Info Kesehatan yang Harus Diralat Part 2

Hallo semua, kembali lagi di
WORTELINFO ya, Pangeran akan
melanjutkan part 2 dari beberapa Info Kesehatan yang harus di ralat. Buat yang
belum tau Part 1-nya, baca di sini.
Dari zaman SD dulu, sering kali
kita diingatkan sama Guru kita untuk rajin gosok gigi, mandi, tidur, dan
olahraga. Ya, itu semua memang yang kita sering lakukan sekarang, nyata banget
manfaat apa yang kita dapat setelah menerapkan saran dari guru kita. Tapi,
zaman sekarang guru udah jarang banget ngingetin itu, soalnyakan gue udah gak
SD lagi, ya mungkin ada, tapi gak sebanyak zaman gue dulu. “Abaikan angkatan
tuanya…” 😀
Sekarang, sedikit-sedikit  online, mau tanya kabar doi langsung buka
BBM (online), mau tau di mana rumah mantan, buka Google Map Onlien (Emang ada gitu, data mantan di google map?). Sama
hal-nya dengan Info kesehatan, karena udah jarang ada yang berlangganan majalah kesehatan yang
terbit setiap minggu, orang beralih ke Internet untuk mendapatkan info soal
kesehatan. Sayangnya, masih banyak info ngawur yang harus diralat.
Ini kelanjutan Info kesehatan
yang harus diralat. Info ini berdasarkan logika dan sumber yang gue baca, soal
setuju atau enggaknya adalah keputusan kalian. Apalah artinya percaya saya
butiran debu seperti gue ini (Hehehe). Kita mulai yuk……
5. Menghirup Aroma Kulit Jeruk
Dapat Membuat Kurus
Ehm, ini bukan kesalahan yang
buat informasi soal kesehatan untuk diet bagi para pemilik berat badan yang
berukuran BIG. Tetapi letak kesalahan
yang harus diralat adalah teknik penyampaian 
informasi ini, lucu aja rasanya buat gue yang doyan makan hati
ini, harus dengan begonya menghirup kulit jeruk doang, sedangkan jeruknya gue buang. Atau ada kemungkinan gue
ngais-ngais kulit jeruk di toko buah gitu? 
Bagian yang harus diralat adalah
logikanya, secara kesehatan sih, gue percaya sama apa yang dijelaskan. Tapikan
penerapan teknik diet ini boleh dibilang lebay. Kita harus menghirupnya setiap
hari (yaelah, pengen makan jeruk, malah cuman disuruh nyium, nasib2), bukan
satu hari menghirup aroma kulit jeruk, besoknya badan kalian yang cewek
misalnya udah jadi kaya’ DUO SERIGALA…. “Bukan….” Kalo yang cowok kaya’ Agung
Herkules… (Ampun…. Gue takut ditumpuk baksoo.)
Nah, supaya kalian tidak salah
maksud dengan info yang beredar ini, Pangeran jelasin ya. Manfaat kulit jeruk ini
terletak pada aroma khas yang seperti penyejuk otak sesaat. Pasti sering tu,
gak sengaja melipat kulit jeruk dan keluar seperti percikan halus yang
beraroma. Aroma itu, mampu merangsang otak dalam membakar kalori, soal
prosesnya bagaimana, membacalah.
6. Jangan Terlalu Banyak
Mengkonsumsi Karbohidrat
Ngomongin soal Karbohidrat, pasti
yang terbayang adalah Nasi, jagung, kentang, ikan, mie instan (biar anak kost
masuk kategori) tapi bukan cabe-cabean, terong-terongan, ya.
Sebenarnya, tidak ada yang salah
sama mengkonsumsi karbohiratnya, tapi ada sumber yang menyatakan, jangan
terlalu banyak. Bahkan setiap hari usahakan jangan makan karbohirat yang banyak.
Misalnya cukup satu sendok teh bayi dalam sehari.
“Tapikan orang Indonesia, kalo
belum makan nasi, belum makan namanya Pangeran… masih ngemil anggapannya. Gimana dong?”
Ya begitulah adanya, yang harus
diralat adalah penerapan informasi ini. Bukan salah informasinya, tapi salah
lokasinya. Ya, gue sebagai orang yang pernah ikut di dunia jurnalistik, tau
betul bagaimana para pengejar berita harus melakukan apa, supaya penyedia media
berita mereka tidak mati karena tidak ada berita yang ingin disampaikan. “Wajarlah, info luar negeripun, dipublikasikan di Indonesia.”
Kalo di Luar Negeri, informasinya
ini jelas bisa diterapkan. Orang luar negeri sarapan pake roti, makan siang
pake pizza, makan malam pake cabe-cabean. Jadi, gak masalah kalo info semacam
ini diterbitkan di sana. Kalo di Indonesia, gak cocok keknya. Di sini masih
banyak yang doyan nasi ketimbang pizza. “Yaiyalah Pangeran, kan mahal… Sekali
makan Pizza = satu bulan gak makan nasi. -_-  TRUE STORY BRO!!!“
7. Jangan Begadang, Nanti cepat
Tua
Ehm, jujur gue ngerasa pengen
ngemut kenalpot terus nyeruput kopi. Kok bisa-bisanya info ini beredar gitu
aja. Jujur gue rada kesel sama info ini. Ya misal ada mahasiswa baru semester
1, karena banyak tugas, dia begadang. Pas bangun pagi, eh dia udah jadi bapak
dari anak-anak kamu… “APA!!!”
Sebenarnya menurut ilmu
kesehatan, begadang gak membuat kalian menjadi TUA. Tapi kalian akan mengalami
Insomnia level AKUT, TSUNAMI, Membahana badai. “Ullalla….”
Bener, orang yang begadang
semaunya sendiri tanpa tau jaga kesehatan, itu akan membuat insomnia berat. Gue
punya temen sampe sekarang gak pernah bisa tidur malem, bisanya pas dosen
masuk, itulah saatnya dia tidur pulas. Kampretnya, dosen gak pernah tau kalo
dia lagi tidur, soalnya dia menggunakan cara ini :
Sumber : bintang.com
Begadang sebenarnya akan membuat
kantung mata kalian membengkak. Selain itu, tubuh akan dipaksa bekerja lebih
dari kalian saat beraktifitas di siang hari. Selain itu, otak kalian akan merespon
bagian pencernaan untuk bekerja tidak tanggung-tangung, SANGAT KERAS.

Jadi masih mau begadang ni?

“Pangeran, kira-kira ada cara
atau Tips supaya begang tapi tetap sehat.”
Emmm, keknya gue punya. Soalnya
gue tipikal pemikir berat di waktu yang tenang (baca : begadang). Gue juga
pelaku dari begadang. Soal TUA itu takdir. Gak ngaruh karena sering begadang
atau enggaknya.
Oke, ini tips yang gue pelajarin
sendiri. Kebanyakan orang setelah begadang, matanya menjadi sebasar ngeliat
jupe lagi goyang dribble, terus mata merah, perut buncit (Itu ikan busuk
Pangeran…). Oke, kita fokus, tips untuk beganda sehat versi TULISANWORTEL.com :
1. Usahakan selama kalian begadang,
minum air putih 1-2 liter. (Inget, bukan harus sekaligus 1 liter gitu, bertahap
dong..)
2. Hindari makanan yang mengadung
karbohidrat dan lemak tinggi. Ini akan membuat tubuh kalian semakin ekstra
untuk bekerja dibanding siang hari
3. Makanlah makanan yang
mengadung glukosa (intinya yang manis-manis. Tapi jangan kebanyakan)
4. Jangan minum kopi. (Inget, gak
ada teori atau hasil penelitian yang menyatakan KOPI BISA MEMBUAT MATA MELEK).
Itu mainset kalian saja yang bekerja, karena alam bawah sadar kalian sudah
menerima teori itu melalui pendengaran dan ucapan kalian dari semua sisi.
Kopinya tidak salah, kafeinnya saja yang bermasalah buat kesehatan.
5. Setelah bangun pagi, jangan
berusaha untuk tidur kembali. Buat gerakan olahraga di tempat, guling-guling
juga gak boleh, takutnya ketiduran lagi. Bagusnya push-up, lompat tali, lari dari
kenyataan
kecil. Ketika kalian berusah tidur kembali, percayalah mata
kalian akan bengkak segede gaban.
6. Mandi air hangat saat bangun.
Entah kalian bangun jam berapapun, usahakan mandi air hangat dulu jika
begadang, kalo gak sempet, nyebut aja di kolam renang air panas. Supaya bagian
tubuh yang bekerja ekstra, jadi kendor lagi dan bisa semangat kerja lagi.
Mudah-mudahan kalian tetep sehat kalo begadangnya sesuai yang gue ajarin. Ya, meskipun begadang tetep aja gak sehat.  😀
8. Jangan Minum Kopi + Merokok =
BAHAYA…
Emm, ini harusnya gak usah gue
jelasin ya gaes. Efek minum kopi tidaklah begitu besar ke badan kita, hanya
saja kalo minum kopinya segini :
Yg cowok jangan salah fokus. Lihat baik2 galonnya.
sumber : tagsecond.com
Ya jelas itu bahaya. Tapi, kalo
dikombinasikan dengan ROKOK (Dilarang merokok = Merokoklah, supaya banyak BS
untuk mahasiswa. -_-) itu sangat berbahaya. Bahayanya bukan karena kalian minum
kopi sambil merokok, tapi bahayanya seperti ini : kebanyakan perokok aktif
maupun pasif, sering minum kopi bersamaan dengan rokok, bukan seperti ini :
Sumber : google.com
Itulah, kenapa orang yang ingin
berhenti merokok tapi ketika minum kopi jadi pengen merokok lagi. Aslinya, kopi
dapat mengurangi jumlah batang rokok yang kalian hisap. Tapi apalah daya, orang
di Indonesia kebanyakan merokok sambil minum kopi. Makanya, yang seharusnya jadi obat, malah jadi penyakit untuk ngerokok lagi.
Sebenarnya yang harus diralat
adalah SIKAP kita terhadap bahaya merokok. Teguran seperti ini, bukan malah
jadi teguran buat para perokok, malah jadi guyonan. “Ngerokok gak ngopi itu..
gak asik…” TRUE STORY BRO!!!
Ya meskipun udah ada yang
penyakitan ini, itu, gegara ngerokok dan ngopi, tuh buktinya kalian masih ngerokok dan ngopi sampe
sekarang kan? Ya sudah, soal rokok gue no comment.
—-o0o—-
Oke, itulah kelanjutan informasi
kesehatan yang harus diralat. Tungguin WORTELINFO selanjutnya , ya. Dicatet terbit setiap hari kamis jam 00.10 ya…
Supaya gak kelewatan post baru di WORTELINFO dan post lain, makanya subscribe email kalian di bawah… 

Makasih…. Bye… Bye….. Bye….

Heru Arya

Blogger kelahiran Bengkalis yang sudah jadi mantan Mahasiswa Pertanian. Sekarang sedang sibuk diam biar punya banyak emas.

23 thoughts to “Info Kesehatan yang Harus Diralat Part 2”

  1. yakin kopi gag terlalu bahaya buat tubuh? sudah pernah baca jurnal kesehatan gag? kopi itu selain bikin ketagihan juga meningkatkan resiko strok dan lain-lain
    kalo buat artikel kayak gini seharusnya dilengkapi dengan bkti ilmiah jangan cuma bermodalkan pendapat yg subjektif, karna artikel model kayak gini seperti menyalahkan sebagian (sebagian besar malahan) info kesehatan yg merupakan fakta ilmiah

    1. Ehm, gue harus mulai dari mana ya? gini-gini bro. Seruput kopi dulu.

      Sebelum gue ngomong panjang lebar, gue udah bilang jelas-jelas ini tentang pendapat. Beginilah salah satu kenapa kebanyak dari kita kurang berkembang dalam menganalisa apapun. Karena, apa yg jadi pendapat kita anggap selalu salah. "Bener gak bro?"

      Gue menyampaikan secara pandangan dari sudut guenya, ini pendapat. Indonesiakan negara Demokratis, bebas berpendapat dong… Soal menyalahkan sendiri, itu gak ada kaitan dengan artikel ini. Banyak hasil penelitian gak menjamin sesuatu yg mereka teliti itu, benar adanya.

      Lihat dulu dong bro, gak semua ilmu kesehatan berlandaskan ilmiah. Jadi, soal article ini, harusnya bro Riski cukup menyatakan setuju atau tidaknya. Karena inikan hanya pendapat. Jadi, gak usah terlalu tegang sama atmosfernya.

      Woles aja bro..

  2. begadang gak baik bro….jangan terlalu sering, entah karena malem adalah waktu istirahat bagi organ tubuh seperti hati, lambung, dll…pernah gw baca kalo ga salah, ketika begadang organ2 itu akan bekerja lebih keras, seperti yg lu cantumin itu…

    eniwei, ceweknya cakep, sayang….glonggongan :v wkwk

  3. 5. Mencium aroma kulit jeruk bikin kurus : aku baru denger yang ini, setauku kulit jeruk bisa buat ngusir nyamuk. Tapi aromanya emang enak sih

    6. Makan karbihdrat bikin gemuk kayaknya iya deh apalagi kalo dimakan pas malam gitu. Tapi ya kembali ke orangnya sih, kalo kebanyakan makan nasi ya gemuk juga.

    7. Begadang membuat tua, mungkin iya. Soalnya waktu kita tidur otak kita menghasilkan hormon pertumbuhan, anak-anak dan orang dewasa juga menghasilkan hormon itu tapi beda fungsinya. Nah buat orang dewasa itu tadi hormonnya tadi untuk mengganti sel-sel yang rusak. Jadi kalo begadang artinya otak gak menghasilkan hormon itu tadi. CMIIW ya pangeran, pernah dibahas di dr Oz.

    8. Merokok dan kopi bahaya. ya gak tau deh belum pernah coba. Haha

    1. 5. Nah,,, itu dia ki.. Baru dengerkan.? Makanya baca ki.. 😀 Ini penelitian baru ki. Katanya bisa mengurangi berat badan.

      6. Yaelah, kenapa harus malam minggu ki???

      7. Yup, bener yang lu bilang ki, sesuai yang gue bahas. Agree gue ni..

      8. Hahaha, kan gak harus dicoba juga ki. -_-

  4. masa sih yang tentang kopi cuma masalah mindset? gue baru tau. tapi biasanya gue iseng2 minum kopi alhasil melek2 aja. menghirup kulit jeruk itu… bukannya buat ngusir nyamuk ya? nyamuk kan nggak suka aroma kulit jeruk katanya :")

  5. saya baru tahu kalau aroma dari kulit jeruk bisa bikin kurus. kalau gitu autan dan soffel juga bisa bikin kurus dong.

    ckckck… yang ada malah mabok tuh

    yang kopi dan rokok. kalau saya lihat. emang bener tuh. kalau dah ngopi pasti sambil ngerokok dan itu berlanjut dengan banyak rokok yang terus dihisap

  6. Dulu gua hobi begadang, tapi setelah umur melewati 1/4 abad, mulai deh kemampuan begadang menurun. Apalagi setelah kerja dan kuliah S2, setiap pagi jam 5 harus udah bangun dan siap-siap ngajar, mau ga mau tiap jam 10 malam, gua udah terkapar di atas kasur hahaha

  7. wiih bermanfaat banget nih postingannya

    Tapi gue baru tau loh ngehirup aroma jeruk bisa bkin kita kurus haha apa mungkin karena kita keseringan ngehirup aroma kulit jeruk bikin kita lupa makan terus kurus deh. Gitu kali ya haha

  8. Kalo soal begadang, aku cuma kuat begadang sampe jam 12 doang, pangeran.. Paling lama jg jam 1.. jam 2 jg pernah.. Tp gak kuat biasanya mah.. Nah iyatuh, pantesan aja tuh kalo udah hampir tengah malem suka laper, trnyata pncernaan bekerja lebih keras toh.. Untungnya kalo lagi laper tengah malem aku diemin aja, gak bikin mie jg, akhirnya sih lama2 jd gak laper 😀

    Ngirup aroma kulit jeruk bikin kurus? Baru denger.. Pas baca judulnya agak ngakak juga sih, yakali gitu ngirup aroma kulit jeruk doang bikin kurus, yg ada malah kebalik, kulitnya yg diambil, jeruknya dibuang, SAYANG AMAT BELI JERUK BUAT DI CEMILIN KULITNYA DOANG? :') Ada ada aja yak. Yg sering aku dgr ya kulit jeruk dpt mgusir nyamuk, tp sopel yg jeruk sih aku bilang mah gak ngepek sih._. Lah ini kenapa jd ngomongin obat nyamuk?

  9. Baca ini kadang serem… soalnya yang dilarang udah jadi kebiasaan wkwk.. -_____- ngirup aroma jeruk bikin kurus? itu bukannya buat ngusir nyamuk ? gue malah suka ngirupnya.. jangan jangan ini yg bikin gue kurus -_- huh… btw galonnya cantik juga… wkwk..

  10. Sepertinya km pny bkat jadi dokter heheee udah part 2 aja. Kerenlah…

    Klo masalah kopi sama ngrokok itu bhaya atau ga sih aku ga tau. Tp scra pribadi aku pling ga suka klo liat org ngrokok trs mnum kopi item heheeeee

    Sukses trs dach yaaa.. Jgn lupa bhs ttg kshtn buat cewek jg. Tp yg brsasarkn fakta y

  11. kayaknya yang agan terangin bener juga tuh. ane termasuk orang yang suka begadang nih, sampe-sampe ane sekarang kalau jalan dikirain udah orang tua. padahal ane mahasiswa gan. mahasiswa tingkat akhir sih 😀

  12. Eh kopi beneran bisa bikin melek loh… Apalagi kopi kemasan, kalo full kopi gak pake gula gue gak tau sih. Tapi kopi kemasan bisa bikin gue melek sampe pagi. Haha

    Keren juganihh ada penjelasan kek gini, soal satu hari tanpa nasi, bener cuma bisa diterapin di luar negeri. Indonesia bisa sih sehari tanpa nasi, asal diganti dengan pangan daerah. Di tempat gue Gubernurnya juga menghimbau sehari tanpa nasi, diganti dengan dengan beras jagung. Haha

  13. eh bener ya bang kopi ga bikin kita melek ?? padahal kalau mau begadang ak niatkan minum kopi dulu hhe.

    aku juga salah nih bang soalnya kalau begadang makan mie instan + telor = tidak berdaya.#bukan #anak #kost

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *