Cara Mudah Mendaftar dan Memasang Kode Google Analytics di Blogger

Sebelum belajar cara mendaftar dan memasang kode google analytics di blog, mari kita mulai dengan dengan sebuah analogi sederhana seperti ini.

Andaikan kalian seorang penyanyi. Supaya suara kalian semakin bagus, tentunya kalian harus tau seberapa bagus suara kalian sekarang.

Jika tidak, maka kalian tidak akan pernah tau sudah sebagus apa suara kalian dalam bernyanyi.

Dalam mengembangkan blog sama halnya.

Kalian tidak akan pernah tau bagaimana cara efektif untuk membuat pengunjung blog kalian merasa puas dengan konten yang kalian tulis jika kalian sendiri tidak pernah tau bagaimana keadaan blog kalian sekarang.

Masuk akalkan?

Begitulah pentingnya untuk mengukur seberapa baik performa blog yang kalian miliki.

Nah, untuk mengukur seberapa baik performa blog kalian, salah satu alatnya kalian bisa menggunakan Google Analityc.

Jadi, kalau sudah daftar, gimana cara menggunakan google analytics di blog Pangeran?

Tenang. Pada panduan ini, kalian akan belajar bagaimana cara mendaftar, memasang dan menggunakan google analityc di blogger/blogspot. Supaya tidak berlama-lama.

Mari mulai membahasnya.

Cara Mendaftar Google Analytics

  1. Buka link ini : Google Analytics
  2. Pada halaman tersebut. Silakan klik Masuk (Login) pada bagian kanan atas. (Jika belum memiliki akun gmail. Silakan klik Buat Akun terlebih dahulu, baru mulai dari panduan awal kembali.)
    homepage google analytics
  3. Untuk mulai mendaftarkan blog yang kalian miliki, klik Sign Up (Daftar)
    cara mendaftar google analytics
  4. Karena kalian ingin mendaftarkan blog di Google Analytics, pilih tab Website. (Namun, jika kalian ingin mendaftarkan Aplikasi, pilih tab App.) Lalu, isi semua data yang diminta. Contohnya seperti ini :
    cara daftar google analytics
  5. Pastikan semua data sudah benar, lanjut Scroll ke bawah dan klik Get Tracking ID
  6. Maka akan muncul TOS yang harus kalian patuhi. Jika tidak mengerti bahasa Inggris, kalian bisa menggantinya ke Bahasa Indonesia. Caranya seperti gambar di bawah ini :
    cara mendaftar google analytics
  7. Jika sudah mengerti dan setuju. Klik I Accept (seperti gambar di atas)
  8. Kemudian, kalian akan diarahkan menuju Tracking ID dan Kode script Google Analytics dari blog yang sudah kalian daftarkan tadi.
    cara memasang kode google analytics di blog
  9. Copy semua kode tersebut (pada kotak merah) dan ikuti panduan lanjutannya di bawah ini.

Cara Memasang Kode Google Analytics di Blogspot

  1. Login ke Blogger.com
  2. Klik Tema (Theme) > Pilih Edit HTML
    cara edit html di blogger
  3. Pada kotak edit html, klik bebas di dalam kotak Edit HTML dan tekan CTRL + F (pada keyboard). Kemudian masukkan kode <head> pada kotak pencarian lanjut tekan Enter (pada keyboard).
  4. Selanjutnya, kode yang kalian copy pada panduan Mendaftar Google Analytics No. 9 tadi, pastekan tepat di atas kode <head> seperti ini :
    cara memasang google analytics pada blogger
  5. Jika sudah benar, klik Simpan Tema (Save Theme)
  6. Selesai…….

Cara Menggunakan Google Analytics

  1. Untuk memastikan atau menguji apakah tracking ID di blog kalian sudah aktif atau belum. Kunjungi blog kalian (sebaiknya menggunakan perangkat mobile dan destop) atau pada browser Chrome bisa menggunakan Open Link in Incognito Window.
    cara menggunakan google analytics
  2. Lihat kembali tab Google Analytics kalian, jika sudah ada Aktif Usernya (sesuai perangkat yang kalian gunakan) itu artinya akun tracking kalian sudah aktif.
    Untuk cara mengeceknya :
    – Login ke Akun Google Analytics
    – Klik Real Time > Overview
    cara mengaktifkan google analytics
  3. Lihat kembali tab Google Analytics kalian, jika sudah ada Aktif Usernya (sesuai perangkat yang kalian gunakan) itu artinya akun tracking kalian sudah aktif.
  4. Namun, jika masih belum muncul Aktif Usernya juga, gunakan cara ini :
    – Login ke Blogger.com
    – Pilih Setelan (setting) > Lainnya (Other). Scroll ke bawah dan copy dan pastekan code ID Tracking di kotak Google Analytics, contohnya seperti ini :
    cara memasang google analytics pada blogger
    – Jika sudah, klik Simpan Setelah (Save Setting)
  5. Selesai….
  6. Untuk mengujinya kembali, ulangi panduan 1, 2 dan 3 di atas.

Bonus! : Belajar Memahami Fungsi Google Analytics

Sebenarnya, Google sendiri sudah membuatkan penjelasan tentang ini. Mungkin, ada sebagian dari sahabat yang belum memahami apa aja fungsi Google Analytics.

Untuk lebih jelas, silakan baca : Fungsi Google Analytics.


Sampai di sini, kalian sudah belajar :

  • Cara Mendaftar Google Analytics
  • Cara Memasang Google Analytics
  • Cara Menggunakan dan Mengaktifkan Google Analytics
  • Fungsi Google Analytics

Pangeran harap, panduan ini bisa menjawab pertanyaan sahabat yang ingin belajar menggunakan google analytics sebagai alat untuk menguji seberapa baik performa blog yang kalian miliki.

Sampai jumpa di seri panduan lainnya.

Terimakasih.

Pangeran Wortel

Blogger dari Kab. Bengkalis. Sukanya ngisi waktu luang untuk buat video, nulis di blog, desain feed instagram #bukanfakta dan kadang suka sendiri di pantai. Salam kenal..

6 thoughts to “Cara Mudah Mendaftar dan Memasang Kode Google Analytics di Blogger”

  1. Alhamdulillah, sih, gue udah masang dari tahun 2015. Ehehe. 😀 Btw, ini lebih jelas datanya dibanding statistik blogger ya, Her? Soalnya kadang ada tuh, misal data di blog berapa ratus pengunjung dalam sehari. Eh, di analytics lebih rendah dan beda jumlahnya kadang 100-200 gitu. 😐

    Dan dari analytics ini gue jadi tahu minat yang paling disukai para pengunjung apaan. Hahaha. Tapi justru gue malah males nulis hal yang itu. Kan aneh. XD

  2. Sama kayak, Yoga, gue juga udah pasang sekitaran 2015 gitu. Tapi cuma pasang doang, Pange. nggak ngerti fungsi dan memanfaatkannya dengan baik. Cuma liatin statistiknya segini, kecepatannya segini, unik user segini. Harusnya kan dengan info begitu, bisa jadi bahan pengoptimalan artikel kan. tapi gue cuma jadi tukang liat doang, abis itu bikin artikel kek biasanya lagi. T.T

    Yang terakhir kulakukan, abis liat analytic yg menunjukkan pengguna smartphone lebih banyak yg datang ke blog, padahal blog belom benar2 responsive, akhirnya memutuskan mengganti template. karena udah nyoba nambahin css responsivenya gak berhasil sempurna. memang bisa menyesuaikan ukuran layar, tapi menu sidebarnya nggak pindah ke bawah kayak di blog temen lain. dan aku nggak ngerti di situ. akhirnya ganti template yg mirip/dibikin mirip kayak yg lama.

  3. Nah aku yang belom ni pange,
    Aku tuh tadinya babar blas ga mudeng soalnya ru, ini tu musti yang uda pada dotcom, apa klo masi blogspot gretongan bisa pasang juga? Soalnya jujur klo liat statistik ya cuma kutengok yang di dashboard aja, terus kuintiplah pilihan statistik yang ada breakdown ikhtisar,pos,sumber pencarian, ama peta pengunjung…itu gitu doang..,,hahhahah
    Ternyata masalah statustik aku masi cupu 🙁

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *