Indonesia : Kalimantan

Sebelum Pangeran ngomong panjang lebar, Pangeran mau mengucapkan selamat hari raya Idul Adha semoga di hari raya ini tidak semakin banyak perasaan yang berkurban. “Ukhuk.”
Setelah kemarin ngomongin Papua, sekarang Pangeran bakalan ngomongin tentang Kalimantan. 
Deskripsi
Kalimantan adalah sebuah wilayah di bawah administrasi  Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kalian juga perlu tahu bawa Kalimantan adalah salah satu pulau di Indonesia yang berbatasan dengan Sabah dan Serawak di bagian utara, sedangkan di bagian timur berbatasan dengan Selat Karimata, di bagian selatan berbatasan dengan Laut Jawa, dan di sebelah timur berbatasan dengan Selat Makassar, dan Laut Sulawesi. Sebelum pemekaran pada tahun 1957 wilayah ini merupakan satu wilayah administratif/provinsi yang beribukota di Banjarmasin.
Pada zaman Hindia-Belanda dulu, Kalimantan bukan dikenal dengan nama aslinya, melainkan dikenal sebagai Borneo (bukan boneto :D) yang meliputi Sabah, Sarawak, Brunei, dan kawasan Kalimantan lainnya. Alasan diberi nama Borneo bermula saat  kedatangan jomblo-jomblo Inggris di Kalimantan, Inggrislah yang kurang kerjaan memisahkan Sabah, Sarawak dari Kalimantan (termasuk Brunei). Ya meskipun Sabah dan Sarawak dimasukkan ke dalam wilayah Malaysia, keseluruhan pulau Kalimantan tetep aja dipanggil Borneo. 
Budaya
Kalimantan sendiri, memiliki kurang lebihnya 12 suku dan menurut data pada tahun 2000, jiwa paling banyak pada suku Banjar.
Suku Banjar itu, suku yang gimana Pangeran?
Pertanyaan bagus. Suku Banjar adalah suku hasil pembaruan yang unik dari sejarah sungai-sungai Bahau, Barito, Martapura dan Tabanio. “Kalo gak tau, baca lagi buku sejarahtentang kitanya ya gaes.” Suku bangsa Banjar sendiri paling banyak ditempati di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan, sebagian Kalimantan Timur dan sebagian Kalimantan Tengah terutama kawasan dataran dan bagian hilir dari Daerah Aliran Sungai (DAS) di wilayah tersebut. 
Menurut Pangeran, Suku Banjar ini memiliki bahasa yang unik dan susah dimengerti. Dari banyak teman Pangeran yang berasal dari Kalimantan, sangat sulit sekali untuk memahami bahasa mereka, bahkan pernah Pangeran belajar bahasa Banjar sehari kemudian rambut Pangeran rontok. -_- “Berat bahasanya bro..”

Selain memiliki banyak suku, Kalimantan juga memiliki beberapa hal unik lainnya yang patut untuk kalian tahu, seperti :

Rumah adat di Kalimantan Tengah contohnya, orang Kalimantan menyebutnya Rumah Betang. Rumah ini menurut Pangeran yang paling unik karena bentuk rumahnya panjang, bawah kolongnya digunakan untuk pertenun dan menumbuk padi serta dihuni oleh lebih kurang 20 kepala keluarga. “Serasa di apartemen kan? Hahahaha.” Rumah Betang ini terdiri dari 6 kamar antara lain untuk penyimpanan alat-alat perang, kamar untuk pendidikan gadis, tempat sesajian, tempat upacara adat dan agama, tempat penginapan dan ruang tamu. Pada kiri-kanan ujung atap dihiasi tombak sebagai penolak mara bahaya. 
Nggak cuman rumah adat aja yang keren, masih banyak hal lainnya yang bisa kalian temukan di Kalimantan seperti batik, tenun, tarian, musik, chabe-chabean dan masih banyak lagi budaya yang bisa kalian ketahui.
Kuliner
Kalo udah ngomongin kuliner, pasti yang terbayang di kepala kalian adalah Isyana atau The Rock (Apa hubungannya Pangeran..? -_-) bukan maksud pangeran makanan dan minuman. Jujur, ada banyak banget kuliner khas dari Kalimantan, mungkin kalau Pangeran bahas semuanya, yakin deh bakalan banyak yang bakar blog ini. Makanya Pangeran hanya akan tampilkan beberapa kuliner khas yang ada di Kalimantan. “Selamat ngiler ya..”

Bubur Pedas : lucunya menurut beberapa review, makanan ini tidaklah sepedas rasanya, mungkin itulah kata pepatah β€œApalah arti sebuah nama”. Bubur pedas ini merupakan sebutan makanan yang biasanya dibuat dengan bahan dasar semua sayuran yang complate. Bubur pedas ini pertama kali ditemukan oleh suku melayu Sambas yang tinggal di pesisir pantai dikawasan Pontianak dan kemudian dipopulerkan sebagai makanan khas Pontianak.

Es Lidah Buaya : kalau biasanya lidah buaya dibuat untuk menghitamkan rambut mungkin tidak salah kalo kalian coba lidah buaya jadi minuman. Yoi, makanan yang berbahan dasar dari tanaman Lidah Buaya (Aloe Vera) ini, memiliki tekstur agak kenyal hampir sama ketika kita meminum jus rumput laut. Kalau kalian Penasaran? Sempatkan diri kalian untuk berkunjung di dangau Lidah Buaya. “di sana banyak banget es lidah buaya buaya darat banyak banget deh.

Pengkang : mungkin dari namanya makanan ini lumayan serem tapi kalau dari isinya pasti bakalan bikin ketagihan. Pengkang memiliki bentuk seperti kerucut kecil dan dibungkus daun pisang. Pengkang ini isinya udang dan kelapa onseng. semakin enak, makanan ini dipanggang pada panggangan sate. “Jadi ada manis-manisnya gitu.”
—-o0o—-
Oke! Mungkin itu aja yang bisa Pangeran bagikan kali ini. Makasih sudah baca WORTELINFO, semoga informasi yang Pangeran bagikan bermanfaat buat kalian semua. Buat kalian yg pengen tahu lebih tentang Kalimantan, silahkan Klik di Sumber pendukung. Oh, ya. Pangeran minta maaf karena ngepost wortelinfonya telat, mulai dari pos ini jadwal terbit wortelinfo berubah setiap hari Kamis jam 20.00 hanya di tulisan wortel.
Inget, jangan lupa like supaya gue tetap semangat, komen supaya gue bisa tahu apa yang kalian mau dan jangan lupa buat subscribe email kalian supaya nggak ada yang ketinggalan dari post baru di tulisan wortel. Bye…..

34 thoughts on “Indonesia : Kalimantan

  1. ternyata ada sejarahnya juga yaa di kalimantan πŸ™‚
    terus itu nama makanannya aneh "bubur pedas" tapi bikin ngiler juga sih πŸ™‚
    ada juga yaa es lidah buaya, baru denger juga nih makanan ini, boleh diconba tuh kalau main kesana πŸ˜€

  2. eeh bang pangeran gk di qurbanin kah? haha :p

    waah ilmu baru nih ttg Kalimantan. baru tau kalo namanya dlu itu borneo.

    pengkang? iya nyeremin nama makanannya. abang udh pernah nyoba kah?

    btw, ngeshare ilmu kaya gni dlm project apa bg? atau cuma mau ngeshare gt aja? hehe kepooo.

    1. Hahahaha emang gue kambing apa muth? Hahahaha

      Guekan wortel… Bukan kambing.. Radit yg kambing…

      Makanya, sering2 mampir ke sini. Biar makin banyak dapet ilmu… Oke..

      Pengkang udah, tapi beda tempat aja sih, kalo rasa sama aja. πŸ™‚

      Gak ada projek muth, dari beberap bulan yg lalu, ada post namanya Wortel Info, itu semua post yg ada kaitanya sama pengetahuan baru. Semua2 deh. Tingggal cek di search…

      Misinya sih, biar bisa buat pembaca lebih nyaman baca kek gini, ketimbang make bahasa yg aku, kamu, saya, anda the bon… Hahahaha

  3. Saya baru tahu tentang rumah adat Kalimantan tengah, iya cukup unik, banyak keluarga yang tinggal dalam satu rumah, apartemen tradisional dong, he..he..

    Kalau membahas tentang suatu daerah tidak lengkap kalau tidak ada kulinernya. Enak-enak semua kelihatannya, tapi yang membuat saya paling ngiler itu es lidah buaya, Kalau Aloe vera dijadikan es, itu bagaimana rasa yah?

    1. Iya mas bro.. Bisa punya apartemen tradisional gitu.. Gue kebayangnya kalo lagi tidur, pasti udah kayak ikan sarden… Jejer…

      Keknya enak bro, gue juga gak terlalu suka. Sebenarnya tinggal cara ngolahnya aja, sih.. Bener gak?

  4. Jomblo kalo kurban perasaan dapat berapa banyak pahala tuh. Yang aku tau kuliner dari kalimantan itu soto banjar. Haha..

    Rumah tradisional yang isinya banyak orangnya unik tuh, tapi setauku sekarang sudah jarang rumah di kalimantan yang kayak gitu. Terus keadaan alamnya yang masih terjaga, kan pernah tuh hutannya jadi latar film anakonda kalo gak salah.

    1. Dapet ki, pahala fakir asmara… Keknya elu susah buat dapet pacar, ki. Soalnya elu kebanyakan. Makan tu…

      Karena soto banjar udh terlalu populer, makanya gak gue bahas. Entar malah dibilang kudet lagi.. Iya ki, di sana masih banyak seperti hutan lindung..

    2. Alhamdulillah ya gak sia-sia kurban perasaan tahun ini (?)

      Sama di Kalimantan harganya mahal, ayahku kemarin habis dari Balikpapan 4 hari. Supermarket tempatnya kerja mau buka cabang disana. Masa air mineral botol gede harganya bisa 2 kali lipat dari yang dijual disini. Terus nasi padang harganya 47ribu.

    3. Hahahaha iya, ki. Gak sia2 bgt pokoknya.

      Kalo mahal kebutuhan hidup di sana, menurut Pangeran wajar, soalnya penghasilan orang sana lumayan gede.

      Sama kek di kota kelahiran Pangeran, Bengkalis. Di sana juga apa-apa mahal.

  5. saya juga dulu sering brtanya. kok bisa malaysia punya dua wilayah negara ya. padahal cukup jauh itu dan masih masuk wilayah kalimantan. ternyata orang inggris yang misahin

    pengkang, kemarin kalau nggak salah di bahas di acara tv gitu

  6. Udah lama gak kesini eh ada segmen Wortel Info. Infonya bagus banget nih. Jarang ada blogger yang kayak gini. Sukses terus ya, bro! πŸ™‚

    Kalo gue sih lebih ke pemandangannya. Pasti beda jauh dari Jakarta. Jakarta udah banyak banget polusi. πŸ™

  7. Boro-boro mau ke Kalimantan buat rasain wisata dan kulinernya :3 Ke Bali aja gue udah senang, apalagi bisa ke Kalimantan. Gue tinggal di NTB lumayan jauh sama Kalimantan.

    Mungkin gue gak Kalimantan, sekali-kali semuanya (jones) pergi ke Kalijodoh, siapa tau dapat pasangan. Hahahahahhahaha

    1. Waduh… Jauh juga ya bro. NTB kan lumayan deket sama Bali, jalan aja ke bali. Mayan… Liat yg bening2.

      Yaelah, emang fakir asmara kek elu ini, sampe segitu ngenesnya ya. Mending kalo udh susah, cari chabe-chabean aja… (Β΄βˆ€`)

  8. Udah pernah bahas tentang hutan2 di Kalimantan? Jujur nih, pengen bgt main ke sana, dari sekian pulau yg dimiliki Indonesia, paling pengen ke Kalimantan, masuk ke hutannya. Klo soal kuliner, nggk terlalu suka icip2 makanan yg gk biasa dimakan, hehe.. klo minuman mungkin langsung aku serbu, hihi. Lama nggak main ke sini, blognya makin simple, nyenengin πŸ™‚

    1. Aciyeee mbk Fauziah kesemsem sama Kalimantan. Apa karena di kata Kali ada Mantannya? Hahahaha

      Semoga bisa ke sana ya, mbk. Biar harapannya terwujud. Amin…

      Doyan minuman ternyata.. Gitulah mbk Fauziah, ya. Gak mau main2 lagi ke sini, kan lumayan tambah pengetahuan.

      Asek… Maksih ya, udah bisa seneng sama nyaman di tulisan wortel.

  9. Nah gini lebih enak bacanya…. Gue pernah koment di Postingan Papua kalo wortel info mirip banget sama Wikipedia, tapi yang ini lebih enak bacanya karena ada sedikit humor. Ya emang harus gitu, lu harus ngasih info sesuai gaya sendiri. πŸ˜€

    Kalo soal Kalimantan, gue pengen sekali-kali kesana, haha soalnya ada yang berbahasa melayu ya.. Bahasa melayu lucu aja. Seperti di BE dulu ada gyerz dari malaysia, kalo udah diskusi kadang sering miss. Haha

    1. Akhirnya komentator gue soal Papua kemaren, bisa memuaskan di post ini.. Ye…… Makasih masukkannya bg Erick. You is thr best deh…

      Iya bg. Di sana lumayan banyak org melayu. Eh, itu serius ada gyers dari Malaysia di BE?

  10. Wah, aku baru tahu asa InfoWortel ini. Tadi habis main ke info Papua juga.. Idenya Pangeran untuk kasih info apalagi tentang kota-kota di Indonesia ini keren, lho. Aku suka. Bulan lalu aku juga buat info kota tapi khusus regional Bogor Utara. Berkaca dari apa yang pernah aku dan teman-teman tulis dalam event #30HariKotakuBercerita , tulisan Pangeran ini masih kental sama gaya bahasa si sumber. Saranku, gimana kalau Pangeran baca semua sumber terkait, terusnya tulis ulang dalam gaya bahasa sendiri πŸ™‚ Ditunggu info kota selanjutnya, ya! πŸ™‚

    Anw, kakakku pernah tinggal di Kalimantan, dan dia suka kirimin banyak makanan segar kayak ikan, kepiting, dsb, dan itu beda banget rasanya sama makanan sini :))

  11. – Pertama bacanya. Wah boleh juga jalan2 ke borneo. Ada bubur pedas juga. Pasti banyak cabe cabeannya
    – setelah baca komen rizki nasi padang 47rebu. Shit i dont wanna go to that place

  12. Aku dari Kalimantan dan aku Suku Banjar :D. Oh iya, klarifikasi sedikit ya, setauku, kalau urusan bahasa, tiap Daerah di Kalimantan, terutama Kalimantan Selatan, punya bahasa sendiri-sendiri. Tiap bahasa tersebut punya logat, intonasi, dan kosakata yang tingkat kesulitannya berbeda, yang Umum sih Bakumpai dan Banjar, Bakumpai pun tiap Daerah bisa beda tuh, ada namanya tersendiri. Nah, bahasa yang agak universal, apalagi kalau ke ibukota Kalimantan Selatan, Banjarmasin, dan sekitarnya, adalah Bahasa Banjar. Nah, Banjar sendiri, menurut beberapa temen yang bukan orang asli, cukup mudah dipelajari, karena perbedaan dengan Bahasa indonesia sedikit. Jadi, kalau bahasa, mungkin memang iya ada beberapa bahasa, Bakumpai, Dayak, dan lainnya, yang bikin pusing, aku Aja gak bisa xD. Tapi, Bahasa Banjar gampang kok πŸ˜€

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *