunakan Lokomotif CC203. Untuk rangkaian kereta api Matarmaja terdiri dari 8 kereta api kategori kelas Ekonomi AC, satu buah kereta makan pembangkit, dan juga satu buah kereta bagasi.

Jadwal keberangkatan dan harga tiket kereta api Matarmaja

Kereta api Matarmaja untuk setiap harinya melayani sebuah perjalanan hanya satu kali pulang pergi. Jadwal keberangkatan dari Stasiun Malang Kotabaru biasanya tersedia pada sore hari, tepatnya pukul 17.30 dengan lama perjalanan yang dibutuhkan adalah kurang lebihnya sekitar 15 jam 50 menit, sehingga diperkirakan kereta akan tiba di Stasiun Pasar Senen pukul 09.20 pada keesokan harinya. Lalu untuk keberangkatan dari kota Jakarta hanya berangkat pada pukul 15.15 dari Stasiun Senen. Lama perjalanan yang ditempuh adalah sekitar 16,5 jam. Untuk jadwal tiba ke Stasiun Malang adalah sekitar pukul 07.51 di keesokan harinya.

Karena kereta api Matarmaja merupakan sebuah kereta api dengan kategori kelas yang dimilikinya adalah kelas Ekonomi AC, maka untuk fasilitas yang ditawarkan adalah seperti fasilitas kelas Ekonomi PT. KAI (Persero) pada kereta api lainnya.

Kereta api Matarmaja menyediakan fasilitas seperti di dalam kereta sudah tersedianya AC, toilet yang dijaga akan kebersihannya oleh pihak kebersihan, lalu adanya layanan makan berbayar. Untuk tempat duduk yang dimiliki oleh kereta api Matarmaja adalah tempat duduk yang didesain memanjang dengan berbalut bahan kulit sintetis.

Untuk satu tempat duduk memanjang bisa digunakan untuk dua atau tiga penumpang jumlahnya, tempat duduk pada kereta api ini dibuat berhadap-hadapan antar penumpangnya. Kereta api Matarmaja juga sudah dilengkapi dengan stop kontak yang terletak di setiap empat nomor tempat duduk, lalu jumlah stop kontak untuk setiap empat nomor tempat duduk adalah berjumlah dua buah stop kontak. Untuk harga tiket yang dimiliki oleh kereta api matarmaja kelas ekonomi adalah Rp. 109.000 perorangnya.

Bagi kalian yang sibuk akan kegiatan sehari-hari dan mau berlibur ke kota malang dari jakarta ataupun sebaliknya. Kalian bisa menggunakan layanan traveloka untuk pemesanan tiket kereta api tersebut.

Traveloka akan membantu kalian dalam pencarian kereta api jurusan malang dari Jakarta atau sebaliknya, khususnya kereta api Matarmaja lengkap dengan detail harga tiket dan jadwal kedatangan, keberangkatan kereta api tersebut, selain itu banyaknya harga promo yang diberikan oleh layanan traveloka memberikan kalian kenyamanan tersendiri.

Kalian tidak perlu khawatir dengan masalah keamanan transaksi pemesanan tiket kereta api dengan menggunakan traveloka, karena pemesanan tiket akan langsung tersambung dan terorganisir ke pihak PT. KAI. Jadi bisa dibilang menggunakan traveloka bisa memberikan kalian pilihan murah dan aman naik kereta Matarmaja. Ayo tunggu apalagi gunakan kereta api Matarmaja untuk perjalanan kalian, dan jangan lupa gunakan juga layanan traveloka.

Selamat jalan-jalan.

Pangeran Wortel pamit. See you…

About Pangeran Wortel

Blogger Bengkalis dan suka mengisi waktu luang untuk buat video di youtube, nulis di blog, belajar desain feed instagram dan kadang suka sendiri di pantai. Salam kenal..

View all posts by Pangeran Wortel →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.