Cara Mengganti Template Blogger dalam 4 Langkah Mudah

Pada panduan kali ini, Pangeran akan membahas tentang bagaimana cara mengganti template blog di blogger (blogspot). Mungkin, bagi yang sudah lama memiliki blog, cara mengganti template adalah pekerjaan paling mudah.

 

Tapi, sayangnya tidak untuk para pemula. Beberapakali Pangeran menemukan di forum blogger, tertanyata masih banyak blogger (khususnya pemula) yang bingung cara mengganti template ini.
Makanya, di kesempatan kali ini, Pangeran akan memberikan panduan lengkapnya. Simak penjelasannya di bawah ini.

 

Cara Download Template Blog [gratis] di Blogger

 

Sebelum kita melangkah untuk mengganti template blog, Pangeran akan menjelaskan bagaimana cara download template blog yang keren dan tentunya gratis.

 

Ada dua alternatif yang bisa kalian pilih :
  1. Menggunakan template bawaan (default) dari Blogger
  2. Download template gratis di website penyedia template

 

Untuk mengganti template bawaan (default) dari blogger, panduannya sudah Pangeran tulis di cara memilih template default blogger yang baik. Nah, untuk yang kedua, baca panduannya di bawah ini.

 

Ada banyak sekali website yang menyediakan template yang gratis plus keren-keren di Internet. Tapi, supaya kalian nggak bingung, akan Pangeran kasi link rekomendasi website yang biasa jadi tempat Pangeran download template blog gratis :

 

Itulah kumpulan website yang bisa kalian gunakan untuk download template secara gratis. Tapi, sebelum mendownload template, ada hal-hal yang harus kalian perhatikan seperti :

 

Template harus Fast LoadingΒ 

 

Untuk menguji seberapa cepat template yang akan kalian download, silakan test link demo template menggunakan 2 tools berikut : PageSpeed Insights dan GT Metrix

 

Template harus Mobile Friendly

 

Sangat disayangkan, jika template yang kalian download tidak mendukung tampilan untuk semua perangkat. Mungkin kalian akan bertanya mengapa harus menggunakan template mobile friendly?

 

Jawabannya udah pernah Pangeran bahas di artikel kenapa blog harus mobile friendly?. Silakan baca pembahasan di link tersebut atau kalian akan kehilangan banyak pembaca dari tampilan mobile.

 

Template Harus Memiliki 4 Unsur Utama

 

Ini sangat perlu untuk membuat blog kalian lebih SEO friendly. Cara mengetahuinya sangat gampang. Jika ada 4 unsur seperti : Header, Post, Sidebar dan Footer di template yang akan kalian download. Itu sudah cukup untuk membuat navigasi dari karakter template blog yang bagus.

 

Jika sudah memahami karakter template yang bagus. Sekarang silakan download template di salah satu website yang Pangeran tulis di atas tadi.

 

Biasanya hasil file downloadnya dalam bentuk ZIP seperti ini :

 

cara mengganti template blogger

 

 

Setelah mendapatkan file ZIP-nya, sekarang silakan exstract file tersebut. Caranya klik kanan mouse pada file, kemudian pilih Extract Here.

 

Cara mengganti template Blogger
Nanti hasilnya akan seperti ini (Tapi tidak semua hasilnya sama seperti contoh pada gambar di bawah ini. Kadang ada yang hanya file XML-nya saja) :

 

Cara mengganti template Blogger

 

Nah, perhatikan tanda panah pada gambar di atas. Itulah file yang akan diupload ke template blog nanti. Pastikan format filenya XML Document.

 

Jika sampai di sini sudah mengerti, sekarang kita lanjutkan untuk panduan mengganti template hasil download kalian tadi.

 

Cara Mengganti (Mengubah) Template Blog di Blogger

1. Silakan login Blogger.com > Template > Cadangkan/Pulihkan. Begini caranya :

cara mengganti template blog di blogger

 

 

2. Selanjutnya silakan klik Cadangkan/Pulihkan seperti panah gambar di atas dan akan muncul Pop up seperti ini :

 

cara mengganti template blog

 

 

  • Tanda panah Merah digunakan untuk backup template blog kalian sebelumnya.Ya, siapa tau banyak kenangan bersama template yang lama dan pengen suatu saat dipasang kembali.
  • Tanda panah Orange digunakan untuk upload file template hasil download tadi. Inget, ya. Format filenya harus XML Document.

 

3. Setelah file template blog yang baru sudah kalian pilih, silakan klik Unggah/Upload.

 

4. Tunggu beberapa saat dan selamat. Template blog baru kalian yang keren sudah bisa digunakan.

 

Gimana, mudahkan cara mengganti template blog?
Tapi, jika masih bingung, silakan tanya di kolom komentar, ya.

 

Nah, setelah template blog kalian sudah diganti dengan yang baru, sekarang saatnya untuk merapikan template tersebut. Panduannya udah Pangeran tulis di bawah ini :

 

Panduan Terkait

Cara Merapikan Template (tampilan) Blog

Merapikan template blog akan sangat berguna untuk kepuasan dan kenyamanan pembaca. Jika kalian ingin membuat pembaca bertahan lama untuk mengunjungi blog kalian, terapkan panduan ini.

BACA PANDUANNYA >

 

Ow, ya. Jika kalian ingin mempercantik dan mengedit template blog kalian menjadi lebih keren, silakan baca panduan lengkapnya dibawah ini :

 

Panduan Terkait

Cara Mendesain Blog Menjadi Keren

Ada banyak sekali panduan di halaman ini yang bisa sahabat gunakan untuk memperindah tampilan di blog. Temukan dan buat desain blog sesuai keinginan kalian sendiri.

BACA PANDUANNYA >

 

 

—o0o—

 

Begitulah tadi panduan bagaimana cara mengganti template blog di blogger dan Pangeran juga menjelaskan bagaimana cara membackup template, merapikan template serta mempercantik template blog kalian.

 

Okelah, jika ada pertanyaan atau request tutorial, silakan tulis di komentar. Seperti biasa. Terimakasih sudah membaca. Jika bermanfaat jangan lupa dishare. Pangeran Wortel pamit. See you…

Heru Arya

Blogger kelahiran Bengkalis yang sudah jadi mantan Mahasiswa Pertanian. Sekarang sedang sibuk diam biar punya banyak emas.

30 thoughts to “Cara Mengganti Template Blogger dalam 4 Langkah Mudah”

  1. kalau template blogger rasanya udah paling nyaman yang sekarang
    meskipun kadang suka labil tiba2 moodp pengen ganti tampilan karena belajar tutorial baru hahaha

    main wp masih alay kakak her, gabisa banyak edit2. kapan2 kudu belajartutorialnya dengan serius kayaknya

    1. Hehehe. Meskipun banyak godaan template yang lebih nyaman, ya kak. XD

      Waduh…. WP paling gampang, sih, menurut Heru kak. Jadi, bener kata kakak. Harus serius belajarnya. πŸ™‚

  2. kalo saya sih kepengen punya template kayak bang yoga, trus bang edotz dan pelajar ngenes, tapi kok pas saya edit, kok kayak ada tulisan locked gitu bang?.

    katanya sih CCS tapi pas liat CCS malah locked juga. dari link post diatas gue harus pilih yang mana?

  3. Aku diem-diem masih seribg cari template lagi hihii
    Tapi belum nemu yg sreg. Ada kepikiran beli yg premium.. tapi.. kok kayany gak perlu… yg skrg uda mayan. tapi kadang nemu yg serupa kaya blogku hahaha… bingung jadinya.. wkwk

    1. Ciyeee yang mulai pengen pindah. XD Buat sendiri aja, Vin. Kan dirimu tamatan IT.

      Nah, makanya itu pas mampir di blog orang jadi ngerasa "Lah, ini kok mirip blog gue?"

      Makanya, gue mending pake karya sendiri aja. XD

    1. Hahahahaha. Jangan!!!! Ini hanya dibuat untuk tulisan wortel. Kalo mau, silahkan desain sendiri. Kan panduannya udah gue buatin, nyol. πŸ™‚

      Iya, nih. Lo mah, setia.

  4. Hallo mas heru udh lama banget ya ga mampir kesini,
    seperti biasa master SEO BE, emg paling keren kalau urusan Tamplete,
    tipsnya keren mas heru, semoga blog saya makin bagus seperti ini haha

    1. Hallo bro Andrian… Iya, nih. Ke mana aja nggak mampir ke sini?

      DUh… Belum jadi master bro Andrian. Masih newbie banget.

      Makasih kerennya. Amin…. Semangat terus, ya. Ngeblognya.

  5. saran templatenya bisa kusearch nih buat kalo misal pengen ganti. tapi sebenernya aku udah nyaman sama yang dipake sekarang tapi mau sedikit dimodof takut gagal. lah curhat diriku.
    Arlina Design juga ada kok Pange hehe

    1. Iya, Ris. Bisa gue rekomendasikan karena udah pernah make template karya mereka semua. Ya, kalo udah nyaman nggak perlu ganti, Ris. πŸ™‚

      Hem… Arlina Design ini, sih. Terlalu banyak yg make dan versi Premiumpun bentuk banyak yg sama. Tapi, bolehlah kalo pengen pake Produk beliau. Bagus-bagus juga.

      Makasih tambahannya, Ris.

  6. Kalo gue download template yang responsive. Lebih enak aja pas dibuka di hape, soalnya hape gue kadang aneh. πŸ™

    Oh iya, download itu paling direkomendasikan kalo belum ngerti koding. Kalo udah jago mah enak, bisa bikin sendiri. Hehehe

    1. SETUJU!!! Pilihan lo emang tepat, Rob. Eh, template default blogger juga bisa responsive lho. Malahan fast loading banget. πŸ˜€

      Ya gitulah. Karena, ngertiin coding itu nggak semudah ngertiin dia. Hehehe.

  7. Aku beberapa kali nyoba ngotak-ngatik html-nya, tapi belum bisa sreg sepenuhnya sama template yang sekarang. Kalo bikin sendiri itu gimana ya? Misal pake template bawaan blogspot gitu? Bingung nguprekin htmlnya hahaha πŸ˜€ Makasih artikelnya ya πŸ™‚

    1. Hihihi. Emang, sih, kalo ngedit dari yg download gitu suka bingung sendiri. Soalnya, pas dipasang juga belum tentu cocok di hati. Kalo buat sendiri dari template blogspot, bisa kok. Belajar aja di panduan tutorial desain blog di sini. Gampang kok.

  8. Bang heru kalo masang template melalui android bisa ? Tolong di jawab gue belum lama ini terinspirasi dari pangeran wortel dan belum lama juga menjadi seorang penulis, jadi mohon bantuannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *