label blog

(Lengkap) Cara Membuat Kategori atau Label di Blogger (Blogspot)

Kategori atau Label adalah fitur yang bisa kalian gunakan untuk mengelompokkan konten yang mempunyai kesaamaan tema namun berbeda pada pembahasannya. Bahasa kerennya folder dalam sebuah blog.

Namun, pada Blogger (blogspot) tidak memiliki fitur Kategori. Yang ada hanya Label atau sering disebut Tag.

Sekarang kita ke contoh. Misalnya kalian memiliki konten liburan ke Bali, Jawa, Sumatera dll. Supaya memudahkan pembaca, ketika membuat konten berikan Tag/Label dengan nama Indonesia.

Jadi, nanti ketika pembaca memilih Tag/Label Indonesia, semua konten liburan kalian di Indonesia akan tampil dalam satu halaman. Kerenkan?

Jika bingung, silakan lihat info grafis di bawah ini :

label kategori tag di blog

Artinya, dengan adanya fitur Kategori atau Label  pada blog yang kalian miliki, ini tentunya akan menjadikan blog kalian mudah untuk dinavigasi. Pembaca tidak harus mencari satu per satu konten yang memiliki tema yang sama.

Cukup klik salah satu Kategori atau Label, mereka sudah dapat menemukan apa yang dicari.

Sebelum menuju ke panduan, Pangeran sering menemukan di kolom komentar blog orang lain mengenai :

Bagaimana cara mengisi label pada blog?

Bagaimana cara menghapus label di blog?

Bagaimana cara membuat tab kategori atau label di blog?

Kategori atau label blog apa saja yang sering dikunjungi?

Berangkat dari pertanyaan di atas, Pangeran akan coba menjawabnya satu per satu. Supaya tidak ada jomlo di antara kita. Eh.

Berikut panduannya. Selamat belajar.

Cara Membuat Kategori atau Label di Blogger (Blogspot)

Seperti yang sudah Pangeran jelaskan di awal tadi, bahwa di platform blogger tidak memiliki fitur Kategori. Jadi, Panduan ini tentang cara membuat label di blog.

  1. Login ke Blogger.com
  2. Untuk membuat Label, silakan membuat Post Baru atau Mengedit Post Lama. Jika sudah pada halaman post, klik Setelan Entri (pada bagian kanan) > Label > Isi Nama Label
    cara membuat label di blog
  3. Setelah kalian mengisi labelnya, klik Selesai > Publish
  4. Selesai sudah membuat label di blog.

Cara Menghapus Label di Blog

Jika bisa membuatnya, tentu kalian juga harus bisa menghapusnya. Cara baca panduan di bawah ini :

  1. Login ke Blogger.com
  2. Untuk menghapus label di blog, silakan klik Edit pada post yang labelnya akan kalian hapus. Misalnya Nama labelnya Mantan Terindah.
    cara menghapus label di blog
  3. Pada halaman post, klik Setelan Entri (pada bagian kanan) > Label > Hapus Label yang tidak kalian inginkan.
    cara menghapus label di blogspot
  4. Setelah kalian mengisi labelnya, klik Selesai > Publish
  5. Kalian sudah berhasil menghapus label di blog.

Cara Membuat Tab Kategori atau Label di Blog

Menempatkan Kategori atau Label di Tab Menu Bar sangat sering dilakukan oleh blogger. Tapi, Pangeran menyarankan pilih Kategori atau Label  yang benar-benar penting. Jangan semuanya.

Nah, untuk dapat membuat tab menu bar sesuai kategori atau label, silakan langsung baca panduan berikut : (Lengkap) Cara Membuat Tab Menu Bar dengan Mudah di Blogger

Cara Membuat dan Memasang Widget Kategori atau Label di Blog

Jika sudah memiliki cukup banyak Kategori atau Label, sebaiknya kalian menampilkannya pada widget di blog. Caranya memasangnya sangat mudah :

  1. Login ke Blogger.com
  2. Klik Tata Letak (Layout)
    cara membuat widget label di blog
  3. Silakan pilih di mana Widgetnya ingin diposisikan. Contoh pada panduan, Pangeran pilih di kolom Sidebar blog. Caranya klik Tambahkan Gadget > + Label (Lihat gambar di bawah).
    widget label blog
  4. Lakukan Setting Tampilan dan Menyortir Label yang ingin ditampilkan. Jika sudah selesai, klik Simpan (Save) Penjelasannya :
    cara membuat idget label di blogger
    – Tampilkan Semua Label atau Label yang dipilih (Fitur ini dapat kalian gunakan untuk memilih label/tag apa saja yang ingin kalian tampilkan). FOTO
    – Menyortir Alfabetik (Ditampilkan Label sesuai abjad dari A, B, C Dst) Berdasarkan Frekuensi (Ditampilkan Label dari Konten yang paling banyak ke yang paling sedikit. FOTO
    – Tampilkan jumlah postingan per label
  5. Selesai.

Kategori atau Label Blog Apa Saja yang Sering Dikunjungi?

Pertanyaan yang masih menimbulkan misteri.

Hehehehe. Karena, sebenarnya apapun Kategori atau Label yang kalian buat, tetap sering dikunjungi pembaca. Asalkan konten kalian sudah mengikuti panduan 13 Tips Jitu Membuat Artikel yang Disukai Pembaca

Mungkin lebih tepatnya kita bicara soal niche blog. Pasalnya, penggunaan Kategori atau Label harus kalian ingat kembali. Untuk membuat folder dalam sebuah blog. Supaya pembaca lebih mudah menavigasi (mengakses) konten apa saja yang kalian bahas dalam blog tersebut, bukan supaya sering dikunjungi.

Jadi, buatlah folder menggunakan Label dalam sebuah blog, supaya pembaca tidak bingung jika ingin membaca konten tertentu yang sedang pembaca cari.

Semoga panduan membuat label/tag di blog dari tulisan wortel bisa dipahami. Jika ada pertanyaan, langsung tulis di komentar, ya.

Terimakasih.

Pangeran Wortel

Blogger dari Kab. Bengkalis. Sukanya ngisi waktu luang untuk buat video, nulis di blog, desain feed instagram #bukanfakta dan kadang suka sendiri di pantai. Salam kenal..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *