Info Kesehatan yang Harus Diralat

TULISANWORTEL.COM – Sebagai manusia yang masih pengen
tetap sehat dalam keadaan apapun, tentunya kalian sering membaca, melihat,
menonton, mencermati, bahkan belajar bagaimana merawat diri untuk tetap bugar
dan tentunya sehat.

Sehat adalah kategori jadwal
dalam semua diri manusia untuk tetap dipertahankan. Karena sehat itu sangat
mahal mendapatkannya, makanya Pangeran mengingatkan kalian “JAGALAH KEBERSIHAN
FOTO MANTAN.” (krik… krik…. krik….) Bukan, maksud Pangeran “JAGALAH KESEHATAN, KARENA SAKIT ITU GAK
ENAK.”
Kalau dulu, untuk tau info
kesehatan, biasanya kalian harus berlangganan majalah kesehatan yang terbitnya
setiap satu kali dalam seminggu. Tapi, di zaman yang udah super canggih ini,
kalian cukup menulis beberapa kata di kotak kecil dan menekan tombol ENTER,
semua info kesehatan terpampang sangat banyak. Dari yang berbahasa Indonesia
sampai berbahasa Zimbabue. Semuanya ada dan tersaji secara gratis, cuman kuota
internetnya yang gak gratis. “Hari gini mau gratis mulu.” 
Sangking banyaknya info
kesehatan, malah kadang kita dibingungkan dengan info kesehatan yang rada
ngawur tapi tetap saja dipost. Bukan ngawur karena salah dalam menjelaskan,
tapi ada beberapa info kesehatan yang menurut Pangeran kurang general. Artinya
tidak cocok untuk semua kondisi, itulah kenapa kita diciptakan untuk memilih.
“Betul tidak…?”
Oke, biar openingnya gak kelamaan, Pangeran langsung membahas
beberapa info kesehatan yang harusnya sih, diralat. Mudah-mudahan setelah
membaca post ini, kalian tidak jomblo lagi. “Apaan ini?”

1. Tidur Tanpa Busana Dapat Menyehatkan
Hallo….. Tidur gak pake apa-apa?
Kebayang gak, sih?
Pasti buat kalian yang suka
berjelajah di dunia informasi dan suka membaca, sering sekali menemukan info
kesehatan seperti ini. Pangeran gak akan menyebutkan darimana info itu
bersumber, tapi sebaiknya informasi seperti ini diralat. Kenapa diralat, ya karena gak etis aja kondisinya. Misalnya gini, ketika kalian mau tidur (iya, gak
pake apa-apa), tiba-tiba datang saudara kalian dari jauh. Terus karena kalian tidur
cuma sendiri, saudara kalian disuruh tidur di kamar kalian. Pertanyaan
Pangeran, Apakah dengan begonya kalian bakalan gak pake apa-apa waktu tidur? Ya
enggaklah
. Mau sesama jenis ataupun lawan jenis, tetep aja gak boleh tips ini
diterapkan secara general.
Terus, kalo tidur sendiri gimana
Pangeran, kan gak ada yang ngeliat?
Hallo….. Jangan nawar-nawar deh.
Pokoknya info kesehatan satu ini, mending cukup untuk kalian tau aja, gak usah
diterapkan ya. Takutnya ada yang khilaf. Tapi, kalo kalian mau menerapkan, yo
silahkan.

2. Kurangi Minum Ice Supaya Tidak Gemuk
Minum Ice bikin gemuk? Siapa sih,
yang ngomong gitu?
Pangeran pernah membaca info ini
di salah satu majalah online. Di situ dijelaskan secara rapi dan tidak lupa mencantumkan sumber utama.
Pangeranpun penasaran sama infonya dan langsung ke web sumbernya. Ya, meskipun
harus menerjemahkan Bahasa Inggris, itu gak menciutkan semangat Pangeran buat
tau tentang kebenaran info ini. Ternyata, yang membuat gemuk bukanlah ice yang
kita minum, yang sebenarnya membuat gemuk adalah pola makan yang salah dan
dibarengi dengan minum ice.
Maksudnya gimana to Pangeran?
Gini, misalnya kalian lagi makan
di rumah makan padang, kan banyak banget makanan padang itu yang berlemak
tinggi. Misalnya kalian pesen Rendang, Gulai Kakap, Cabe-cabean. Yang terakhir
abaikan. Nah, ketika kalian mengkonsumsi makanan yang berlemak, kemudian
langsung minum air dingin, jelas itu akan mengakibatkan lemak tidak terurai
menjadi energy, malahan akan melambat proses penguraian lemak tersebut.
Akhirnya, lemakpun menumpuk seiring jumlah makanan yang kalian makan. Memang,
secara kesehatan, minum ice itu gak baik. Kalo minumnya sehari 1 galon/hari. Katanya
mau sehat?

3. Menari Shuffel Lebih Baik Daripada Yoga
Ya, ini emang gak seharusnya
diralat. Tapi, kalo ditela’ah lebih dalam secara tajam (kayak silet). Mungkin
akan membuat kalian setuju dengan pendapat Pangeran.
Shuffel itukan dance ya? Sempet
popular banget di Indonesia, bahkan orang-orang ternama sampe kumpul di
bundaran HI untuk shuffle bareng. Dari mulai pejabat, orang kantoran, ibu-ibu,
anak kecil, cabe-cabean, terong-terongan, semua ngikut shuffle.
Inikan info kesehatan ya, kenapa
dibandingkan sama shuffle? Yoga dan shuffle udah jelas beda jauh. Kalo mau sehat secara ekstream, mungkin shuffle adalah pilihan, tapi kalo mau sehat secara unyu-unyu Yoga boleh kalian pilih. Coba cari perbandingan yang sedikit deketan gitu kek,
ya gak mungkin semua orang setiap hari harus shuffle hanya demi kesehatan.
Lagi makan mie, pake tangan, terus shuffle dance. Lagi jalan, terus mantan lewat langsung shuffle sambil kayang.
4. Jangan Mandi Malam, Nanti Rematik
Gak usah ada info soal inipun,
siapapun yang mandi malam pasti merasakan namanya rematik. Percaya gak?
“Enggak.”
“Sama.”
Jadi gini, kalo menurut beberapa
sumber yang Pangeran baca, ternyata ketika kita mandi malam, tentunya badan
kita serasa lega dan seger sesaat kemudian lemes. “Bener gak?”
“Iya juga ya Pangeran.”
Nah, itulah yang sebenarnya
disebut rematik. Ketika kalian mandi malam, tentunya kalian merasa ada beberapa
bagian yang nyeri sesaat, karena kalian sibuk menggosok dan menyiram, rasa
rematik itu tidak terlalu dicerna oleh otak. Makanya, kalian gak sadar kalo
sedang mengalami rematik.
“Tapi kalo pulang kerjanya malem
Pangeran, masa’ gak mandi?”
Ini yang harus kalian tau, bukan
artinya mandi malam itu bikin rematik, terus kalian gak mandi gitu. Pangeran
mah, males. Kalo udah bau, masa’ gak mandi juga. Kalian tetep harus mandi, tapi
jangan pake air dingin.
“Pake air hangat Pangeran?”
Itu pinter. Iya, air hangat gak
akan membuat persendian kalian tersentrum layaknya mandi pake air dingin. Karena
saat malam hari, suhu tubuh kalian berada di titik rendah, makanya tidak dianjurkan
untuk mandi malam pake air dingin. Bukan gak boleh mandi malam, boleh kok. Asal
pake air hangat. Cuman jangan mandi air hangat kayak gini :
“Jangan kek gini ya.” Sumber by Google
—-o0o—-
Ada 4 poin info kesehatan yang
harus diralat. Soal setuju atau enggaknya, itu kembali ke hati nurani kalian
masing-masing. Kan masing-masing udah dikasi hati, masa’ masih mau hati Pangeran yang rapuh ini. Sehat itukan pilihan, bukan paksaan. Bener gak?
Ow, ya. Sekedar ngasi tau ni. Gue
sepertinya sudah bisa kembali rutin ngeblog lagi, ya meskipun masih keteteran
bagi waktu ngurusin skripsi. Tapi gak begitu masalah buat gue, kuncinya
pandai bagi waktu.

Ini adalah kumpulan post yang bakalan
gue rangkum dalam WORTELINFO. Ini
bukan rubrik baru atau semacamnya ya. Ini kumpulan dari label yang ada di Tulisan
Wortel. Jadi, di Wortel Info ini, kalian bakalan dapet Tutorial, Tips,
Ilmu-ilmu baru baik tentang kesehatan, teknologi dan apapun deh, yang bisa gue bagikan. Updatenya sih,
setiap hari kamis jam 00.10 gitu. Semoga bermanfaat ya gaes.. Bye….

Heru Arya

Blogger kelahiran Bengkalis yang sudah jadi mantan Mahasiswa Pertanian. Sekarang sedang sibuk diam biar punya banyak emas.

25 thoughts to “Info Kesehatan yang Harus Diralat”

  1. paling sring denger yang mandi malem sama air es

    saya tiap hari mandi malem kok, karena emang haus kerja dan kadang pula baru pulang pas malem. gk mungkin kan nggak mandi karena takut rematik

    yang es.. entah kenapa saya percaya ya sama info itu. tapi masih selalu minum es

    btw, mwnurutku masih enakan yoga… karena itu juga ngelatih pernapasan kalau gk salah

    1. Kan ini sebaiknya dihindari bro. Soalnyakan emang gak banyak yg sadar. Makanya gue menyadarka. Supaya tidak ada yg salah akan penggunaanya. Sebaiknya kalo mandi malam itu, pake air hangat aja bro. Sekrg emang belum terasa, nanti kalo udah tua baru…

  2. hehe. jujur pangeran, gue juga ngga terlalu percaya sama ke empat poin diatas.. eh kecuali yg yoga itu… something new buat gw… sisanya gw ngga percaya tapi ngga punya alasan logis buat ngga percaya… nahhh berkat tulisan pangeran ini gw jadi punya alasan buat ngga percaya sama poin2 diatas.. haha… makasih pangeran buat info malem jumatnya … ahak

  3. 😀 hebat euy pangeran, kali ini pangeran nggak aku sop soalnya tulisannya berbobot. Hihihihi…
    Aku suka minum es, tapi gak gemuk2 juga. Hayooo…. Aku suka mandi malem pake air anget. Tapi 8 bulan terakhir ini mandinya sebelum jam 5 sore. Soalnya jam 5 udah ngantor… gak ngerasa seger. Mindsetku masih "Kalau nggak magrib, ya gak mandi" Hehehee itu mindset salah ya?

  4. iyalah masa iya tidur gak pake baju ? kalo tidur abis "sunah rosul" sih emang enaknya tidur gak pake baju namanya juga capek haha ya cukup pake selimut. Kalo menurut aku sih tidur malam gak pake baju itu malah bikin kena resiko masuk angin haha

  5. Kalo yg nomer 1 aku jg prnah dgr tuh, tp aku gak setuju, ntr yg ada msk angin kalo tdr gak pake baju -__- Udh gtu bener kata pangeran, kalo ada sodara atau kluarga kita yg msk kamar kan berabe ntr.. Ya klo kamarnya ada kuncinya sih gapapa yahh.. Klo kamar aku gak ada kuncinya, bahaya. wkwk.

    Kalo soal minum es bkin gemuk, sering denger jg, soalnya sodaraku yg badannya super katanya emg hobinya mnum aer es gtu. Soal kbenarannya ya gaktau jg sih.. Mgkin aja emg mrka makannya banyak. Untungnya sih aku gak hobi minum es, tp kalo hobi makan sih iya.. Aku gemuk gak ya? Au deh nih._. wkwk

    Klo mandi sih aku paling malem ya limitnya jam 8, kdang klo mandinya malem2 banget ya males jg. Haha. Oohh jd kalo mau mandi malem itu bagusnya pake air anget ya? Barutau aku, pantesan di jepang klo abs pulang kerja lgsg berendem air panas gtu.. Eh bkan berendem kyak digambar itu ya! haha

    Oiya ngmongin template pangeran.. Aku jg udh buka versi mobile, dan aku lgsg kaget "Wow! Template baru nihh!" Oke itu lebay. Tp kalo boleh jujur, aku msh blm move on sm template lama nya pangeran, emg sih aku lebih suka warna biru ini drpada oren, serius aku gak suka warna oren. Hahaa. tp yg kmren rame aja gtuu, lucu.. Disini kyaknya msh sepi.. Apa mgkin nnti diobrak abrik lg kali ya sama pangeran? Hehe.. Smga aja wortelnya gak berubah warna jd biru ya! ;D

  6. 1. Tidur tanpa busana itu menyehatkan, boro-boro sehat yang ada sih masuk angin. Kalo enggak kena flu

    2. Minum es itu gak baik, jika minumnya gak.lewat mulut. Tapi iya juga sih kalo es itu bisa mengikat lemak, boleh aja-aja asal minum esnya jangan berlebihan

    3. Menari shuffle lebih menyehatkan daripada yoga. Mungkin lebih sehat karena banyak geraknya gitu ya, tapi boro-boro sehat pegel semua iya.

    4. Mandi malam bikin rematik, kalo aku sih gak pernah mandi malam. Jadi gak pernah tuh ngerasain rematik.

    Tentang desain barunya aku sih lebih suka yang kemarin, kesan wortelnya lebih terasa gitu.

    2.

  7. gua gag setuju sama pendapat lo.
    untuk nomer 1 pendapat lo termasuk kurang masuk akal untuk nglarang orang tidur telanjang, lagian mereka juga ngeluarin pendapat gitu karena udah nglakuin penelitian juga kan. jadi kalo alasan cuma gara-gara ada sodara yang tidur bareng jadi gag boleh tidur telanjang yang absurd banget alasanya. pasti orang gag bakal hal konyol kayak gitu.
    untuk nomer 3 alasanya kayak yang diatas.

  8. widiiih, udaah ganti templat bang heru. hahaha

    yah, kadang bngung sndri sih, saking banyaknya info yg diberikan. sbagai orang ya harus pinter'' milih jenis informasi yg harus dipercaya dan nggak. jgan lgsg ditelen mentah'' sblum di kroscek. gue sndiri gitu sih.
    masalah tentang tidur ga usah pakke apa'', lo buat gue ekstrim sih. yg ada malah masuk angin, hahaha. dan yg yoga sama suffle, ya bebas lah itu. mau suffel sambil yoga terserah orangnya masing'', bang

  9. Loh ganti lagi ya baju nya pangeran?
    lama gak main ke sini.

    tidur telanjang? -_-
    ampun deh, kayaknya lebih banyak ruginya daripada manfaatnya. Apalagi kalau kamar belom menjaga privasi, misal gak ada pintu dll.

    Kalau soal minum air dingin itu sepertinya bener. Ibuku pernah, boleh makan nasi banyak, tapi asalkan nggak boleh minum air dingin / es. berat badannya lumayan turun tuh.

    soal mandi malam. aku sering, secara pulang kerja mesti malam. kadang mandi pakai air dingin terus tidur. enak banget. walaupun kadang diomeli mama karena bisa menyebabkan rematik. euuh…

    overall kesehatan itu emang nikmatnya jarang disyukuri. pas sakit baru deh kerasa nikmat sehat itu berharga. Gimana kita memilah hal-hal yang bermanfaat bagi tubuh aja.

  10. Aku sih emang gak mau yg kayak nomer 1, kalau tidur gak pake baju n telanjang kok rasanya risih. Terlepas benar atau tidaknya, bagiku tidur telanjang itu bikin badan masuk angin hahhaa

    Kalau untuk yg nomer 4 aku setuju yg masalah rematik2 itu
    Eh awalnya aku kira minum es jg bikin gemuk lho hehe

  11. Sering denger juga info kesehatan no 1 apalagi no 4 tentang rematik. Untuk nomor satu ya bener sih kata lu harus liat suasananya juga. kecuali kalo di kamar sendiri, kunci pintu baru deh terserah… wkwkwk…

    Trus kalo suffle gue gak tau tuh olahraga apaan… soalnya gue aja baru tau ada menari suffle, kayak ngedance gitu ya?

    Nah kalo rematik ini sering banget orang bilang gitu, tapi alhamdulillahnya sih gue gak pernah yang namanya rematik, soalnya kan gue nggak mandi malem… wakakakak…

  12. wah.. template blognya dirombak abis nih..
    iya itu, mandi malem gue sering banget denger mitosnya dari gue sd… kayaknya gue hobi mandi malem diatas jam 9 tapi nggak rematik2. kalau tidur tanpa busana, emang bener beberapa sumber kasih taunya kayak gitu tapi… waktu sd, gue pernah baca.. ada cewek lagi tidur tanpa sehelai kain pun. dan…. ada tikus masuk ke alat vitalnya!!! gileeeeeeee

  13. Tapi kalo tidur ga pake bh itu bagus emang soalnya peredaran darah menjadi lebih lancar. Begitu katanyaaaa….wkwkwkw
    Iya sih yg bikin rematik kalo airnya dingin kalo airnya panas mah ya kagak cuman masalah gue ada satu : YANG MAU MASAKIN AIR ITU SIAPAAAAAA???!!!!!! -.-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *