11 Cara Menjadi Blogger Konsisten – Bagian 2

Hallo guys. Pangeran bersyukur akhirnya bisa menyelesaikan Bagian ke-2 ini dengan proses yang boleh dibilang rumit. Karena, sejak kemaren malam dan sampai postingan ini diketik, kondisi kesehatan  Pangeran sedang tidak baik. Tapi, begitulah kalo kalian mau jadi blogger konsisten sejati, tidak ada kata nanti.

 

Baca juga : 11 Cara Menjadi Blogger Konsisten – Bagian 1

 

Okelah, karena ini postingan bagian kedua, tentunya akan lebih panjang. Jadi, jangan lupa untuk siapkan cemilan dan selamat membaca 11 Cara Menjadi Blogger Konsisten – Bagian 2 :

 

5. Belajar dari Kesuksesan Blogger Lain

 

belajar-dari-blogger-yang-sukses

 

 

Selama ini, belajar menurut Pangeran adalah cara yang memang sulit untuk ditinggalkan. Entah itu belajar dengan alam, lingkungan, sahabat, orang lain, bahkan mantan sekalipun akan Pangeran lakukan untuk terus menjadi konsisten.

 

Terus, kaitannya belajar dari kesuksesan blogger lain apa Pangeran?

 

Begini. Entah sadar ataupun tidak, ketika kalian memilih jalan menjadi blogger, tentunya ada sosok something di belakang kalian. Entah itu niatnya cuman iseng-iseng doang. Pangeran yakin selalu ada orang yang udah sukses sedang berada di hati kalian untuk membuat kalian bisa terus maju dalam berkarya.

 

Sebagai blogger personal contohnya, Pangeran juga selalu belajar dari blogger pendahulu yang udah sukses tentunya. Hal-hal yang Pangeran pelajari dari mereka bukan tentang bagaimana mereka mengembangkan blog saja. Tapi tentang bagaimana cara mereka menulis, mengembangkan ide dan yang selalu Pangeran pelajari adalah yang kita bahasa sekarang. Konsistensi mereka.

 

Jujur, jauh sebelum kenal bg Radit dengan buku pertamanya yang diangkat blog, bg Benakribo dengan kribonya, bg Alit dengan motivasinya. Pangeran justru lebih mengenal blogger dari luar negeri atau lebih tepatnya negeri tetangga. Malaysia.

 

Mereka adalah blogger yang selalu Pangeran jadikan tempat untuk menimba ilmu, semangat dan tentunya konsistensi itu sendiri. Kebanyakan memang blogger cewek dari Malaysia. Bukan karena mereka cewek, tapi memang mereka berkualitas dan pantas untuk dijadikan panutan.

 

Sejak Pangeran kenal blog mereka, itulah awal Pangeran bangkit kembali di tahun 2012 yang lalu untuk perlahan memperbaiki blog dan isinya.

 

Sempat mengalami hiatus yang panjang dan harus nulis lagi, itu bukan pekerjaan mudah untuk bisa mencapai titik konsisten yang sebenarnya. Tapi, setiap Pangeran merasa lemah, merasa tidak bisa mengembangkan ide tulisan, stuck, writer’s block, dan semua hal yang membuat Pangeran semakin jauh dengan dunia blog, Pangeran akan kembali berkunjung ke blog mereka. Blogger yang selalu jadi panutan Pangeran.

 

Pangeran akan membaca cerita mereka, entah itu yang baru ataupun lama. Yang jelas, setiap membaca satu postingan dari mereka, ada sesuatu yang tiba-tiba menyala di kepala. Yoi. SEMANGAT!!.

 

Nah, begitulah pentingnya belajar dari kesuksesan blogger lain. Sejauh yang Pangeran pelajari selama ini, orang-orang yang sukses dibidangnya bukan mereka yang plin-plan dengan pilihan mereka sendiri, melainkan mereka orang-orang yang konsisten.

 

Jadi, mulai sekarang belajarlah dari kesuksesan blogger lainnya.

 

6. Jangan Pernah Merasa Puas

 

jangan-pernah-merasa-puas-terus-belajar-dan-belajar

 

 

Cara ini bisa diartikan dua pandangan. Pertama, tentang orang-orang yang optimis untuk maju. Kedua, tentang menjadi sombong.

 

Jadi, sebelum kalian lebih jauh memahami cara ini. Tentukan dulu arah kalian. Karena ada sebagian orang berasumsi bahwa tidak merasa puas adalah orang yang tidak pandai bersyukur. Tapi, ada juga tidak merasa puas karena ia ingin terus mempelajari supaya bisa berbagi kepada orang lain. Jadi, soal ini kembali ke hari nurani kalian masing-masing.

 

Sejatinya, Pangeran mengajarkan cara ini bukan untuk membuat kalian menjadi orang sombong, tapi justru sebaliknya, pribadi yang bersyukur.

 

Merasa puas yang Pangeran maksudkan di sini adalah tentang bagaimana kalian menjalani di dunia blogger. Inget! Blogger yang ngakunya iseng sekalipun, pasti dalam dirinya tetap punya target. Nah, setelah target itu tercapai? Apakah kalian akan jalan di tempat? Jika jawaban dalam hati kalian ‘Iya.’ Jangan lanjutkan cara ini. Lewatkan atau close saja tab ini. Namun…. jika jawaban kalian ‘Tidak.’ Pangeran akan membuktikan bahwa cara ini bukan untuk menjadi sombong.

 

Jadi gini, ketika kalian sudah sampai pada target yang kalian buat. Jangan pernah puas. Contoh sederhananya dalam membuat tulisan yang enak dibaca. Benar. Ini bukan pekerjaan mudah. Tapi, ketika kalian sudah merasa tulisan kalian enak dibaca. Bersiaplah untuk menjadi orang sombong.

 

Ingat! Jangan pernah merasa apapun untuk menjadi blogger yang konsisten. Teruslah untuk belajar, jangan pernah merasa kalian sudah menjadi yang terbaik. Ingat dengan pepatah  ini :

 

‘Di atas langit masih ada langit lagi.’

 

Nah, sekarang apakah sudah mulai mengerti pada saat kapan kalian harus merasa tidak pernah puas? Jika belum. Baca kembali pada kalimat yang Pangeran tekankan. Yaitu tentang target dan merasa.

 

Orang-orang yang membuat target dan dia merasa sudah benar-benar sampai, itulah yang disebut sombong. Tapi, ketika seseorang membuat target dan tidak pernah merasa puas atas target yang mereka capai, mereka ingin terus belajar dan belajar. Itulah orang-orang yang disebut Optimis. Tapi ketika sudah sampai pada target. Jangan lupa bersyukur dahulu. Baru lanjut ke target selanjutnya.

 

Makanya, sebaik apapun karya yang sudah kalian buat, jangan pernah puas. Ingat, masih ada yang lebih baik dari karya kalian di luar sana. Dan satu lagi pesan dari Pangeran, untuk menjadi blogger yang konsisten, hilangkan sifat merasa lebih tau atau merasa lebih bisa. Itulah dua persepsi awal yang Pangeran jelaskan tadi.

 

7. Kreatif

 

jadilah-blogger-yang-kreatif

 

 

Ada banyak sekali di zaman sekarang yang memiliki blog dengan genre yang berbeda-beda. Contohnya saja genre Blogger Personal. Entah sudah berapa ratus ribu orang yang membuat blog baru dengan genre ini. Tapi, apakah semua blog baru yang dibuat itu akan tetep konsisten dan bertahan sampai sekarang?

 

Jawab di hati kalian masing-masing. Ternyata, blogger yang mampu bertahan dengan genre yang sejak awal ia pilih dan konsisten itu karena mereka kreatif. Menciptkan sesuatu inovasi yang paling beda dari blog lain.

 

Mengulik, menelaah, menggali, memahami, menjelajah lebih dalam  untuk menemukan emas berlian yang akan menjadikan mereka blogger yang mudah dikenal.

 

Terus Pangeran, apakah semua blogger harus kreatif supaya mereka mudah dikenal dan apakah itu yang menjadikan mereka konsisten?

 

Jawabannya iya. Memang, menemukan jati diri itu tidak gampang. Butuh waktu. Gak bisa hari ini buat blog, terus bsoknya udah nemu jati dirinya. Ada sih, yang pernah seperti itu. Tapi, sekarang sudah entah di belahan mana dia berada. #pengalamanpribadi

 

 

Untuk menjadi kreatif itu, jangan berpikir sulit dulu. Kalian BISA. Karena ada orang lain yang bisa kreatif, kenapa kalian tidak? Buktikan pada dunia bahwa kalian punya sesuatu yang membuat orang lain gampang mengenali kalian.

 

Mudahnya pembaca mengenal kalian, jelas ini akan semakin meningkatkan semangat kalian menjadi seorang blogger konsisten. Mendapatkan apresiasi dari mereka melalui Like, Share, Comment atau hal lainnya yang akan terus membuat kalian semangat. Temukan sesuatu yang berbeda dari blogger lain.

 

Jika kalian tidak bisa menyamai karya orang lain. Buat sesuatu yang berbeda. –Raditya Dika”

 

Entah kenapa, setiap Quote dengan nama Radit, kalian lebih percaya dengan kalimat itu. Jika dibandingkan dengan Pangeran yang membuat kalimat itu. Kenapa bisa seperti itu? Karena dia Kreatif dan dia berani beda dari yang lain. Patut untuk dicontoh.

 

8. Blogwalking

 

blogwalking

 

 

Cara ke delepan ini hampir sama dengan cara ke lima. Tapi, Pangeran akan menjelaskan lebih detail tentang kenapa seorang blogger bisa konsisten melalui Blogwalking.

 

Gini, setiap kalian berkunjung ke blog lain, pasti kalian menemukan sesuatu yang berbeda-beda. Mulai dari cara menulis, cara menciptkan karakter mereka di blog, cara mereka mengembangkan ide mereka sendiri dan cara mereka tetep bisa menulis secara konsisten.

 

Lagi-lagi untuk bisa mencapai menjadi blogger yang konsisten, kalian harus melakukan sesuatu kejahatan yang baik. Maksudnya, kalian akan Pangeran minta untuk mencuri.

 

What??? Mencuri Pange. Gak maulah.

 

Bukan mencuri blog yang kalian kunjungi. Tapi, mencuri semangat mereka. Ketika berkunjung di blog orang lain, kalian pasti akan dengan mudah untuk menentukan mana blogger yang konsisten dan semangat ngeblognya keren dengan blogger yang ya…… gitulah. Curi semangat mereka dan terapkan dalam diri kalian.

 

Setelah kalian Pangeran minta buat mencuri yang baik. Sekarang kalian harus menjadi blogger pembanding yang baik. Memang, membandingkan orang lain itu tidak baik. Tapi, jika membandingkan orang lain dengan diri kita apakah tidak baik? Tetap saja tidak baik.

 

Cuman, lain halnya jika kalian membandingkan semangat kalian dengan semangat blogger lain. Coba tanyakan dalam diri kalian : ‘Kenapa sih, dia bisa dan gue belum bisa?’

 

Jika sudah seperti itu. Biasanya kalo memang semangat ngeblog kalian keren. InsyaAllah kalian akan mudah menjadi blogger yang konsisten.

 

9. Membuat Konsep

 

membuat-konsep-tulisan-untuk-mengembangkan-ide-menjadi-materi-yang-utuh

 

Pangeran selalu yakin, orang yang sukses di dalam bidangnya, pasti mereka pernah merencanakannya. Mulai dari meniatkan, membuat target, memange waktu dan semua hal yang udah Pangeran bahas. Begitulah pentingnya sebuah konsep.

 

Kebanyakan blogger yang gak bisa konsisten, karena mereka tidak membuat konsep dalam setiap materi yang mau dibahas. Alhasil, muncul kalimat seperti ini :

 

 

 

 

 

 

 

 

Semua kalimat di atas Pangeran ambil dari komentar di postingan bagian 1. Sebagai bukti bahwa masih banyak blogger yang kesulitan mengembangkan ide mereka sendiri. Oke. Untuk mengatasi problem yang kalian alami, Pangeran akan berbagi cara yang Pangeran lakukan untuk mengembangkan ide yang udah Pangeran punya. Caranya gampang :

 

1. Temukan ide apapun dan tulis

 

2. Tulis ulang poin-poin atau penjabaran apa saja yang bisa kalian buat dari ide itu. Begini contohnya :

 

Misalkan idenya tentang jomlo. Buat poin-poin apa-apa saja tentang jomlo. Begini contohnya :
a. Jomlo itu selalu nonton  film sendiri
b. Jomlo itu kalo lihat orang pacaran pengen bakar-bakar
c. Jomlo itu kalo malam minggu ngemut kipas terus boboknya cepet
d. Jomlo itu gak selamanya tentang sendiri. Mending  jomlo daripada…… Ini jomlo versi Syariah.
e. Pilih jomlo atau pacaran?
f. Dan temukan poin-poin lain yang menurut kalian berkaitan dengan ide utama.

 

3. Tulis kembali dari poin-poin yang udah kalian buat menjadi 1 paragraf kecil. Panjangnya bebas. Minimal 3 kalimat. Biar makin paham, Pangeran kasi contoh :

 

Misalnya pada poin a : Kebiasanya jomlo nonton sendiri memang gak luput dari nistanya ngejomlo. Bahkan, ketika jomlo nonton berdua, besar kemungkinan mereka sama-sama jomlo. Atau mereka lagi meet up bareng para jomlo.

 

4. Gabungkan semua paragraf dan susun menjadi sebuah materi yang utuh

 

5. Lakukan pengeditan minimal 4x dan publish.
Gampangkan? Begitulah cara yang paling mudah dalam mengembangkan ide yang udah kalian dapat. Memang, kalo kalian cuman baca dari note doang. Gak bakalan nemu apa yang kalian bahas. Okelah kalo kalian lagi cemerlang pikirannya, lantas kalo sempet blank di tengah jalan. Lakukan cara ini.

 

 

10. Jangan Malas dan Pake Mood

jangan-malas-dan-badmood

 

 

Kalo kalian mau jadi blogger konsisten. Tapi, nyatanya kalian adalah orang yang malas. Udah, deh lupakan semua cara yang udah Pangeran jelasin dari awal. Karena, malas itu gak ada obatnya guys.

 

Jadi, sebanyak apapun cara menjadi blogger konsisten, kalo kalian malas? Mending gak usah baca deh. Bikin capek kalian aja. Makanya, untuk jadi blogger konsisten itu harus buang jauh-jauh rasa malas dan satu lagi. Ngeblog pake mood. Kedua hal itu kalo udah bertemu. Selamat deh, kalian gak akan ngeblog sampai kapanpun.

 

11. Action

 

Action

 

 

Akhirnya sampai juga di cara terakhir yang paling ampuh membuat kalian menjadi blogger konsisten. Yoi Action. Sebanyak apapun cara yang Pangeran kasi ke kalian, kalo nggak ada satupun yang kalian terapkan. Ya sama aja seperti kalian makan roti banyak-banyak, tapi endingnya tetep makan nasi juga. Rotinya seakan gak guna. Bener gak?

 

Jadi, tanpa alasan apapun, jika 11 Cara Menjadi Blogger Konsisten ini bisa kalian terapkan. Mudah-mudahan kalian bisa menjadi blogger konsisten sesungguhnya.

 

—o0o—

 

Sebelum Pangeran tutup. Terimakasih sudah mau membaca semua cara ini dengan khikmat dan bijaksana. Besar harapan Pangeran setelah kalian membaca ini, konsistensi ngeblog kalian makin keren. Untuk mendapatkan Ebooknya, klik download di bawah ini :

 

 

Buat yang sudah menerapkan semuanya dan berhasil di kemudian hari menjadi blogger konsisten. Sungguh senang sekali jika kalian membagikan cerita kalian ke email Pangeran atas suksesnya semua cara yg sudah Pangeran bagikan.

 

Sekali lagi terimakasih sudah mau membaca. Semua cara ini sudah Pangeran terapkan sejak tahun 2012 dan mengalami perkembangan yang semakin hari semakin keren. Sebenarnya, Pangeran juga akan menuliskan Free Ebook selanjutnya tentang bagaimana mengembangkan sebuah ide dengan metode rahasia dari Tulisan Wortel.

 

Semoga saja ada waktu luang untuk menuliskan semuanya. Yang jelas, apapun yang sudah Pangeran berikan kali ini tidak ada bermaksud menggurui. Sekali lagi tidak ada maksud. Hanya untuk berbagi pengalaman yang mungkin tidak banyak orang mau membagikannya secara cuma-cuma.

 

Untuk semua support yang selalu kalian berikan, terimakasih. Pangeran Wortel pamit. See you..

 

 

Image by : 
  • google.com
  • tulisanwortel.com

Heru Arya

Blogger kelahiran Bengkalis yang sudah jadi mantan Mahasiswa Pertanian. Sekarang sedang sibuk diam biar punya banyak emas.

74 thoughts to “11 Cara Menjadi Blogger Konsisten – Bagian 2”

  1. Saya juga bang ga pernah puas
    Udh punya cewek 1 pengen nambah lagi bang
    Karna g puas
    Apa inijuga termauk caranya juga bang?
    .
    Buang jauh rasa malasnya dimana buang? Dibuang k tps mana bang?

  2. Kalau yang belajar dari blogger lain, jelas banget kaitannya sama blogwalking. Ada beberapa blogger personal yang malah jadi blog favorit gue sekaligus gue jadikan panutan.

    Kalo ngikutin mood itu bakal capek hati. Ngikutin mood, seneng-seneng ngerjain yang lain, akhirnya gak nulis sebulan. Abis itu nyesel sendiri. 🙁

    1. Bener banget Rob. Saling berkaitan. Ciyee gue termasuk difavoritkan gak ni, sama Robby?

      Nah.. Itu tau Rob. Jadi, jangan terlalu ngikutin mood ya. Semangat!!

  3. Whoaaa. Lengkap banget, Pangeran. Aku paling setuju setuju setuju setuju sama blogwalking. Konsep 'mencuri' semangat dari blogger lain itu keren dan terbukti adanya. Kalau aku lagi nggak semangat buat nulis, blogwalking itu salah satu cara yang ampuh buat numbuhin semangat nulis. Bawaannya jadi dipecut sama cambukan gitu buat nulis postingan baru 😀

    Btw, kondisi lagi nggak baik? Pangeran lagi sakit? Sakit apa? Semoga cepet segeran yaaa! 😀

    1. Alhamdulillah kalo lengkap cha. Jadi yg baca juga gak ngerasa digantungin. Nah, seru bangetkan kalo bisa mencuri semangat Blogger lain ya cha. Kitanya jadi makin semangat pastinya.

      Ciyeee suka dicambuk..jadi inget film…… Ahsudahlah.

      Iya cha. Lagi sakit. What?? Segera kenapa cha? Semoga segera sembuh. Amin….

  4. Wah… akhirnya keluar juga. Klo di baca dari bagian 2. Gue emang belum konsisten dan masih cupu abis.

    Paling sulit buat konsep sehebat lo bang. Klo gue si nulis judul dan point besar langsung di ketik. Nah saat ngetik itu pengembangnya. Belum bisa konsep, besok deh Gue mulai nyoba.

    Wah udah ada ebook. Besok deh gue download di laptopnya. Sekarang masih via HP. :))

    1. Kenapa bisa ngerasa gitu ki?

      Gue sih blm bisa dibilang hebat ki. Hanya menerapkan cara yang mudah untuk bisa ngembangin ide. Gue kalo curhatan sih, kadang dibuat konsep, kadang nggak. Tapi, kalo cerpen dll harus. Karena alurnya harus jelas.

      Cuman klo cerita sehari-hari agak rumit, gue coba buat konsep. Biar bahasnya gampang

      Siapp nyol… Semoga bermanfaat ya..

  5. Penulis yang baik adalah pembaca yang rakus :))

    Kalo mau rutin menulis blog ya sering2 juga baca, entah itu baca blog orang lain, baca buku, baca situasi, baca kondisi dalam negeri…

    Btw ini tulisan sangat membantu pang, danke! :))

    1. Ciyeee quote ni Fandy… 😀

      Asekk, bener banget Fan. Kalo mau rutin ngeblog atau nulis, membaca juga bagian dari menemukan ide.

      Wah… Terimakasih fan. Semoga bermanfaat ya..

  6. Akhirnya kelar juga, aku kira ga bakal di post hari ini loh. Tapi akhirnya kelar jugaaa..

    Dari semua cara diatas yg susah itu buat konsep, aku lebih sering kalau nulis spontan aja tanpa ada rencana, semua yg ada diotak aku tulis jadi ngalir aja. Ya, walau kadang ga nyambung sih.

    Pange serius kalau ngedit sampe 4x? Aku cuma sekali atau 2 kali doang. Dan ya seperti yg pange bilang, masih banyak typo dimana-mana. Apalagi aku orangnya kalau udh dipost ga mau baca lagi, malu takut nyesel.

    Kalau soal BW, aku udh punya blogger personal yg paporit. Hampir kalau lagi bete baca blognya dia, abis blognya pembangkit mood sih wkwk 😀 tapi sayangnya itu, aku ga bisa ngikut gaya nulisnya yg lewes gitu.

    Oh iya, aku download ebooknya 1 yaaa. Mau ku jual, tapi bohong XD

    1. Akhirnya ya Nad. Ya, meskipun sampe gue bales komentar ini masih belum baikan. Yg penting kalian semua segera menjadi konsisten.

      Jangan bilang susah Nad. Kalo belajar dan terus belajar mudah2an bisa.

      Ciyeee punya Blogger favorit ya. Pangeran termasuk gak, nad?

      Wah.. Makasih. Hem.. Dijual ya? 😀

  7. wuuaah jadi sentilan banget buat gue beberapa poinnya. keren abis, harus gue terapin ni semua poinnya terutama yang membuat konsep. baru nyadar kalau nulis cuma ngandelin ingatan itu hasil materinya pasti jadi berantakan. sekali lagi makasih buat tipsnya pangeran. ngomong-ngomong SR itu singkatan nama gue sayid ridho. seterah mau manggil sayid atau ridho.

    1. Selamat kesentil ya Do.. Hahahaha.

      Sebaiknya dibuat konsep dulu bro, biar gampang buat ngembangin materinya.

      Sama-sama. Semoga bermanfaat ya.. Ow.. Singkatan. Sipp2.

  8. Bagian kedua ini lebih bisa dibilang advance daripada yang bagian pertama. Gue akan memulainya kembali dari titik terendah dan memuncak dengan pelan. Susah memang kalau mau ambil langkah selebar ini. Gue masih harus memperbaiki mindset dan niar. Baru mengarah kebagian 2 ini~

  9. salut draftnya heru sampek bikin konsepan segala
    aku sih suka blogwalking, jadi buka wawasan
    btw heru fotonya baru ya *lirik sidebar 😀

  10. Bag 2 mantaf bang her…

    Kreatif emang penting banget sih, hampir di semua bidang butuh sifat ini. Dan harus beda dari yg lain.

    'Penulis yg lebih lucu banyak, penulis yg lebih bagus banyak, tapi buat lah yg berbeda, karena berbeda membuatmu terlihat' Raditya dika.

    Gue ikutan ngutip kata2 nya bang radit ya bang her, boleh ya…hehehe

    Btw, rispek..!! Untuk berbagi ilmunya..

  11. Noted..
    Jangan cepat berpuas diri, kreatif, blogwalking belajar dari blogger lain dan jangan malas (moody)

    Bukan hal baru memang tapi terus menerus diingatkan pastinya akan terekam sendirinya dengan baik.. 🙂

    Trims mas

    1. Jangan males dong wida.. Semangat!!!!

      Harus bisa nemuin tujuan. Jujur aja, setiap selesai nulis Pangeran ngerasa bahagia. Apalagi komentar di blog lain. Double bahagia.

      Jadi, niatnya dikuatkan dulu ya.

  12. Gue juga blogger yang nggak konsisten, masih ngeblog sesempetnya. Di tahun 2014 udah ngelakuin hampir semua sarannya pangeran, dan memang blogging jadi menyenangkan banget. tapi setelah alat dan kondisi udah nggak memungkinkan ngeblog (warnet pun kagak ada di kampung gue), jadinya gue males. 🙁 ngumpulin rajinnya susah padahal, tapi pas ilang, ngembaliin niatnya susah bangeeettt… T.T

    sekarang pun begitu, ngeblog sesempetnya.

    1. Yaudah Haw, yuk sama-sama jadi Blogger Konsisten. Nah.. Benerkan? Bakalan seru dan spesial. Wahmm jadi lo ngeblog di warnet ya haw? Susah juga sih, kalo kendalanya gitu. Tapi tetep semangat Haw.. Gue pernah juga merasakan itu. Malah ngeblog dari smartphone gue pernah haw.

      Makanya, perbaiki kembali semangat ngeblog lo dari skrg.

  13. paling kesel kalo lagi males, akhirnya blognya enggak ada postingan baru deh. Haha. Untung udah enggak kaya ngeblog di tahun 2014, cuma ada 12 postingan dan bulan publishnya lompat2 dan berakhir dengan hiatus, syukurlah fase itu udah lewat.

    Gue sih udah jadwalin tiap bulan harus buat postingan, enggak boleh bolos, dan menurut gue kata "konsiten" buat tiap orang2 itu beda2 sih pangeran, ada yg udah bisa nulis 1 hari 1 artikel, 1 minggu 1 artikel, atau bahkan 1 bulan 1 artikel, selama dia enggak berhenti nulis dan keluar dari jadwal target postingnya dia masih kontisten.

    Gue suka merhatiin blogger2 lain lewat feed blogger, ada yang frekuensi updatenya bagus, sedang, atau pelan2 menghilang. buat tulisan wortel gue tempatin ke kategori bagus, selain itu juga blog pangeran artikelnya bermanfaat banget artikel2.y, cool. 🙂

    1. Suka KZL gimana… Gitu ya gung? Makanya jangan males lagi ya.

      Nah, bener yg lo bilang gung. Konsisten itu dilakukan dalam jangka waktu sama. Soal setiap minggu atau setiap bulan, itu bebas sih. Yang penting konsistennya. Jangan setiap bulan, tapi cuman 2 bulan pertama. Itu gk konsisten namanya.

      Asekk.. Gue dapet kategori bagus ya. Makasih gung. Seneng deh materi yg gue tulis bisa ada manfaatnya.

  14. Ajib bener blogger yang satu ini, menyajikan tips-tips yang menurut gue sangat sangat penting buat jadi Blogger personal yang konsisten, udah ada bagian dua, dan ebook nya lagi. Super!

    Tips yang nomer 5,6, dan 9 yang paling gue ambil pointnya. Terkadang kita harus melihat blogger-blogger pendahulu yang sudah sukses, lalu mengambil sisi positifnya ke diri kita.

    Jangan merasa cepat puas kalo sekiranya tulisan kita sudah enak dibaca, ini memang benar, walaupun tulisan kita sudah "sukses" kitah harus banyak belajar lagi dan sebelumnya kita harus bersyukur.

    Nah point yang nomor 9 yang mau gue terapin, menulis kan point point apa saja yang akan kita tulis pada postingan. Jadi nanti nya yang kita tuliskan gak akan mengambang ke arah lain.

    Dunlud dulu ah, thanks pangee

    1. Sebagai sesama blogger personal, lo juga harus konsisten ya fif. 🙂

      Yoi, sebagai tambahan energy supaya semangat ngeblognya makin keren.

      Harus ki. Karena selalu inget, masih ada yg terbaik dari kita. Jadi, teruslah belajar.

      Silahkan ki. Sama-sama. Semoga bermanfaat ya.. 🙂

  15. Iyanih jadi ngerasa engga konsisten banget. Bikin blog udh dari 2009 sih, tiap tahun pasti ada postingan, tapi ya gitu ga tentu kapan. Thanks sarannya, waaah sampe dibikin ebook juga keren keren!

  16. saya kalo nulis masih sering pake mood..
    kalo moodnya lagi pengen nulis ya saya nulis.. kalo ngak ya ngak..
    kadang itu tulisan udah jadi setengah, eh, mood nulisnya langsung ilang.. parah banget..
    serius itu konsepnya selembar kertas penuh gitu buat nulis satu postingan?
    ah, keren..
    harus mulai ngikutin caranya pangeran nih biar jadi blogger yang konsisten.. 🙂

    1. Hahaha, ya gitulah adanya kalo ngeblog pake mood. Bisa aja baru mikir judul, terus mood jelek, udah deh. Gak jadi post. XD

      Iya dong… Harus gitu.. Biar materi yg ditulis gak ke mana-man.

      Siap… Semoga bisa konsisten ya.. Semangat..

  17. Belajar bari blogger lain, iya bener banget. Dibelakang itu semua pasti ada sosok yang menginspirasi untuk jadi blogger walau niatnya iseng. Sama kek aku.

    Jangan merasa puas, ini ada sambungannya sama yang pertama sih. Kalau udah puas terus gak mau belajar akhirnya blognya tinggal nunggu waktu aja untuk hancur. Lagian merasa cepat puas itu bukan sifat aslinya manusia, manusia kan mahluk ambisius ya -> ngomong gini kek bukan manusia.

    Blogwalking, ini juga penting untuk seorang blogger. Selain bisa dapet inspirasi juga bisa dapet temen baru.

    Membuat konsep, aku kalau ada konsep sebisa mungkin langsung ditulis. Kalau gak bisa buka laptop tulis di hp dulu. Biar gak ilang.

    Jangan males dan pake mood, duh yang ini no comment. Aku juga sering gini.

    Action, kalau semua sudah diniatkan tapi gak ada actionnya kan percuma.

  18. Manggut2 aja bacanya.. setuju sih, gue juga dulu punya blogger panutan. Gue pengen jadi blogger yang blognya rame kayak blogger idola.. gue jadi rajin nulis banget waktu itu. Hampir semua grup blogger gue masukin demi terlihat eksis.

    Gue juga kadang suka nyatet ide. Lewat documents to go di hape gue biar nggak lupa.

    Dan persoalan yang rada susah dilakuin adalah kreatif. Karena banyak blogger yg terlalu niru idolanya. Sayangnya malah garing. Menurut gue faktor kecerdasan juga pengaruh sama yang satu Ini… 😀

    1. Ciyee tumben bener manggut-manggut bg. 😀 Dan sekarang gimana bg? Masih samakan rajinnya?

      Sama bg. Kalo gue juga gitu. Kalo gue di catatan.

      Yoi bg. Terinspirasi boleh, tapi jangan terlalu niru. Endingnya orang gak bisa mengenali karakter yg dibuat. Hahaha, kecerdasan iya juga ya bg. 😀

      Artinya gue termasuk cerdas gak, bg? XD

  19. Semua keluh kesah gue yang belum terjawab di tulisan lo yang bagian pertama kemarin, memang terjawab semua dibagian kedua ini.

    Gue sekarang paham kalau menulis tidak tergantung pada mood atau lagi adanya ide. Sebenarnya kata lain dari alasan seperti itu hanyalah malas. Tidak ada yang tidak bisa ditulis. Tapi terkadang kita sendiri yang dituntut untuk mengembangkan sebuah ide yang sederhana menjadi menarik. Dan lo udah bahas hingga tuntas di tulisan lo kali ini. Hebat!

    Dulu sebelum gue jadi blogger pun, gue terinspirasi dari Raditya Dika, dan satu lagi penulis dan peracik kata yang mungkin lo tau namanya, Dara Prayoga. Gue pengen banget sukses di usia muda, bisa punya blog ketjeh dan terbitin novel sendiri.

    1. Nah.. benerkan? Terjawab sudah. 🙂

      Yoi, akhirnya lo sadar sendiri ya bro. 😀 Malas itu blm ada obatnya. Dan mungkin cara terbaik mengatasinya adalah lo harus melawannya.

      Ow.. bg Radit sama bg Oga ya. Semangat terus bro… Semoga terwujud. Amin..

  20. Haalooo pangeraann! Duh, kan.. Tiap ke blognya pangeran sprtinya aku mndapatkan energy untuk ngeblog deh. Aku trmasuk konsisten apa gak ya?._. Sbulan 2 postingan doang. Beneran deh, kalo ke blognya pangeran gatau kenapa rasanya jd semangat ngeblog! Haha. Apalagi postingannya begini 😀

    Salah satu hal yang jarang atau gak pernah aku lakukan itu poin n0 9. Membuat konsep. Aku tiap nulis gak pernah dikonsep2in gtu. Alhasil, tulisan atau ceritanya jd bleber gak jelas *Ini bahasanya apaan bgt dah :')* mau nyeritain tntang ini, eh malah kesini, kdang pas udh slsai dipublish "Oh iya yg ini blm gue crtain" tp udh kepanjangan bgt.
    Mau coba ah dioret2 dlu dikertas sblm bkin postingan. Biar lebih teratur 🙂

    Soal males atau mood itu emg ngelawannya susah ._. Tp kalo gak dilawan gak ngeblog2 ntar. Akhir2 ini jg aku lg trserang virus males, males ngeblog apalagi bw. Gak usah bw, buka blog sndiri aja males bgt kmren._. Skrg tobat dlu deh. Aku mau bkin postingan dulu, abs itu bw 😀

    Terima kasih postingan penyemangatnya, pangeran! 😀

    1. Hello Lulu… Hm… Udah lama banget Lulu gak nimbrung di komentar. Kangen komentarmu yg panjang. 🙂 Alhamdulillah kalo gara-gara mampir di sini jadi tembah semangatnya..

      Hahaha, kelihatan banget lu. Soalnya setiap postinganmu malah ada kata 'Sebenarnya masih banyak cerita yg lain yg mau ditulis, tapi ini dulu deh.' 😀

      Selamat mencoba..

      Sama-sama lulu.. Terus semangat ya… Kangen postinganmu. 🙂

  21. Akhirnya sebelas cara dahsyat udah aku baca semua darimu Masbro. Kemarin waktu baca yang bagian pertama sih penasaran banget sama kelanjutannya. Dan sekarang sudah diposting bagian yang kedua + dikasih ebook nya bisa bikin aku makin konsisten nih kedepannya. Bakalan aku jadiin pegangan dan pemacu semangat nih ebooknya ketika aku udah mulai malas ngeblog lagi hehe.

    Dari ketujuh cara yang disampaikan di bagian kedua ini aku sangat setuju dengan poin nomor 10. Itu paling berpengaruh sekali tuh. Soalnya kalau ngeblog pake mood pasti nunggu mood baik dulu. Apalagi kalau malas itu pasti susah kalau nggak kita sendiri yang melawannya. ya kan?

    Terus kalau untuk yang membuat konsep itu sejauh ini aku juga melakukan seperti itu masbroo. Menjabarkan ide menjadi bagian-bagian kemudian menuliskannya. JAdi lebih lancar aja gitu nulisnya soalnya udah ada kerangkanya.

    1. Yey!! Akhirnya gue juga kelar nulisnya zam. 🙂 Wah… makasih lho, udah jadi pegangan buat memacu semangat ngeblognya lagi.

      Hahaha, yoi zam. Malas belum ada obatnya di apotik, makanya cara terbaik mengatasinya awal Melawan, karena jika nunggu ada obatnya. Gak bakalan bisa rajin sampai kapanpun.

      Asek.. Samaan kita ya. Bener banget, seakan nulisnya lebih luwes.. 🙂

  22. Pangeran Wortel cepat baikan yaaaa. Keren banget semangatnya, walaupun lagi nge-drop tapi tetap sanggup nge-blog.

    Aku jadi terinspirasi untuk melakukan tips-tips yang sudah Pangeran berikan. Bencananya sih, aku moody. Nah ini nih, wajib banget dihilangin sesegera mungkin kalo aku mau terus konsisten

    Makasih atas suntikan semangatnya Pangeran. Yosh.

    1. Makasih doanya cha.. 🙂 Buat kalian selalu semangat.. 🙂

      Harus dihilangkan dong, kalo mau konsisten. Moodyan itu bahaya banget.

      Ciyee serasa jadi dokter.. Pake suntik gitu. 😀 YOSH!!

  23. ru, yg no 8itu wajib dijalani deh hahaha. yg namanya jadi blogger konsisten itu sangatlah gak mudah, apalagi dengan proses.seperti itu, aku mah ngeblog pake mood, kadang kalo pake semacam konsep, malah gak berkembang jalan ceritanya :v

  24. Setujuuuu dengan semuanya pangeran… Iya keren nih ya, lengkap juga penerangannya dengan data-datanya… hehehehehe… 😀

    Apalagi yang belajar dari blogger lain yang sudah sukses, tentu itu bisa dijadikan sebagai jalan atau root biar kita bisa menapaki jalan kesuksesan tersebut dari jadi blogger ini… 😀

    Iya dong jangan malas, dan kudu kreatif…. 😀

  25. Super sekali pangeran pembahasannya jadi pembelajaran buat blogger pemula kayak saya. Belum sempet baca bagian pertama tapi di bagian kedua ini bener2 buat jadiin pelajaran banget.
    Jujur pas di poin buat konsep, selama ini kalo bikin pos sebelumnya idenya ga pernah dicatet dan cuma diinget doang. Jadi hasilnya apa adanya.
    Terus juga selama ini kalo nulis tergantung mood. Pokoknya abis baca ini semoga bisa dipraktekkin secepatnya. Terimakasih pangeran telah membagikan ilmunya 🙂

    1. Samangat terus ya. Gue juga pemula lho.. Jadi, sama-sama belajar ya.. 🙂

      Nah, kedepannya dicoba ya, untuk ditulis. Biar idenya makin keren pas ditulis utuh. 🙂

      Gitu dong… action.. Sama-sama. Semoga bermanfaat ya..

  26. Yauwloh pangeraaan. Andaikata semua poin dari yang pertama sampe yang terakhir bisa bener-bener aku realisasiin. Cuma, yah, mau gimnana lagi, tiep pengen jadi blogger konsisten, suka ada aja rintangannya buat anak kuliah semester akhir. Bayang-bayang pak dosen misalnya :"(
    Eh itu Pangeran kok bisa nyasar ke blogger Malaysia? Whoaa seru seru .___.

    1. Waduh… sampe nyebut gitu dev.. 😀 Gue juga pernah jadi mahasiswa semster akhir dev. Aslinya gak sesulit itu. COba lo lebih melihat sisi lain dari apa yg lo jalani. Pasti bisa nemu kenapa lo gak bisa konsisten. Inget, Niatnya sudah bener2 kuat belom?

      Bukan nyasar sih, tapi dikasi tau temen. Kalo ada blogger Malaysia yang keren banget. Gue coba lihat dan gue terinspirasi.. 🙂

      Semoga bisa konsisten ya Dev.. 🙂

  27. Herrrruù…kalok aku malah lebanjiran ide, ampek susah nuangkannya gimana ituh ihihiii

    Di kepala ampe ngebul klo ga ditulis tulis
    Tapi kalo ditulis masi ragu akan enak dibaca ato engga…mungkin bener kata kamu klo kudu dibikin konsepnya dulu kali yaa, pake kertas…aih, jadi makin menggelora semangat ngeblogku

    Btw gembulnita dah keliatan semangatnya blom her di tiap posting ecek eceknnyaa

    E jadi pnasaran blogger malaysia yang kamu idolakan itu siaposeee

    1. Duh… kalo Nita gue percaya aja udah konsisten. Keren deh, semangatnya.. BW-nya apalagi. 😀

      Nah, kadang kepikiran enak atau nggaknya itu karena gak tau mau dibawa ke mana materinya. Makanya, coba deh dibuat konsep gitu nit.

      Udahlah… Banget malah. 😀

      Ada deh… nanti deh, kalo sempet gue review blognya. 😀

  28. kena banget ke aku kayaknya ya bang :')
    ini aja udah menghilang dua bulanan di blog, kalo ngelesnya sih ya gt, banyak kegiatan di kampus lah, pengen baca-baca novel doang lah..

    oh iya bang, perlu nggk sih motivasi yang bener2 kokoh buat kita agar kita bener2 serius ngelakuin sesuatu, misalnya ya nulis atau ngeblog seperti ini.

    buat bang heru sendiri, ada nggk motivasi yang memang bener2 buat bang heru bisa sampai sejauh ini?

    maaf ya bang aku jd kayak blogger yang terus2an nyari jati dirinya sendiri :')
    soal motivasi itu, aku curhat dikit di sini bang: https://muhammadirsyadd.blogspot.co.id/2016/05/motivasi-terbaik.html
    kali aja paham maksudku bang hahaha

    1. Hahaha, semoga segera bangkit dari banyak alasan ya bro..

      Harus dan Perlu banget bro. Soalnya kadang semangat itu gak tau kapan naik turunnya. Jadi, dengan adanya motivasi, kita jadi makin yakin kalo karya yg kita buat itu keren. 🙂

      Motivasi gue selama ini Berbagi dan Mengabadikan kisah hidup gue melalui tulisan. SOalnya mau ngevlog, gue bukan siapa2. Mana ada yg mau tau kegiatan gue. Tapi, kalo nulis, bebas. Gitu sih. Intinya berbagi.

      Sipp gue ngerti maksdnya. Next time gak usah pasang link deh. Kalo gue ada waktu luang, pasti gue usahakan mampir.

    1. Kalo materinya berat, gue tulis di. Soalnya suka lupa gitu. Tapi, kalo mater ringan, gue tulis juga. Cuman poin2 aja, sih. 🙂

      Ada deh… nanti kalo ada waktu gue review deh… 🙂

  29. pertama, saya orangnya mood moodan. ada kalanya saya rajin. dan malas.

    kedua, kadang saya ragu. saya mau mosting tentang sesuatu, tapi tiba tiba mikir, buat apaan sih? terus jadiin draft. seminggu kemudian hapus.

    ketiga, saya masih suka gak jelas sama diri saya juga sih 😀 saya udah lama banget ngeblog tapi gak punya nice yang jelas.

    kelima, saya masih galau nih her. mantan saya barusan inbox besok ngajakin jalan.

    keenam, yaudahlah ya. mending saya coba nulis aja buat blogpost. galau lama lama gak bikin produktif. ya kan her? kapan kawin? 😀

  30. Lanjut pindah komen di sini setelah urusanku sama dokter selesai. 😀

    Aku dulu mulai ngeblog tahun 2006. Sekitar pas kuliah semester 5. Dulu itu aku nggak punya blogger yang jadi panutan. Jadi ngeblog ya nulis ya nulis aja. Sekitar tahun 2008 kenal sama tulisannya Raditya Dika. Tapi setelah aku pikir-pikir itu gaya berceritanya nggak sesuai sama gayaku. Bahkan sampai sekarang aku nggak punya blogger panutan.

    Blogwalking ya sering sih, membuka wawasan, sudut pandang, dll itu. Kadang ya merasa "terintimidasi" juga sama tulisan-tulisan blogger lain yang menurutku keren. Pernah nyoba niru gaya menulis mereka, tapi kok hasilnya malah nggak keluar dari hati.

    Jadi, menurutku ya menulis (blog itu kan hanya wadah) itu mesti dari hati. Kita mesti sering-sering berdialog dengan hati, membiarkan hati bicara, supaya apa yang kita tulis itu adalah cerminan dari jiwa kita.

    Ya pokoknya konsisten menulis itu dari hati lah. 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *