Mengetahui Alasan Penting Punya Asuransi Mobil yang Bagus

Hallo sahabat wortel. Gimana kabarnya? Semoga sehat sehat selalu, ya.

Ow, ya. Akhir-akhir ini semenjak pandemi, banyak banget aktivitas Pangeran menggunakan mobil. Jadi, gak ada salahnya ya, kalau Pangeran sedikit cerita tentang pentingnya memiliki asuransi mobil.

Bagi sebagian kalangan, Asuransi Mobil menjadi penting karena dapat membantu melindungi mobil kesayangan Kalian dari risiko kerusakan besar dan kecil yang tentunya akan menelan biaya tidak sedikit.

Produk asuransi ini bisa membantu memberi perlindungan pada mobil Kalian sekaligus pada sektor finansial nasabah.

Nah, buat Kalian yang masih asing dengan manfaat maupun yang lainnya, sini Pangeran jelasin.

Apa Itu Asuransi Mobil?

Hal pertama yang perlu Kalian pahami adalah pengertian dari asuransi untuk mobil. Jadi, asuransi ini merupakan bentuk perlindungan terhadap kerusakan mobil yang disebabkan oleh kecelakaan, bencana alam, maupun risiko dicuri oleh orang (tindakan pencurian). Perlindungan yang diberikan adalah dalam bentuk dana tunai.

Dana tunai ini besarannya disesuaikan dengan isi polis yang disepakati oleh nasabah dan penyedia asuransi mobil. Kemudian, Dana tersebut bisa dicairkan apabila sudah melakukan proses klaim mengikuti prosedur yang ditetapkan penyedia asuransi tersebut.

Lewat produk inilah, para pemilik mobil tidak perlu was-was kehabisan uang saat mobil kesayangan rusak parah.

Jenis-Jenis Asuransi Mobil

Asuransi khusus mobil kemudian terbagi menjadi dua jenis utama, yang oleh setiap perusahaan asuransi dipecah lagi sesuai kebijakan pihak mereka. Adapun dua jenis asuransi untuk mobil yang dimaksud adalah :

1. Asuransi TLO

Jenis yang pertama adalah asuransi Total Loss Only (TLO), yakni asuransi kendaraan yang hanya memberi perlindungan pada kerusakan besar.

Yaitu, akibat kecelakaan maupun bencana alam yang menimbulkan kerusakan skala besar di atas 75% sekaligus perlindungan terhadap resiko pencurian.

Sesuai dengan namanya, asuransi mobil satu ini memang memberi perlindungan terbatas. Jika mobil rusak dan skalanya masih ringan maka asuransi TLO yang dimiliki tidak bisa diklaim.

Meskipun perlindungannya terbatas namun biaya preminya sangat ringan, masih di angka puluhan ribu per bulan.

2. Asuransi Mobil All-risk

Jenis yang kedua adalah asuransi all-risk yang memberikan perlindungan lebih luas dan bisa dikatakan sudah menyeluruh. Jadi, nasabah bisa mendapatkan ganti rugi jika mobil mengalami kerusakan kecil maupun besar, bencana alam, dicuri orang, dan lain sebagainya.

Jenis satu ini paling sering dipilih oleh pemilik mobil karena dianggap bisa memberi perlindungan yang optimal. Hanya saja dengan cakupan perlindungan yang luas maka jangan heran jika nilai preminya juga mahal. Sehingga perlu disesuaikan dengan kondisi keuangan yang dimiliki.

Alasan Perlu Memiliki Asuransi Mobil

Beberapa orang memang masih berpikir berkali-kali untuk membeli produk asuransi kendaraan.

Namun, hal ini lumrah karena penyedia asuransi memiliki kebijakan berbeda baik terkait polis maupun cakupan perlindungan yang didapatkan nasabah. Selama nasabah teliti maka dijamin bisa mendapatkan asuransi mobil yang tepat.

Pasalnya, bagaimanapun juga, memiliki asuransi untuk mobil sangatlah penting. Contohnya :

  1. Membantu Mengatur Keuangan

    Alasan pertama kenapa punya asuransi khusus mobil sangat penting adalah untuk membantu mengatur keuangan. Sebab ada kewajiban untuk membayar premi sehingga penghasilan bisa diatur agar bisa disiplin. Sebagai gantinya, saat mobil mengalami kerusakan maka nasabah tidak perlu lagi keluar uang saat ke bengkel.

  1. Menjaga Dana Darurat

    Dana darurat bisa lebih aman tanpa resiko diambil atau berkurang untuk keperluan memperbaiki mobil yang sedang rusak. Oleh sebab itu, penting untuk punya asuransi khusus mobil agar dana darurat selalu aman.

  1. Bebas Rasa Was-Was

    Tanpa asuransi, biasanya pemilik mobil akan selalu was-was jika mobil mengalami kecelakaan. Sebab perlu keluar uang ekstra untuk melakukan perbaikan. Namun dengan asuransi, rasa was-was ini bisa dikelola karena saat mobil rusak semua biaya ditanggung perusahaan asuransi.

Rekomendasi yang Bisa Dipertimbangkan

Melalui penjelasan Pangeran di atas, maka bisa dipahami bahwa asuransi untuk kendaraan sangatlah penting.

Supaya tidak lagi merasa was-was harus kehilangan banyak uang apabila mobil mengalami kerusakan. Jika sedang mencari penyedia asuransi kendaraan yang bagus, maka asuransi Garda Oto bisa dijadikan pilihan kalian.

Garda Oto ini menyediakan perlindungan pada mobil yang memiliki banyak sekali keunggulan. Di antaranya:

  • Manfaat polis yang lengkap, khususnya untuk asuransi all-risk.
  • Menyediakan layanan antar jemput dari dan ke bengkel yang merupakan bengkel rekanan Garda Oto.
  • Nasabah mendapatkan garansi suku cadang asli setiap kali melakukan perbaikan pada mobil yang diasuransikan.

Jadi, jika memerlukan asuransi mobil yang bagus dan punya banyak keunggulan maka Garda Oto bisa dijadikan pilihan.

Butuh informasi lebih jelas, jangan sungkan untuk menghubungi kontak Garda Oto atau datang langsung ke kantor cabang terdekat untuk konsultasi dan pendaftaran sebagai nasabah.

Semoga bermanfaat. Pangeran Wortel pamit. See you…

About Pangeran Wortel

Personal guide blogger sejak 2010 dan suka membahas tips blogging, desain blog, belajar SEO, serta hal menarik lainnya.Salam kenal..

View all posts by Pangeran Wortel →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.