11 Cara Menjadi Blogger Konsisten – Bagian 1

Blogger Konsisten – Setelah berkali-kali mendapat request dari teman-teman blogger, akhirnya Pangeran punya kesempatan untuk menuliskan jawaban dari pertanyaan tentang : Bagaimana cara supaya konsisten ngeblog?

 

Sebelum ada anggapan yang gimana-gimana. Jujur, materi yang Pangeran tulis kali ini sedikitpun tidak ada bermaksud untuk menggurui. Apalagi, memaksa sahabat wortel untuk melakukan cara yang akan Pangeran bagikan. Tapi, jika cara yang Pangeran bagikan bisa membuat sahabat wortel menjadi seorang blogger yang konsisten. Silakan bagikan kepada blogger lain, supaya semakin banyak blogger yang bisa konsisten.

 

Oke! Supaya nggak berlama-lama Pangeran akan membongkar apa saja yang Pangeran lakukan untuk bisa menjadi blogger konsisten selama ini. Sebelum membaca, jangan lupa siapkan sesuatu yang bisa menemani kalian. Karena, materi kali ini akan Pangeran bahas sedetail mungkin. Nah, langsung saja kalian simak.

 

11 Cara Menjadi Blogger Konsisten versi Tulisan Wortel :

 

1. Niat jadi Blogger untuk apa?

 

Sebelum kalian mengetahui cara yang sebenarnya tentang bagaimana menjadi blogger konsisten, coba deh tanyakan dalam diri kalian : “Untuk apa kalian ngeblog?” Udah ditanyakan belom? Oke! Kalo sudah, sekarang Pangeran bahas.

 

Inget gak, ketika masih kecil, orang tua kita (Pangeran, kalian) akan selalu mengingatkan ke kita, untuk selalu berniat sebelum melakukan apapun. Entah itu makan, menghadapi ujian, menjalani wawancara kerja, atau bahkan hal sederhana seperti menulispun pasti orang tua kita akan selalu mengingatkan ‘Jangan lupa niatkan dulu hatinya sebelum melakukan sesuatu. Biar dimudahkan.’

 

Anggapan Pangeran tentang niat itu hampir sama dengan Do’a. Kenapa? Karena, orang-orang yang berniat sebelum melakukan sesuatu, sama halnya ia berdoa supaya apa yang ia lakukan dapat dimudahkan prosesnya.

 

Sama seperti menjadi seorang blogger. Apakah kalian sudah menjawab pertanyaan yang Pangeran tulis di paragraf awal pada poin pertama tadi? Kalo sudah. Kalian hebat! Karena kalian sudah berani membuat pilihan. Ya, niat itu kerat kaitannya sama Do’a dan pilihan.
Orang-orang yang punya niat baik, kebanyakan karena mereka punya pilihan dan mereka akan selalu berdoa atas apa yang mereka ingin capai. Jadi, apapun niat kalian untuk menjadi blogger. Entah itu tentang berbagi, menghasilkan uang, curhat atau hanya untuk mengisi kekosongan saja. Itu kembali ke hati kalian masing-masing.

 

Blogger yang punya niat yang kuat atas tujuannya ngeblog itu mau ngapain? Pasti dirinya nggak akan gampang kalah sama keadaan. Otaknya akan terus berusaha saling mendukung untuk terus menghasilkan karya sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Namun, ketika Pangeran membahas tentang niat, jangan pernah masukkan tentang UANG.

 

Lho? Tadi katanya boleh milih apa aja Pangeran? Emang, gak boleh kalo niat ngeblog itu untuk UANG? 

 

Bukan seutuhnya Pangeran melarang kalian untuk memilih tujuan kalian menghasilkan uang dari menjadi blogger. Tapi, ini baru proses niat. Kuatkan dulu. Oke! Biar gampang pangeran kasi contoh aja, ya.

 

Misalnya niat kalian ngeblog adalah menghasilkan uang. Tapi, apakah mungkin dalam 1 bulan usia ngeblog bisa langsung menghasilkan Uang? Begitulah peran pentingnya niat. Jadi, meskipun niat atau gampangnya tujuan kalian ngeblog adalah menghasilkan uang. Tapi jangan pikir uangnya dulu. Pikirkan bagaimana kalian bisa menghasilkan karya yang berkualitas dan disenangi banyak orang. Gitu…

 

Persepsi pangeran. Yang terpenting niat dan tujuannya dikuatkan dulu. Apapun itu. Soal uang, keknya dia gak akan sungkan untuk datang, jika hasil karya yang kalian buat patut untuk dihargai dengan uang.

 

Jadi, apakah sekarang udah ketemu niat ngeblognya untuk apa? Oke! Kalo sudah, sekarang Pangeran lanjutkan ke poin ke-2.

 

2. Menentukan Target

 

Ada yang bilang, menuliskan target adalah cara paling gratis untuk mendapatkan impian kalian. Nah, artinya semua orang berhak memiliki target. Apapun target itu, yang jelas buat target yang sesuai dengan kemampuan yang kalian miliki sekarang.

 

Mulailah membuat target dari yang terdekat. Jadi, misalnya target kalian untuk menjadi penulis. Jangan langsung kepikiran jadi penulisnya, tapi cicil target kecil-kecil di dalamnya.

 

Contoh, untuk menjadi penulis yang bisa menghasilkan karya yang akan terus dikenang, kalian nggak bisa langsung ujug-ujug sampai di fase itu dalam hitungan bulan. Apalagi hitungan hari. Rasanya terlalu mustahil. Jadi, coba buat target-target kecil dari terget utama kalian terlebih dahulu. Meskipun belum tercapai yang besar, setidaknya kalian sudah hampir menyelesaikan target kecil di dalamnya. Begini contoh menentukan Target yang baik :

 

 

Nah, dengan kalian memiliki niat yang benar, target yang bagus, ini akan sangat memudahkan kalian untuk menjadi seorang blogger yang konsisten. Kenapa bisa sesingkat itu Pangeran? Ya, memang begitulah kenyataanya. Niat yang kuat akan sulit membuat kalian untuk tidak berkarya. Apalagi dengan target yang benar, ingin rasanya untuk segera sampai di target selanjutnya.

 

Jadi gimana? Sudah ngerti tentang bagaimana cara yang benar untuk menentukan targer? Kalo ada yang bingung, silakan tanya nanti di komentar. Kita lanjut poin yang ke-3.

 

3. Jangan Plin-plan

 

Tidak bisa dipungkiri, setiap orang pasti akan mengalami pasang surut dalam menghadapi atau menjalani hidup ini. Tak beda halnya dengan menjadi blogger. Pasti akan ada masanya di mana seharian nulis poin-poin yang mau dibahas, tapi gak pernah ada ketikan yang bisa selesai. Parahnya lagi, berakhir pada kekesalan terhadap diri sendiri. Jangan sampai ini terjadi.

 

Menyurutnya semangat itu, terkadang bisa mengobrak-abrik pikiran kita sendiri. Dari yang tenang menjadi kacau. Sampai akhirnya kita memutuskan untuk mengambil jalan yang lain. Ini yang tidak boleh dilakukan oleh seorang blogger konsisten.

 

Untuk mencapai tahap menjadi blogger konsisten, jangan pernah kalian plin-plan dengan niat dan Target kalian. Semua postingan ini akan berkaitan satu sama lain. Jadi, jika kalian masih plin-plan dengan kedua hal sebelumnya. Jangan lanjutkan membaca. Close saja tab ini dan lupakan materi ini. Tapi… jika kedua hal itu mau kalian perbaiki dan konsisten. Bersiaplah untuk lebih dekat menjadi blogger konsisten sesungguhnya.

 

Salah satu contoh sederhana blogger yang plin-plan adalah merasa benar-benar gagal padahal baru publish 2 post.
Baca juga : 12 Kesalahan Fatal yg Sering Dilakukan Blogger Pemula

 

Perlu kalian inget. Membangun sikap diri untuk terus bisa melakukan sesuatu yang kalian suka, tapi karena ada banyak faktor yang menghalangi, akhirnya kalian mengabaikan hal itu begitu saja. Mungkin jika kalian baru saja memulai atau sudah sedang berjalan dalam keadaan tertatih-tatih, tetap semangat. Karena, menjadi blogger konsisten itu butuh sebuah proses yang panjang. Nikmati prosesnya. Lanjut poin ke-4.

 

4. Manage Waktu dengan Baik

 

 

Mengatur waktu adalah bagian terpenting ke-4 yang harus kalian lakukan. Memang, setiap orang pasti punya kesibukan yang berbeda-beda. Bukan cuman kalian, tapi Pangeran juga punya kesibukan. Bukan artinya blogger konsisten itu karena dia gak ada kerjaan. Itu anggapan yang salah.

 

Justru, blogger konsisten adalah orang yang paling keren dalam urusan mengatur waktu yang baik. Pada bagian ini, kalian akan dituntut untuk jadi orang yang super mengatur waktu. Pangeran juga akan memberikan contoh tentang bagaimana Pangeran mengatur waktu yang paling baik supaya kegiatan dalam dunia Blogging kalian tidak terganggu oleh kesibukan yang lain.

 

Hal pertama yang harus kalian siapkan adalah membuat jadwal postingan dalam 1 Tahun. Ini salah satu contoh jadwal postingan Pangeran di bulan Mei 2016. Mau ditampilkan semua, takut kalian kaget. Jadi, ini udah cukup keknya.

 

 

Gimana? Mulai ngerti cara ngatur waktunya? Oke. Mungkin kalian masih bingung kalo gak ada penjelasannya. Jadi gini, karena setiap orang punya kesibukan yang berbeda-beda, tentunya cara ini harus kalian sesuaikan dengan kegiatan kalian sehari-hari. Ingat, untuk sukses di tahap ini, jangan lupakan cara Pertama, Kedua dan Ketiga.

 

Penjelasannya gini. Bedasarkan gambar tanggal di atas. Pada area yang Pangeran block menjadi Biru adalah jadwal di mana Pangeran harus publish 1 postingan di hari itu. Saran Pangeran, untuk mewujudkan ini, tentukan waktu yang pas untuk menemukan ide tulisan, menulisnya, mengedit dan terakhir publish.

 

Tanggal yang Pangeran block pada warna merah tua adalah waktu di mana Pangeran akan mencari ide dari tulisan apa yang akan Pangeran publish nanti.

 

Menemukan ide bisa di mana aja, kalo dibahas di sini, keknya gak akan selesai postingan ini. Jadi, nanti akan Pangeran buatkan caranya di postingan lain. Nah, dalam menemukan ide, bisa kalian simpan atau tulis dalam bentuk apa saja. Mau catatan di smartphone, ditulis di kertas atau jika kalian punya daya ingat yang keren, simpan saja di file otak kalian.

 

Ya, begitulah mudahnya menemukan ide, bisa di mana aja. Dan ini nggak akan ganggu kerja kalian. Apa sih, salahnya meluangkan waktu 2 menit untuk nulis sesuatu ide yang kalian temukan selama 1 hari itu. Semakin banyak menemukan, semakin seringlah menuliskannya.

 

Jika sudah selesai mengumpulkan ide. Selanjutnya pada tanggal yang Pangeran block dengan warna hijau pekat adalah saat-saat yang paling penting dalam proses membangun diri kalian menjadi blogger konsisten.

 

Bagaimana mengaturnya Pangeran? Kan kadang seharian itu sibuk banget sampe bingung bagi waktunya. Bisa sih, tapi sukanya waktu istirahat dikorbankan.

 

Tenang. Jangan buru-buru panik dulu. Pangeran akan ngasi cara supaya kalian tetep bisa nulis dan ngedit hasil dari ide yang sudah kalian cari sebelumnya. Sebenarnya caranya gampang banget. Logikanya, setiap orang punya 24 jam yang sama. Tapi, kenapa ada yang bisa ngeblog secara konsisten dan ada yang tidak?

 

Perbedaan keduanya hanya terletak pada JEDA. Jadi gini, sesibuk apapun kalian, silakan tentukan waktu yang kiranya paling tepat dan nyaman untuk membuat ide yang sudah kalian kumpulkan menjadi sebuah tulisan yang utuh.

 

Biar gampang Pangeran kasi contoh bedasarkan kegiatan Pangeran sehari-hari. Misalnya hari ini adalah jadwal untuk nulis dan edit. Sebisa mungkin selama 24 jam, Pangeran akan menyiapkan waktu maksimal 2 jam untuk nulis dan edit dari ide yang sudah Pangeran siapkan sebelumnya.

 

Tapi Pangeran, kadang kalo terlalu dipaksakan gitu, nulisnya jadi gak nyaman dan pasti mempengaruhi isi dari tulisan. Apalagi di hari itu tiba-tiba blank dan gak tau mau nulis apa. Gimana kalo gitu Pangeran?

 

Nah, itulah gunanya Pangeran membuat jadwal nulis dan edit 1 hari lebih awal sebelum publish. Karena, belum tentu setiap waktu kita bisa mengembangkan ide yang sudah kita temukan. Namun, ketika Pangeran dalam 2 jam waktu nulis dan edit gak ketemu atau bahkan blank. Jujur, tulisan itu akan Pangeran tinggalkan begitu saja.

 

Lho!! Katanya mau ngasi solusi. Kok malah ditinggalkan Pangeran?

 

Ya, memang begitu. Tapi, ditinggalkan bukan artinya nggak dilihat lagi. Jadi, selama Pangeran mengalami blank atau sering disebut writer’s block, Pangeran akan meninggalkan sejenak untuk jalan-jalan atau lakukan sesuatu yang bisa membangkitkan ide menulis kalian. Intinya tinggalkan, lakukan sesuatu yang membuat diri kalian senang dan kembali menulis. Tapi, jangan keenakan senang-senangnya.

 

Nah, kita masih punya 1 hari di mana itu adalah jadwal yang harus publish. Di saat seperti ini, ada dua kemungkinan yang membuat blogger bisa mengembangkan ide tulisannya. Pertama, karena kepepet. Kedua, karena memang hatinya sudah kembali membaik.

 

Jadi, setelah selesai menulis materi, ada baiknya dan memang sebaiknya kalian lakukan tahap editing sebanyak 3-4x. Ya, ini juga gunanya untuk kalian sendiri supaya menghindari Typo dan mungkin ada kalimat yang masih canggung jika kalian baca. Ketika semuanya sudah oke, saatnya tekan ‘publish.’

 

—o0o—

 

Sejujurnya postingan ini sungguh masih panjang. Di awal, Pangeran sudah berusaha untuk membuatnya sesingkat mungkin. Tapi, inilah yang terjadi. Untuk membuat kalian bisa menjadi blogger konsisten itu bukan pekerjaan mudah.

 

Baiklah, jika postingan ini diteruskan, besar kemungkinan kalian gak akan mau baca materi di Tulisan Wortel lagi. Makanya, untuk menjaga keamanan dunia. Halah. Pangeran akan membuatnya menjadi dua bagian. Ini bagian pertama dan jangan lupa, untuk bagian kedua nanti akan Pangeran publish sesuai jadwal postingan selanjutnya dan… Spesial buat kalian semua. Pangeran akan buatkan Free Ebook tentang cara menjadi blogger konsisten pada postingan bagian ke-2  di bawah ini:

Artikel Terkait

11 Cara Menjadi Blogger Konsisten – Bagian 2

Pada bagian ke-2, akan ada cara tambahan yang akan membuat sahabat wortel semakin konsisten ngeblog. Bukan hanya itu, pada bagikan ke-2, Pangeran sudah membagikan Ebook Gratis yang bisa kalian jadikan pedoman. Dapatkan tipsnya sekarang.

BACA BAGIAN 2 >

 

Tenang saja, Ebook ini gak harus bayar. GRATIS!!! Buat kalian yang mau menjadi blogger konsisten. Okelah, sepertinya postingan kali ini sudah sangat panjang. Semoga bermanfaat. Pangeran Wortel pamit. See you..

Image by : 
  • google.com
  • tulisanwortel.com

93 thoughts on “11 Cara Menjadi Blogger Konsisten – Bagian 1

  1. Niat ngeblog saya apaan y bang? Tw engga?isengnya kayaknya bang
    .
    Kalo target saya pengen dapt ballon d or bang biar kayak messi ma cr bang
    .
    Kalo ngepost setahun cuma 1 boleh g bang?

    1. Wah.. Niki Pertamax dan ngerecokin mulu. 😀

      Iseng juga termasuk Niat Nik. Jadi, kuatnya isengmu terus. Biar ngeblognya konsisten. 🙂

      Ow.. bisa aja Nik. Coba aja kalahin Messi sama CR, nanti pasti Ballon D'Ornya jadi milikmu.

      Boleh banget ki. Asalkan konsisten. Setiap tahun 1.

  2. Hai pange, terimakasih sudah berbag tips untuk konsisten blogging.
    Pertama tama saya jadi pengen jawab pertanyaan pange yang nomor satu.
    Niat saya blogging awalnya karna saya pelupa, jadi saya bikin blog yang nanti bisa diisi memori memori yang bisa saja saya lupakan tapi nanti bisa diliat lagi sampe ke anak cucu.
    ini lho nak mamah yang dulu, pernah ngapaian aja kemana aja sudah punya pengalaman apa saja, eaaa akk kok jadi ngomong sama anak padahal nikah aja belom.

    Nah soal ide.. aku ga pernah cari ide kayak pange sih, tapi jujur sampe sekarang aku masih nulis buku harian. Jadi kalau ada yang bagus dari cerita ku di buku harian, pasti langsung aku migrasikan ke posting blog hehehe.

    Karena pada dasarnya cerita hidup ada yang bisa di bagikan dan ada yang tidak.

    Mmmm sebenernya mau komentar banyak, tapi nanti aja deh di posting selanjutnya *ikut ikutan komentar bersambung*
    btw ditunggu ebooknya, semoga ilmunya manfaat

    1. Hai Laili… Apakah dirimu sehat? Semoga sehat selalu, ya. 🙂 Sama-sama.

      Itu juga termasuk niat dan nggak ada salahnya untuk konsisten menyimpan memori kita. Eh, maksudnya memory perjalan hidup di masa sekarang supaya anak-anak nanti bisa tau. Eh, ini kok jadi gimana ya kalimatnya? hahaha. Gue jadi ikut-ikutan ini.

      Lah, itukan termasuk salah satu cara menemukan ide yg gue bahas Laili. Intinyakan, Laili tetep nulis beberapa cerita hariannyakan?

      Asek.. Quote ni ye..

      Hahaha, selalu deh. Gitu. Oke! Siapkan banyak cemilan di postingan selanjutnya ya. 🙂

  3. Masalah terbesar yang aku alami saat aku mengalami inkonsistensi, susah nyari ide kreatif untuk ditulis. Biasanya kalau aku galau, bisa menghasilkan 3-4 postingan. Kalau ada film baru, bisa kreatif lagi menulisnya. Tapi kalau ga ada konflik apa-apa lagi, aku susah nyari ide lagi. Kenapa begitu?

    Karena aku sangat memegang prinsip kalau penulis tidak bisa dipaksakan. Tidak bisa memaksakan sesuatu yang tidak bisa ditulis.

    Satu hal lagi, orangtuaku tidak mendukung niatku jadi penulis. Katanya, itu cuma penghayal.

    1. Wah… Pertanyaan lo ini sebenarnya akan terjawab di postingan Bagian 2. Jadi, ditunggu aja jawabannya di postingan selanjutnya. 🙂

      Jangan nunggu galau bisa ngeblog. Serius, pertanyaan lo ini akan terjawab di postingan Bagian 2. Tapi, yang gue lihat sih, karena lo kurang peka sama sekitar.

      Gini, emang gak semua orang bisa melakukan itu. Tapi, ketika lo peka sama sekitar. Lo akan nemuin Something yang ketika lo tulis orang akan ngomong dalem hati 'Iya juga, ya..' Jadi, saran gue sih perbanyak nulis poin2 aja dulu.

      Sering-sering kumpulin materi yang gak penting. Percayalah, terkadang itu bisa jadi ide dikala kepepet. 😀

      Gue juga mengajarkan begitu bro. Di cara ke-4 keknya lo harus baca ulang. biar tau feelnya di mana.

      Halah, jangan bawa orang tua bro. Gue juga udah lama gak direstui. Awalnya. Tapi, setelah menghasilkan dari kegiatan nulis doang. Mereka langsung bilang 'Kalo Emang sukanya nulis, ya silahkan. Kan dari pada menung-menung.'

      Buktikan aja bro…

  4. Wah amazing banget nih bang. Jujur gue masih belum bisa yang terjadwal gitu, tapi sebisa mungkin dalam satu bulan ada targetnya si.. tapi kadang gak bisa juga… hehe

    Gue kadang beberapa hari bener2 gak bisa nulis, tapi terkadang tiap hari bisa nulis. The power of kepepet kali ya.. haha

    Bang, di tunggu posting keduanya ya.. o ya, klo udah ada ebooknya langsung kirim ke gue ya… gue tunggu loh… kapan tuh ebooknya jadi?

    1. Amazing ki? Siapanya? Tulisannyakan? Gue mah… Kusem. 😀

      Nggak apa-apa ki. Mulai dari hal kecil dulu. Misalnya dalam satu bulan 4 postingan. Terus makin ke minggu. Makin ke hari kalo bisa. Gue sih, caranya gitu dulu. Berusaha membiasakan diri.

      Iya… Begitulah kalo udah kepepet. Tiba-tiba ada ide dan langsung ngepost gitu aja. Sampe lupa kalo idenya harus dikumpulin dulu, dirangkai dulu. 😀

      Siapp ki.. Ebooknya belum selesai ki. Masih ada yang gue tambah. Jadi, di Ebook nanti lo bakalan dapet Versi yang lebih lengkap dari ini.

      Ditunggu aja.. Nanti gue kasi Infonya. 🙂

  5. Ini postingan yang menjawab keresahan sebagian blogger yang mulai jarang ngeblog. Mungkin karena ada vlog. Padahal blog dan vlog ada peminatnya sendiri. Jadi, tetap berkarya. Dan terima kasih pangeran sudah mau berbagi. 🙂

    1. Sepertinya gue harus mewakili itu ya bg. Jujur, bulan April yg lalu, banyak banget Blogger yang gue kenal, mulai jarang ngepost lagi. Ya, semoga dengan adanya ini bisa memperbaiki semangat mereka.

      Vlog itu sebenarnya gak terlalu ngaruh sih, bg. Tapi, ini keknya bakalan jadi tambahan di Bagian ke-2 nanti. Yang jelas, bener kata bg Haris : Blog atau Vlog punya peminatnya sendiri. Jadi, gak ngaruh kok, buat Blogger.

      Siapp bg.. Sama-sama dan semoga bermanfaat ya bg.

    2. Klo gue si liat vlog pas lagi di tempat yang full wifi. Klo niat ke kuota itu sama aja bunuh diri. Haha

      Jadi, blog tak akan tergantikan gitu aja. Kecuali nanti internet gratis. Mungkin orang banyak males baca.. haha

  6. terima kasih pangeran berguna banget gue yang blogger pemula biar bisa konsisten. tapi kalau masalah jadwal tu emang susah banget ngejalaninya apalagi pas udah buat jadwal buat nulis. tapi tiba-tiba malah terbentur ama kegiatan lain yang mendadak yang buat kita nggak sempat nyentuh laptop. hasilnya jadwal berantakan dan harus nulis buru-buru karena nggak mau terlambat. hasil tulisannya malah jadi nggak memuaskan. ada solusi buat hal kayak gini nggak pangeran ?

    1. Sama-sama SR. Eh, nama asli lo siapa sih? Manggilnya gimana? 😀

      Sebaiknya baca baik-baik lagi ya bro. Oke! Biar ngerti, gue jelasin ya.

      Jadi gini, gunanya membuat jadwal itu justru untuk mengatasi hal-hal semacam itu. Ya, menurut gue 2 hari sebelum postingan harus publish itu bukan waktu yg sebentar bro. Misalnya 1 hari lo buat 2 jam. 2 hari, lo punya 4 jam yg bisa buat nulis. 'Yakin masih gak bisa?'

      Kalo gak bisa juga. Tungguin Bagian ke-2nya. Akan terjawab semuanya.

      Solusinya inget Niat sama Target. Kalo gue gitu sih. Mau secapek apapun, kalo udah kuat Niat dan inget target. Hilang capeknya.

    1. Hehehe mas Put.. Ya mau gimana mas. Kadang, terlalu singkat pembaca jadi galau sendiri. Udah, deh. gue buatin yg complete biar gampang ngertinya.

      Waduh… Belum kepikiran buat buku tips bg put. Ebook biasa aja. Mudah-mudahan bermanfaat.

  7. wah yang nomer satu nih.. dari awal ngeblog niat kadang sering goyah. baru baca ini langsung gue tulis di buku agenda wkwk. ditunggu ebook gratisnya masher, apaapa kao gratis menyenangkan

    1. Ayo… perbaiki Niatnya lagi. Nah, itu udah mulai nulis-nuliskan. Keknya bentar lagi ngepost tuh.. 🙂

      Siap.. Tunggu aja postingan Bagian 2 ya.. Hehehe, samalah kalo gitu. XD

  8. bukan cinta aja yang butuh konsisten, ternyata nulis blog juga harus butuh yang namanya konsisten. dan gw paling suka dengan isi artikel yang nomor 4 itu bro, manage waktu dengan baik dan itu juga penting

  9. samapai saat ini gue belum bisa jadi blogger yang konsisten. dulu sebelum blog gue jadi TLD gue udah berjanji untuk rajin mosting tentang apapun itu, yang penting tiap minggunya blog gue bisa update postingan. tapi yang ada rencana hanya berakhir diwacana. untuk membuat 1 postingan aja gue butuh beberapa hari untuk ngedit. Kemaring gue sempat ngebaca postingannya bang adis takdos perihal : Jangan jadi blogger pelacur. tiap poinnya bikin gue kesindir habis – habisan. apalagi yang menyangkut dengan Uang -_- . Bedebah bangetkan gue :'(

    1. Gue harus respon gimana ya? XD Soalnya Pangalamanmu ternyata sudah sejauh itu.

      Konsisten itu sebenarnya Pilihan. Mau domain TLD atau Free sekalipun, kalo Niat sama Targetnya lupa. Gak jamin bisa konsisten ngeblognya.

      Apalagi… udang urusan Uang. Memang gak ada yang salah. Setiap orang punya dan berhak memilih arah ngeblog itu untuk apa? Ya, tapi jangan lupa sadar. Kalo baru ngeblog 2 bulan pengen punya penghasilan jutaan.

      Blogger yg udah sukses aja, mereka butuh bertahun-tahun.. Dan.. mereka juga konsisten melakukan itu.

      Udah deh. jangan dibawa mengeluh. Mulai perbaiki Niat, Target dan Mulai tulis jadwal ngeblognya kapan aja. Senggaknya dirimu bisa lebih baik kedepannya. Amin.. Semangat ya.. 🙂

  10. Yapps.. Kadang, kita suka lupa apa yg udah kita usahakan diawal itu ujung-ujungnya plin plan juga, gak konsisten, apalagi dunia blogger. Banyak yg niggalin gitu aja. Padahal awalnya semanget, banyak pasang surutnya.

    Ide jadwlnya boleh juhaw, bisa diterapin nih.

    1. Kita ??? Ciyee.. udah pake kita… XD *LOL

      Begitulah Sifat manusia yg sebenarnya. Tapi, setiap orang berhak berhenti kok. Karena seperti apa yang gue bilang : Siapapun berhak memilih.

      Silahkan diterapkan Bro, biar makin keren konsistensinya. 🙂

  11. Waah mantep nih kontennya pangeran, eh ini saya bener panggil pangeran ya, ini soalnya baru di sini, hehehehehe…

    Poin-poinnya penting untuk direnungkan oleh blogger biar entar jadi konsisten ngeblognya.. Siiippp nihhh..

    Saya pribadi, jujur, dulu awal ngeblog, selain hobi nulis, emang ada pengetahuan dari ngeblog bisa ngasilin duit, soalnya teman saya sendiri yang udah ngerasain sukses bisa menghasilkan uang dari blog, nah, itulah yang kemudian, saya coba untuk konsisten di blog ini, hehehehehehe 🙂

    Dan bener, manage waktu, mesti pintar-pintar nih ya waduuuhhhh… hehehehehehehe 🙂

    1. Benar….. Pangeran kasih 100 ya. XD

      Iya bg Diar. Karena jadi Blogger Konsisten itu boleh dibilang sulit, makanya harus bisa konsisten.

      Nggak masalah sih bg. Niat orang emang beda-beda. Apapun itu, asalnya Niat sama Targetnya dikuatkan. Semoga selalu dimudahkan menhasilkan uangnya ya bg. 🙂

      Nah… Manage waktu penting banget soalnya. Buat yg suka teledor, harus menggunakan cara seperti ini supaya bisa konsisten dalam melakukan banyak hal..

      Semoga bermanfaat ya bg..

  12. Awalnya aku bukan blogger dan nggak tahu blogger itu apa kegiatannya terus di kenalin sama atasanku, pas makin kesini ko asik juga ya dan sekarang lumayan konsisten juga sebagai seorang karyawan tetap yang merangkap dirinya jadi blogger hahaha. lumayan agak susah juga membagi waktunya hehe

    1. Dulu bukan Blogger, terus sekarang udah jadi Blogger aja wid. Ya, emang jalan orang kenal blog pasti beda-beda. Termasuk dirimu, dikenal sama Bos. Dan… akhirnya ketagihan ngeblognya.

      Ya, susah itu pasti ada. Tapi, kalo udah punya niat sama Target pasti akan mudah.

  13. Buih, kayak infographic gitu ya. Cool. I think.

    Menurut saya jadwal posting wajib itu susah lho. Apalagi selangnya cuma tiga hari kayak yang dijelasin tadi, tapi harus dibiasakan karena gimana nantinya kalo udah menghasilkan uang? Mau gak mau harus ngejar deadline dong, dan ditunggu post lanjutannya…

    1. Infographic gimana bro?

      Susah kalo belum dicoba. Memang sudah nyoba atau belom bro? What?

      Kalo mikirnya konsisten karena uang, keknya gak terlalu menjamin bisa lama ngeblognya.

      Buat gue sih, ini tentang gimana memperbaiki sikap sama sesuatu yang suka dilakukan. Kembali lagi, niatnya mau ngapain. Meskipun untuk menghasilkan uang, ya harus sadar usia ngeblognya giman? Visitor, PV, dll. Begitulah kalo mau konsisten. Kalo nggak ya, itukan pilihan bro.

  14. Semoga banyak blogger hiatus yang pada baca ini lalu mulai merenung kembali.. bagus her tulisannya , untuk saat ini emang lo yang paling pantes nulis karena konsistensi lo ngeblog. Bahkan gue pun kayaknya perlu merenungi tulisan lo ini haha

    Biar tetap membumi, Heru juga harus dikritik. Kalo udah konsisten nulis, harus belajar juga tata tulis.. biar blognya makin nyaman dibaca~

    Di postingan ini masih banyak huruf kapital yang letaknya nggak sesuai ..

    1. Terimakasih bg. Semoga saja begitu bg. Biar semakin banyak bacaan Blogwalking gue. 🙂 Hahaha, selamat merenungi ya bg.

      Siap bg.. Kritik apapun selalu gue terima, jika ini demi kemajuan gue dan Tulisan Wortel. Oke, untuk hurup kapital udah gue perbaiki bg. Kemaren emang pengennya pembaca Fokus dan memperbaiki mainset secara tulisan (serius, bukan ngeles).

      Tapi, jika justru ini membuat nggak sesuai, gue perbaiki bg. Yg sekarang giman?

  15. Niat awal nge-blog, gue pengen dapat duit. Beberapa bulan jalan, realitanya gue gak bisa ngasilin apa apa dari blog. Kecewa. Akhirnya gue berhenti blog. Berentinya pun lama. Sekarang gue nge blog lagi, bukan untuk dapat duit. Gue cuman pengen buat bom waktu. Gue ngebayangin 10 tahun kemudian saat gue punya istri, mungkin juga punya anak, terus gue baca baca tulisan gue yang sekarang, kayaknya sih seru.

    Poin kedua. Persis seperti yang gue lakuin lewat blog. Baru baru ini, gue mulai ngegfiksi, buat ngelatih tulisan gue juga.

    Poin 4. Kayaknya kapan kapan gue juga harus coba buat jadwal deh.

    Sekarang semangat nge blog gue kendor. Draft yang udah di edit pun, rasanya berat buat di post. Berat. Malas. Gak tau deh. Semoga ini gak lama.

    1. Memang kalo niatnya terlalu ke Uang ben, akhirnya malah begitu. Kebanyakan begitu.

      Nah, niat kedua lo itu lebih real menurut gue. Jadi, blog sebagai media yang tak lekang oleh waktu. Dalam keadaan apapun, nantinya lo tetep bisa membuat mesin waktu yg akan lo baca di masa depan nanti.

      Nah… bagus Ben. Pertahankan ya. Biar gak gampang goyah.

      Kalo bisa sekarang, ya silahkan lakukan Ben. Nanti adalah cara menunda paling akrab dalam hidup. Hati-hati sama kata 'nanti'.

      Saran gue, coba deh jalan-jalan ke tempat yg bisa bikin hati lo seneng. Terus, coba temuin something yg bisa lo jadiin bahas. Semoga bisa membantu memperbaiki semangat lo. Di Bagian ke-2 keknya akan menjawab banget.

  16. Niat, aku niat gak ya? Kira-kira mau jadi blogger ada nawaitunya nggak? Kalau aku dulu sih cuma iseng aja gara-gara baca blog orang ya akhirnya sampai sekarang blog jadi tempat buat berbagi apa yang aku pikirkan dan bertukar pikiran dengan mereka yang membaca.

    Kalau masalah niat dapet uang sih kerja kan bisa, lagian masa langsung dapet uang. Prosesnya masih panjang lagi.

    Target blog, aku nggak ada target untuk blog sama sekali. Blog cuma dijadiin tempat buat bersenang-senang aja sih. Bertemu dengan orang baru, baca tulisan orang. Seenggaknya dengan gitu bisa ngerasa senang.

    Plin-plan, pernah nih dulu sempet ngerasa "duh aku gagal ya, gak ada yang baca sama sekali" sempet mau berhenti tapi setelah cari cara dengan gabung ke komunitas blogger akhirnya blogku bisa bertahan sampai sekarang.

    Manage waktu, kebanyakan susahnya disini. Sampai banyak yang gulung tikar. Aku juga gitu sih, kadang ada ide tapi susah buat ngembanginnya, akhirny males deh padahal udah buka laptop. Godaan setan lebih kuat..

    Ditunggu deh e-booknya, ini bermanfaat banget buat blogger.

    1. Iseng dan supaya ada yang baca termasuk Niat lho ki. Jadi, niatmu udah ada.

      Nah… Itukan yang lo tuliskan semuanya target. -_- Keknya lo udah menjawab, tapi gak merasa itu targetmu sendiri.

      Nah… Begitulah pentingnya konsisten, selain memang bisa membuat blog tetap hidup, memperbaiki sikap mental untuk gak gampang nyerah. Sejatinya masih banyak jalan menuju roma.

      Iya ki. Bener bgt. Kadang gue ketemu yg Blogger seperti itu. Kasihankan. Malah ada yg udah dot com cuman bayar dot com aja. Tulisannya jarang diupdaten.

      Nah, yg terakhir ini akan terjawab di next postingan ki. Ditungguya..

      Siapp ki.. Termakasih.. Semangat terus ya..

    2. Hahah, jadi iseng itu udah niat ya 😀
      Bikin niat ternyata bisa semudah itu ya, tinggal ngelakuinnya aja yang susah.

      Iya sih, aku pikir target kek sesuatu yang menghasilkan, kek punya pembaca yang banyak, pembaca yang setia, menghasilkan gitu.

      Kalau gitu percuma banget ya udah beli domain tapi gak konsisten, sini domainnya buat aku aja.

      Ok, ditunggu banget nih tulisannya.

  17. Wah, sampai pada tahap ngewarnain kalender demi jadwal ngeblog itu niat banget menurut gue. Gue mah kapan aja nggak nentu. Kadang selesai nulis, ngedit, baca sampai 4 kali, publish. Nggak nunggu hari selanjutnya.

    Semoga bisa menjawab kebingungan para blogger yang kurang konsisten. :))

  18. Super sekali postingan pange kali ini..:)
    kalo gue beda lagi pange,, pas ketemu ide, gue tulis, langsung deh di publish hari itu juga. Belum terjadwal kayak yang pange lakukan.
    Cuma ya gitu, kdang postingan gue ngga sampe 500 kata..:(
    Dan sjauh ini, isinya lebih kepda kegalauan gue aja sih.

    1. Terimakasih Elsa… 🙂

      Wah… itu bagus dong. Dapet ide langsung tulis. Kalo waktu pas dapet gak sibuk sih, bisa. Tapi, Pangekan lumayan sibuk. Hahaha. Tepatnya sok sibuk, sih.

      Ayoo dicoba, siapa tau konsistensinya malah makin keren. Gak apa-apa. Singkat kalo punya makna yang keren, rasanya tetep enak aja sih menurut gue.

      Mungkin, saran Pange buat Elsa kedepan, coba deh, eksplor lagi bahan dari idenya. Kasih jeda buat mikir lebih detail sama ide itu. Catet poin-poin yg mau dibahas. Dan… kembangin idenya. InsyaALlah lebih dari 500 kata.

      Soal isi, menurut Pange sih, bebas. Galupun tetep ada manfaatnya lho.. Jadi, tetep semangat ya..

    1. Jangan dibatasi sama kata 'agak' Vir. Pasti bisa..

      Hahaha, aslinya ditulis di note juga gak bakal ilang kok. Gue juga sering nemu ide di jalan. Gue pasti berhenti dulu. Gue tulis apa yg gue inget. Dan gue save. Bsoknya cek lagi, masih inget kok.

      Intinya jgn membatasi diri untuk jadi lebih baik..

  19. Suka sama tulisan ini, emang lagi booming bahas masalah konsistensi blog.
    Jujur sih management waktu itu yg susah mengingat sekarang aku udah berumah tangga punya anak dan bekerja juga (alasan)
    Cuma kalau dari awal niatnya untuk terus berkarya ya hharus kuat. EH Tapi skg aku jg nulis blog jg biar menghasilkan loh, alhamdulillah beberapa lolos dan menang lomba.
    Makasih ya pangeran atas tipsnya, sangat membantu buat aku spy tetap KONSISTEN!!!

    1. Terimakasih kakak, semoga selalu suka sama tulisan di blog ini. 🙂 Lagi booming ya kak? Baru tau malah. 😀

      Wah… Ini akan jadi tantangan baru buat Pangeran kak. Nanti kalo sudah menikah, bisa gak, ya konsiten lagi nulisnya. 😀

      Nah.. bener banget kak. Niat itu pertama bgt. Ciyeee udah menghasilkan sekarang.. Keren…

      Sama-sama kakak. Hahaha, perlahan belajar buat konsisten kak. Biar pembaca juga betah. 🙂

  20. Oke, mulai dari niat. Gue orang nya suka cerita/curhat, dan pada akhirnya gue dipertemukan dgn yg namanya blog, alhasil bloglah yg gue jadiin wadah buat cerita, jadi niatnya ya buat curhat dan berbagi cerita.

    Kalo jadwal, gue udah melakukan itu, jadi hari ini gue tulisnya, esoknya gue tulis konfliknya, dan terakhir publish.

    Dan soal e-book, mantaf bang !! Rispek !! Berbagi ilmu adalah salah saty cara untuk tetap bahagia.

    1. Nah… itu udah ketemukan Niatnya.. Keren.!!! *TOS* dulu

      Ih, serius Zilmi keren banget. Udah termanage. Pertahankan ya bro..

      Siappp.. Ditunggu bagian 2 ya..

  21. Niat ngeblog saya kayaknya campur aduk deh, hahaha… Tulisan wortel emang yahud, ada sambungannya, kayak sinetron aje bang Heru.

    Namanya ngeblog, pasti sering ditemuin rintangan atau halangannya, kayak paket Internet habis, jaringan low, inspirasi ilang, ide nulis kurang greget dan ketemu mantan di pengkolan.

    Tapi Kalo udah konsisten, semua rintangan akan dihadapi lah pokoe

    1. Campur aduh mas? Rujak kali… 😀 Makasih mas, Tulisan Wortel kadang suka dibilang Yahud. 😀 Iya dong.. mau ngalin H. Lulung ini. 😀

      Duh.. Mas Hendra selalu deh. Baper gak jelas gini. 😀 Iya juga, sih.

      Bener mas. Kalo udah konsisten. Rintangan apapun dilewati.

  22. Intinya satu sih pangeran cinta
    Kalo cinta sudah melekat alasan apapun gak akan jadi halangan. Rintangan apapun akan diterjang. Pengorbanan apapun akan ikhlas diberikan. Hahaha

    1. keknya harus dikasi koma Fah. Biar yg baca gak jadi 'Pangeran Cinta' XD

      Asek.. ini keknya baper lagi deh. Bawa-bawa cinta mulu. Pengen bilang *EAAAAAA

  23. Mantab! Kadang udah niat, udah susun jadwal, tapi bener2 gada ide buat yg ditulis. Mungkin bisa diakalin pake cara bikin semacam segmen gitu kali ya? Jadi misal minggu ini, oh segmen ini, jadi lebih fokus nulis. Nice post!

  24. Kesentil banget baca ini pange, ternyata aku masih jauh banget ya dari konsisten. Mau nulis, tapi dialihin sama hp, film, novel, akhirnya ga jadi nulis deh. Sekalinya punya ide, bingung buat ngembanginnya. Aku harus apaaaa?

    Pokoknya aku mau ebooknya, bodo, jangan lupa!

    1. Hahaha. Gue gak nyentil lho Nad… Jadi, siapa yg nyentil?? Hi…. Serem. 😀

      Tenang, di bagian ke-2 nanti, Nadia bisa nemuin harus ngapain aja. 🙂

  25. ga panjang kok her
    ini uda pas untuk sebuah tips blogging
    entar kalo kependekan malah kurang nendang *ups apasih
    hahahha

    eh
    untuk konsisten aku masih amat sangat kudu belajar banget nih dari tulisan wortel
    apalagi untuk bahasa tulisnya, punyaku belum seenak bahasa tulisan wortel deuhhh
    *KBBI mana KBBI???
    setuju her, blogger konsisten itu bukan yang ga ada kerjaan. justru mereka keren bisa manajemen waktu sedemikian niatnya di tengah himpitan kegiatan lain di dunia nyata. selalu salut sama yang seperti ini

    1. Alhamdulillah kalo gitu Nit. Apaan coba, bahas nengdang segala. Sinih, ada yang panjang. Tulisannya… XD

      Kenapa gitu Nit? Kan dirimu udah konsisten banget kalo ngeblog. Duh… Gue juga masih belajar Nit, belum bisa dibilang enak. Tapi, makasih ya. 🙂

      Nah… gitu.. Sama gue salut gak, Nit?

  26. Paling setuju sama soal niat itu, Pangeran. Iya bener. Kalau niatnya kuat, halangan dan rintangan atau sekedar kemalasan bisa dilawan. 🙂

    Whoaaa! Itu yang pake sistem kalender gitu keren banget, Pangeran. Niat abis. Berjadwal dan teratur. Jadi bikin para pembaca juga nggak nunggu kelamaan sama postingan baru ya. Kalau boleh bilang sih aku juga pake gitu. Kira-kira butuh tiga hari buat satu postingan. Dicicil gitu. Cuman nggak sedemikian rupa kayak Pangeran yang sampe ada nentuin tanggal begitu. Aku sembarang hari aja. Ibaratnya sih aku main nulis postingannya kayak pake KB UID atau implan. Kalau mau punya 'anak' dari blogku alias postingan, tinggal lepas. Hehe. Gitu. Astagfirullah, aku komen apa sih ini. Ampun, Pangeran :((((

    *kabur naik buraq*

    1. Nah… Bener Cha, dalam keadaan apapun, kalo niatnya udah kuat. Tetep aja ngeblognya have fun.

      Wah… kita sama ya cha. 😀 Nggak apa-apa Cha. Setiap orang pasti punya cara tersendirikan? Soal terjadwal itu, tergantung siapanya sih. Fleksibel aja. 🙂

      Entahlah Cha… Kaitan ngelepasin anak sama konsisten apaan. -_-

  27. Lanjut pindah komen ke artikel ini. Sebenarnya aku udah baca artikel ini di pas di Batam. Tapi karena udah terburu harus terbang ya gagal komen deh. 😀

    Aku setuju sama kamu Ru, kalau mau konsisten itu harus niat. Kalau udah niat, ntar yg lainnya mengikuti. Walaupun di tengah jalan kelak terseok-seok, hehehe.

    Untuk blogger yang merasa dirinya pemula, menurutku perkara niat ini dibawa slow aja. Tapi ya tetep ngeblog. Aku percaya, ketika kita berulang kali melakukan suatu hal, kita bakal memikirkan sebab-musabab kelakuan kita tsb. Dari situ bakal muncul niat dan tujuan. 😀

    1. Hahaha. Akunya juga baru bisa bales sekarang, mas. XD

      Nah, bener banget Mas. Kalo udah niat, ntar yg lain bisa sejalan mengikuti.

      Wah… Kalimat yang super sekali, mas Maw. Mantap!! Setuju..

  28. Ga sia-sia gua mampir ke blog Pangeran pagi ini dan nemu postingan yang keren abis. Dari judulnya aja udah mengundang banget pembaca untuk masuk, dan isinya pun sangat bermanfaat, khususnya buat gua, seorang blogger yang belum konsisten hehe.

    Ah, kalopun harus panjang, tulisannya akan tetep gua baca kok, tapi oke juga lah dibagi dua bagian, dan gua berniat make tulisan ini untuk penyemangat gua di kala semangat menulis memudar *hasek*

    Bener Pangeran, jangan lupa niatkan dulu sebelum melakukan sesuatu. Niat awal gua ngeblog adalah mengaktualisasikan diri. Gua menantang diri sendiri untuk bisa menghasilkan tulisan yang bermanfaat untuk orang lain dan bisa dibaca sampe kapan pun plus tulisan itu akan gua jadiin self reminder. Syukur aalhamdulillah kalo bisa bermanfaat buat orang lain dan jika bener demikian, itu ga bisa dinilai dengan uang 😀

    Untuk target, nah ini kelemahan gua. Masih belom punya target jelas, masih sebatas nuangin ide di pikiran, belum memetakan mau kemana blog gua berjalan. Tapi at least gua menikmati prosesnya, dan gua berharap bisa konsisten.

    Poin nomer 4 sangat mengena buat gua. Pekerjaan adalah kambing hitam utama gua saat inkonsistensi menyapa, tapi jelas itu salah. Sebenernya gua males, itu aja sih hehe. Kalo dipikir-pikir, semua blogger juga beraktivitas kok, dan mereka bisa konsisten. Gua belom bisa mengatur 24 jam waktu dalam sehari dengan baik, 24 jam waktu yang mana semua orang juga punya.

    Keren bro jadwal postingannya, membuat gua merasa bahwa gua masih belom mengelola blog dengan baik. Disiplin juga mestinya jadi poin penting untuk konsisten, dan gua yakin lo udah dalam track yang benar untuk itu.

    Kalo masalah ide, alhamdulillah masih tersimpan di note hape dan buku kecil, tapi mengeksekusinya itu lain cerita, justru tantangan berat muncul saat ingin mengeksekusinya jadi tulisan hehe. Belom lagi kalau untuk edit postingan, gua bisa lebih dari belasan kali, galau dalam memilih kata-kata yang pas. Belom lagi kalo udah edit banyak dan masih belom puas, bisa rombak ulang. Nah disitulah biasanya gua suka bad mood haha.

    Oke deh, ni komentar gua udah kepanjangan kayaknya, maaf, saking semangatnya mau comment :p
    Once again, thank you Pangeran for this wonderful article 😀

  29. Mantab emang agan yang satu ini (y)

    Saya belajar di sini, sudah di bookmark untuk dipelajari (y)

    Jadwal Postingan : Saya belum menerapkan ini, sepertinya hari ini mulai buat jadwal postingan, thanks again.

    Saya banyak dikritik sama teman-teman karna banyak typo. Benar sekali, saya terkadang membutuhkan 3,4 kali editing sebelum dipublish kalo mau terhindar dari dosa typo ini.

  30. sebenarnya bagus kalau ada jadwal, penginnya punya jadwal untuk mencari ide dan nulis, tapi dasarnya moody, jadi ya kadang sehari nulis untuk beberapa postingan. atau sehari untuk satu tulisan dan saat itu juga di publish 😀

  31. iya..ya jadwal posting yang tidak pernah terfikirkan sebelumnya…
    jika semacam ini diterapkan mungkin semua akan teratasi…
    tanpa ada jadwal bikin lesu buat nulis artikel…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *