Cara Memasang Widget Alexa Rank di Blog

Welcome in tutorial update yang baru ditulis oleh beberapa blogger di Indonesia, banyak sekali tutorial yang diharapkan oleh para blogger pemula untuk bisa membuat widget yang sama seperti para blogger sebelumnya yang bisa membuat widget di blog dengan mudah, karena ada page yang sengaja disiapkan oleh pihak Alexa untuk dijadikan sebagai pendorong semangat dalam menulis di blog, karena blognya memiliki rank yang sangat baik di Alexa.com.
Pangeran, Alexa itu apa?

Alexa adalah sebuah perusahaan yang menyediakan rating atau disebut penentu rating dari sebuah blog/website, semakin sedikit angka yang tertera di penghitungan alexa, maka semakin mudah google untuk mengindex website atau blog kita. Tetapi beberapa bulan yang lalu, alexa sepertinya sudah bekerjasama dengan pihak amazon, dengan desainnya yang baru dan lebih ringan, alexa mampu menjadi acuan penghitungan rating di dunia, sayangnya ia tidak lagi membuat page tentang kode html untuk widget yang bisa dipasang di blog.
Sahabat Wortel’s semua tidak perlu merasa bingung lagi, pada tutorial kali ini penulis akan membahas secara simpel dan tutorial ini sudah pernah diterapkan di blog tulisanwortel.com, sayangnya karena ada perbaikan yang harus dilakukan, widget alexa di blog tulisan wortel harus dilepas untuk beberapa saat. 
Jika sahabat ingin mengecek seberapa rank tulisan wortel, silahkan klik : Alexa TulisanWortel.com
Baiklah, supaya tidak lari kemana-mana pembahasan tutorial kali ini, maka kita langsung saja bahas tutorialnya, baca dengan baik, ikuti dengan benar, maka kamu akan berhasil menggunakan tutor ini.
Untuk menggunakan tutor ini, sebaiknya cek terlebih dahulu rating blog kalian, dengan cara menuliskan URL blog kalian di Alexa.com, setelah kira-kira memiliki angka yang lumayan, silahkan pasang widget.
1. Login – Dasbord – klik ‘Tata Letak’ Ikuti gambar dibawah ini :
2. Lansung cari bagian sebelah kanan, pilih ‘Tambahkan Gadget’ seperti gambar dibawah ini :

Setelah di klik, maka akan muncul gambar seperti dibawah ini

3. Kalian kemudian akan diarahkan kesebuah tab baru dan silahkan tarik scroll kebawah, hingga menemukan widget/sidebar bernama ‘HTML/JavaScript’ setelah ketemu, langsung klik tombol + untuk menambah widget sebagai tempat kita pastekan code yang kita copy sebelumnya.
4. Copy kode HTML dibawah ini:

<a href="http://www.alexa.com/siteinfo/heruarya.blogspot.com"><script type="text/javascript" src="https://xslt.alexa.com/site_stats/js/s/a?url=heruarya.blogspot.com"></script></a>
<a href="http://www.alexa.com/siteinfo/urlblogkalian.com"><script type="text/javascript" src="https://xslt.alexa.com/site_stats/js/s/a?url=urlblogkalian.com"></script></a>
Ganti kode warna Merah dengan URL kalian. Pada code yang pertama hanya menampilkan nilai Alexa Rank di dunia dan code yg kedua menampilkan nilai alexa serta link in.
5. Pastekan code di kotak kedua paling bawah yang kita copy pada tutor No.3, setelah Judul seperti gambar di bawah ini:
6. Saat sudah selesai dan mengikuti tutorial ini dengan benar, silahkan Klik “Simpan” Lalu Refrest blog.
Begitulah tadi bagaimana Cara Memasang Widget Alexa Rank di Blog yang akan sangat membantu kita memantau rating blog yang kita miliki. Semoga bermanfaat. See you..

One thought on “Cara Memasang Widget Alexa Rank di Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *