asus-vivobook-s15

ASUS VivoBook S15 S510UQ : Laptop Mainstream Bertenaga Intel Core Generasi ke-7

Semakin maju teknologi yang ada, pengguna komputer tentunya tidak selamanya hanya diam di tempat. Melainkan, harus bisa berpindah-pindah tempat untuk dapat mengerjakan banyak aktivitas.

Apalagi seorang blogger seperti Pangeran. Tentunya membutuhkan komputer yang bisa dibawa ke mana saja untuk bertemu sesama rekan blogger dan yang paling penting untuk dapat menemukan ide-ide baru dalam menulis konten.

Tentunya, untuk menjawab kebutuhan tersebut, dibutuhkan sebuah notebook tipis, ringan dan tentunya memiliki perangkat yang mumpuni.

Hanya saja, notebook seperti ini merupakan ultrabook premium yang sudah tentu sesuai namanya, harganya juga premium.

Ini juga jadi masalah, karena tidak semua pengguna sanggup memiliki notebook seperti ini.

Tapi, hebatnya kali ini ASUS sangat pengertian dan memahami kebutuhan pengguna dengan merilis notebook spesial yang diberi nama VivoBook.

VivoBook adalah sebuah notebook tipis dan ringan dan tentunya dengan harga terjangkau dibandingkan dengan varian ZenBook yang lebih premium. Namun bukan artinya terjangkau,  lalu notebook ini tidak memiliki performa yang bagus, desain yang menarik dan fitur yang bisa membantu aktivitas keseharianmu.

Tidak percaya? Ayo kita buktikan. 

ASUS VivoBook S15 S510UQ Review

asus vivobook s15 s510uq

ASUS VivoBook S15 S510UQ. Itulah nama notebook tipis dan ringan dengan harga terjangkau  serta memiliki performa yang akan membuat kalian terkesima.

Supaya rasa penasaran kalian terjawab, simak penjelasan lengkap di bawah ini.

Mobility : Lebih Tipis dan Lebih Ringan

asus-vivobook-s15-ringan-dan-tipis

Bicara soal desain fisik, meskipun mengusung layar 15,6 inci, ASUS VivoBook S15 hanya memiliki bobot 1,5Kg dengan Chassis-nya setebal 1,79Cm. Tentunya, notebook satu ini akan jadi lebih mudah untuk dibawah ke mana saja.

Screen : Tampilan Nanoedge dengan Bezel Super Tipis

asus-vivobook-s15-tampilan-nanoedge-dengan-bezel-super-tipis

Satu lagi yang keren dari tampilan fisik ASUS VivoBook S15 yaitu desainnya yang memiliki panel layar 15,6” FULL HD dengan ketipisan buzelnya, dapat masuk ke dalam bingkai ukuran 14 inci.

Tidak hanya itu, fisik ASUS VivoBook S15 juga menggunakan teknologi bernama “NanoEdge”.

Teknologi ini menggunakan bingkai yang sangat tipis (0,78cm) sehingga permukaan dari notebook bisa dimaksimalkan penggunaanya oleh layar kerja.

Terhitung, sebanyak 80% dari penampang notebook ini adalah layar atau sering disebut screen-to-body ratio. Ditambah lagi dengan 178 Derajat teknologi wide-view untuk menjadikan warna dan kontras tetap terlihat kontras dan tajam.

Performance : Kinerja yang Keren dan Luar Biasa

asus vivobook s15 s510uq review

Jika sebelumnya Pangeran bicara soal desain. Sekarang Pangeran akan bahas soal performa keren dari ASUS VivoBook S15 ini.

Seperti yang kita tau, ASUS tidak pernah ingin abses dalam aspek performa dalam setiap buatannya. Termasuk notebook ASUS VivoBook S15. Didukung dengan prosesor terbaru dari Intel (Inter Core Generasi ke-7 atau sering disebut KabyLake).

Prosesor quad thread dengan cache sebesar 3MB ini, punya kecepatan 2,5GHz yang bisa ditingkatkan hingga 3,1GHz. Ia bekerja menggunakan daya 7,5 sampai 25 watt. Tentunya hal tersebuat sangat menghemat energi.

Bukan hanya itu, walaupun ASUS VivoBook S15 memiliki grafis yang cukup mumpuni, namun tetap dilengkapi kinerja grafis berbasis NVIDIA GeForce 940MX dengan video RAM sebesar 2GB. Dan untuk menopang performa prosesor dan grafis, ASUS menambahkan RAM hemat energi berkecepatan 2133Mhz.

Artinya ASUS VivoBook s15 menjawab semua yang kalian butuhkan untuk fleksibilatas dan performa.

Hybrid Storage : Transfer Data Supercharged

asus vivobook s15 s510uq review

Nah, dalam hal menampung data,  ASUS Vivobook s15 didesain memiliki Dual-storage yang memberikan  kemampuan terbaik untuk kedua pilihan karena memiliki kecepatan data SSD (128GB) yang impresif serta kapasistas HDD yang besar yaitu 1TB.

Tentunya, kalian akan merasakan pengingkatan dalam kecepatan baca / tulis yang drastis, Kinerja PCMark, waktu boot-up dan perlindungan data fisik saat kalian menggunakan laptop VivoBook s15 dengan SSD.

Type-C : Konektivitas Lengkap dan Ngebut

asus vivobook s15 s510uq review

Selain memiliki desain yang keren dan performa yang luar biasa, ASUS VivoBook S15 juga dilengkapi dengan port USB 3.1 konektor USB  Type-C any-way-up yang membuat perangkat penghubung menjadi sederhana dan tentunya cepat.

Tidak hanya itu, ASUS VivoBook S15 dibekali USB 3.1 yang memberikan kecepatan transfer data hingga 5x lebih cepat dari koneksi USB 2.0 lama. Ditambah lagi dengan port USB 3.1, slot kartu HDMI dan slot SD card yang tentunya sangat mendukung kompatibilitas tanpa kerumitan dengan berbagai macam periferal, display dan proyektor.

Backlit Keyboard : Keyboard Backlit Ergonomis dan Bikin Nyaman

asus vivobook s15 s510uq review

Jika bicara soal notebook, tentunya keyboard menjadi salah satu hal yang sangat diperhatikan. Bagi Pangeran sendiri, sebagai blogger memang harus mendapatkan kenyamanan saat mengetik.

Pasalnya, keyboard yang sulit pada penempatannya, akan membuat kinerja semakin lama.

Tapi, ASUS VivoBook S15 sekali lagi mendengar keresahan itu dan menjawabnya pada notebook ini. Seperti yang bisa kalian lihat. Penempatan tombol-tombolnya  dibuat dengan permukaan yang lega dan jarak antar tombol pun cukup lega.

Ini jelas akan membuat pekerjaan dalam durasi waktu panjang tidak lekas membuat lelah.

Bukan hanya itu saja, untuk menggeser kursor, touchpad pada ASUS VivoBook S15 juga didesain sangat smooth saat disentuh. Ditambah lagi, touchpad tersebut juga mendukung input multi-gesture pada Windows 10 hingga mendukung 4 jari. Meskipun hadir dengan sistem operasi Endless OS.asus vivobook s15 s510uq review

Masih ada satu lagi yang keren dari keyboard yang dimiliki ASUS VivoBook S15 ini, yaitu touchpad yang mendukung pengamanan berbasis biometrik dalam bentuk fingerprint scanner.

Bahkan, pengamanan berbasis fingerprint ini sudah mendukung fitur login aman milik Windows 10 Hello yang memungkinkan kalian masuk ke dalam sistem operasi cukup dengan sentuhan jari. KERENKAN???

fingerprint asus vivobook s15

Jadi, keamanan data milik kalian tetap terjaga meskipun notebook dicuri ataupun tertinggal entah di mana.

Visual : Dunia Penuh Warna dari Tekologi Splendid

asus vivobook s15 : visual-dunia-penuh-warna-dari-tekologi-splendid

Selain mengusung Performa yang keren, dalam hal visual ASUS menanamkan teknologi pengoptimalan visual bernama ASUS Splendid.

Teknologi ini dapat memberikan visual untuk berbagai jenis konten dengan tampilan yang berbeda-beda. Terdapat 4 fitur mode tampilan yang bisa kalian akses hanya dengan sekali klik.

  1. Mode Normal : Tampilan visual ini sangat ideal juga digunakan untuk tugas sehari-hari.
  2. Mode Vivid : Tampilan visual yang mengoptimalkan kontras untuk menghasilkan foto dan video dalam bentuk yang menakjubkan.
  3. Mode Eye Care : Tampilan visual satu ini keren banget, karena dapat mengurangi tingkat paparan cahaya biru untuk mengurangi ketegangan pada mata. Sehingga, kalian bisa berlama-lama di depan Asus Vivobook S15 ini, tanpa takut membuat mata lelah.
  4. Mode manual : Tampilan visual ini supaya kalian bisa melakukan penyesuaian warna sendiri yang bisa kalian personalisasi sendiri sesuai keinginan hati.

Video : Menonton Video Apapun Menjadi Menyenangkan

video-piksel-video-sempurna-video-apapun-setiap-waktu

Buat kalian yang suka nonton video. ASUS juga melengkapi teknologi bernama ASUS Tru2Life. Teknologi ini dapat membuat video terlihat lebih menakjubkan.

Melalui algoritma cerdas, teknologi ini ternyata dapat mengoptimalkan ketajamam dan kontras pada setiap piksel dalam setiap frame hingga mencapai 150% yang dapat menghasilkan gambar yang sangat hidup dan realistis.

Jadi, buat cewek-cewek yang suka nonton Korea, bisa banget wajahnya dielus-elus. Soalnya gambar yang dihasilkan lebih hidup seakan kita berhadapan langsung.  🙂

Sound : Audio Ekspansif yang Memberi Pengalaman Terbaik

sound-audio-yang-ekspansif-disetel-oleh-para-ahli

Pada sisi sound, ASUS menanamkan SoicMaster yang menjadi kombinasi hadware, software dan penyetelan audio yang dirancang khusus dengan tujuan memberikan pengalaman audio terbaik.

Sementara amplifier, speaker besar dan ruang resonasi disesuaikan untuk perangkat sepesifik yang dirancang untuk memastikan pengiriman audio yang kuat dan suara bass yang lebih dalam.

Pengolahan sinyal tambahan dan penyetelan dibuat berperan untuk memperbaiki detail suara, menyaring suara dan meningkatkan kejernihan audio sehingga kalian benar-benar bisa merasakan suara yang mendalam.

IceCool : Tetap Dingin Walaupun Telah Digunakan Berjam-jam Lamanya

icecool-tetap-dingin-walaupun-telah-digunakan-berjam-jam-lamanya

Bagi pengguna laptop, pendingin laptop adalah salah satu hal yang harus ada di dalamnya. Karena, hal ini sangat berpengaruh terhadap kenyamanan.

ASUS juga memasang Teknologi untuk mengabulkan harapan pengguna. Teknologi tersebut bernama ASUS IceCool yang telah menggunakan kontrol kipas terbaru yang canggih, pipa panas tipis dan tata letak internal yang cerdas dan dapat menciptkan sistem pendingin yang efisien serta dapat menjaga suhu palm rest rata-rata di bawah 35 Derajat Celcius lebih rendah dari suhu tubuh untuk memastikan kalian mendapat kinerja yg sangat baik.

SuperBatteray : Mengisi Baterai Cepat dan Umur Baterai yang Tahan Lama

superbatteray-pengisian-baterai-cepat-dan-umur-baterai-yang-lama

Sebagai pengguna notebook, Pangeran sering banget melakukan pasang colok kabel adapter. Kadang, meskipun baterai sudah 98% tapi tetap dibiarkan tersabung ke listrik dalam waktu panjang.

Ternyata, kebiasaan ini dapat menurunkan masa penggunaan baterainya dan berpotensi membuat komponen di dalamnya membengkak (kembung).

Kerennya, ASUS VivoBook S15 punya dua teknologi yang dapat mencegah hal seperti itu terjadi dan sekaligus memperpanjang masa operasional baterai.

  1. SuperBattery

    Teknologi pengawet baterai ini memiliki kemampuan membuat masa pakai baterai 3 kali lipat lebih panjang dibandingkan dengan baterai notebook pada umumnya. Cara SuperBattery melakukannya adalah dengan memonitor secara cerdas serta membatasi pengisian maksimal yang bisa diberikan pada sel baterai.

    Teknologi SuperBattery VivoBook S15 ini ternyata mampu mencapai siklus pengisian ulang hingga 900 kali dibandingkan dengan siklus pengisian ulang notebook pada umumnya yang sekitar 300 kali sebelum daya tahan baterainya menurun.

    Selain itu, Teknologi SuperBattery ini mampu mengisi ulang cepat pada baterai VivoBook S15 dari kondisi 0% hingga mencapai 60% hanya dalam waktu 49 menit saja.

  2. ASUS Battery Health Charging App

    Selain teknologi SuperBattery, ASUS juga membuat Aplikasi bernama ASUS Battery Health Charging App.

    Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk secara manual menentukan tingkat Relative State of Charge (RSOC) baterai notebook pada 60%, 80% atau 100%.

    Aplikasi ini juga dapat membatasi tingkat pengisian baterai oleh charger dan dapat membantu memperpanjang masa pakai baterai tersebut.

Sistem Operasi : Endless OS yang Nyaman

asus-vivobook-sistem-operasi-endless-os

Secara hardware, memang ASUS VivoBook S15 mendukung sistem operasi Windows 10 dengan Cortana. Meskipun demikian, varian notebook ini dipasarkan dengan sistem operas Endless OS di Indonesia.

Tetapi jangan salah, walaupun menggunakan sistem operasi berbasis Linux yang kekinian tersebut, sistem operasi ini memiliki aneka ragam fungsi dan fitur yang tetap dapat digunakan untuk mendukung kegiatan sehari-hari.

Endless OS ini merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh Endless Mobile yang dapat di-download secara cuma-cuma oleh siapapun. Sistem operasi ini juga dilengkapi dengan berbagai konten hingga 100 aplikasi gratis yang dapat dipakai langsung tanpa penggunanya harus terhubung ke Internet.

Sistem operasi tersebut juga telah dirancang untuk terasa alami dan intuitif, sehingga mudah digunakan walaupun kalian hanya memiliki sedikit pengalaman atau bahkan belum pernah menggunakan komputer.

Untuk dapat menggunakan sistem operasi ini, kalian tidak akan dikenakan biaya tambahan apapun. Penggunaanya pun tidak ada batas seperti sistem operasi ataupun aplikasi trial yang hanya bisa digunakan selama 30 hari.

Sistem operasi ini juga relatif lebih tahan terhadap virus komputer, sehingga mengurangi masalah yang diakibatkan oleh serangan virus atau malware yang kini semakin menjadi hantu dalam selimut. 😀

Ketika terhubung ke internet, Endless tetap berfungsi seperti komputer pada umumnya. Kalian dapat mencari informasi apapun atau menghubungi kerabat di manapun.

Tentunya, dengan kehadiran sistem operasi yang sudah dilengkapi berbagai aplikasi ini, akan sangat mendukung pekerjaan sehari-hari kalian.

Bahkan, ketika kalian memiliki ASUS VivoBook s15 ini, kalian bisa dapat langsung bekerja tanpa perlu melakukan instalasi sistem operasi apapun.

Mudah dan menyenangkan, ya…….

Ow, ya. Sebelum ditutup, biar kamu makin pengen cepet beli ASUS VivoBook S15 S510UQ ini, coba lihat dulu video reviewnya :


Spesifikasi ASUS VivoBook S15 S510UQ

Main Spec.ASUS VivoBook S15 S510UQ
CPUIntel® Core™ i5 7200U Processor (3M Cache, up to 3.1GHz)
Operating SystemEndless OS
Memory4GB DDR4 RAM
Storage128GB SATA 3 M.2 SSD + 1TB HDD
Display15,6” (16:9) LED backlit FHD (1920×1080) with slim bezel
GraphicsDiscrete graphics Nvidia GT940MX 2GB VRAM
Input/Output1 x Type C USB3.0 (USB3.1 GEN1), 1 x Fingerprint (On selected models), 1 x HDMI, 1 x USB 3.0 port(s), 1 x Microphone-in/Headphone-out jack, 2 x USB 2.0 port(s)
CameraVGA Web Camera
ConnectivityIntegrated 802.11ac (WIDI Support), Bluetooth V4.1
AudioBuilt-in Stereo 1.6 W Quad-Speakers And Digital Array Microphone

ASUS SonicMaster Premium Technology

Battery3 Cells 42 Whrs Battery
Dimension(WxDxH) 361.4 x 243.5 x 17.9 mm
Weight1,7Kg with Battery
ColorsIcicle Gold
PriceRp9.799.000 (*Harga dapat berbeda setiap lokasi)
Warranty2 tahun garansi global senilai Rp900.000
Sumber Gambar dan Konten : 
  • http://bit.ly/S510-Konten
  • https://www.asus.com/id/Laptops/ASUS-VivoBook-S15-S510UQ/
  • https://tulisanwortel.com/

Pangeran Wortel

Blogger dari Kab. Bengkalis. Sukanya ngisi waktu luang untuk buat video, nulis di blog, desain feed instagram #bukanfakta dan kadang suka sendiri di pantai. Salam kenal..

15 thoughts to “ASUS VivoBook S15 S510UQ : Laptop Mainstream Bertenaga Intel Core Generasi ke-7”

  1. Wah, ASUS VivoBook S15 S510UQ pasti menyenangkan kalau bisa memilikinya yang pasti memudah pekerjaan bagi yang pesawat tempurnya sehebat ASUS VivoBook S15 S510UQ
    keren

  2. Udah berabad-abad gak berkunjung ke blog kece punya sang Pangeran Wortel. Review nya mantap dan lengkap, bikin orang yang baca jadi tambah mupeng pengen beli. Good luck. BTW kuylah berkunjung sejenak ke blog Ndeso saya.

  3. Racun racun racun!!!!!
    Aku tahun ini baru upgrade laptop pange dan pilihanku jatuh ke asus juga. emang asus ini kece parah yes, aku emang g paham amat sih kalau udah ngomong spesifikasi laptop, cuman suka aja sama asus ini.

    desainnya oke, layarnya mantap, dan ringan. apalagi dibuat ngeblog, beuh! rasanya kayak pro gitu deh.
    jadi pas baca review soal asus gini, gila.. ada lagi aja tipe barunya, ini mah racun.. tapi daku harus strong. kalau banyak maunya nanti pusing.

    nice review pange!

    1. Ahahaha…. Maaf pit, kusudah jadi racunmu… 😀

      Wah…. Kamu jadi tambah semangat dong, pit. Kalo sekarang udah pake ASUS.

      Setuju, sih pit. ASUS ini emang sering banget nampilkan desain yang ciamik banget. Dan satu hal yang penting bagiku, kesan mewah setiap desain ASUS selalu jadi ciri khas…

      Kamu harus beli lagi pipit….. BELI>>>>>>>>>>>>>> BELI>>>>>>>>>>>>> 😀

      Teriamakasih pipit. 🙂

  4. Langsung gue masukin wishlist. Yang bikin gue pengen beli tuh laptopnya portable banget, baterai awet gak perlu lama-lama nempel di tembok buat nge-charge, tipis, ringan. Jadi gak males mau bawa kemana-mana.

    Trus pengamanannya fingerprint. Kalo udah urusan fingerprint pasti aman banget. Oh iya satu lagi, biasanya laptop powerful gini gampang panas, tapi untuk laptop ini enggak. Jadi pengen jual ginjal biar bisa beli ini 😀

    1. Pilihan yang tepat Galuh… Bener banget, sudah laptopnya portable, baterai awet dan buat ngecharge cepet, tipis alias enak dibawa ke mana aja… Hahhhhhhhhhh Pokoknya keren banget ya Luh.

      Bener, fitur Fingerprint itu jadi jaga keamanan laptop banget. Nah, apalagi bisa tetep selalu dinginkan, ya.

      Buset… Gak usah sampe jual ginjal juga… -_-

  5. Masih dikisaran harga 10 jt ya, setara lah harga sama barang yang didapat, apalagi udah SSD dan desainnya yang tipis suripis dan pastinya sangat mobile, yang paling gue suka dari vivobook yang ini dia pakai OS yang enggak mainstream, mungkin bisa jadi daya tarik bagi para geek.

  6. Wih penjelasannya lengkap banget. Aku yang gak ngerti tentang spek laptop jadi manggut manggut. dan sedikit geleng-geleng. keren sih soalnya. Sambil sesekali lap iler, pengen. Semoga kapan-kapan bisa punya.

    Pange reviewnya keren banget, apalagi itu ada dedek-dedek unyu yang membantu menjelaskan. duh bikin emeshh!!

    Anyway udah lama gak komentar di sini. Makin kece dan makin profesional aja. Meski aku tidak menemukan sosok wortel unyu-unyu di header, tapi khasnya pange masih dapet. Kalo nulis artikel niat pake bangettt. panjang, rapi dan bernutrisi.

    totalitas blogger tanpa batas lah pokoknya!

    1. Wah.. Seneng bisa buat dirimu jadi mengerti LD. Aminnn, Pange doakan LD bisa punya ASUS VivoBook s15 ini, ya…

      Hahahaha. Itu karakter Pangeran Wortel. Biar kesannya awet muda… 😀

      Iya, ni. LD Lama bener gak mampir. 🙂 Iya, soalnya sekarang pengen lebih serius dalam setiap buat konten. Karena, bagi Pange konten memang harus dibuat selengkap mungkin. Supaya pembaca juga gak harus bolek-balik mencari bacaan lain.

      Istilahnya, kenapa bisa baca 1 konten yang lengkap, harus cari banyak konten yang belum lengkap… 🙂

  7. main kesini lagi setelah sekian lama aku vakum ngeblog. kangen sama ulasan gadget dan tutorial blognya pange yang ganteng yang minggu lalu kutemukan akun twitternya sehingga ku-mention tanpa tahu malu.

    ini membahas tuntas laptop impianku yang sedang kuusahakan karena duitnya belum kekumpul. hehe. spek endless OS sama battery nya itu lho, bikin geleng-geleng. gokil. ini laptop kalau buat nonton film sama nge-dota pasti asik bener. hmmmm doakan biar segera kebeliiiiii ya, pangeee :’)

    1. Dih…. Mayang ke mana aja? Syukurlah sekarang udah bisa kembali lagi ngeblog. Ahai…. Ketemu juga, ya. AKun twitterku, jangan lupa lho, follow akun lainnya. 😀

      Aminnnn… Semoga Mayang bisa segera mendapatkan laptop impian ini, ya.. Bener banget Mayang, Endless OS sama Baterainya emang bikin geleng-geleng gokil banget. Belum lagi pendingin laptop yang selalu bikin nyaman banget karena laptop tetep dingin meskipun dipangku di paha. 😀

  8. Udah deh kalau ini menang deh menang Herrr..dari sub heading nya jelas, penjelasan singkat dan jelas juga, mana ada ilustrasi yang bikin orang ngga bosen baca sampai akhir sambil ngelap iler karena jadi pingin bangettt walau nggak mungkin juga karena udah abis beli laptop..ahh, andaiakn gue belum beli laptop gitu ya..ini bisa jadi referensi produk yang amat menarik. Keep going, Her!

  9. Hm… kisarannnya masih 10juta ya, bagiku masih mayan sih, hehe. Tapi kalau dilihat dari spesifikasinya emang mumpuni banget. Aku tertarik pas bagian coolernya, karena asus sendiri terkenal dengan ‘panas’nya apalagi kalau smartphone. Dengan adanya teknologi cooler terbaru semoga bisa menghilangkan mindset itu. Selain itu juga OSnya kayaknya asik tuh, kalau bukan Asus bisa download kan? Hihi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *