Indonesia : Jawa

Ehm, ehm. Cek-cek perasaan yang rapuh. “Eaaaa.” Hallo sahabat Wortel semua, ketemu lagi di WORTELINFO. Sebelum Pangeran melanjutkan percakapan ini, izinkan daku mencintaimu.. “Halah.” Maksudnya, Pangeran mau ngucapin Thank’s buat sahabat Wortel’s semua yang udah baca semua sesi WORTELINFO dan sukses di posisi Tranding Topic setiap minggu. “Love you guys…”
—o0o—
Oke, kalo minggu kemaren Pangeran ngebahas Indonesia : Sulawesi. Kali ini Pangeran mau bahas soal Pulau terbesar di Indonesia selanjutnya. Pulau ini dinobatkan sebagai pulau ke 13 terbesar di Dunia. “Udah pada tau belom?”
Yoi guys, Pulau Jawa. Supaya nanti gak pada nanya kenapa daerah ini atau itu gak dibahas, makanya gue fokuskan ke Pulaunya aja, ya. Selamat membaca, inilah WORTELINFO.

DESKRIPSI
Pulau Jawa adalah pulau yang terbagi menjadi 6 provinsi (Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Banten; serta dua wilayah khusus, yaitu DKI Jakarta dan DI Yogyakarta.) dan Pangeran selalu bilang bahwa Pulau Jawa adalah gudangnya gunung karena di pulau ini terdapat tiga puluh delapan gunung yang terbentang dari timur ke barat pulau ini. “Jadi pengen ke sana ni, pasti asik bisa liatin gunung di mana-mana.” Ukhuk.
Selain memiliki banyak gunung di mana-mana (dilarang salah maksud), pulau jawa rupanya memiliki jumlah penduduk terbanyak di dunia dan 60% yang tinggal di sana adalah orang Indonesia. “Yaiyalah Pangeran, masa yg tinggal orang Zimbabue -_-.” Pantesan di sana sering macet, banjir, longsor, gunung goyangdribble meletus. Makanya kalo kalian punya saudara, jangan pada di suruh tinggal di Jawa, ke sini dong.. ke hati Pangeran. Maksudnya ke Sumatera atau pulau lain. Bagi-bagi, gak boleh serakah gitu, ya. “Iya akang…” 
Lanjut. Pulau Jawa juga merupakan pulau dengan Sejarah terbanyak, untuk posisi terbanyaknya belum Pangeran temukan, yang jelas ada banyak sekali sejarah tercipta di antarakita Pulau yang terkenal dengan gunung tertingginya ini, yaitu Gunung Sumeru dengan puncak tertinggi Mahameru yaitu 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl). Meskipun namanya Pulau jawa, tapi yang mendudukinya gak semuanya dari suku jawa, ada juga dari Suku Betawi, Madura dan Sunda. “Indonesia emang kaya budaya banget, ya guys.”
BUDAYA
Tentunya kalo bahas kebudayaan yang ada di Jawa, mungkin kalian butuh 1 hari semalam untuk ngerti budaya apa aja yang ada di Jawa ini. Intinya dari 154 juta jiwa (data tahun 2015) yang tinggal di Jawa, kerennya sekitar 45% penduduk Indonesia justru berasal dari etnis Jawa. “Jadi bangga, meski bukan lahir di jawa.” 
Ada sebuah mitos mengatakan bahwa asal usul pulau Jawa dan gunung-gunung berapinya diceritakan dalam sebuah kakawin, bernama Tangtu Panggelaran (kitab Jawa kuno berbahasa Kawi yang berasal dari masa Majapahit sekitar abad ke-15. Kitab ini berkisah tentang mitos asal mula pulau Jawa). Terlepas dari mitos tadi, rupanya ada pembagian 3 etnis di Pulau penuh sejarah ini, yaitu Etnis Jawa, Sunda dan Madura. 
Pulau Jawa juga disebut tempat berdirinya banyak kerajaan yang berpengaruh di kawasan Asia Tenggara dan karena itulah di pulau ini ada banyak karya sastra dari para pengarang Jawa. Contohnya seperti kisah Ken Arok dan Ken Dedes. “Orang dulu aja, udah punya karya, gue kapan ya?”
Membahas soal Bahasa di Pulau Jawa, ada Tiga bahasa utama yang umum digunakan, yaitu : bahasa Jawa, bahasa Sunda, dan bahasa Madura. Bahasa-bahasa tersebut dibagi lagi seperti bahasa Betawi (logat lokal bahasa Melayu di wilayah Jakarta), bahasa Osing dan bahasa Tengger (berhubungan dengan bahasa Jawa), bahasa Baduy (erat hubungannya dengan bahasa Sunda), bahasa Kangean bukan KANGEN-BAND (erat hubungannya dengan bahasa Madura), bahasa Bali, dan bahasa Banyumasan.
Kesenian di Pulau Jawa memiliki ciri khasnya masing-masing yang sangat menarik untuk kalian fahami. Inilah kesenian yang ada di Pulau Jawa : 
1. Jawa Timur : Reog Ponorogo, Karangan Sapi dll.
2. Jawa Tengah : Wayang Kulit, Kraton Solo, Sinden, Tayub, dll. 
3. Jawa Barat : Tari Topeng Cirebon, Tari Merak, Tari Cianjur, dll
KULINER
Keknya, kalo ngomongin kuliner di Jawa, mungkin 90% pembaca tulisan wortel sudah tau, makanya Pangeran akan mengambil beberapa kuliner yang punya nama unik versi Pangeran. 
TAOGE GORENG (Banten)

Lucunya makanan khas banten satu ini, gak digoreng seperti namanynamanyaa.. “Mungkin yg ngasi nama lagi galau liat mantannya buat gorengan untuk pacar barunya.” Karena cara pembuatannya, pertama-tama taoge direbus, setelah taoge matang dan terlihat layu, barulah diangkat dan ditaruh di atas piring. Taoge yang sudah matang tadi dicampur dengan mie, irisan tahu dan ketupat, kemudian disiram dengan bumbu yang terbuat dari tauco dan oncom. “Gak ada digorengkan? Hahahaha.”
KERAK TELOR (DKI Jakarta)

Makanan yg bukan asing lagi ini asli dari daerah Jakarta (Betawi), dengan bahan-bahan beras ketan putih, telur ayam, ebi (udang kering yang diasinkan). 
KAREDOK (Jawa Barat)

Karedok adalah makanan yang dibuat pake bahan-bahan sayuran mentah, yaitu : ketimun, tauge, kol, kacang panjang, daun kemangi, dan terong. Sedangkan sausnya adalah bumbu kacang.
Lontong Balap (Jawa Timur) 

Lontong Balap adalah makanan berkuah yang terdiri dari lontong, taoge, tahu goreng, lentho, bawang goreng, kecap dan sambal. “Kalian gak lagi nyari Rossi atau Lorenzo di makanan inikan?”
TAHU PLETOK/TAHU ACI (Jawa Tengah)

Tahu pletok/tahu aci adalah jajanan yang terbuat dari tahu yang dibelah secara diagonal dan dibentuk menjadi segitiga. Kemudian, bagian belahan tersebut ditutup dengan adonan aci, yaitu gabungan dari tepung kanji atau tepung aci yang diberi bumbu kuning dari kunyit.
—o0o—
“Ciyeee anak kostan mulai lapar….” Terimakasih sudah membaca sampai selesai, semoga WORTELINFO kali ini bermanfaat buat menambah pengetahuan kalian. Mohon maaf gak bisa bahas semuanya, karena banyak banget yg mau di bahas di pulau jawa ini. Jadi, kalo penasaran, baca aja link sumber di bawah, ya.
Jangan lupa like, comment, share, and subscribe supaya gue tetep bisa terus berkarya dan bisa memberikan informasi yang bermanfaat. Sampai jumpa di WORTELINFO  selanjutnya.
Bye……
Sumber pendukung : Wikipedia, Budaya

46 thoughts on “Indonesia : Jawa

    1. Hahahaha iya Vin. Buwanyak banget. Sampe gue aja bingung bahasnya.. Salam kenal Arek Jawa Timur…

      Ternyata banyak kecampur juga ya, vin. Kalo hatimu blm kecampurkan? #baper

    1. Kalo org batam, deketan dong kita… Lah, kenapa bisa di blitar, jatim "Ciyeee mengadu nasib..soal jodoh di negeri orang… Ciye…"

      Namanya Indonesia ya begitu, kaya akan budayanya yg keren abis.

  1. gue sekarang lagi merantau ditanah jawa nih, taapi dari semua makanan yang ada di foto, cuma 1 yang baru perrnah gue cobainn dan itupun dulu waktu nyobainnya di kalimantan haha nasi pecel kok gak ditulis sih,,,makanan fav gue banget tuh haha

    1. Lah… Nyobainnya jauh amat mbk? Hahahaha

      Waduh… Bukannya gak ditulis, takut yg baca galau. Setidaknya kamu tetep spesial di hati Pangeran… Hahahaha #gombalanbicara

  2. gue nggak tau kalau jawa ke 13 terbesar di dunia. yang gue tau, jawa nggak masuk 10 besar..
    kalau makanan khas sih oke-oke. tapi, sebagai orang yang menginjak tanah jawa, gue lebih suka makanan padang. gue juga penggemar pempek, ehek-ehek.. :")

    tapi makanan bandung tuh nggak kalah enak bro, cocok buat dijadiin cemilan. cimol sama seblak mantap tuh!

    1. Gak tau, ya? Sekarang udh tau belom?

      Lu aja yg aneh, bro. Tinggal di jawa. Doyan makanan Padang.. Hahahaha masakan padang emang di hati, ya.

      Kalo enak, kirimin gue dong..

    2. masalah lidah bro… tapi, percaya nggak lu…
      makanan padang di jakarta lebih enak daripada makanan padang di padangnya sendiri? gosip yang beredar dari buyut ke buyut sih gitu 🙂

  3. Budaya di jawa emg ga bakal pernah abisnya di bahas. sekalipun gw asli bali, tapi dlu sempet setaunan di surabaya. dan banyak banget kuliner favorit gw yg cuma ada di tanah jawa.
    apalagi pas SMA dulu smpt trip ke jogja, gw kalap liat kuliner di malioboro. hahahahaha

    1. Waduh… Enak dong, pernah tinggal di jawa? Gue dari suku jawa, tapi lahirnya di sumatera. Hahahaha "Jawa ecek-ecek gue."

      Emang sih, makanan di jawa buwanyaknya poool

  4. kayaknya harus buat part gitu mas pangeran. karena kebudayaan dan ke khasan jawa ini banyak banget rasanya.
    kan tiap daerah beda semua kekhasannya
    oh ya gudeg gk masuk padahal terkenal itu

    1. Hahahaha mau bantuin gue buat partnya? Kalo mau buatin, ya. Gue lelah, ni.

      Kebetulan gudek udah terlalu terkenal, jadi gue gak bahas. Yg asing di telinga gue aja, biar beda.

  5. Waaaahh kalo ngomongin jawa mah luas banget, bukan cuma penduduknya aja.. Udah gitu jawa barat sama jawa tengah ada perbedaannya juga. Masih bisa dibuat kelompok-kelompok lagi. Bisa nih pangeran kalo dibuat lebih detail lagi.. hahaha… jawa barat, jawa timur, jawa tengah, jakarta… semuanya unik-unik…

  6. Tau nggak Ru JAWA itu artinya 'dangan, tukang jualan' jadi kalau orang bilang pulu jawa itu bener, orangnya suka jualan. lo ke sini deh dijamin disepanjang jalan ada ajah yang jualan, dan di lingkungan nasional pulau jawa juga dijadikan pusat perdagangan, terutama perdagangan saham dan pasar uang atau forex yg terletak di Jakarta.

    jadi pas ajah gitu namanya pulau Jawa haha..

    1. Tau dong bg…. Masa' TeMpe. Hahahaha

      Pentesan banyak banget pusat perdagangan di jawa. Emang keren keknya. Gue baru sekali ke sana bg. Pengen ke sana lagi. Tapi apalah daya.

      Yoi bg, emang pas bgt.

  7. Akhirnya tiba juga di pulau Jawa.

    Iya juga sih buat sehari aja gak pas bahas tentang pulau Jawa. Selain itu bahasanya juga khas, kok gak dibahas tuh medoknya orang Jawa kalo lagi ngomong. Lalu orang di pulau Jawa yang cakep-cakep kayak cewe-cewe Bandung. Gitu

    Jawa timur makanan khasnya banyak sih selain lontong balap ada rujak cingur, bakso malang, semanggi, soto, rawon. Ngiler dah lo baca tulisan ini 😀

    1. Akhirnya …. Jomblo angkat bicara.

      Karena medoknya orang jawa itu, udh terkenal. Jadi gak usah dibahas org lain juga tau ki.-_-

      Iya ki, kuliner di sana buanyak banget.

  8. Pulau Jawa, pulau yang paling banyak penduduknya.

    Tempat di mana gue tinggal dan besar. Baru baca yang Pulau Jawa aja udah ngerasa Indonesia kaya banget, apa lagi jelajah ke pulau-pulau lain di Indonesia. I love Indonesia.

    Btw, gue pengen banget makan yang namanya lontong balap. Rasanya gimana, ya, pangeran?

    1. Wah… Kelahiran jawa juga ya rob. Selamat atas keahirannya. *apaan sih*

      Oke, kalo lo nanya gimana rasanya lontong balap? Lo bayangin aja, rossi lorenzo ada di mulut lo. Gitu… Hahahaha

  9. Langsung lemah pas dikasih gambar toge goreng. Ngebayangin rasa bumbunya yang maha dahsyat dan bisa meluluh lantahkan dunia persilatan *lebay*

    Info yang sangat menarik, anak SD-SMP pasti banyak yang nyasar kesini buat nyari info tentang budaya di jawa haha

  10. Bang, aku pengen ngelaporin tulisan ini ke polisi. Karena melanggar ketentraman dan kenyamanan anak kos. Apaan posting pake gambar makanan yang bikin perut laper gitu. Lain kali pake gambar makanan yang lebih banyak. *eh

    Yeeeyy, Jawa, pulau yang sudah terlalu padat penduduknya. Abang jangan pindah ke Jawa ya bang, nambah-nambahin populasi jomblo aja di sini. *eh maaf bang

    1. Sumpah!!! Gue kaget pon. Gue kirain kenapa. Rupanya gara-gara makanan. -_-

      Sadis lo pon. Lagian ngapain gue pindah ke jawa? Entah sumatera gak ada gue baper jadinya… Hahahaha

  11. Banyak gunung ya… apalagi kalo gunungnya indah2… beeuuhhh….
    wah, kalo budaya di pulau jawa emang banyak bet dah… ga bakal ada habisnya ya kalo dibahas…
    duh… ada makanan taoge goreng, emang mantab ini… ada kerak telor lagi!
    ada karedok, lontong balap, aduh bikin ngiler dah… haha… maklum anak kosan, ga pernah sarapan pagi 🙂

  12. sini pangeran main ke tanah jawa. gadis gadisnya manis manis loh <3

    mengenai tanah jawa, saya sendiri merupakan salah satu keturunan campuran dari dua suku terbesar di jawa. yaitu sunda dan jawa hehe.

    masalah kuliner sebenarnya lebih beragam lagi pangeran kalo ditilik per kota, bahkan per desa.

  13. Emang pulau jawa, pulau terbesar di indonesia gitu? Mungkin maksudnya pulang dengan jumlah terbesar kali ya hhe

    Uniknya, meskipun tinggal di pulau jawa, orang jabar, banten, dan dki gak mau dibsebut orang jawa, aneh ya hahaha

    Kuliner sama kesenian mah gak usah di tanya deh, bejibun deh di mari, re jawa barat, karena gue tinggal d sana

  14. Udah kayak guru geografi yaa Her..hehehe..tapi bagus. Tulisan yg berbobot her. Dan karena gue orang jawaa, banyaaak sekali makanan selain di atas yg bsa dicoba. Gudeg, sate, tengkleng, tongseng, dan daging dagingaaaan…enaknyoooo

  15. Dari semua bagian jawa gue baru ke Jatim sih itupun Surabaya-malang doang. Gue pengen banget keliling jawa…. Gunung-gunungnya banyak yang bagus, orang-orangnya juga ramah, eh gak tau deh kalo semuanya ramah atau nggak yg pasti orang jawa yg gue kenal ramah sih. Haha

    Kurang lengkap nih infonya, gak bisa dibikin 1 postingan doang. Haha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *