8 Cara Rahasia Membuat Caption Buat IG (Instagram) yang Manarik Banyak Audience

caption instagram

Sejak Instagram diakuisi oleh Facebook, namanya semakin hari semakin meroket. Sehingga, tidak sedikit pengguna menjadikan instagram layaknya Portofolio. Makanya, banyak bagian penting yang harus diperhatikan, salah satunya mengenai caption buat ig (Instagram).

Mungkin kalian salah satu orang yang sebenarnya sering mengalami tekanan batin yang mendalam saat membuat caption buat ig, apa yang menarik untuk foto atau video yang akan kalian upload.

Tenang…. Kalian tidak sendirian. 😆

Pangeran juga awalnya bingung harus mulai dari mana dalam membuat caption buat ig yang menarik. Tapi, setelah melakukan riset berkali-kali. Ternyata, dengan menerapkan teknik yang akan Pangeran bahas di paragraf selanjutnya, semuanya jadi mudah banget.

Yuk kita mulai.

8 Cara Rahasia Membuat Caption di Instagram yang dapat Manarik Banyak Audience

1. Mulailah dengan Kerangka Tulisan Sederhana

Membuat kerangka sebelum menjadikan caption, ini adalah langkah paling mudah yang dapat kalian tempuh. Karena ketika kalian menentukan kerangka tulisan terlebih dahulu, kalian akan sangat terbantu untuk membuat sebuah tulisan caption di instagram yang menarik.

Mulailah dengan menentukan Judul, Paragraf Pembuka, Isi dan Penutup.

caption-instagram

Jika kalian membuat kerangka tulisan yang benar. Caption Instagram kalian tidak akan terkesan membosankan sehingga audience mudah untuk pergi dari konten yang kalian buat.

Satu hal lagi, dalam menulis caption sebaiknya sampaikan sesuai porsinya. Jika memang harus disampaikan dengan kalimat yang panjang, sampaikan. Namun, jika dapat disampaikan dengan kalimat yang singkat, jangan dipaksakan untuk dibuat caption yang panjang.

2. Sesuaikan Caption dengan Foto atau Video

Ini tidak menjadi patokan utama. Ini bicara tentang struktur. Jika kalian ingin membuat caption yang di luar dari foto dan video, itu keputusan kalian.

Tapi, sebaiknya buat isi caption sesuai atau punya kaitan dengan foto dan video yang kalian upload, supaya audience dapat menikmati atau memahami pesan apa yang ingin kalian sampaikan.

3. Gunakan Emoji

emoji instagram

Pada dasarnya, emoji dapat memberikan kesan menarik pada caption yang kalian buat. Tidak hanya itu, dengan menambahkan emoji pada caption kalian. Emoji dengan segala bentuk yang ada juga dapat menyampaikan pesaan yang ingin kalian sampaikan pada audience.

Tapi ingat, jangan gunakan emoji secara berlebihan. Itu akan membuat kesan yang membingungkan.

4. Gunakan Hastag yang tepat

Saat ini, banyak pengguna belum mengerti bagaimana mengoptimalkan sebuah konten di instagram melalui hashtag. Pembahasan ini dapat kalian cek akun Pangeran @heruaryaa.

Walaupun kalian dapat menggunakan max 30 hashtag dalam 1 konten, bukan artinya kalian dapat menggunakan sembarang hashtag. Pilihlah hashtag yang juga punya kaitan dengan konten kalian. Dengan begitu, kalian dapat menjangkau pemirsa baru di luar sana yang akhirnya menemukan akun kalian dan tentunya akan mengikuti kalian.

5. Gunakan Ejaan yang Disempurnakan (EYD) pada Porsinya

Cara ini bukan sebuah keharusan. Tapi, sebagai pengingat buat kalian yang ingin membuat caption instagram supaya menarik. EYD ini dapat kalian gunakan sesuai kebutuhannya.

Tujuannya, supaya makna dari tulisan yang kalian maksud tidak salah yang pada akhirnya akan menjadikan makna yang berbeda.

6. Tambahkan Call-to-Action

Istilah Call-to-Action memang jadi pemicu paling efektif untuk membuat pemirsa memberikan interaksi pada konten kalian.

Teknik ini dimaksudkan untuk membuat kalimat singkat yang dapat mengundang pemirsa memberikan interaksi, baik dalam bentuk Love, Comment ataupun Share. Jadi, semakin menarik kalimat Call-to-Action kalian, maka konten kalian akan semakin banyak mendapat interaksi.

Contoh Call-to-Action :
1. Menurut kalian gimana?
2. Kalian pilih A atau B?

Jadi gimana, Kalian sudah coba teknik ini?

7. Hati-hati Dengan Typo

typo dalam menulis

Kesalahan dalam penulisan memang sering terjadi, karena itu hal lumrahnya seorang manusia yang tidak bisa luput dari kesalahan.

Tapi, sebagai pembuat konten. Usahakan sekecil apapun jangan sampai ada typo. Karena, kesalahan penulisan juga akan membuat makna yang berbeda pada hal yang dimaksud.

Terus, mengatasinya gimana Pangeran?

Gampang. Biasanya, sebelum Pangeran menerbitkan konten. Pangeran akan baca terlebih dahulu per kata sebanyak 2x pengulangan. Jika kalian ingin lebih akurat, sebaiknya lebih banyak pengulangan maka akan semakin kecil kemungkinan terjadi typo dalam penulisan.

Ingat! Membacanya bukan dalam hati, tapi diutarakan dalam bentuk suara. Jadi, semua indra kita dapat membantu mendeteksi pada kata mana yang terjadi kesalahan penulisan.

8. Mulailah untuk Mencobanya

Setiap akun pastinya punya hasil interaksi yang berbeda-beda. Jadi, jangan cukup sampai di sini saja dalam menggali bagaimana membuat caption instagram yang dapat menarik banyak audience baru di luar sana.

8 Tips sebelumnya hanya sebuah teori. Keberhasilannya terletak pada diri kalian dalam menerapkan dan menguji mana teknik atau cara yang paling efektif untuk memaksimalkan caption di instagram.

 

Kesimpulan

8 Cara Rahasia Membuat Caption di Instagram yang dapat Manarik Banyak Audience

  1. Mulailah dengan Kerangka Tulisan Sederhana
  2. Sesuaikan Caption dengan Foto atau Video
  3. Gunakan Emoji
  4. Gunakan Hastag yang tepat
  5. Gunakan Ejaan yang Disempurnakan (EYD) pada Porsinya
  6. Tambahkan Call-to-Action
  7. Hati-hati Dengan Typo
  8. Mulailah untuk Mencobanya

 

Sepertinya cukup sampai di sini materi cara membuat caption buat ig yang menarik audience baru di luar sana. Selain itu, buat kalian yang pengen cepat untuk membuat caption tanpa harus mengeluarkan pikiran ekstra, Pangeran rekomendasikan untuk kalian membeli jasa penulisan caption buat ig di https://fastwork.id/caption.

Tentang fastwork.id

Fastwork adalah platform freelance profesional nomor 1 terbesar di Asia Tenggara, berasal dari Thailand dan kini mengembangkan sayap ke Indonesia. Fastwork membantu pelaku bisnis Indonesia untuk menemukan dan mempekerjakan freelancer secara sederhana, cepat, aman, dan hemat biaya untuk mempercepat pertumbuhan bisnis mereka.

Keuntungan Menggunakan Jasa Buat Caption di Fastwork

Membuat caption ig untuk bisnis tidak bisa asal-asalan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Kalian perlu menyerahkan kepada ahlinya. Jasa penulisan caption yang profesional memiliki skill kepenulisan caption yang mumpuni dan memahami ilmu copywriting di instagram dengan baik. Mereka bisa membantu Kalian untuk membuat caption instagram sesuai dengan target market sehingga efektif untuk menggaet calon pembeli potensial. Kalian bisa menemukan jasa penulisan caption ig yang berkualitas di Fastwork.id.

 

Jika kalian punya tips tambahan atau pertanyaan menarik lainnya, silakan tanya di komentar, ya.

Pangeran wortel pamit. See you…

About Pangeran Wortel

Personal guide blogger sejak 2010 dan suka membahas tips blogging, desain blog, belajar SEO, serta hal menarik lainnya.Salam kenal..

View all posts by Pangeran Wortel →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.