Cara Cepat Membuat dan Memasang Fanspage Facebook di Blog

Jika sebelumnya Pangeran membahas tentang tips blogging, kali ini Pangeran akan memberikan panduan tentang cara membuat fanspage facebook di blog.

 

Pada panduan kali ini, Pangeran tidak hanya menjelaskan tentang bagaimana membuat fans page facebook, tapi Pangeran juga akan menjelaskan dari beberapa pertanyaan berikut :
Pange, gimana cara membuat fanspage facebook untuk blog?


Pange, gimana cara memasang fanspage di blog? 


Pange, gimana cara praktis memasang fanspage ?


Pange, gimana cara memasang fanspage seperti di tulisan wortel?

 

Oke, sebelum menuju ke pembahasan. Ada yang harus kalian pahami. Sebenarnya, penulisan yang benar adalah Fan Page (halaman penggemar) Facebook. Namun, karena di Indonesia banyak yang menyebut penggemar sebagai fans, itulah kenapa namanya jadi Fanspage Facebook.

 

“Maaf ya bg Mark, orang Indonesia emang suka tampil beda.” XD 

 

Supaya tidak berlama-lama, langsung saja kita bahas panduan Bagaimana cara cepat membuat dan memasang Fanspage Facebook yang akan Pangeran bahas di bawah ini. Selamat belajar.

 

Baca juga : Cara praktis merapikan template (tampilan) blog (dengan sendiri)

 

☰ Cara membuat fanspage di facebook

 

1. Login ke Akun Facebook kalian

 

2. Klik link berikut : Create Your Fan Page

 

Setelah kalian klik link di atas, maka kalian akan masuk ke tampilan menu seperti gambar di bawah ini. 6 Menu ini adalah kategori yang bisa kalian pilih sesuai dengan tema dari blog atau bisnis kalian.

 

cara membuat fanspage facebook di blog

 

 

Jika kalian ingin memilih Blogger, pilih menu “Artis, Grup Musik, atau Tokoh Masyarakat” dan isi nama Fans Page yang kalian inginkan. Kemudian klik Memulai.

 

cara membuat fanspage facebook di blog

 

 

3. Setelah sampai pada tampilan seperti gambar di bawah ini. Pada bagian 1. Tentang : Isi deskripsi singkat dari blog kalian. Tulis deskripsi yang menggambarkan tema dari blog atau bisnis kalian. Kemudian isi link dari blog dan isi URL khusus supaya fanspage kalian gampang ditemukan. Lalu klik “Simpan Info

 

cara membuat fanspage facebook di blog

 

 

4. Kemudian kalian akan lanjut ke bagian 2 Foto Profil seperti gambar di bawah ini. Pada bagian foto profil, kalian upload gambar yang sesuai dengan tema dari blog atau bisnis kalian (jika ada). Pilih Lewati (jika tidak ada foto) dan pilih Simpan Foto (jika suka upload foto).

cara membuat fanspage facebook di blog

5. Tahap selanjutnya bagian ke-3 bisa kalian Tambahkan ke Favorit atau Lewati.

 

cara membuat fanspage facebook di blog

6. Nah, tahap terakhir pada bagian ke-4 ini akan membantu orang lain mudah untuk menemukan fanspage yang mereka cari. Tentukan Umur Pembaca, Jenis Kelamin, Minat dan Bahasa (yg kalian gunakan di fanspage). Kemudian klik Simpan.

cara membuat fanspage facebook di blog

 

7. Selesai. Sekarang kalian sudah memiliki Fans Page Facebook Official dari blog atau bisnis kalian. Mudahkan? Sekarang kita lanjut ke cara memasangnya di blog kalian.

cara membuat fanspage facebook di blog

 

 

☰ Cara memasang fanspage facebook di blog

 

1. Login ke Akun Facebook kalian

 

2. Buka link ini : Facebook Developers  (jika diminta membuat aplikasi, baca cara membuat aplikasi di facebook).

 

3. Sekarang saatnya kalian setting tampilan Fans Page Facebook untuk blog kalian

Cara Membuat dan Memasang Fans Page Facebook di Blog

 

 

a. Masukkan URL dari FansPage kalian

 

b. Atur Tab (Contoh : Timeline, Acara, dll yang ada di FansPage kalian)

 

c. Atur Lebar dan Tingginya tanpa “px”

 

d. Jika ingin tampilan FansPage di Widget blog kalian Responsive, centang seperti gambar

 

e. Klik Get Code untuk mengambil code yang akan kalian pasang di blog.

 

4. Setelah kalian klik Get Code tadi, maka akan muncul Popup seperti gambar di bawah ini. Kemudian Klik IFrame dan copy code seperti pada kotak yang merah.

Cara Membuat dan Memasang Fans Page Facebook di Blog

 

 

5. Sekarang saatnya kalian login ke Blogger.com > Tata Letak/Layout seperti gambar berikut :

 

Cara Membuat dan Memasang Fans Page Facebook di Blog

 

 

6. Setelah kalian berada di Tata Letak/Layout, klik “Add Gadget/Tambah Gadget” dan pilih HTML/Javascript kemudian masukkan code Iframe yang kalian ambil pada tahap no. 4 tadi. Klik Simpan dan selesai.

 

Cara Membuat dan Memasang Fans Page Facebook di Blog

 

 

☰ Cara praktis memasang fanspage di blog

 

Buat kalian yang gak mau nikmati prosesnya biar ngerti dari mana dapet codenya, kalian bisa menggunakan cara praktis ini.

 

Baca juga : Cara Lengkap Memasang Meta Tag Twitter Card di Blogger/Blogspot

 

Copy code di bawah ini dan pastekan di HTML/Javascript seperti cara memasang di bagian atas tadi.

 

<iframe src="https://www.facebook.com/plugins/page.php?href=https%3A%2F%2Fwww.facebook.com%2FNovelHeruArya&tabs&width=340&height=130&small_header=false&adapt_container_width=true&hide_cover=false&show_facepile=false&appId=363552107083605" width="340" height="130" style="border:none;overflow:hidden" scrolling="no" frameborder="0" allowTransparency="true"></iframe>

 

Nah, teks yang warna merah itu kalian ganti dengan URL Fanspage dan ID Aplikasi (jika ada)  kalian. Ow, ya. Tampilannya akan jadi seperti ini  :

fanspage tulisan wortel

 

☰ Cara memasang fanspage facebook seperti di blog Tulisan Wortel

 

Ya, ini sebenarnya cuman bonus buat kalian yang pengen punya tampilan Like Fanspage Facebooknya seperti di Tulisan Wortel. Langsung aja copy code di bawah ini dan pastekan HTML/Javascript widget kalian.

 

<iframe src="https://www.facebook.com/plugins/like.php?href=https%3A%2F%2Fwww.facebook.com%2FNovelHeruArya&width=450&layout=standard&action=like&size=small&show_faces=false&share=true&height=35&appId=363552107083605" width="450" height="35" style="border:none;overflow:hidden" scrolling="no" frameborder="0" allowTransparency="true"></iframe>

 

Ganti URL yang warna merah dengan URL fanspage dan ID Aplikasi (jika ada) blog kalian. Hasil code di atas seperti ini (dilike, ya) :
fanspage seperti tulisan wortel

 

 

—o0o—

 

Jadi gimana? Udah Pangeran ajarin mulai dari cara membuat fanspage, cara memasang fanspage di blog, sampai memasang fanspage seperti di Tulisan Wortel. Gampangkan?

 


Pangeran, sebenarnya manfaat dari Fanspage Facebook ini apa sih?

 

Pertanyaan bagus. Jadi gini, sebenarnya gak ada kewajiban kalian yang punya blog harus punya Fans Page Facebook, hanya saja ini akan membantu meningkatkan popularitas diri maupun blog kalian.

 

Katakanlah yang nge-like Fans Page Blog kalian 200 orang saja. Artinya, setiap kalian publish link postingan baru, maka postingan itu akan muncul di beranda 200 orang yg like. Makanya tidak menutup kemungkinan kalian mendapat 200 view dari mereka. Gimana? Enakkan kalo punya Fans Page.

 

Gini pangeran, Blog punyaku masih baru, kalo buat Fanspage kira-kira perlu gak?

 

Guys. Semuanya dimulai dari NOL seperti di SPBU. Semuanya butuh proses gak ada yang instan. Blog Tulisan Wortel aja, 3 hari dibuat, langsung buat Fans Page.

 

Kalo bisa sekarang, kenapa harus nunggu nanti?

 

Jangan lupa, kalo udah punya Fanspage dipromosikan ke temen-temen kalian supaya mereka like, nanti dari 1 orang, bakal menjadi banyak-banyak dan sangat banyak.

 

Selamat mencoba. Semoga panduan Cara Membuat dan Memasang Fanspage Facebook di Blog ini bermanfaat. Pangeran Wortel pamit. See you..

 

Thank’s to : 

11 thoughts on “Cara Cepat Membuat dan Memasang Fanspage Facebook di Blog

  1. Pangeran, sebenernya dari dulu aku pengen sih bikin fanspage di Facebook cuman meh-naon-kitu 🙁 aku mah kan butiran debu hahaha astaghfirullah
    Tapi iya sih bener kata Pangeran, di fanspage kita bisa mancing para pembaca hahahaha okok
    Makasih Pangeran atas pencerahannya.
    .
    .
    Aku bingung mau panggil pemilikblog ini apaan 🙁

  2. lebih dari itu fanpage adalah 'kolaam visitor' untuk setiap blogger mungkin cukup punya akun facebook sendiri untuk menshare artikel di blognya nah untuk menyaring siapa saja yang tertarik kan blog kita fanpage menurut gue bagus. gue tadinya maubahas fanpage -_- dibahas duluan..

  3. ooh jadi gini caranya tah, ok lah ini menambah pengetahuanku. nice post, Her.

    tapi aku males pasang, soale fb aja udah gak aktif. udah gak pernah lagi main fb.
    bagus juga kalo ada fanspagenya.

  4. Aku punya fanspage banyak banget loh.
    Ga tau kenapa tiap masuk komunitas pasti deh i selalu yang jadi bagian bikin fanpage.

    Tips kek begini pasti bakal berguna banget buat bloggger newbie,,
    dulu aku mati matian belajar beginian wqwq …

    Berminat like fanpage ku ? fb.com/khairulleonpage

  5. Sebelumnya terimakasih sudah follback blog saya.

    Saya juga punya fans page, dan alhamdulillah yang like cuma temen sendiri. Itupun karena mungkin gak enak sudah saya minta untuk like. Kesannya agak maksa sih…

  6. Blogger yang aku kenal, yang pasang beginian, baru Pangeran Wortel sama Pangeran Hirawling Kingdom. Alias Bang Haris. Kalian kereen. Ini bisa memanjakan para pembaca tulisan blogger itu kan ya.

    Makasih atas tipsnya, Pange. Semoga bisa pasang ginian juga. Hehe. 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *