Green Jobs: Peluang Kerja Anak Muda Indonesia untuk Melestarikan Lingkungan

Green Jobs

Inovasi kerja untuk melestarikan lingkungan

Hallo sahabat wortel. Saat ini, green Jobs menjadi salah satu bentuk percepatan proses revolusi industri 4.0 menuju 4.1. Namun, semakin cepat proses ini berjalan. Ternyata menjadi ancaman besar pada sektor perekonomian dan pembangunan terhadap berkurangnya sumber daya alam yang ada.

Pada masa mendatang, masalah ini tentu akan menimbulkan gangguan serius terhadap kegiatan sosial ekonomi di berbagai sektor di dunia. Lalu, muncullah ke permukaan tentang upaya mencegah perubahan iklim tersebut dengan cara mengurangi emisi yang sangat luas terhadap pembangunan sosial ekonomi, pekerjaan, pendapatan dan upaya untuk mengurangi tingkat kemiskinan.

Belum lagi, adanya Pandemi justru membuat semua proses revolusi industri seolah terpangkas begitu cepat sehingga banyak orang mulai nyaman dan menikmati kondisi saat ini.

Tentunya, peran banyak pihak menjadi penentu proses kemajuan ini akan berjalan dengan baik atau justru sebaliknya.

Mungkin sebelum adanya Pandemi, hal ini belum terpikirkan bisa berjalan secepat ini. Sebuah kondisi di mana semua orang harus siap menghadapi digitalisasi.

Era di mana yang berkaitan dengan konvensional sudah perlahan ditinggalkan dan kebanyakan mulai untuk memanfaatkan teknologi sebagai sumber percepatan ekonomi di segala bidang.

Sama halnya yang dikatakan World Economic Forum, percepatan berkembangnya revolusi industri dikarenakan  adanya perubahan iklim dan ketersediaan sumber daya alam yang makin hari semakin menipis. 

Kenyataan itulah, yang akhirnya menjadi landasan dasar dalam membentuk pola pikir manusia untuk menciptakan pekerjaan yang lebih ramah terhadap lingkungan. Lalu, green Jobs hadir menjadi  solusi yang tepat untuk menghadapi perubahan iklim dan menekan emisi.

Pengertian

Green Jobs adalah istilah yang diberikan ILO  (International Labour Organization) untuk jenis pekerjaan yang terkait dengan agenda pembangunan berkelanjutan dan rendah emisi.

Makna sederhananya, green jobs merupakan berbagai jenis pekerjaan yang mendukung pelestarian lingkungan. Tidak hanya itu, ILO mengatakan bahwa green jobs mampu mendorong efisiensi bahan baku, energi terbarukanmengurangi sampah dan polusi, pembatasan emisi gas rumah kaca, pelestarian ekosistem serta mendukung proses adaptasi terhadap perubahan iklim pada masa kini ataupun mendatang.

Green Jobs di Indonesia

Mengutip coaction.id,  pada awal Desember 2018 ternyata Indonesia telah membuat langkah hebat dalam menunjukkan dukungan terhadap Green Jobs dalam forum ASEAN Labor Ministers Meeting (ALMM) yang mengangkat tema “Promoting Green Jobs for Equity and Inclusive Growth of ASEAN Community”.

Tidak hanya itu. Indonesia juga menjadi salah satu negara yang telah berkomitmen untuk menekan emisi gas rumah kaca sebanyak 26-41% pada tahun 2025 melalui program Business As Usual yang diluncurkan pada tahun 2005 lalu. 

Melalui komitmen tersebut, Indonesia akan mengutamakan pembangunan keberlanjutan dan memicu peralihan dalam pasar tenaga kerja di Indonesia.

Nah, inilah yang seharusnya menjadi kesempatan bagi generasi muda untuk mendapatkan pekerjaan yang ramah terhadap lingkungan. 

Berbicara tentang Peluang, green jobs ternyata memiliki potensi nilai bisnis yang mencapai $1.370 Miliar pada tahun 2020 dan prediksinya angka ini akan terus meningkat.

Melihat fakta ini, seharusnya menjadi kesempatan emas bagi generasi muda untuk tetap mendapatkan pekerjaan dan tetap menjaga kelestarian lingkungan.

Faktor Pendorong

Energi Terbarukan

Energi terbarukan adalah sebuah pilihan atas pengembangan dari berbagai sumber daya yang sudah ada. Hal ini tentunya didasari oleh semakin tingginya permintaan atas energi yang akhirnya membuat peneliti melakukan pengembangan sumber daya yang dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang tanpa takut habis jika dimanfaatkan.

Kelebihan Energi Terbarukan

Jenis Energi Terbarukan

Bahan bakar hayati (bahasa Inggris: Biofuel) adalah setiap bahan bakar baik padatan, cairan ataupun gas yang dihasilkan dari bahan-bahan organik. (Wikipedia)

Tenaga angin merupakan pengumpulan energi yang berguna dari angin. Pada 2005, kapasitas generator tenaga-angin adalah 58.982 MW, hasil tersebut kurang dari 1% penggunaan listrik dunia. Meskipun masih berupa sumber energi listrik minor di kebanyakan negara, penghasilan tenaga angin lebih dari empat kali lipat antara 1999 dan 2005. (Wikipedia)

Tenaga air bahasa Inggris: ‘hydropower‘ adalah energi yang diperoleh dari air yang mengalir. Pada dasarnya, air di seluruh permukaan Bumi ini bergerak (mengalir). Di alam sekitar kita, kita mengetahui bahwa air memiliki siklus. Di mana air menguap, kemudian terkondensasi menjadi awan. Air akan jatuh sebagai hujan setelah ia memiliki massa yang cukup. Air yang jatuh di dataran tinggi akan terakumulasi menjadi aliran sungai. Aliran sungai ini menuju ke laut. (Wikipedia)

Pembangkit listrik tenaga surya atau disingkat PLTS adalah pembangkit listrik yang mengubah energi surya menjadi energi listrik. Pembangkitan listrik bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu secara langsung menggunakan fotovoltaik dan secara tidak langsung dengan pemusatan energi surya. Fotovoltaik mengubah secara langsung energi cahaya menjadi listrik menggunakan efek fotoelektrik. Pemusatan energi surya menggunakan sistem lensa atau cermin dikombinasikan dengan sistem pelacak untuk memfokuskan energi matahari ke satu titik untuk menggerakan mesin kalor. (Wikipedia)

Melihat begitu besarnya manfaat dari energi terbarukan, Indonesia ternyata memiliki begitu banyak sumber energi terbarukan yang dapat Kita manfaatkan di masa depan.  Berikut datanya :

Jika mengacu pada data yang dibuat oleh ESDM, 2020 ternyata ada begitu banyak sumber energi terbarukan yang masih belum maksimal kita manfaatkan. 

Meskipun begitu, ini artinya menjadi peluang yang semakin besar di masa depan untuk dapat menampung lebih banyak orang memiliki pekerjaan yang tentunya ramah dengan lingkungan.

Selain itu, bonus demografi Indonesia meyakinkan bahwa mulai tahun 2020 penduduk produktif akan terus meningkat jika dibandingkan yang tidak produktif sampai tahun 2035.

Seperti yang dilansir oleh katadata.co.id, ternyata energi terbarukan memiliki perbandingan yang  sangat jauh dalam membuka lapangan pekerjaan :

Batu Bara

1 Pekerjaan/Megawaat

Energi Surya

10 Pekerjaan/Megawaat

Peluang Bisnis

$ 0
Milliar

Pekerjaan yang Tercipta

0 jta
Peluang

Green Jobs : Pekerjaan Ramah Lingkungan

Sejak awal tadi, Pangeran sudah menjelaskan bagaimana peran dan peluang  pekerjaan ramah lingkungan ini. Pada paragraf selanjutnya, Pangeran akan menjelaskan lebih dekat tentang apa saja potensi beserta contoh green jobs yang sudah hadir di revolusi industri 4.0 saat ini.

Mungkin, sampai pada materi ini ada yang masih merasa awam dengan istilah green jobs. Memang, jika dilihat dari namanya memiliki unsur yang dekat dengan pertanian dan perkebunan.

Namun, green jobs bukan tentang pekerjaan bertani dan berkebun saja. Cakupannya menjadi lebih luas dari itu semua. Berikut Pangeran paparkan beberapa contoh green jobs yang mungkin membuat kalian tertarik mengenalnya :

Contoh Green Jobs

Ecopreneur

Wirausaha yang peduli terhadap masalah lingkungan dan kelestarian lingkungan. Sebagai contoh pendaur ulang sampah menjadi kerajinan dll.

Eco Design Architect

Pembuat desain / bangunan yang mengutamakan kelestarian ekosistem antara manusia dan lingkungan sekitarnya.

Eco Fashionpreneur

Konsep pembuatan fashion yang ramah lingkungan, salah satunya adalah fashion dari bahan daur ulang.

Electric Car Technician

Teknisi yang fokus untuk memperbaiki mobil listrik.

Energy Startup

Pekerjaan ini memiliki fokus dari startup untuk menciptakan suatu hal yang memberikan dampak positif untuk lingkungan. Seperti jasa pengolahan limbah dll.

Organic Foodpreneur

Usaha untuk memberikan produk makanan yang organik dan tentunya bebas dari pestisida yang dapat merusak lingkungan.

dan masih banyak lagi contoh lainnya

Tidak cukup sampai di sini, buat Kalian yang mau mulai bareng untuk mendukung supaya energi terbarukan ini terus eksis dengan segala kelebihan yang sudah Pangeran bahas di awal tadi, kalian dapat memulainya dengan menonton video berikut :

MULAI DARI DIRI SENDIRI

Pada akhirnya, kesadaran itu memang harus kita mulai dari diri sendiri. Layaknya kepedulian terhadap masalah perubahan iklim yang diakibatkan oleh penggunaan energi konvensional dan berdampak tidak baik pada alam kita ini.

Langkah kecil seperti : menggunakan transportasi umum, mengganti lampu di rumah dengan LED, mematikan listrik yang tidak digunakan atau mulai menggunakan Energi Surya sebagai sumber energi di rumah.

Semua itu menjadi langkah awal yang tepat untuk saling mendukung dan mensukseskan kemajuan energi terbarukan ini.

Makanya, melalui langkah kecil di tulisan ini. Pangeran juga berharap kita semua dapat terus saling menjaga keberlangsungan hidup di lingkungan ini dengan melestarikan dan menjaganya untuk generasi selanjutnya.

Siapapun kita dan di manapun kita saat ini. Memulai dari diri sendiri adalah langkah yang harus sama-sama kita gaungkan.

Jika bukan kita yang melestarikan alam ini, lalu siapa lagi?

Semoga dengan adanya inovasi peluang kerja yang diberi nama green jobs ini, semakin mengecilkan angka kemiskinan yang ada di negara kita ini. Aminnn.

Tentunya hal ini didasari oleh kemampuan daya tampung lapangan pekerjaan yang tentunya akan mampu memberi dampak baik dari sisi manusia dan pastinya lingkungan kedepannya.

Apakah Kalian siap mendukung program ini?

Yuk bantu Pangeran untuk tulis dukungan versimu di komentar.

Semoga tulisan ini bermanfaat.

Pangeran Wortel pamit, See you…

green hobs

Terimakasih sudah membaca konten ini

Green Jobs

Bekerja untuk pelestarian
lingkungan.

  • https://coaction.id/
  • https://id.wikipedia.org/
  • https://katadata.co.id/
  • https://www.weforum.org/
  • coaction.id
  • tulisanwortel.com

About Pangeran Wortel

Personal guide blogger sejak 2010 dan suka membahas tips blogging, desain blog, belajar SEO, serta hal menarik lainnya.Salam kenal..

View all posts by Pangeran Wortel →

13 Comments on “Green Jobs: Peluang Kerja Anak Muda Indonesia untuk Melestarikan Lingkungan”

  1. Saya mah setuju banget dengan adanya Green Jobs ini min, secara global dunia kan sudah tua dan emang rentan dengan kerusakan.

    Nah dengan lahirnya peluang green jobs mendukung menjaga dunia dari emisi-emisi jahat.

    Jadi minat nih ngulik Organic Foodpreneur, untuk peluang masa depan 🙂

    1. Bener banget ca. Makin ke sini kita sebagai makhluk bumi harus makin peka buat tetep jagain bumi terus bertahan.

      Cuman kita yg bisa bantu bumi.

      Nah.. Boleh juga ni ca, dicoba pelajari.

  2. Peluang green jobs ini menjanjikan banget ya bang, apalagi banyak pilihan pekerjaan yang bisa anak muda pilih. Solusi nih, apalagi sekarang kan susah cari pekerjaan. Jadi mending menciptakan peluang sendiri apalagi bisa dimulai dari rumah dengan memanfaatkan energi terbarukan.

    1. Bener kak, di era ini banyak banget yg kehilangan pekerjaan. Belum lagi, pandemi bikin suasana tambah kacau.

      Dgn adanya green jobs, jadi ngebantu banget biar mengatasi masalah seperti itu.

  3. Wah ini. Perubahan yang udah sering dan udah jadi rutinitas itu mematikan pemakaian lampu yang ngga dipake. Terus satu lagi, mematikan dan mencabut colokan biar ga kaya listrik vampir gitu, katanya walaupun udah dimatikan tapi masih tercolok dia tetap makan daya gitu. Gatau bener apa ngganya ya dijalanin aja gitu.. hiyaaa..

    Semoga ya dengan adanya green jobs yang vina udah berekspektasi membawa bumi kembali damai dengan alamnya. huhu 🙂

  4. Makin kesini kita memang seharusnya harus mikirin dampak atas kebiasaan sehari-hari terhadap bumi tempat kita tinggal yaa Pangeran, soalnya hidup cuma sekali dan bumi cuma ada satu, ya kali kita mau mewariskan keadaan bumi yang udah rusak ke anak cucu.
    Dan ternyata kedepannya, ada banyak cara untuk kita bisa aktif berperan serta dalam memperlambat tingkat pemanasan global, salah satunya dengan bijak memilih pekerjaan dan tentunya memperbaiki gaya hidup.
    Keren sih ini makin kesini kesadaran anak muda udah makin tinggi untuk menjaga lingkungannya.

    1. Bener banget kak. Masa iya kita mewariskan masalah. Jangan sampai deh. Hadirnya green jobs memang jadi langkah yg cukup besar untuk membuat bumi tetap berfungsi sebagaimana mestinya.

      Generasi muda sekarang memang sudah saatnya perhatian dgn hal ini ya kak. Semoga terus konsisten dan buat bumi lebih lega..

  5. Ini bisa mnejadi pilihan menarik bagi kawula muda, apa lagi di saat sekarang ini. Eco fashinpreneur ini kayaknya menarik juga ya kak. Infonya keren banget, thank you kak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.