belajar blogger

Belajar Blogger: Langkah-Langkah Membuat Blog dengan Blogger/Blogspot untuk Pemula

Jika ada seseorang yang ingin belajar cara membuat blog, platform Blogger (Blogspot) tentunya menjadi salah satu pilihan yang patut dipertimbangkan.

Apalagi, Blogger dikenal sebagai platform untuk membuat blog yang unik, menarik, mudah dan yang paling dicari adalah gratis!. Yeahh…..

Selain gratis, alasan paling dekat lainnya karena blogger ini sangat mudah digunakan oleh siapapun, bahkan untuk orang yang belum pernah sekalipun kenal blogger.

Tapi, meskipun terlihat mudah, masih banyak blogger pemula yang terkadang bingung harus mulai dari mana untuk membangun blog mereka supaya menjadi blog sukses sesuai yang mereka inginkan.

Nah, karena alasan tersebut, Pangeran mencoba untuk membuatkan panduan blogger yang harapannya bisa membantu temen-temen yang baru memulai membuat blog di blogger.

Kenapa harus memilih blogger?

Sampai hari ini, Pangeran sendiri sering banget menemukan pertanyaan seperti ini.

Memang, platform untuk ngeblog itu banyak banget. Tapi, yang Pangeran perhatikan di Indonesia, blogger cukup menjadi pilihan. Bahkan, tulisanwortel.com juga dulu dibuat dari platform blogger.

Alasannya :

  1. Gratis
  2. Fiturnya lumayan lengkap
  3. Tampilannya mudah digunakan untuk pemula
  4. Bisa untuk menghasilkan uang dari blog
  5. Kepercayaan yang tinggi karena dikelola oleh Google

Itu masih sebagian kecil kelebihan menggunakan blogger.

Pada panduan ini, kalian akan Belajar Dasar-Dasar Blogger. Mulai dari membuat blog sampai dengan memahami semua fitur yang dimiliki blogger/blogspot hingga membangun blog kalian menjadi menarik dan dikenal oleh banyak pembaca di luar sana.

Dalam 25 menit kedepan, kalian akan bisa membuat blog di blogger.

Nah, buat yang belum tau apa itu platform blogger, simak pembahasannya di bawah ini.

Apa itu Blogger?

“Blogger adalah salah satu Content Management System (CMS) yang populer dan bersifat open source. Gampangnya, Blogger merupakan alat publikasi weblog gratis dari Google, yang dapat digunakan untuk berbagi teks, foto, dan video..”

Bahkan, banyak blogger di Indonesia yang sudah sukses berangkat dari membuat blog di blogger.

Sebagai contoh Blog Mas Sugeng, Arlina Design dan blog terkenal lainnya.

Ini tentunya akan menjadi motivasi untuk kalian yang masih baru mulai (pemula) dalam membuat blog dan mengembangkannya.

Pada awalnya, blogger bukan milik Google. Melainkan milik Pyra Labs. Namun, pada Februari 2013, Pyra Labs diakuisisi oleh Google.

Hal ini tentunya membuat fitur premium Blogger yang sebelumnya dikomersialkan Pyra Labs diubah menjadi layanan yang sepenuhnya gratis.

Begitulah sekilas tentang Blogger.

Okelah, biar nggak kelamaan. Mari lanjut ke bab pertama pada panduan ini.

Pangeran Wortel

Blogger dari Kab. Bengkalis. Sukanya ngisi waktu luang untuk buat video, nulis di blog, desain feed instagram #bukanfakta dan kadang suka sendiri di pantai. Salam kenal..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.