Cara Praktis Merapikan Template (tampilan) Blog

Cara Praktis Merapikan Template (tampilan) Blog

 

Merapikan atau mengedit template (tampilan) blog sebenarnya bukan sesuatu hal yang akan membuat rambut kalian tiba-tiba rontok. Untuk bisa memiliki tampilan blog yang rapi, simple, fast loading dan tentunya menarik, kalian juga tidak perlu harus merogoh kantong dalam-dalam.

Karena, dengan membaca panduan dari tulisan wortel ini, mudah-mudahan bisa membantu untuk bisa mempercantik tampilan blog kalian, yang berguna sekali untuk kenyamanan pembaca.

Jangan dia aja yang dibuat nyaman. Pembaca juga dong….

Namun, sebelum Pangeran jelaskan tentang bagaimana cara merapikan template (tampilan) di blog kalian, Pangeran akan menjelaskan 4 unsur yang harus kalian pahami baik-baik sebelum mengedit tampilan blog kalian. Yuk, mulai kita bahas.

Pahami 4 Unsur dalam sebuah Blog

4 Unsur yang wajib ada di sebuah blog/website

 

1. Header

Sering gak, denger kata barusan? Sebenarnya, header itu apa sih?

header-yang-baik-dalam-blog

 

Header itu gampangnya adalah bagian paling atas dari sebuah blog/website kalian. Biasanya header memiliki komponen seperti :
  1. Judul dan Deskripsi Blog (Bisa dalam bentuk teks atau gambar supaya terlihat lebih menarik)
  2. Search box (memudahkan pembaca untuk mencari konten yang dibutuhkan di blog kalian)
  3. Navigasi (Menu) Blog (biasanya berisi label dan page dari blog kalian)

Sebenarnya, pada bagian header tidak selalu terdiri dari 4 komponen itu. Karena, ada beberapa template gratis untuk blogger memiliki komponen tambahan seperti Akun Social Media, Slide, Jam, foto bersama mantan dll.

2. Post

 
Ada yang gak ngerti dengan post atau kebanyakan blogger menyebutnya postingan?

Koten dalam sebuah blog

 

Oke, Pangeran gak akan jelasin pengertiannya. Kalian jelas sudah mengerti. Tapi, Pangeran akan jelaskan fungsi dari postingan ini.

Postingan menurut Pangeran memiliki fungsi yang sama seperti sebuah buku. Menyampaikan infomasi melalui tulisan yang sering disebut konten. Makanya, 9 tips dasar ngeblog untuk pemula sebelumnya, Pangeran tidak menyarankan kalian fokus dengan urusan SEO dan saudaranya.Please! Lupakan SEO dulu. Fokus konten.

Pelajari terus bagaimana membuat konten yang baik dan menarik untuk pembaca. Kalo bisa, sampai membuat pembaca membagikan postingan kalian kepada orang lain. Itu sangat luar biasa.

3. Sidebar

Sidebar ini mempunyai banyak posisi. Ada yang meletakkan sidebar di bagian sebelah kiri, kanan bahkan kanan dan kiri. Itu tergantung dari kebutuhan kalian masing-masing.

Widget penting di blog

 

Biasanya, sidebar itu digunakan untuk menambah widget yang berguna untuk memberikan informasi tambahan dalam sebuah blog. Contohnya seperti : Postingan Baru, Postingan Populer, Profil Owner, Banner dll. Intinya sidebar itu membantu kalian untuk membuat pengalaman pembaca lebih mudah dalam menjelajahi blog kalian.

Nah, sebelum menambahkan widget, kalian harus tau tentang widget penting apa saja yang ada di blog. Tujuannya, supaya loading blog kalian tetap cepat saat diakses.

4. Footer

Jika di awal tadi Header adalah bagian paling atas dari sebuah blog/website. Footer adalah kebalikannya. Bagian paling bawah dari sebuah blog/website.

Pentingnya footer blog

 

Pada footer, biasanya diisi dengan widget dan credit title dari blog kalian. Tapi inget, setiap template memiliki jumlah widget yang bisa kalian tambahkan dalam jumlah yang berbeda.

Ada yang bisa ditambahkan 3 widget, 2 widget, bahkan hanya 1 widget. Ini sesuai dengan template yang kalian gunakan.

Cara Merapikan Template (Tampilan) Blog

Bagimana, apakah kalian sudah mengerti mengenai 4 unsur dalam sebuah blog?

Oke. Jika sudah. Sekarang saatnya Pangeran membongkar rahasia (Ciye.. rahasia tapi diomongin. Dasar emak-emak!!) bagaimana cara merapikan template blog kalian supaya pengunjung blog kalian semakin betah berlama-lama membaca konten yang kalian tulis.Tapi inget, jangan tampilan aja yang bagus. Konten juga harus bagus.

1. Pilih template yang rapi, responsive (mobile friendly) dan fast loading

 
Pangeran, template yang rapi, responsive dan fast loading itu seperti apa?

Ciri-ciri Blog yang Baik

 

Guys, saran Pangeran. Sebelum kalian mendownload template atau menggunakan template yang udah tersedia di platform kalian, coba perhatikan struktur dari template itu sendiri. Berikut cara melihatnya :

a. Template harus memiliki tata letak yang tidak sembarangan dan terdiri dari 4 unsur yang Pangeran jelaskan di awal.

b. Responsive pada semua perangkat. Untuk menguji blog kalian responsive atau nggak, cek di Pengujian Situs Mobile-Friendly atau Responsive Test.Nah, buat kalian yang bingung cara membuat blog menjadi resposive, jangan takut. Gunakan saja template mobile bawaan dari blogger. Tapi, kalo mau lebih profesional, download template yang mendukung responsive. Karena, kalian akan menyesal jika melihat riset di blog tulisan wortel ini :

Pengaruh Responsive Blog terhadap Jumlah Page View
Bedasarkan pengalaman dari gonta-ganti template sejak 2013-2015.

 

c. Fast loading. Jadi, sebelum kalian menggunakan template yang sudah kalian download, ada baiknya demo dari template tersebut kalian cek kecepatan loadingnya di PageSpeed Insight (Google) atau GT Metrix.

2. Atur Tata Letak di Homepage blog kalian

Homepage blog yang baik dan buruk

 

Menurut kalian, dari dua contoh di atas. Mana tampilan blog yang lebih rapi?

Tentunya yang A lebih rapi. Jika kalian ingin membuat blog kalian seperti pada ilustrasi A. Kalian bisa mengatur beberapa komponen yang tampil di homepage kalian berikut ini :

– Posisikan header dengan benar (left, center or right)

– Tentukan Navigasi yang jelas

– Tentukan berapa Jumlah Post yang sesuai dengan panjang sidebar

– Menambahkan Widget

– Buat credit title di bagian footer kalian

Kalo kalian bingung tentang cara mengatur tata letak homepage, klik home pada blog tulisan wortel ini. Perhatikan semua bagiannya. Dari mulai header, navigasi, post, sidebar dan footer tersusun rapikan? Lakukan hal yang sama.

3. Cerdas Menggunakan Widget

Kabarnya, semakin banyak jumlah widget yang kalian gunakan. Maka semakin berat pula loading blog kalian. Tapi, ini bukan ilmu pasti. Karena, Pangeran pernah menemukan blog dengan widget banyak, tapi tetep fast loading.

Cerdas Menggunakan Widget di Blog

 

Cuman.. platform blognya bukan blogger. Tapi wordpress.org. Karena Pangeran juga menggunakan Blogger, makanya panduan ini lebih banyak mengarah ke platform blogger.

Oke, biar loading blog kalian gak berat, Pangeran akan menjelaskan widget yang penting dan tidak penting untuk sebuah blog. Simak penjelasnnya di bawah ini.

Pahami widget penting untuk Blog
  • Search Box (Memudahkan dalam mencari artikel yang diinginkan)
  • Subscribe Blog (Memudahkan pengunjung mendapatkan update terbaru melalui langganan email)
  • Related Post (Artikel Terkait)
  • Popular Post (Postingan yang paling banyak dibaca)
  • Recent Post (Postingan terbaru) atau Arsip Post (Menampilkan semua postingan)
  • Label (Kategori)
  • Social Bookmark (Button social media kalian, FanPage, Timeline)
  • Button Share (Di bawah artikel)
  • Random Post (Tidak wajib, tapi masih boleh dipasang)
  • Recent Comment (Tidak wajib, tapi masih boleh dipasang)

Pahami widget tidak penting untuk Blog
  • Visitor Statistic (Aslinya, penggunaa alexa widget, flag counter dll itu, sebenarnya akan membuat loading blog kalian semakin berat. Hal ini karena widget ini harus menarik banyak data (yang nge-link) ke web sumber dari pemantau trafik blog kalian.
  • Flash/Animasi (Gambar animasi, kerlap-kerlip, flash, sebenarnya hanya akan menyilaukan mata pengunjung kalian dan sekaligus penggunaan widget ini akan memberatkan loading blog)

Lagian gini guys, bukan bermaksud apa-apa, sih. Kan gak penting banget harus “show up” jumlah pengunjung gitu. Apalagi nih, blognya masih baru. Udah, deh. Biarkan kita aja yang tau. Ya, nanti kalo pengunjungnya sudah mencapai 100.000, gak apa-apa deh, ditampilkan.

Semuanya kembali ke kalian.

4. Jangan mudah putus asa untuk merapikan tampilan blog

Jangan mudah putus asa

 

Pange, hubungan putus asa sama merapikan template blog apa ya?

Hehehe. Pangeran juga awalnya bingung mau jelasinnya gimana. Tapi, setelah Pangeran pikir ulang, ternyata kebanyakan blogger yang tampilan blognya (maaf) berantakan. Bukan disebabkan oleh ketidaktahuan mereka.

Melainkan mereka gampang putus asa.


Baca juga : 12 Kesalahan yang sering dilakukan Blogger (apalagi pemula)

Baru mengalami error dikit, udah pasrah. Besok gak mau nyobak lagi. Itu yang gak boleh. Kalian kalo pengen sesuatu yang luar biasa, action kalian juga harus luar biasa.

Jangan biasa-biasa saja.

Gak usah ngambil contoh jauh-jauh. Pangeran adalah tamatan mahasiswa Pertanian yang dilahirkan dari kampung dan daerah Pangeran masuk namanya internet itu, waktu zaman Pangeran baru masuk SMP (Mungkin udah lama, tapi Pangeran taunya pas SMP).

Ya, Pangeranpun hanya sekedar tau. Tapi, tidak ingin tau.

Sudahlah jurusan Pertanian, baru kenal internet, tidak ada 1% pun basic IT dalam diri Pangeran. Tapi, kenapa Pangeran bisa merapikan tampilan (setidaknya) blog Pangeran sendiri?

Karena Pangeran gak pernah putus asa untuk belajar dan action.

Jangan lewatkan Tips Blogging lainnya :
—-o0o—-

Semuanya sudah Pangeran jelaskan di postingan ini. Jadi, sekarang udah mulai ngertikan bagaimana cara merapikan template (tampilan) blog sendiri?

Gampangkan? Gampang kok. Kalian pasti bisa. Pangeran juga 3 tahun yang lalu belum mengerti apa-apa, merasa tabu dan acuh tak acuh. Tapi, Pangeran punya keinginan yang kuat dan tentunya tidak mudah putus asa untuk terus belajar, belajar, melakukan dan melakukan. Jos!! (Duh.. kenapa jadi mirip kesaksian MLM gini.. 😀)

Masih bingung? Kalo memang masih bingung, Pangeran kedepan akan coba menjelaskan lagi lebih detail tentang bagaimana cara merapikan blog kalian sendiri. Karena, kalo dibahas dalam 1 postingan, rasanya nggak cukup dan dijamin kalian akan jenuh.

Tapi, penjelasan di atas sudah sangat jelas menurut Pangeran. Hanya saja, setiap orang punya kemampuan pemahaman yang berbeda.

Kalo kalian gak ngerti, jangan takut untuk menanyakan di kolom komentar. Tapi maaf, jika komentar kalian tidak langsung Pangeran balas.

Ada dua alternatif yang bisa kalian lakukan :
  1. Sebelum klik publish komentar, ceklis “Notife Me” pada bagian sebelah kanan bawah form komentar. Jadi, nanti setelah komentar kalian Pangeran balas, kalian bisa tau. 🙂
  2. Buat pertanyaan dalam komentar yang meminta Pangeran untuk menjawab dalam sebuah postingan (kalo bisa, akan Pangeran buat postnya, kalo nggak, akan Pangeran arahkan ke link yang bisa membantu kalian)

Sudah jelaskan gimana cara supaya pertanyaan kalian bisa Pangeran jawab? Okelah, sepertinya ini dulu yang bisa Pangeran bagikan kali ini, jika kalian gak mau ketinggalan tips blogging selanjutnya, jangan lupa subscribe. Pangeran Wortel pamit. See you…

Image by : 
  • google.com
  • tulisanwortel.com

Pangeran Wortel

Blogger dari Kab. Bengkalis. Sukanya ngisi waktu luang untuk buat video, nulis di blog, desain feed instagram #bukanfakta dan kadang suka sendiri di pantai. Salam kenal..

52 thoughts to “Cara Praktis Merapikan Template (tampilan) Blog”

  1. Wew… bahasannya berat ini perkara tampilan blog. 😀

    Kalau menurutku topik tampilan blog itu sudah masuk kategori advanced ya Ru, yang "semestinya" nggak setiap blogger wajib menguasai hal tsb.

    Karena sebetulnya, menurutku blogger itu fokus utamanya adalah menulis alias menghasilkan konten. Sedangkan tampilan blog itu ranahnya para web developer. Itu pun masih masuk lagi ke ranahnya para front-end web developer.

    WordPress dan Blogger memang sudah berbaik hati menyediakan template-template yang dikembangkan oleh para web developer untuk mempermudah para blogger mendekor blog mereka. Tapi ya itu, untuk membuat template sesuai selera blogger ya… mau nggak mau harus belajar lebih banyak perkara web developer.

    Aku sih nggak mau kalau blogger (apalagi yang pemula) merasa terbebani untuk meng-customize atau malah menciptakan template blog. Karena ya itu tadi, ini tergolong ilmu advance.

    Apalagi untuk template responsive. Itu nggak hanya perlu pengetahuan seputar HTML dan CSS saja, melainkan juga JavaScript.

    Tapi ya untuk para blogger yang ingin menguasai ilmu template blog ini aku kasih jempol. Aku apresiasi niat dan usaha mereka. 😀

    Good Luck! 😀

    1. Bener kata Mas Mawi, untuk desain, blogger tidak diharuskan menguasai sebab sudah masuk ke ranah desain secara khusus (UI dan UX) serta koding (front-end developer).

      Ya, kalo mau pilihan bijak, lebih baik menggunakan template yang sudah ready. Baik secara desain maupun loadnya. Hanya saja, harus cukup jeli karena secara tidak langsung, kita tidak ingin 'tampilan' blog yang dimiliki sama seperti blogger lainnya. Kendalanya di sini.

      "Tapi, ini bukan ilmu pasti. Karena, Pangeran pernah menemukan blog dengan widget banyak, tapi tetep fast loading."

      Sebenernya ini nggak cuman di WP. Bisa diakali tapi terserah yang punya sih. Kondisi ketika widget akan muncul sebanyak-banyaknya di home, bukan di post terkait. Itu saja sudah cukup membuatnya lebih cepat.

    2. Wah…. Master dunia Programming udah komen duluan, nih. Makasih buat Mas Jung dan Mas Mawi udah ngasi pengetahuan lebih kepada temen-temen pembaca tulisan wortel..

      Gue setuju sama Mas Mawi dan Mas jung, sebenarnya untuk seorang blogger (apalagi pemula) emang gak harus fokus dengan tampilan. Makanya, di sini gue ngasi saran ke mereka bahwa Konten masih no. 1 di mata google.

      Yang penting, sih, rapi dulu. Soal responsive atau nggak, kalo emang gak bisa, yaudah, cari yang udah jadi aja.

      Cuman… kalian harus nerima konsekuensi kalo ada kemungkinan tampilan blog kalian sama dengan blogger lain. Dan itu sering terjadi. 😀

      Untuk mas Jung, soal widget itu, bener juga, mas. Tapikan, cara sederhana kek gini, kalo mereka gak ngerti, mending disarankan yang gampang dulu.

      Lagian, bener kata mas Mawi, aga Advance kalo pengen merapikan tampilan blog sesuai selera. hehehe.

      Tapi, buat temen-temen yang lain, terus belajar dan jangan nyerah, ya.

  2. Enak bacanya ya, pange. Tapi… melakukannya yg susah. Hehe

    Punya gue kayaknya si fast loading. Cuma tata letak n warna yang masih belum kece. Kayaknya sih gitu. 😀

    Klo template tulisan wortel mah udah the best lah… 🙂

    1. Hahaha. Jangan gitu nyol, enak juga kok, melakukannya.

      Nah, kalo pengen lebih kece, pelajari pelan-pelan ya, ki. Biar tampilan blognya sesuai selera. 🙂

      Aduh.. The best? Belumlah… Masih banyak yg perlu diperbaiki.

    1. Gak terlalu fast tapi lumayan ya mbak? hehehe. Aman itu… 😀 Iya, sih. Kadang banyak orang udah jatuh cinta sama tampilannya, ya meskipun loadingnya agak-agak, sih.

  3. Ngurusin template blog itu kaya belajar naik motor sih menurut gue, di biasakan aja, ntar lama2 bisa sendiri, ngerti sendiri.

    Oh iya, btw itu cara baca diagram unique nya gimana sih ? 00 – 2,5 itu apa? Jumlah manusia kah atau apa yak?

    Keren postingannya euy, bermanfaat, sering2 bagi tips beginian dong, kalo bisa sekalian contoh scriptnya biar yg gak paham kek kita2 bisa tau eheheh

    1. Setuju San. Setuju banget sama perumpamaan lo. Ngedit template itu emang harus sabar dan tekun, biar gak gampang putus asa.

      Cara menghitungnya gampang san, gue sih, awalnya udah buat ribuan, kok kesannya agak sombong, ya. XD Makanya, gue buat 500 = 0,5 1000 = 1.0 dan kelipatan selanjutnya. Itu jumlah pageviewnya san.

      Makasih kerennya. Lo gak paham san? yakin nih? Terus yang ngedit blog lo siapa??? -_-

  4. Wihh pangeran kalo bikin postingan selalu niat ya? Pake ada grafik page views pertahun euy. Cuman itu kenapa rentang angkanya dari 0-2.5 doang? Padahal yg berkunjung pasti lebih dari 2.5 orang, kan? Hehe.

    1. Harus dong us.. Namanya pengen ngasi konten yang bagus. Jadi, jangan setengah-setengah.

      Iya, us. Udah gue jelasin di komentarnya Isan di atas. Intinya biar gak sombong, aja. 😀

    1. Yoi mas Bimo… Responsive di zaman sekarang itu, penting banget. Rugi aja, sih, blog kita gak mendukung banyak perangkat. 😀 Rugi viewnya. 😀

      Nah, itu bener. Makin rapi makin betah. Tapi inget KONTEN TETEP NO. 1

  5. Wahahaha iya nih. Sidebar emang penting sih buat naruh info2 gitu. Tapi gue suka yang tulisannya di tengah gitu. Jadinya, template yang sekarang sidebarnya ngumpet. Terus gak ada yang liat. Muehehe. :))

  6. Aku termasuk blogger yang tak tau dan juga putus asa. Fix. Aku nggak ngerti soal template apa segala macam tapi aku nggak bersikeras buat cari tau. Huhuhu.

    Makasih udah bikin beginian. Maksudnya, udah nulis postingan begini. Huufh. Belajar soal merapikan tampilan blog udah kayak merapikan hati yang berantakan karena putus cinta. Harus pelan-pelan dan sabar. Pasti nanti bisa. Tergantung niat dan usaha kan.

    Btw, seandainya hatinya si dia ada sidebarnya. Biar bisa memudahkan aku buat menjelajahi isi hatinya, Pange. Huhuhu.

    SIAL. AKU KOMEN APA BARUSAN? :(((

  7. Karena masih make yang gratisan aku gak terlalu musingin masalah template. Tapi tetap aja beberapa kali nguji di GT Metrix untuk ngeliat templatenya fast loading apa enggak. Sampe dapat yang fast loading, yaudah pake template itu aja.

    Lagian, di wordpress itu gampang kalo soal template. Semuanya udah friendly banget untuk semua device. Jadi, sekarang cuma merapikan tulisan biar lebih enak dibaca.

    1. Katanya gak musingin. Tapi dicek mulu. Itu pusing juga yu!!! -_-

      Gak juga, sih yu. Ada banyak yang harus lo perhatikan di WordPress. Hehehe.

      Yoi, kalo emang bingung, gak usah dipaksakan. Fokus aja ke konten.

  8. Emang sih ya , masalah template juga berperan penting untuk blog.Karena kan ada juga ya pembaca yang senang dengan tampilan blog tersebut karena template nya atau semacamnya.

    Jujur , kalo masalah template , aku masih nyari template yang benar benar pas dengan aku nya sendiri dan benar benar sreg dengan blog ku itu.

    Pengennya sih punya template premium , tapi itu baru pengennya , belum kesampean ha ha ha…

    1. Penting banget, sih nggak menurut gue bro. Tapi, pendukung gitulah. Jadi, semacam bumbu penyedap aja. Sebenarnya, tanpa itu tetep enak. Cuman, kalo ditambah itu, makin enak pake banget. 😀

      Semoga pencariannya segera ketemu ya, bro. Mungkin perlu bertapa dulu, biar nemu.

      Sama, gue juga pengen sih, bilang pengen. Tapi, masih pengen.

  9. Her, suka banget kalau kamu udah bahas masalah blog gini. Bahasanya mudah dimengerti, tapi.. You know lah prakteknya g bisa 1 atau 2 kali jadi, hahahahha

    Aku pingin banget punya tampilan blog yang responsive, tapi masih g brani her buat ngutak ngatik, butuh bimbingan langsung kayak kamu deh, biar bisa jago (modus)

    Eh besok2 bahas caranya bikin tampilan blog yang responsive dong

    1. Duh.. Pipit suka gitu.. Jadi malu. 😀 ALhamdulillah kalo mudah dimengerti, ya pit. Eh, tapi prakteknya juga jangan lupa dong.. 🙂

      Hahaha. Apaan banget, bimbingan langsung.. 😀

      Oke.. Kalo gak ketumpuk antrian post lainnya, ya. 🙂

  10. penilaian para pengunjung yang pertama itu biasanya cepet atau ngaknya saat mengakses blog, kedua itu templatenya gemana, ketiga baru kontennya..
    kalau dari awal aja ngaksesnya udah lama, pasti langsung di close.. hehehe
    saya aja sampai sekarang masih gonta ganti template.. tapi semoga saja ini yang terakhir.. hahaha

  11. Menurut gw template itu bagaikan jodoh, kalau udah sreg sama templatenya pasti gak bakalan ngelirik template yang lain, dan dulu gw juga pernah merasakannya setiap minggu kerjaan gw ganti template mulu sehingga gw lupa ke konten. dan alhamdulillah sekarang sudah fix sama template anu dan ada satu yang masih kurang, you know lah pange 😀 Hehehe

    1. Halah. Ini bawa-bawa jodoh pulak. XD Gue udah sreg, sih. Tapi masih milih-milih Rob. 😀 Karena, yang sempurna cuman milik Allah. 🙂

      Alhamdulillah perihal template gini, udah nemu ya, rob, jodohnya. Semoga segera klop deh.. 🙂

  12. Aku baca ini langsung dapet pencerahan buat blog sendiri. 😀

    Alhamdulillah selama ini aku mah nggak pentingin SEO hahaha tapi alhamdulillah sih kalo widget aku pake yang sekiranya penting jadi nggak ngeberatin loading website blogku.

    Btw Bang, makasih banget lho udah ngasih tau web buat cek kecepatan loading. Aku cek di PageSpeed Insight itu cucok banget hasilnya. Harus banyak yang diperbaiki nih huhuhu siap-siap dengan html 🙁

    Iya Bang bener, harus sabar sama blog mah. Nyerah dikit mana bisa selesai masalahnya. 🙂

    1. Alhamdulillah. Jadi seneng, setelah baca bisa langsung cerah… "awas, lho. kepanasan." XD

      NICE. Artinya beberapa tahapan udah dilakukan dengan benar.

      Sama-sama. Duh… Ternyata kecepatan blognya masih lumayan gimana gitu, ya? Yang sabar dan terus belajar. 🙂

      Yoi… Sabar emang kuncinya. Semangat ya…

  13. Wah pange.
    barusan ane liat Kecepatan Blog ane ama blog pange.
    ternyata blog ane masih tergolong Lambat.
    Nanti kalo ada waktu ane mau acak-acak blog ane supaya ga lambat kayak punya pange.
    Nice info banget pange,
    i Baru tahu 🙂

  14. Gue baru aja nulis tentang tema yang sama haha. Berhubung gue cuma blogger biasa, jadi nggak begitu mahir untuk memperindah blog dengan templat dengan sekelumit koding. Paling cuma ngubah dikit-dikit doang.

    Setuju banget sama template yang baiknya nggak terlalu banyak widget yang aneh-aneh. Makanya sidebar di blog gue juga nggak aneh-aneh. Btw, gue pake widget pageview loh di blog gue, meskipun visitornya baru 4ribuan wkwkw.

  15. Ini nih yang saya cari2 dn sy mau tanyakan dari kemarin2 sama mas her.

    Di gmtrix sya masukin alamat blog sya, page speednya dapat D. yslow scorenya dpat E, gmana tuh mas her? blog sya lmbat ya? pdhal sya pakenya tmplate bawaan blogger, widgetnya juga g terlalu banyak.

    Oiya, satu lagi,setau saya ada yang download tmplate trus mereka edit2 lagi. itu cranya gmana mas? apakah kita harus ngerti kode html atau gmana? mhon bantuannya mas her

    1. Akhirnya kejawab ya Mas? Hehehe.

      Kalo score jangan terlalu dipikirkan. Tapi, load timenya. Berapa detik diaksesnya Reyhan. Karena, score itu, banyak hal yang harus dicek lagi. Soal template bawaan atau nggak, itu pengaruhnya ke cara mengelola blognya.

      Ada, bisa di download gratis dan banyak sekali penyedia. Silahkan dicoba kalo memang bingung buat template sendiri. Caranya gampang kok, tinggal download, kemudian upload yg udah didonwnload di template ita.

      Bener banget. Kalo mau ngedit blog, harus ngerti html, css, javascript juga.

  16. Baru mampir kembali di Tulisan Wortel. 😀

    Baca postingan ini jadi iri sama orang2 yang emang niat ngerapiin templatenya. Gue mah kalo ada waktu aja, kalo ada juga paling ngatur dikit2..

  17. Makin hari makin keren kamu Her, udah ahli gitu kayaknya di dunia perbloggingan. Aku aja masih banyak belajar ini hheeeuuuu
    Setuju sih poin-poin penting, blog tuh harus responsive dan gak lemot. gak usah banyakin widget. Eh aku baru tau lho kalau data jumlah pengunjung bikin blog jadi berat. padahal aku juga pakai, duh

    1. Aduhh… Heru mah, biasa aja kak. Gak ada keren2nya. Hihihi. Sama kak, Heru juga masih #terusbelajar sampe sekarang.

      Setuju sama kak Mei!!! Iya, kak. Kepastiannya karena dia harus mengambil data yang banyak banget. Makanya, loadnya jadi lama kalo dipasang itu.

  18. kok kurang enak ya mas pake kata "postingan", mungkin pake "content" lebih pas wkwkwk. . .

    blog baru biasanya diisi pake lagu mas (kayak friendster dulu) wkwkwk. . .

    yang penting untuk Google sekarang sih Mobile Friendly. . .

    1. Hem… Kalo aku sih, menyebutnya sesuai kebiasaan aja. Ya, kalo kurang pas, maaf ya mas. Termakasih sarannya.

      Hahaha2. Jadi inget zaman itu.. Mobile Friendly dan Fast loading dong mas.. Mobile Friendly aja tapi gak fast kasihan.. 🙂

  19. Bener nih, jleb juga yang bagian "Gunakan widget seperlunya, bukan sebanyak banyaknya". Sekarang udah ngurangin penggunaan kalender, jam, akuarium kecil, real time page visitor, karena mulai sadar kalau ngeblog yang penting adalah kontennya dan layoutnya yg simple dan ringan untuk dibaca.

    Thankyou tipsnya, Pangeran Wortel 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *