3 Cara Menjadi Blogger Kreatif via Custom Bagus

Custom Bagus – Menjadi seorang Blogger itu memang bukan pekerjaan mudah. Ya, meskipun ada beberapa orang berasumsi bahwa Blogger itu hanya sekedar curhat belaka. Tanpa konsep dan memejamkan matapun bisa dilakukan. Ya, meskipun kenyataannya gak begitu, tapi begitulah anggapan mereka.

 

Terlepas dari bagaimana banyaknya persepsi menjadi Blogger itu seperti apa? Pangeran mencoba mengajak kalian semua untuk mengatasi anggapan itu menjadi sesuatu yang menarik dan kreatif.

 

Melihat semakin menjamurnya Blogger, tentunya masing-masing Blogger punya siasat atau cara untuk mengatasi bagaimana karya-karyanya tetap bisa dilirik oleh para pembaca di luar sana. Ada sebagian yang mengoptimalkan SEO, ada juga yang semakin menampilkan konten yang unik, ada juga yang memaparkan konten yang menggandrungi kata KARAKTER.

 

Nah, seperti Pangeran sendiri. Jujur, untuk mengimbangi kemampuan Blogger Personal setara Raditya Dika, Benazio, Alit bukan pekerjaan mudah. Kenapa? Jelas! Karena mereka lebih dikenal duluan dan sudah memiliki pembaca yang loyal terhadap karya-karya mereka. Tapi, lain halnya jika kalian berpikir untuk membuat sesuatu yang kreatif.

 


Apa yang akan terjadi Pangeran?

 

Kalian akan di atas rata-rata. Begini penjelasannya. Untuk menyamai atau setara dengan Blogger Personal pendahulu, jelas itu bisa dibilang MUSTAHIL untuk waktu yg singkat. Ya, selain memang mereka seperti yang Pangeran jelaskan di awal, punya pembaca loyal, mereka juga punya something.

 

Jadi, untuk bisa sampai ke tahap itu, kalian gak perlu nyepam ke semua akun social media kalian, untuk menarik pembaca. Atau lebih parah kalo maksa orang lain untuk baca blog kalian.

 


Terus, caranya gimana Pangeran? Kadang udah usaha nulis seharian, terus gak ada yang bacakan nyesek Pange..

 

Tenang, kalian gak usah galau dan majang foto Dear Mantan, Maafkan Aku yang Sekarang. Gak perlu kalian upload foto begituan, terus dikasi caption URL BLOG. Gak perlu semaksa itu untuk jadi Blogger Kreatif. Masih ada cara lain yang bisa kalian tempuh dan semoga setelah membaca ­3 Cara Menjadi Blogger Kreatif via Custom Bagus ini, kalian bisa menemukannya. Pangeran mulai, ya…

 

1. Membuat Konten yang Enak Dibaca

 

Membuat konten yang enak dibaca

 

 

Pernahkah kalian mendengar atau melihat kalimat “Yang penting enak dibaca.” Begitulah hasil survei kecil-kecilan yang Pangeran lakukan kepada beberapa pembaca Tulisan Wortel. Kalimat enak dibaca memang bagian terpenting pertama yang harus kalian miliki untuk menjadi Blogger yang Kreatif.

 

Kenapa? Karena bagian ini sangat penting untuk bisa kalian lakukan. Memang, untuk blogger pemula (newbie) akan membutuhkan banyak waktu untuk bisa mencapai tahap ini. Tapi, percayalah bahwa semua blogger termasuk Pangeran, dulunya tidak pernah berpikir tentang bagaimana membuat konten yang enak dibaca.Justru, pikiran yang terbesit di dalam hati Pangeran dulu adalah yang penting update. Soal enak dibaca atau nggak, itu nomor sekian. Itu Pangeran yang dulu. Tapi, makin ke sini tentunya sebagai Blogger yang mulai dikenal oleh Blogger lain harus mampu menulis dan menghasilkan materi yang enak untuk dibaca supaya semakin banyak karya kita dikenal orang.

 

Nah, untuk menciptakan konten yang manarik dan tentunya enak dibaca. Di sinilah peran kreatif kalian harus bekerja. Misalnya dalam menyajikan satu materi tentang Tutorial membuat akun facebook. Inget, yang kalian akan buat adalah tentang cara, bukan malah curhat kegalauan kalian ketika upload foto mantan di akun facebook kalian.

 

Ya, ini jelas akan merusak citra atau kesan konten yang menarik untuk dibaca. Selain itu, untuk menghasilkan konten yang enak dibaca, usahakan menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dimengerti. Terkadang, ada sebagian blogger menggunakan bahasa Daerah yang hanya dirinya yang mengerti. Bahkan, tanpa penjelasan apapun. Ini tentunya akan semakin membuat pembaca merasa sulit untuk sampai ke tahap membuat materi kalian enak dibaca.

 

2. Bermanfaat

 

Bermanfaat untuk pembaca

 

 

Tentunya, untuk membuat blog kalian semakin diminati pembaca, kalian harus mengerti tentang ‘Apa yang kalian sudah berikan ke Pembaca.’ daripada ‘Apa yang sudah pembaca berikan kepada kalian.’ Nah, kadang dua hal ini sering sekali dilupakan bagi sebagian blogger. Padahal, ini penting.

 

Memang, untuk Blogger Personal seperti Tulisan Wortel ini, terkadang memang isinya hanya curhatan. Tapi, tidakkah kalian ingat bahwa setiap peristiwa yang berangkat dari curhat ini punya masing-masing makna yang bisa diambil hikmah maupun pelajaran. Beberapa bulan yang lalu contohnya, gue pernah cerita tentang kegalauan gue soal Skripsi dan gue ngerasa menjadi orang paling tertinggal. Tapi, kenyataanya masih ada orang yang lebih sulit dari gue menjalani Skripsi.

 


Baca juga : Belajar dari Mereka

 

Intinya, apapun tulisan kalian, mau dalam bentuk tips, cara, dan bahkan curhat sekalipun, tentunya punya manfaat masing-masing. Tapi, bukan artinya curhat, kalian melupakan poin pertama. Itu justru salah besar. Jadi, sekeren apapun curhat kalian, tapi tidak dibarengi dengan konten yang enak dibaca, jelas ini akan sulit untuk membuat kalian bisa dianggap menjadi Blogger Kreatif.

 

Oke, Pangeran coba kasi contoh tentan menjadi Blogger Kreatif yang bermanfaat. Misalnya kalian akan membahas tentang “Cara Mengolah Sampah Plastik.”

 

Jika kalian menuliskan tentang bagaimana sampah botol bekas bisa menjadi kotak pensil. Rasanya itu terlalu biasa. Memang, itu adalah bagian dari kreatif, hanya saja dari segi manfaatnya masih terlalu biasa.

 

Coba kalian lebih menggali kreatifitas kalian untuk menemukan apa-apa saja yang bisa dibuat dengan mengolah sampah botol bekas itu. Seperti mengolah botol bekas menjadi Lampu Unik, Miniatur Menara-menara di Dunia, Tas, Gaun, dan lain-lain. Nah, dari beberapa contoh itu, tentunya pembaca akan lebih merasakan manfaat setelah membaca blog kalian. Jadi, buat karya yang kreatif yang bermanfaat supaya kalian punya pembaca yg loyal.

 

3. Memiliki Merchandise/Souvenir Blog

 

Memiliki Merchandise/Souvenir Blog di Custom Bagus

 

 

Ini adalah cara terakhir dan paling mudah untuk menjadi Blogger yang Kreatif, yaitu Memiliki Merchandise/Souvenir Blog. Ya, memang untuk bisa memiliki Merchandise/Souvenir itu membutuhkan yang namanya dana atau uang. Tapi, percayalah ketika kalian memiki Merchandise/Souvenir untuk Blog kalian, ini akan membuat pembaca semakin gampang mengingat dan tidak sungkan untuk mampir kembali di blog kalian. Apalagi jika kalian berbaik hati membagikan secara gratis. Pangeran pun mau lho.. hehehe

 

Terus, di mana bisa memiliki Merchandise/Souvenir untuk Blog kita Pangeran ?

 

Tempatnya kalian bisa temukan di CustomBagus.com. Jadi, melalui Custom Bagus, kalian akan disulap untuk bisa menjadi Blogger Kreatif. Bukan cuman itu, Custom Bagus juga menawarkan banyak sekali pilihan katalog yang akan menunjang kalian menjadi Blogger Kreatif.

 

Jadi, menurut Pangeran apa aja Merchandise/Souvenir yang sebaiknya dimiliki untuk menjadi Blogger Kratif?

 

Oke, ini pertanyaan bagus. Ada banyak sekali Custom Merchandise/Souvenir yang bisa kalian miliki melalui CustomBagus.com. Tapi, Pangeran akan menyarankan beberapa hal penting yang harus kalian miliki untuk menjadi Blogger Kreatif.

 

 

Kartu Nama Custom Bagus

 

 

Ini adalah Custom Merchandise/Souvenir Blog yang harus kalian miliki pertama. Begini, sebagai manusia, kita tidak akan pernah tau akan bertemu siapa beberapa detik kemudian. Jadi, manfaatkan setiap pertemuan kalian dengan orang-orang baru untuk membangun relasi atau pertemanan dengan salah satu cara melalui kartu nama.

 

Memang, kartu nama terkesan hanya selembar kertas ukuran kecil yang berisikan identitas kalian. Tapi, siapa yang tau setelah kalian memberikan atau bertukar kartu nama dengan seseorang yang baru kalian kenal, kalian mendapat tawaran kerjasama yang menggiurkan.

 

Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba membuatnya dan Pangeran rasa kalian juga tidak akan menyesal jika memiliki kartu nama. Apalagi, di Custom Bagus ada banyak sekali pilihan bahan berkualitas dengan harga yang pas.

 

 

Kaos Custom Bagus

 

 

Nah, Merchandise/Souvenir Blog kedua ini adalah Kaos. Yoi, dengan media kaos, kalian akan semakin gampang dikenali bahwa kalian seorang Blogger. Bukan cuman itu saja, dengan memiliki Kaos Custom Blog, kalian akan semakin dipermudah untuk mempromosikan blog kalian melalui media kaos ini.

 

Soal harga gimana Pangeran? Kan, biasanya kalo buat Kaos Custom gini suka mahal.

 

Tenang, untuk harga sendiri. Jujur, Custom Bagus sangat bersahabat. Contohnya untuk harga Kaos Sablon. Dengan bahan yang bisa kalian pilih sendiri, harganya mulai Rp37.000,- Kebayang gak, sih, bisa punya Kaos Custom dengan harga yang segitu? Pengalaman Pangeran sih, untuk membuat Kaos Custom seperti ini, butuh sekitar Rp80.000,- (harga wilayan Pekanbaru) dan jika dibandingkan dengan Custom Bagus, keknya jauh bangetkan?

 

 

Kalender Custom Bagus

 

 

“Lho! apa hubungannya menjadi Blogger Kreatif dengan Kalender, Pangeran?”

 

Justru inilah salah satu tips menjadi Blogger Kreatif yang KONSISTEN. Contohnya Pangeran, dalam satu minggu, Pangeran akan menandai kalender dengan ceklist untuk tanggal-tanggal apa saja blog ini harus diupdate. Apalagi, posisi kalender Pangeran berada tepat di depan meja kerja. Alhasil, Pangeran akan selalu inget dan berusaha semaksimal mungkin untuk menerbitkan postingan sesuai dengan jadwal yang sudah Pangeran buat di kalender.

 

Apalagi, di Custom Bagus, desain kalendernya bisa kalian buat sesuka kalian. Paling keren, di kalender itu ada nama Blog kalian. Yakin deh, bakalan semakin semangat ngeblognya dan akan gampang menjadi blogger yang konsisten.

 

Oke Pangeran. Tadi udah dijelasin apa-apa aja yang harus dimiliki oleh seorang Blogger Kreatif. Tapi, cara belanja di Custom Bagus gimana Pangeran?

 

Akhirnya, pertanyaan ini muncul juga. Bagi yang baru mampir di Custom Bagus, kalian pasti bingung bagaimana cara melakukan transaksi untuk bisa berbelanja di CustomBagus. Tapi tenang, di sini Pangeran aja menjelaskan bagaimana cara kerjanya.

 

Jadi, untuk pemesanan di Custom Bagus, ada 3 cara yang bisa kalian lakukan, yaitu :

 

Cara pemesanan di custom bagus
Live Chat, Email dan Hotline

 

 

Nah, silahkan kalian pilih dari 3 opsi yang diberikan oleh Custom Bagus. Sebenarnya, menurut Pangeran, cara ini paling memudahkan dalam kecepatan proses kerja. Karena, kita akan dihubungkan dengan admin Custom Bagus secara langsung untuk memudahkan dalam proses pemesanan. Pokoknya sistem kerjanya keren bangetlah.

 

Jadi, sekarang udah taukan bagaimana cara menjadi Blogger Kreatif via Custom Bagus? 

 

—o0o—

 

Okelah, sepertinya itulah tadi penjelasan tentang bagaimana cara supaya kalian bisa menjadi Blogger Kreatif via Custom Bagus. Jika kalian punya cara lain yang menarik untuk bisa dibagikan, silahkan komentar di bawah ya. Semoga informasi kali ini bermanfaat. Pangeran Wortel pamit.. See you..

Image : Custom Bagus

45 thoughts on “3 Cara Menjadi Blogger Kreatif via Custom Bagus

  1. huaaa.. gitu ya pange, buat konten yang enak dibaca kayaknya aku belum bisa, belum masuk dalam bloggku.
    semuanya belum ada dalam blogku, yang ada dipikiranku masih yang penting update. hehee… *payah banget.
    postingane bagus lah ini pang.

    1. Iya di. Harusnya gitu.. Gak apa2, seiring berjalannya waktu, pasti lo akan sampai pada tahap itu. Untuk sekarang, kalo masih yang penting update, gak apa2. Itu bebas, sih. CUman, kalo mau gampang dikenal pembaca. Lo harus kreatif nyiptain karakter lo sendiri. Gitu..

      Terimakasih Adi.. Semoga bermanfaat ya..

  2. adalagi bang supaya blog rame, pasang foto foto HOT, kaya sambel ijo, sambalado, sambel terasi. Gue mau coba giveaway kayanya bang, cuma masih menunggu dana. haha.

    Mungkin ini solusinya, kalo mau buka give away, bisa ke costum bagus, buat costum hadiahnya. baju keren juga. Gue paling suka tulisan alit di Blog, entah kenapa ada sesuatu kaya "Oh iya juga ya", gue mendapat pencerahan,so inspiring.

    1. -__- Kalo blog lo di pasang begituan mau, gak? Maksudnya coba buat Giveaway ya? Buruan dibuat.

      Nah, itu pinter. Pesennya di Custom Bagus aja, karena semuanya bisa secara custom buatnya.

      Oooo, jadi lo salah satu pembaca Bg Alit, ya? Iya, sih. Beliu emang sering nemuin sesuatu yg bikin pembacanya manggut-manggut. Nah, semoga lo bisa sukses seperti beliau.. Amin.

      Ini kenapa Kurma bisa komentar? Kurma Arab atau mana ini?

  3. Aku baca nomer 3 jadi puny ideeee hahaaa… boleh deh aku nyiapin marchendise blogku buat pembaca setia bbrp bulan sekali. hahahahaaaa thanks. tulisanmu menginspirasiku.

    1. Asekkk akhirnya gue bisa membuat pembaca punya ide.. Hehehehe.

      Boleh banget dong, vin. Biar pembaca blogmu makin inget kalo ditarik di kalender. Sama-sama Vin. Seneng bisa menginspirasi mu.

    1. Nah… Kalender juga perlu. Selain bisa nambah ownernya semangat ngeblog, kalo dibagikan akan nambah fungsi jadi promo. Selama setahun lagi.. Keren y?

      Yuk, buruan order di Custom Bagus.

  4. Huaaa. Konten yang enak dibaca itu abu-abu sih menurutku. Maksudnya, di satu post, ada sebagian yang nganggap kalau itu enak dibaca. Sebagian lainnya nganggap itu nggak enak dan lebih milih baca post lain. Kayak contohnya tutorial Facebook. Aku jujur lebih suka kalau tutorialnya diselipi curhatan atau ada komedinya. Daripads flat dan kaku dari awal sampe akhir. Tapi ada juga yang suka sama tutorial yang flat dan kaku. Setiap orang punya persepsi soal konten-yang-enak-dibaca-nya masing-masing sih menurutku Pangeran. Eh iya bener nggak sih? :'D

    Yuhuuu. Promosi lewat kaos. Keren keren. Kaos bisa dipake siapapun tanpa pandang kelamin. Itu cara kreatif sekaligus rada efektif ya, Pange. Harganya juga terjangkau. Bisa deh dipesan banyak buat jadi hadiah Giveaway misalnya. 😀

    1. Nah, yang Icha maksud gak salah kok. Soal konten yg enek dibaca emang abu-abu banget. Karena, setiap orang punya selera yang berbeda. Sama kek Icha. Pangeran juga malah suka yg santai. Tapi… Maksud postingan ini itu, supaya yg nulis gak kelewatan. Terlalu banyak curhat. Jadinya esensi cara itu sendiri gk dapet.

      Soal komedi itu bumbu, ya. Bahkan tulisan yang awalnya serius, kalo udah ke campur komedi, ya gitu. Gurih2 gimana… Gitu.

      Tapi Intinya, apapun bentuk karyanya. Kita harus berusaha menulis yang terbaik, supaya paling nggak membuat pembaca gak kecewa.

      Gue jadi Inget quote kemaren cha.. Nanti deh, gue buat postnya sendiri.

      Yoi, kaos emang gampang dan efektif bgt. Bisa dipake siapa aja dan kapan aja. Monggo cha, next time kalo mau buat Giveaway, order di Custom Bagus aja ya..

    1. Nah… Bisa sekalian dibagi2 ke pembaca bro… Hahaha, itu mah, harganya gak terlalu mahal untuk Kaos dan banyak katalog lain yg bisa lo jadikan Merchandise gitu.. Coba cek dulu, deh..

  5. Kalau ada kemauan pasti bisa ya, karena rasa malas selalu ada rasanya jadi berat buat bikin sebuah kreatif dan bisa bermanfaat untuk orang pun rasanya jadi agak berat hahaha.

    1. Bener.. Males itu udah gak ada obatnya. Makanya, kalo emang udah Males. Kadang suka susah ngasi sarannya. Malah, kalo Pangeran ketemu yg cuhat gitu, mending jawab 'Hilangin dulu malesnya. Baru cerita lagi.'

      Ya… Manfaat itu gak harus tentang tutorial atau apapun. Misalnya nulis materi yang bisa buat pembaca ketawa. Setidaknya itu tetap disebut manfaat. Jadi, tetap semangat berkarya..

  6. maksudnya merchandise itu dibuat kayak giveway gitu yak? kan aku ga seberapa ngerti gimana bagi2nya.. 😀

    kalo aku sih emang kadang menerapkan salah satu atau salah dua dari poin yang pangeran tulis..kalopun aku curhat, sebisa mungkin aku tulis yang kira-kira enak dibaca, terlepas dari selera orang beda-beda ya.. terus emang sesekali kita kasih tips, biasanya tips ini yang bikin orang terarik sih..
    dan satu lagi, kita harus berpikir kalo orang punya seleranya masing-masing, dan suatu karya punya peminatnya masing-masing..jadi kita nggak perlu jadi kayak raditya dika, alitt, atau siapapun..kita harus jadi diri sendiri dalam menulis blog..ya kita kan personal blogger, harusnya orang bisa melihat siapa kita melalui tulisan.. kalo niru orang lain, ya yang dilihat orang lain, bukan diri kita yang sebenernya..

    1. Ya gak harus Giveaway sih. Kalo mau bagi2 langsu juga boleh.. 🙂 Gampang kok, cari aja di tab Contact Pangeran, nanti kita chattingan dan pangeran kasi alamat. Kirim deh. 😀 'Kenapa gue yang malah minta, ya?'

      Gini-gini. Kalo soal Selera, keknya akan gak ada habisnya dibahas. Jadi, seperti kata Permaisuri aja. Jadi diri sendiri. Inget, nulis itu jangan terlalu berpatok kepada sesuatu yg harus gimana2. Intinya ciptakan karakter sendiri. Kalo meniru itu wajar. Begitulah proses.

      Nanti, lama-lama juga ngerti sendiri dan pasti nemu passionnya dia itu harus ke mana dan ngapain..

      Apapun itu, tetap semangat terus ya…

  7. Wuaduh, kalo bermanfaat kayaknya gue nggak dapet deh. Kebanyakan curhat. Tapi bodo amat deh. Yang penting nulis. Sebenernya pengen juga yang bermanfaat, kayak ngasih tutorial gitu. 🙁

    Nah, kalo yang poin ketiga emang lagi pengen gue bikin nih. Promosi blog pake kaos. Nanti pergi ke mana-mana pake kaos, berharap ada yang iseng buka blog gue. Huehehe.

    1. Rob, manfaa itu gak harus tentang tutorial lho.. Lo curhat dan ada yang ketawa baca curhatan lo, atau malah menyadarkan masa lalu seseorang. Itu juga bagian dari manfaat.

      Jadi, tetep semangat ya. Di mata gue, curhat ataupun apalah itu, tentu semuanya ada manfaat. Cuman, terkadang bentuknya gak terlihat. Tapi tersirat. Makanya, jangan ngira postingan yg bisa bikin ketawa2 itu, gak ada manfaatnya.

      Bener rob. Kalo pake kaos dengan nama blog sendiri, pasti ada aja yg iseng ngetik URL di browser yang penasaran. Yaudah, order di Custom bagus aja rob..

  8. Ini tips bagus banget buat blogger pemula kayak gue. gue harus lebih kreatif nih dalam mengolah kata, kaya point pertama tadi. Walaupun kata2 nya berat makna harus gue olah jadi enak di baca. biar gak ngerepotin pembaca hehe

    Beberapa artikel gue sih, gue usahin selalu ada manfaat nya. walaupun kena atau gaknya sama si pembaca. hehe gue kayaknya perlu banget nih sama kalender, terus liat dari custom bagus tadi desain sendiri hehe. Thank you Pange!

    1. Lo Pemula feb? Kemaren ngisi materi di acara Blogger itu, masih dibilang pemula ya?? Terus, gue apaan?? Butiran debu?? -_-

      Baiknya gitu. ya, terkadang sebagai blogger itu, nemuin ide yang bener2 mentah. Jadi, kalo gak pinter menyajikannya, materi akan terlihat semakin kaku tentunya.

      Terlepas dari kenal atau nggak, itu ya wajar aja. Tapi, kalo bisa lebih kenalkan bagus feb.. Bener feb. Langsung order Custom Kalender lo di custom bagus, ya.

      Sama-sama feb.. Semangat!!!

  9. Tips yang jos banget buat blogger newbie kayak gue.
    Gue si klo nulis yang penting enak di baca walaupun sampe sekarang belum deh kayaknya.
    Klo untuk yang bermanfaat, ini apalagi. Masih jauh dari jangkauan. Banyak tulisan ngawur yang gak jelas di blog gue. Tulisan yang di buat hanya untuk yang penting update, klo masalah manfaat kayaknya nggak deh. Mungkin manfaat sebagai hiburan doang. Itu juga klo ada.. hehe
    Klo yang terakhir mungkin bisa gue lakukan dengan cara order ya bang. Gampang banget kan? Gak gampang itu duitnya bang.. hehe
    Nanti lah gue coba, klo ada rezeki.. hehe

    Sukses terus bang, semoga bisa menang. Kutunggu hadiahnya klo menang… hhehe

    1. Wah… Ikut seneng bisa ngasi yg Jos!!.. 😀

      Yakin dan terus belajar ya ki. Enak nulis itu cuman persoalan seberapa sering seseorang berlatih.

      Orang ketawa bawa blog lo itu, manfaat juga lho Nyol. Baik untuk kesehatan hati dan jantung. 🙂

      Hahaha, soal duitkan bisa ditabung dulu. Gak harus sekarang kok. Nanti saja jika sudah punya uang yang cukup untuk membaut sesuatu yang kreatif. Amin…

      Makasih doanya ki.. 🙂

  10. Membuat konten yang enak dibaca, duh jadi ragu kira-kira tulisan yang aku baca enak dibaca gak sama pengunjung. Takutnya aku pingin menyampaikan ini yang ditangkap sama pembaca malah itu.

    Bermanfaat, kayaknya semua blogger bertujuan untuk itu deh. Tulisannya dipublish dengan tujuan biar pembaca itu tau, kalaupun tulisannya isinya curhat pembaca juga bisa ikutan memecahkan masalahnya gitu. Aku sendiri belum tau apa tulisanku bermanfaat apa nggak.

    Kasih merchandise, yang ini nanti dulu deh. Beli kaos sendiri aja belum bisa 🙁

    Semoga sukses ya..

    1. Setidaknya, ketika lo enak ngebacanya. Pembaca juga bisa merasakan itu. Soal persepsi. Ya itu lumrah ki. Namanya juga manusia. Rambut sih, boleh sama hitam (bagi yg belum beruban), tapi isi otaknyakan beda-beda. Tetap jadi diri sendiri ya…

      Nah… itu tau ki. Ya, gini ki. Terkadang ada beberapa blogger ngerasa tulisannya curhat mulu dan gak ada manfaatnya. Padahal, curhatkan bisa menyehatkan buat diri kita. Terus, kalo orang lain bisa ketawa atau bahkan memperbaiki sikap meraka dari curhatakan kita. Masih yakin gak bermanfaat?.

      Semoga dapet rezeki dan bisa bagi2 ya ki. 🙂

      Amin.. Makasih doanya.

  11. Untuk jadi blogger yang kreatif, selain membuat tulisan yang enak dibaca dan bermanfaat, ternyata perlu punya merchandise blog juga ya.
    Benar juga, kalau ada blog yang memberikan merchandise pada setiap pembacanya, kayaknya pengunjung akan berdatangan ya..hi..hi..
    Ayo, Pangeran, buat merchandise blog-nya 🙂

  12. Lalu, tulisan wortel kapan bagi2 kaos nih? Kalender mungkin? Kan yang nulis yang ngasih tips.. jadi minimal ngasih contoh dulu Lah 😛

    Menurut gue sih, ada lagi… jujur jadi diri sendiri. Nantinya pasti kita bisa nemu sesuatu yang beda dari yang lain, sekalian bisa dijadiin personal branding.. begitulah kiranya~

    1. Sebelumnya udah pernah bg. Tapi, khusus regional Riau dulu. Doakan saja, kedepannya bisa bagi-bagi ke temen2 seluruh Indonesia. 🙂 Siap bg..

      Nah, itu juga perlu banget. Kadang, blogger itu pengen seperti ini itu sampe lupa kalo dirinya juga bisa membangun Personal Brandingnya sendiri… Terimakasih tambahannya bg.. 🙂

  13. Hmm banyak juga ya mas syarat untuk mejadi seorang blogger yang kreatif, tapi sih sebenarnya itu tergantung sama orangnya kalau orangnya giat yang hasilnya juga akan bagus tapi apabila orangnya malas ya hasilnya juga begitu pasti jauh dari harapan kita.

    1. Iya Kang… Tapi gak susah kok. Gampang ini. 🙂 Nah.. itu juga tambahan kg. Kalo udah gak giat dan males, urusan apa aja keknya gak bakalan dapet hasil. Bener gak, kg?

    1. Jangan terlalu pikirin bagusnya dulu Mas. Jadilah diri sendiri. Konten yg baik itu selalu berangkat dari hati. Jadi, gak usah takut ke mana-mana..

      Pasti bisa kok..

  14. Gue sampai saat ini masih berkutat di membuat konten yang menarik, Pange, bermanfaat nggaknya maish belm jelas, karena membuat konten yg menarik itu nggak gampang ternyata. 🙁

    Kadang sesekali nambahin referensi ilmu biar bermanfaat, malah larinya ke curhatan. xD

    Custombagus kayaknya gue pertama denger ini, kalo bisa diajak kerjasama, asyik juga. 😀 tapi biar bisa diajakin, blognya mesti bagus dulu. kontennya mesti menarik dulu. balik ke poin satu lagi gue.

    1. Begitulah kernyataannya bro. Tapi, tetap terus semangat dan jangan lupa untuk jadi diri sendiri. Karena, seperti komentar gue di atas. Sejatinya konten yg baik berangkat dari hati. 🙂

      Nggak apa-apalah. Hitung-hitung curhat terselubung. XD

      Hahahah.. Nah… itu yg perlu ditingkatkan lagi bro.. Semangat!!!

  15. Pengeraaannn… Ini kenapa postingannya kok keren.. Save save save, manfaat banget deh…

    Setuju sama yang nomor satu, harus enak dibaca itu penting banget. Karena dari awalnya aja udah nggak enak dibaca jangan harap semua postingan udah dibaca.. ngomong-ngomong yang ini mah pangeran udah berhasil, saya suka dengan gaya bahasa tulisan pangeran… 😀
    Nah, kayaknya kalo ini juga harus konsisten yah, mulai dari penggunakaan sudut pandang, aku, gue, saya, dll. Jadi biar postingan nggak beda-beda, jangan kayak saya labil.. wkwkwk…

    kedua bermanfaat, kayaknya emang setiap tulisan apapun pastinya menambah wawasan buat kita terus belajar. Soalnya belum pernah nemu tulisan yang nggak bermanfaat meskipun sekadar curhatan tapi paling tidak itu menghibur.

    Nah ini yang ketiga belum pernah nyoba sama sekali.. hahaha… Mungkin suatu saat akan coba… hihihi…

    1. Terimakasih kerennya Erni… Silahkan.. 🙂

      Alhamdulillah kalo Pangeran berhasil. Artinya, tips nomor 1 udah berhasil Pangeran lakukan ya Erni? Bener banget. Harus konsisten untuk kata gantinya. Awal nulis sih, emang kadang suka kecampur. Tapi, sebelum publish disesuaikan mana yg paling cocok dibuat dominan.

      Nah… bener banget. Kadang ada yg contohnya di komentar atas-atas ngerasa minder kalo Curhat itu gak ada manfaatnya. Sebenarnya kembali ke yg bacanya.

      Hahaha, kapan-kapan dicoba ya.. 🙂

  16. asique dah mulai merambah dunia lomba lagi ni ru..setelah kemaren ada yang nyantol juga hihi

    smangat

    eh aku baru engeh loh custom bagus bisa buat selain kaos…alias bisa buat pernak-pernik lain
    dari tata bahasa heru arya uda dah juara ini mah…gue haqul yaqin 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *