16 Cara Mengatasi Rasa Malas dan Bosan Saat Menulis Konten untuk Blog

cara mengatasi rasa malas dan bosan saat menulis di blog
Mengawali suatu hal yang baru kita kenal, biasanya kita akan punya waktu lebih dari biasanya untuk terus melakukan hal tersebut. Apakah benar begitu?

 

Sama halnya seperti ngeblog. Pada bulan pertama, rasanya kita ingin sekali untuk update postingan dengan artikel-artikel setiap hari bahkan ingin menghabiskan waktu hanya untuk ngeblog.

 

Tapi, kenyataanya memasuki bulan kedua, kita mulai dilanda Rasa Malas, Bosan, Jenuh yang tidak karuan sehingga membuat kita semakin dan semakin hari malas untuk menulis konten/artikel lagi di blog.

 

Belum lagi jika harus membagi waktu antara pekerjaan, sekolah, mengerjakan PR, mengerjakan tugas dari dosen, melupakan mantan. Pokoknya kita akan semakin dibuat untuk jauh dengan urusan menulis konten atau artikel baru di blog.

 

Lalu, apakah tidak ada cara mengatasi Rasa Malas, Bosan, bahkan Jenuh berkepanjangan saat menulis konten untuk blog?
Bagaimana cara mengatasi jika mengalami stuck saat menulis ?
 
Bagaimana menghilangkan rasa malas, bosan dan jenuh tersebut?
 
Bagaimana supaya bisa konsisten ngeblog?
 

 

Gak usah bingung lagi. Gak usah galau lagi. Semua hal itu adalah wajar.

 

Namun, jika kalian mengalamai rasa malas, bosan, jenuh, stuck, blank saat menulis konten baru untuk blog, Pangeran akan memberikan 16 cara atau tips yang bisa kalian terapkan untuk mengatasi bahkan menghilangkan rasa malas, bosan dan jenuh saat menulis konten di blog.

 

Mari kita mulai.

 

1. Ingat dan perbaiki tujuan awal ngeblog

 

Setiap orang yang memilih untuk menjadi seorang blogger, tentunya punya tujuan dan niat tertentu di awalnya. Entah tujuannya untuk mengisi waktu luang, mencari uang, menjadi penulis terkenal, membagikan hal-hal yang baru atau hanya sekedar iseng-iseng belaka.

 

cara mengatasi rasa malas dan bosan saat menulis di blog

 

Ingat kembali tujuan awal kalian ngeblog itu, pengen ngapain?

 

Jika perlu, tulis sebesar mungkin dalam selembar kertas, lalu letakkan di tempat yang paling sering kalian lihat. Setidaknya, dengan cara ini, kalian akan lebih sering mengingat tujuan awal ngeblog mau ngapain?

 

Jika belum punya tujuan. Tentukan mulai dari sekarang. Gak ada orang berhasil jika dia tidak pernah punya tujuan hidup.

 

2. Mulailah dengan menulis apa yang kalian suka

 

Banyak sekali Blogger pemula bahkan yang sudah lama ngeblog suka melupakan suatu hal. Apa? Terlalu mengikuti trend. Sadar atau tidak, semakin kalian mengikuti trend yang terjadi di dunia saat ini, maka kalian akan semakin sulit untuk menulis dan tidak jarang hal ini yang membuat kalian stuck saat menulis.

 

Ayo. Tulis apa yang kalian suka. Apapun itu. Asalkan kalian bisa melepaskan Endorfin (hormon yang akan membuat kalian bahagia) dan membuat semangat ngeblog kalian kembali.

 

Jangan terlalu ikut trend. Jadilah dirimu sendiri dan berbahagialah. Atau baca juga : 13 Tips Menulis Artikel yang Baik dan Disukai Pembaca (dan Google) 

 

3. Paksakan diri atau lepaskan

 

Ada 2 tipikal manusia di dunia ini : Pertama, bisa memaksakan diri untuk mencapai apa yang dia mau. Kedua, dia tidak terlalu suka memaksakan diri karena lebih ingin melepaskan.

 

cara mengatasi rasa malas dan bosan saat menulis di blog

 

Sama halnya dengan menulis konten. Jika kalian masih mengandalkan mood baru mau ngeblog. Pangeran gak yakin, sih, akan ada post baru di blog kalian.

 

Mungkin ada, 1 tahun sekali.

 

Lalu, apakah kita harus memaksakan diri untuk tetap menulis Pangeran?

 

Bukan juga seperti itu. Ingat tipikal orang kedua. Tidak semua orang di dunia ini menyukai pemaksaan dalam dirinya. Jika kalian tipe yang kedua, silakan lepaskan. Jangan paksakan untuk menulis. Tenangkan diri kalian, atau lakukan cara yang Pangeran akan jelaskan selanjutnya.

 

4. Jika mengalami Stuck, tuliskan saja apa yang kalian ingat

 

Selama menulis di tulisanwortel.com, apakah kalian kira Pangeran gak pernah mengalami bosan, jenuh, dan parahnya lagi stuck?

 

Sangat sering. Bahkan ini semakin sering terjadi ketika Pangeran menghadapi masalah di dalam diri. Entah itu urusan dengan keluarga, pacar, sahabat, atau siapapun yang akan membuat hari-hari kalian berantakan.

 

Tapi, Pangeran gak pernah takut untuk menghadapi itu semua. Mungkin cara ini boleh dibilang aneh, hanya saja cara ini yang selalu membuat Pangeran tetap menulis sampai sekarang :

cara mengatasi rasa malas dan bosan saat menulis di blog
Tulis saja apa yg kalian ingat

 

 

Benar, tulis saja apa yang kalian ingat. Lupakan EYD. Lupakan semua hal tentang aturan. Tulislah…

 

5. Jangan batasi diri (membacalah)

 

Mungkin ini cara yang paling classic dari cara-cara mengatasi rasa bosan dalam menulis. Tapi, percayalah bahwa dengan membaca, kalian akan lebih baik.

 

Beberapakali Pangeran mendapat pertanyaan tentang mengapa mereka tidak bisa menulis konten dengan nyaman?

 

Lalu, Pangeranpun menanyakan beberapa hal :


Apakah kalian sudah menguasai apa yang kalian tulis?Sudah berapa banyak yang kalian baca untuk mendukung konten yang mau kalian tulis?

 

Guys. Inget! Jangan pernah membatasi diri kalian untuk mengenal sesuatu hal baru yang positif. Membacalah, maka kalian akan menemukan jawaban dari keraguan.

 

6. Mandi

 

Ini boleh disebut semacam sebuah kebiasaan Pangeran ketika mengalami kebosanan yang luar biasa. Belum lagi misalnya kita baru selesai pulang kerja, sekolah, kuliah, tentu hal-hal tadi sudah sangat menguras pikiran kalian.

 

Jadi, cobalah untuk Mandi.

 

Bahkan, sebuah hasil penelitian lembaga riset trombosit di Inggris menyatakan bahwa mandi dapat membuat peredaran darah menjadi lebih lancar. Tentunya hal ini akan membuat tubuh kalian terasa segar dan bugar serta siap menjalani hari-hari penuh semangat.

 

Lalu, menulislah.

 

7. Istirahatlah pada waktunya

 

cara mengatasi rasa malas dan bosan saat menulis di blog

 

Tips ini adalah kegiatan yang paling sering diremehkan oleh kebanyakan orang. Jika waktunya istirahat, lakukan. Lupakan semua masalah yang ada.

 

Tenangkan pikiran kalian. Istirahatlah.
Karena, banyak blogger (termasuk Pangeran) akan mengalami rasa yang mudah jenuh dan bosan, ketika kondisi tubuh tidak fit dan nyaman.

 

Ingat! Sehat itu mahal. Jadi, manfaatkanlah waktu istirahat kalian sebaik mungkin.

 

8. Keluar rumah

 

Jalan-jalan atau keluar rumah memang cara paling sering dilakukan kebanyakan orang untuk menenangkan diri sejenak. Menemukan ide baru, bahkan membuat hati menjadi tenang.

 

Keluar rumah ini bukan artinya harus setiap hari. Tapi, coba lakukan sesuai kebutuhan kalian. Jika kalian anak rumahan yang gak boleh keluar, mungkin dengan sekedar berjalan-jalan di sekitar rumah bisa memperbaiki semangat kalian untuk kembali menulis konten untuk blog kalian.

 

9. Cari tempat terbaik dan ternyaman

 

Ngeblog itu gak harus selamanya di dalam kamar. Hanya 1 lampu yang menyala. Sendirian. Mungkin yang barusan seorang jomlo. Tapi, apapun status kalian.

 

Coba cari tempat terbaik dan ternyaman kalian untuk menulis. Cobalah suasana baru di luar sana untuk membangkitkan semangat kalian dalam menulis.

 

Bisa di Café, Perpustakaan, di Taman atau bahkan kalian nyaman menulis di kuburan. Itu semua kembali ke diri kalian untuk bisa membangun semangat menulis kembali.

 

10. Mungkin Ice Cream bisa menemai

 

cara mengatasi rasa malas dan bosan saat menulis di blog

 

Ya, jika kalian menyukai makanan satu ini, mungkin kalian bisa mencoba memakannya sembari menulis konten di postingan blog kalian.

 

11. Atau secangkir kopi sembari blogwalking

cara mengatasi rasa malas dan bosan saat menulis di blog
Nah, mungkin minuman satu ini sudah bukan hal baru lagi bagi seseorang yang suka menulis. Cobalah kalian membuat atau membeli secangkir kopi untuk menjadi teman kalian selama menulis.

 

Dengan meminum kopi, biasanya kalian akan merasakan suasana yang lebih tenang dari sebelumnya. Entah itu hanya terjadi pada Pangeran, yang jelas, itu yang Pangeran rasakan. Nah, sambil meminum kopi, ada baiknya kalian juga bisa sembari blogwalking untuk menambah semangat dan pengetahuan kalian.

 

Tapi ingat! Jangan terlalu berlebihan mengkonsumsi kopi.

 

12. Atau secangkir coklat

 

Mungkin tidak semua orang suka kopi. Nah, solusinya kalian juga bisa mencoba membuat secangkir coklat panas atau dingin yang akan menjadi teman kalian selama menulis.

 

Menurut beberapa penelitian, mengkonsumsi coklat bisa mengurangi depresi kalian. Tapi, tetap konsumsi dalam kadar yang tidak berlebihan.

 

13. Kopdar dan buat kegiatan wajib menulis 1 post

 

Bagi sebagian Blogger, mungkin Kopdar adalah suatu hal yang menyulitkan dalam urusan membuat janji. Tapi, percayalah bahwa ketika kalian berkumpul dengan orang-orang yang menyukai hal yang sama dengan kalian, tentunya rasa percaya diri dan semangat baru akan lebih baik dari sebelumnya.

 

Jadi, buat kalian yang belum pernah Kopdar, cobalah…

 

14. Dekatkan diri dengan Tuhan

 

Ya. Ini juga menjadi bagian penting dalam semua hal di dunia ini. Mungkin, selama ini kalian sudah terlalu sibuk dengan urusan dunia. Cobalah luangkan waktu kalian untuk terus mendekatkan diri dengan Tuhan.

 

Dengan begitu, hal-hal yang membuat kalian resah, bosan, jenuh, mudah-mudahan akan segera hilang. Amin.

 

15. Berikan penghargaan pada diri sendiri

 

cara mengatasi rasa malas dan bosan saat menulis di blog

 

Lupa. Banyak banget orang di dunia ini lupa bagaimana menghargai diri sendiri. Sadarkah kalian, bahwa diri kalian juga butuh penghargaan.

 

Contohnya Pangeran, setiap mencapai view yang Pangeran targetkan setiap bulannya, Pangeran akan selalu memberikan penghargaan terhadap diri sendiri.

 

Penghargaan itu gak harus mahal. Misalnya melakukan apa yang kalian paling suka. Entah itu menonton film, jalan-jalan, bermain game, mendownload film korea yang episodnya banyak banget (biasanya hobi cewek-cewek, bukan hobi Pangeran) atau bahkan mencicipi makanan favorit kalian.

 

Ingat! Jangan buat diri kalian bekerja setiap saat tanpa memberi penghargaan. Karena, setiap pencapaian dalam diri, berilah penghargaan supaya hidup kalian lebih bahagia.

 

16. Lupakan

 

Tips terakhir ini bisa kalian terapkan jika kalian benar-benar sudah sangat bosan dan jenuh dengan kegiatan blogging. Ya, meskipun seharusnya menyenangkan.

 

Solusinya, lupakan semua hal tentang blog selama maksimal 1 hari penuh. Jangan membuka sesuatu yang berkaitan dengan blog.

 

Lupakan sejenak. Tenangkan diri kalian. Dan cobalan keesokan harinya untuk membukanya kembali.

 

Jangan lewatkan Tips lainnya :
—-o0o—-

 

Nah, itulah tadi 16 Cara Mengatasi Rasa Malas dan Bosan Saat Menulis di Blog yang bisa kalian terapkan dalam kehidupan kalian selama menjadi blogger.

 

Apapun alasannya, ngeblog itu seharusnya sesuatu hal yang menyenangkan. Jadi, teruslah untuk menuliskan cerita atau hal apapun yang kalian suka di blog kalian.

 

Okelah, sepertinya segitu dulu tips blogging kali ini. Seperti biasa. Terimakasih sudah membaca. Semoga bermanfaat. Pangeran Wortel pamit. See you…

 

Image by : 
  • pexels.com

52 thoughts on “16 Cara Mengatasi Rasa Malas dan Bosan Saat Menulis Konten untuk Blog

    1. Terimakasih, mas.. Monggolah, semangat lagi nulisnya, biar saya bisa komentar di blognya. hihi

      Soalnya beberapakali mampir belum ada post baru. Ayok mas, sama-sama semangat… NIh, saya tularkan semangatnya… 🙂 (y)

  1. Mandi, minum atau makan coklat dan mendekatkan diri sama Tuhan.. biar tenang, terus tidur.. eehh.. seharusnya ngeblog ya.. hehehe

    Kalo aku nyampe target Bakalan beli coklat atau es krim, hehehe

  2. Kalo tujuan ngeblognya buang buang kouta gimana bang?
    Itu ternasuk tujuan bukan?
    .
    Saya pernah tuh bang minum kopi
    Seret bang seret
    Akhirnya saya mutusin buat minum air kopinya aja bang
    Lebih nikmat bang daripada minum kopinya

  3. Kalo gua, biasanya kalo output lagi stuck, itu tandanya gua butuh input. Ide yg stuck tuh ga bisa dipaksa keluar. Yg bisa lu lakukan hanyalah menambah inspirasi yg ada di kepala, supaya penuh, dan tumpah keluar. Caranya? Banyak. Banyak baca, banyak nonton, banyak ngobrol, banyak ikut macem2 kegiatan.

  4. Pas gue baca poin 1, balik ke niat awal ngeblog, gue langsung buka akun blogger gue, ada 5 blog, meskipun yg baru dikelola 1, yg 4 baru judul blog sama kontenya belum ada, tiap blog ada alasannya tersendiri kenapa bisa ada, oh well, thanks banget ya, nomor 1 ngena banget kayanya. Hehe.

    Kalo gue udah ada laptop, baru deh bisa ngepost lebih rutin lagi, kalau sekarang masih harus minjem ke temen buat posting. Ya, tak apalah, yang penting tetep blogging sama maen ke blog temen walaupun belum bisa sesering awal tahun ini. 🙂

    1. Hehehehe. Ayo gung, jangan males2. Inget lagi, ngapain pengen ngeblog kemaren. Eh, kabarnya lo lagi nggak ada laptop, ya? Mudah-mudahan segera mendapatkannya kembali, ya gung. Biar bisa saling BW lagi. 🙂

      Semangat ya gung.. Pasti bisa…

  5. yang terpenting sih jangan lupa banyak baca juga biar gak miskin ide + kosa kata.

    inget tujuan + nulis dari yang kita sukai + posisikan diri sebagai pembaca + kopi, kalo gue sih itu muehehe.

    oiya kok belakangan ini postnya soal tips atau tutorial mulu? nulis kisah sehari2 lagi dong… kan personal blogger o/

    1. Betul sekali Yog. Apapun caranya. Pasti setiap orang punya cara masing-masing untuk mengetasinya. 🙂

      Iya, Yog. Nantilah kalo ada waktu buat nyeritain kisah sehari2 lagi.

  6. Seperti biasa,…post ditulisan wortel ini slalu mnjawab problematika setiap orang disaat yg tepat. Iya, disaat yg paling tepat!

    Ini pas bnget, disaat gw mulai jenuh nulis…pdahal udh sebulan lebih mulai rajin nulis lagi, tpi entah knapa gw udh mulai mles sih…ada bbrapa fktor…mulai dri pngunjung yg tdak memenuhi targer dll. Bnyak fktor sih.

    Tpi, yah stidaknya tulisan diatas mmbuka pndangan gw tntang bgaimana bang heru ini yg bertahun nulis, bisa mngatasi semua kejenuhan.

    Gw pling stuju, sma yg ikutin tren. Bner bnget sih. Trus sama yg nulis apa adanya krna blank. Itu nulis apa ya?

    1. Alhamdulillah, ya Rey. Seneng bisa membantu di waktu yg tepat. 🙂

      Hm… Gini, ya Rey. Soal pengunjung tidak tertaget, saran gue pahami dulu demografi dari pengunjung lo itu siapa? Soalnya, kebanyakan blogger personal yg gue tau, ada yg nggak dapet pengunjung, karena target pembaca kita dan hasilnya berbanding tebalik.

      Hem… Itu nulis nggak jelas gue nyebutnya. Udah bingung mau nulis apa. BUkan kehabisan ide. Tapi, lebih kepada idenya kebanyakan. Jadilah menumpuk.

      Dan cara untuk memilah banyak ide, (kalo gue) seperti itu. Ya, siapa tau ada yg mau mencoba. 🙂

  7. Wih, akhir-akhir ini banyak banget tips yang udah dishare, bermanfaat sekali lah, termasuk yang menikmati ice krim hahah… mandi juga berpengaruh sih, seger aja gitu, rasanya otak makin lancar gitu nulisnya, idenya juga ngalir terus.

    E tapi, gue kira tips terakhir itu lupakan, gue mikirnya lupakan semua tips yang barusan kalian baca, jangan pernah berfikiran melakukan hal yang barusan kalo kalian sedang bosan. Gitu.

    1. Nah… Mulai atur kegiatan buat diri sendiri, Feb. Soalnya banyak sih, blogger yang punya potensi. Tapi, karena beliau nggak pandai bagi waktu, akhirnya hanya sekedarnya saja.

      Endingnya jadi males deh, ngeblog.

  8. Entah kenapa kalau ngelihat tulisannya pangeran wortel rasanya adem banget, nulisnya selalu kerasa halus. Saya sedang membutuhkan tips ini, karena udah lama gak ngeblogs ningkatin mod juga susah, hampir setiap hari juga harus Les di sekolah bimbel.

    Saya bener bener gak tau cara memberi penghargaan buat diri sendiri, soalnya takutnya malah gerak dikit aja udah pingin ini itu. Memang mungkin secangkir coklat hangat bisa membantu, kalau korea saya rasa NO

    1. Adem? Wah… Nggak perlu pake AC dong. Baca tulisan gue aja, udah adem. hehehe. Alhamdulillah, semuanya karena terus belajar Dis. Lo juga bisa lebih baik dari gue, kok.

      Iya, sih. Gue kalo kore juga No. Itu saran buat yg cewek. 😀

  9. Biasanya rasa bosan itu kadang melanda pange, bikin kesel, tapi ya yang namanya blogger itu ya harus konsisten nulis. Mungkin gue tipe orang yang pertama kali ya, bisa memaksakan diri. Menurut gue, rasa paksaan itu gak enaknya awalnya aja, tapi selanjutnya pas udah dapet mood lagi buat nulis, jadinya enak 😀

    Nulis apa yang kalian suka- itu gue setuju sekali. Seperti jargon header blog gue, nulis apa yang ada di hati <3

    1. Nah, nggak apa memaksakan diri, fif. Karena, Males belum ada obatnya di Apotik. CUman kita yg bisa mengobati. Dengan terus belajar dan membaca.

      Setuju… Gue juga suka gitu. Asek… Tagline blog lo sedap, ya. 🙂

  10. cara mengatasi punya pacar dan pengen jomblo gmn bang?

    ane termasuk yg malas dan gampang bosan. . apa tutorial diatas bisa buat mengatasi malas dan bosan sama pacar bang?

    tips dari ane, kalo bosen dan gak ada ide, coba tengok ke google trends dan tulis yang lagi ngetrend disana. .

    1. Hem… Master blogger emang suka gini. Bahas apa, komennya, apa? pfftttt.

      Caranya jangan pacaran. Tapi MENIKAHLAH. (Asekkk.)

      Nggak semua orang ngerti Google Trends mas. Bener-bener, deh. Kalo mastah ilmunya beda sama gue yg newbie ini.

      Btw, makasih udah komentar ya mas. 🙂

  11. Yang nomor 11 keren tuh, kalau lagi malas nulis, keelayapan aja ke blog lain. Paling tidak yah bisa nulis komentar dan dapat inspirasi baru, apalagi kalau di tambah kopi pasti tambah mantap

  12. Ini aku banget Om. Udah beberapa bulan aku jenuh, males, bosen. Sebenernya bukan karena gak ada konten. Tapi ya bener-bener males. Capek juga.

    Eh, sekarang mulailah ada sedikit-sedikit mau nulis lagi. Tapi kebanyakan tentang korea karena aku mulai punya hobi baru. Yang aku takutin ini juga cuma sementara. Ah, suka galau deh:(

    Yang masih penting sampe sekarang itu blogwalking. Karena percaya atau nggak, saat kita blogwalking ke blog-blog tertentu, rasanya suka kepancing buat nulis lagi.

    1. Hem… Mungkin dirimu memang tipe ke-2 Wi. Harus bener2 enjoy dulu, baru bisa enak nulisnya.

      Nggak apa-apa, yang penting aktivitas menulisnya nggak hilangkan?

      Setuju…. Gue juga suka gitu, wi. Ngeliat orang post itu, rasanya gimana gitu, kalo gue nggak ngepost juga.

  13. Baru kali ini aku liet orang yang ngasih Tips poinnya gak tanggung-tanggung. Ampe enam belas! Niat banget astaga :'))

    Anyway semuanya bener, sih, Pang. Ini jadi masalah yang rentan terjadi di kalangan blogger yak. Semuanya juga pernah aku praktekin. Tapi ujung-ujungnya yang paling berhasil yang nyari tempat nyaman sih. 😀

    Aaanddd, ice cream will never dissappoint you ^o^/

    1. Hehehe. Biar punya stok kalo kekurangan, tips Dev. Takutnya udah 16 ini masih belum bisa bantu mengatasi rasa malas.

      Setuju sih, Dev. Karena, dengan tempat nyaman, kitanya jadi mudah buat menuangkan apa yg kita mau. Dan hal-hal lain di sekitarpun jadi lebih bersahabat dgn kita.

      Benta-bentar. Kenapa banyak kata "kitanya?" 😀

      Sinih, main ke Pekanbaru. Gue beliin Ice Cream yg enak-enak. 🙂

  14. tips nomor 10, waaa…ga usah nunggu bosen ngeblog deh kalo untuk yang itu. hahaha…

    dan maksain. betul banget. sampai saking maksanya, habis publish ga dishare ke mana-mana saking ga PD-nya. pernah gitu ga mas?

  15. wahh keren kak tipsnya………hehehehe. aku akhir akhir ini jenuh dengan ngeblog, mungkin karena aku sering mengalami “gerah badan”. banyak yang ingin aku bahas di blogku tapi aku bingung dan ujung ujungnya malah menjadi ‘draft’ yg tak terselesaikan. terimakasih atas tipsnya ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *