apa itu seo

Apa itu SEO? – Pengertian dan Cara Kerja SEO

Dalam hitungan bulan, sudah banyak sekali yang bertanya kepada Pangeran tentang apa itu SEO? Dan bagaimana cara kerja SEO di blog atau website ?

 

Sebenarnya jawaban dari pertanyaan di atas sudah ditulis sejak 3 bulan yang lalu. Tapi, karena pembahasan tentang SEO ini nggak bisa dibahas dalam 1 konten, akhirnya Pangeran membuatnya menjadi banyak bagian.

 

Baca juga : Apa Perbedaan Blog dengan Website?

 

Lalu, apa saja bagian Belajar SEO yang akan Pangeran bagikan?

 

Simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

 

Pengertian SEO

 

SEO (Search Engine Optimization) adalah proses mempengaruhi visibilitas situs web atau halaman web dalam mesin pencari yang sering disebut sebagai hasil pencarian “alami”, “organik”, atau “diterima”. – Wikipedia

 

Hem…. Ribet banget bahasanya. Mari kita buat dalam pengertian yang mudah dipahami dan menggunakan bahasa yang lebih manusiawi. 😀

 

SEO (Search Engine Optimization) adalah sebuah usaha untuk mengoptimalkan blog/website mendapatkan rating (peringkat) lebih baik di hasil pencarian. – Tulisan Wortel

 

Nah, untuk mendapatkan peringkat lebih baik itu, setiap mesin pencarian seperti Google, Yahoo, Bing dan mesin pencari lainnya tentunya akan menggunakan sebuah alogaritma untuk mengurutkan blog atau website mana yang lebih baik berdasarkan rangking dari blog atau website itu sendiri.

 

Artinya, dengan menerapkan teknik SEO ini, blog/website kalian dibuat supaya lebih bersahabat dengan alogaritma ini. Begitulah salah satu rahasia supaya blog/website kalian berada di Pageone.

 

Contoh Penggunaan SEO dan NON-SEO

 

Supaya kalian nggak bingung. Pangeran akan coba berikan contoh penerapan blog/website yang menggunakan SEO dan yang tidak menggunakan SEO.

 

Ini adalah contoh blog yang menggunakan dan tidak menggunakan SEO :

 

contoh blog tidak menggunakan seo dan menggunakan seo

 

 

Berdasarkan contoh yang Pangeran tampilkan di atas, sudah mulai mengertikan, apa itu SEO? Untuk yang Non-SEO itu, maksudnya berada di halaman pertama bukan karena SEO, tapi karena iklan yang dipasang di Google.Masih bingung seberapa penting SEO untuk sebuah blog/website? 

 

Oke, mari kita ke pembahasan selanjutnya.

 

Seberapa penting SEO untuk Blog atau Website?

 

Jika timbul pertanyaan seperti di atas, tentunya ini kembali ke tujuan dari pembuatan blog atau website itu sendiri. Jika contohnya tujuan dari kalian membuat blog hanya untuk berbagi (dan tanpa mengharapkan apapun termasuk berada di pageone), lupakan SEO.

 

Tapi, jika tujuan kalian membuat blog untuk berbagi sekaligus mendapatkan feedback dari apa yang kalian bagikan, pelajari SEO.

 

Inget! Feedback itu nggak selamanya tentang uang. Mungkin saja kalian bisa Terkenal, Punya banyak teman, Diundang ke acara-acara yang keren dan feedback positif lainnya.

 

Nah, setelah menentukan tujuan blog kalian untuk apa? Inilah saatnya kalian memahami pentingnya SEO untuk sebuah Blog atau Website.

 

Sadar atau nggak, sejak adanya Google yang sering dipanggil Mbah Google. Hampir semua orang males untuk bertanya kepada sesama manusia lainnya.

 

Kenapa?

 

Karena, seperti pengalaman Pangeran bertanya kepada salah seorang temen. Anggap saja namanya Inem : “Inem. Cafe yang ada jual juice wortel di mana, ya?”

 

“Cari aja di Google, Pange.”

 

“Hm…. Okelah. Makasih, ya. Nanti kalo Inem mau pinjem duit, Pange jawab Cari aja di Google, ya.”*Inem pingsan di tempat.

 

Mesin memang sudah mengubah etika kita. Tapi, begitulah kenyataan majunya sebuah teknologi yang akan terus dan terus berusaha menggantikan pekerjaan manusia.

 

Jika dipikir, di satu sisi kita akan dimudahkan. Di sisi lain, kita juga akan merasakan hal yang nggak enak jika setiap ditanya, malah dijawab seperti si Inem.

 

Nah, begitulah hebatnya pengaruh sebuah mesin pencarian. Hampir semua orang yang ada di dunia ini, mencari informasi secara online melalui mesin pencari (Search Engine). Karena, hal ini dianggap yang paling praktis dan cepat.

 

Seperti yang disampaikan Google, blog atau website yang berada di halaman pertama sampai ketiga, akan mendapatkan jumlah klik yang terus bertambah hingga mencapai angka 50%.

 

Untuk peringkat pertama mencapai angka 20%. Jadi, inilah peluang yang akan kalian dapatkan jika menerapkan teknik SEO di blog atau website kalian.

 

Logikanya, dengan menggunakan SEO di blog/website, kalian akan mendapatkan ribuan bahkan jutaan pengunjung setiap harinya.

 

Masih yakin nggak mau belajar SEO? 

 

Penerapan SEO ini akan semakin baik digunakan oleh orang yang memiliki bisnis online. Tentunya dengan menggunakan SEO, calon customer yang ingin membeli produk akan terus mengunjungi toko online kalian. Ya, ini juga cara terbaik untuk meningkatkan jumlah penghasilan.

 

Konsep dasar SEO

 

Sederhanya Pangeran ambil contoh seperti Google. Google inikan bisa dibilang sebuah produk. Tentunya, pemilik Google ingin memberikan pengalaman terbaik setelah menggunakan layanan yang ada di Google.

 

Setiap orang pasti menginginkan hasil pencarian yang benar-benar relevan atau nyambung dengan apa yang mereka cari di halaman pertama pencarian. Atas alasan itulah, mesin pencarian di manapun akan selalu berusaha menampilkan blog atau website yang sesuai dengan apa yang pengguna mereka inginkan.

 

Jadi, teknik SEO itu konsepnya adalah menjadikan blog/website kalian paling baik dan sesuai dengan kata kunci (keyword) yang pengguna butuhkan.

 

Mungkin kalian bertanya, paling baik dalam hal apa?
  1. Konten yang berkualitas
  2. Struktur dan navigasi yang kalian tampilkan
  3. Kepuasan dari pengguna tentunya (User Experience/UX)
  4. Popularitas dari blog/website yang kalian miliki

 

Setelah Pangeran menjelaskan panjang lebar, lalu apakah kalian sekarang sudah nggak sabar pengen tau gimana cara menggunakan (menerapkan) SEO di blog/website kalian?

 

Oke. Caranya lengkapnya akan Pangeran bahas di bawah ini.

 

Bagaimana cara menggunakan SEO di blog/website ?

 

Untuk cara menggunakan SEO kali ini, Pangeran akan memberikan panduan khusus untuk pengguna platform Blogger. Jadi, untuk pengguna platform lain, mungkin bisa menyesuaikan dengan apa yang akan Pangeran sampaikan di bawah ini.

 

Penerapan SEO paling dasar bisa kalian mulai dengan menerapkan 2 panduan di bawah ini :

 

Panduan 1

Cara Menampilkan Deskripsi di Pencarian Google

Mungkin cara ini sering diabaikan, tapi sejauh yg Pangeran ketahui, teknik ini sangat baik untuk membuat blog kalian semakin SEO friendly. Segera terapkan di blog kalian. Gratis.

BACA PANDUAN 1 >

Panduan 2

Cara Membuat Gambar Masuk di Pencarian Google

Setelah konten ini diterbitkan, ternyata masih banyak yang belum tau cara membuat gambar di postingan blog masuk di pencarian Google Image (Gambar). Cara ini juga dapat meningkatkan jumlah pengunjung melalui Google Image. Terapkan sekarang di blog.

BACA PANDUAN 2 >

 

Dua panduan di atas adalah teknik SEO yang paling dasar. Jika kalian ingin lebih jelas. Baca kelanjutannya di bawah ini.

 

Apakah ada blog/website yang berhasil (sukses) tanpa menggunakan SEO?

 

Jawabannya : BANYAK!

 

Sebenarnya, dengan memahami konsep dasar SEO yang sudah Pangeran jelaskan di atas, rasanya tanpa memikirkan SEO sekalipun, blog/website kalian tetap bisa sukses. Banyak kok, blog/website yang masih bisa sukses tanpa SEO.Karena gini, mesin pencarian semakin hari akan terus diupdate supaya semakin pintar untuk menilai dan menentukan peringkat dari blog/website yang ada di dunia ini.

 

Memang, penggunaan SEO saat ini lebih banyak digunakan oleh usaha online marketing.

 

Cuman……

 

Nggak menutup kemungkinan bahwa blog/website kalian masih membutuhkan teknik SEO untuk membuatnya berada di peringkat pertama mesin pencarian.

 

Ow, ya Pange. Sebenarnya apa aja, sih, yang harus dipelajari dalam teknik SEO?

 

Aslinya masih banyak lagi. Makanya di awal pangeran udah jelasin kenapa konten ini ditulis sangat lama. Ya, jawabannya karena jika dijadikan satu artikel, jelas akan menjadi sangat panjang.

 

Baiklah, sekarang Pangeran akan menjelaskan apa-apa saja yang harus kalian pelajari tentang SEO di bawah ini.

 

Apa saja yang harus dipelajari tentang SEO?

 

Masih ada banyak pelajaran yang harus kalian pahami dalam menentukan bagaimana mesin pencarian memberikan peringkat terhadap blog atau website kalian. Sederhananya, ini yang harus kalian pelajari untuk benar-benar menguasai SEO dengan baik.
  1. Mengoptimalkan blog/website kalian di mesin pencarian (On Page SEO)
  2. Melakukan riset kata kunci (Keyword research)
  3. Menilai kualitas konten kompetisi (Content Marketing)
  4. Membuat konten yang bisa berada di halaman pertama pencarian
  5. Membangun reputasi dan popularitas dari blog atau website
  6. Link Building (Off Page SEO)
  7. Melakukan pengecekan ulang terhadap kekuatan SEO yang diterapkan

 

Nah, untuk 7 hal yang harus kalian pelajari di atas, akan Pangeran bahas di postingan selanjutnya, ya. Mudah-mudahan bisa dibuatkan dalam bentuk Ebook dan tentunya dibagi-bagikan secara Gratis.

 

Ada yg nggak mau gratis?
Jawab di komentar.

 

Saran :

Menerapkan SEO pada blog atau website memang hal yang baik untuk mendapatkan banyak pembaca melalui mesin pencarian. Tapi inget! Jangan karena terlalu fokus dengan SEO, kalian jadi melupakan satu hal. Menulislah untuk MANUSIA bukan ROBOT. 

 

 

—o0o—

 

Baiklah. Sepertinya sudah lumayan panjang penjelasan Pangeran tentang apa itu SEO? dan bagaimana cara menggunakan SEO di blog ? Semoga menjawab pertanyaan yang sering diajukan oleh sahabat di luar sana.

 

Ow, ya. Sebagai tambahan. Ilmu SEO itu sebenarnya bukan ilmu pasti. Artinya, penerapan SEO juga punya porsinya masing-masing dan selalu akan berubah-ubah seiring berkembangnya teknologi yang ditanamkan ke mesin pencarian itu sendiri.Jika rasanya panduan yang Pangeran bagikan tidak bekerja untuk kalian, ya tidak perlu dipelajari. Karena, semua ini adalah hasil dari pengalaman dan Pangeran mencoba untuk membagikannya.

Okelah. Seperti biasa. Terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat. Pangeran Wortel pamit. See you..

Thank’s to : searchengineland.com and moz.com

65 thoughts on “Apa itu SEO? – Pengertian dan Cara Kerja SEO

  1. Semangat terus bikin tutorialnya pange. Aku suka aku suka cara mu menyampaikan nya engga ribet tapi ringan

    Btw.. aku juga pernah punya guru pemrograman. Pemrograman PHP.
    Pas nanya nanya, konsultasi soal program.
    Dia malah jawab
    "Di google banyak kok caranya"

    Lalu dia nyindir2 kalau aku pemalas karena ngga mau nyari di google
    Huft.
    Dia kan guru tempat bertanya juga ya.
    Emang jadi ngerubah etika wkwk.

    Btw aku juga mau belajar bikin deskripsi blog yang benar, semenjak ganti template kayaknya aku belum costumize sama sekali wkwkw bahkan pernah share posting di fb tapi authornya masih "xxx"

    1. Terimakasih Laili… Seneng bisa menyampaikan dengan ringan. 🙂

      Hahaha. Ternyata begitulah perngaruhnya perkembangan teknologi saat ini. Mau ditolak, ya udah terlanjur ada. Kuncinya kembali ke diri masing-masing untuk menyikapinya gimana.

      Wah… Sebaiknya diatasi segera, ya Laili. Panduannya udah gue buatin, tuh. Semoga bermanfaat.

    2. Wah… Seneng bisa berbagi, mbak. Iya, mbak.. Dibaca pelan-pelan dan dipahami dengan seksama. Kalau sudah mengerti konsep dasarnya, mudah-mudahan kedepan gampang menerapkannya. 🙂

      Sama-sama mbak.

  2. Beberapa waktu lalu pange pernah ngasih tahu tentang mengkompres gambar di twitter..

    tapi ternyata banyak banget penyedia jasa kompres gambar di internet.

    Dan kali ini aku dapet info baru tentang tinypng.com recomend dari google.
    makasih infonya.

    Untuk SEO, kayaknya aku ga terlalu mengutamakan hal itu.
    tapi aku penasaran pengen duduk di peringkat teratas google.
    jadi mungkin aku bakal belajar juga tentang SEO.

    *termotivasi

    1. Sama-sama bg Khairul. Senang Bisa membantu menambah pengetahuannya.

      Bener banget. Belajar SEO itu bukan kewajiban, tapi kalo kita bisa, kenapa tidak, bener gak?

      Yuk, sama-sama belajar.

  3. Kalo blogger personal kayaknya gak begitu penting ya bang SEO itu?. Tapi kembali juga ke orangnya sih, kalo yang hanya bikin blog buat sekedar nuangin perasaan mungkin gak terlalu penting. Tapi buat seorang blogger kayaknya kurang lengkap kalo gak paham apa itu SEO. Kalo tujuan kita berbagi tentu penting tahu tentang CEO. Jadi pengin belajar juga bang.

    1. Sebenarnya seperti yang jelaskan di post ini. Tergantung pada tujuan.

      Nah, tujuan ngeblog itulah yang melatarbelakangi kenapa harus belajar SEO atau nggak perlu belajar.

      Blogger Personalpun, aslinya perlu. Karena, nggak bisa dipungkiri, tentu sebagai blogger pengen tulisannya ada yg baca.

      Contoh kecilnya, dishare ke social media. Kalo memang niatnya gak mau dibaca, nggak mungkin sampe dishare ke somsmed, bahkan gabung di komunitas.

      Artinya, peran SEO itu memang penting untuk dipelajari. Tapi, sejatinya Konten selalu menjadi kunci dari sukses tidaknya teknik SEO yang digunakan. (ini versi tulisan wortel).

      Yuk, belajar di sini bareng gue.

  4. Blognya pange tu isinya emang bermanfaat semua ya, sekalipun ada cerita ala-ala tapi tata bahasa dan penulisannya enak diliat dan gak bikin sakit mata. Hehe
    Btw aku mau nanya nih tapi di luar seo boleh gak, aku bingung knp kalo aku share link blog di twitter, cuma link aja, sedangkan gambar tumbnailnya gak ada?
    Plis jangan jawab cari di gugel:(

    1. Hehehe. Cerita ala-ala gimana, Cili? Duh… 😀 Alahamdulillah, seneng bisa berbagi hal yang bermanfaat dan membuat mata pembaca tetep enak. 🙂

      Nah, itu caranya menggunakan Twitter Card Cili. Kalo pake Blogspot, caranya bisa dibaca di Page Tutorial Desain Blog. Untuk WordPress, tinggal pasang Plugin aja, kok. Gampang caranya.

    2. cerita ala-ala tu maksudnya yg selain tutorial atau info2 gitu hehe
      btw AKU DAH COBA!!!!! Yeayyyy ternyata bisa lohhh….. makasih yawhhhh Pangeee, semoga makin rajin bikin tulisan tentang per-blog-an, biar aku juga makin pinter sbg blogger hehe

  5. SEO itu seni, begitulah kata para master-master trik SEO di Google.

    tapi kok kayaknya ribet bener iya SEO ini, harus edit kodelah, terus harus teliti, iya ini yang kadang selalu ngebuat gue bimbang, "blog gue dipasang SEO nggk iya" bingung.

    abang!, ngomong ngomong cara memasang template zikazev blue bagaimana iya?

    1. Ya gitulah… Boleh juga dibilang seni. Nggak ribet asalkan cara belajarnya dengan panduan yang tepat. Karena, banyak teknik SEO yang gratisan seperti Pangeran terapkan ini, jarang ditulis dalam bahasa Indonesia.

      banyaknya bahasa Inggris. Makanya, Pangeran coba share ilmunya. SEO itu bukan dipasang. Artinya lo belum bener-bener paham, nih, soal SEO itu apa.

      Wah… Kurang tau kalo itu Tar.

  6. Karena cuma curhat aja di blog, jadi gak terlalu mikirin SEO.

    Dulu pernah sih mikir untuk belajar SEO, biar pembaca blog semakin banyak. Tapi makin ke sini lebih suka cerita aja di blog. Bahkan sekarang juga timbul keinginan untuk tidak menghilangkan emblem wordpress.com di blog. Biar terkesan masih blog amatiran, padahal kan memang amatiran :D.

    1. Ya itu kembali ke pribadi masing-masing, yu. Karena, perlu atau nggak itu relatif.

      Ya nggak masalah, sih. Mau digimanain blog lo, Yu. hehehe. Semua keputusan ada di lo. Semoga keputusannya tepat. 🙂

  7. Penjelasannya lengkap, jadi tau CEO sekarang.
    pernah dulu postinganku menduduki tingkat pertama, isinya materi soale hukum padahal cuma blog biasa. kalo sekarang isinya cerita sendiri jadi gak terlalu mikir CEO, tapi perlu tau, sekarang jadi tau.

    1. Diralat, di. SEO bukan CEO. Kalo CEO (Chief Executive Officer).

      Bagus itu, di. Nggak masalah, sih. Intinya gue sharing soal SEO buat edukasi yang merasa perlu. Kalo nggak, ya nggak masalah, sih. 🙂

  8. kayaknya dulu kotak komennya heru bisa pake url sama name deh… sekarang nggak bisa ya? yah jadi gabisa komeng dengan bermacam2 ID dong *LOL modus

    kakak jarang2 pake SEO, kadang pake juga emang sih tapi lebih suka nulis apa adanya aja sesuai perasaan #cielah apeu

    1. Hehehehe. Sekarang udah nggak bisa, kak. Karena, banyak yang nyepam. XD

      Sebenarnya Tulisan Wortel juga nulis apa adanya lho, kak. Tinggal caranya aja, mengkobinasikan konsep SEOnya. Nanti deh, di panduan selanjutnya Heru tulis caranya. 🙂

  9. Selalu suka sama tutorial-tutorial buatan lu. Gua udah ngeblog bertahun-tahun, tapi gua masih kurang ngerti sama yg namanya SEO ini. Maklum, soalnya selama ini cuma nulis tanpa mikirin mau monetize blog dll. Tapi sekarang setelah masuk ke dunia kerja, gua mulai ngerasa butuh untuk mencari cara bisa mencari nafkah lewat blog, makanya akhir2 ini jadi rajin belajar soal SEO hehehe (telattt)

    Thank you ya buat tips-tipsnya, ditunggu tips-tips SEO berikutnya =)

    1. Duh… Seneng ada yang suka panduan yang gue buat. Semoga selalu begitu, ya bg.

      Hahaha. Tapi, pembaca blog abang jelas lebih banyak dari blog newbie ini bg. Jadi, tanpa monetize juga udah bisa SEO. hehehehe.

      Telat nggak apa-apa bg, daripada nggak tau sama sekali. 🙂

      Sama-sama bg. Siap…

    2. Sebenernya dari dulu gua udah sering denger tentang SEO dari blogger2 senior. Tapi waktu itu gua mikirnya…ah, gua mah nulis aja santai, ga usah mikirin SEO. Kalo tulisan gua bagus, pembaca juga akan datang sendiri kan?

      Tapi ternyata tidak semudah itu, hahaha. SEO itu penting kalo kita ingin blog kita semakin dikenal…

  10. Terima kasih untuk tutorial ini. Sampai sekarang, gue masih belum ngerti apa itu SEO. Walaupun udah banyak browsing tentang SEO, gue tetep nggak ngerti. Mungkin karena guenya yang masih belum kebayang.

    Tapi untuk tutorial ini, gue jadi kebayang. Terima kasih!

    1. Sama-sama bro… Memang begitulah adanya. Banyak pembelajaran teknik SEO di luar sana bahasanya terlalu tinggi (bagi pemula). Gue juga di awal belajar SEO, sampe bingung konsep dasarnya itu buat apa.

      Tapi, setelah mempelajari di beberapa situs dan langsung dengan pakarnya, akhirnya gue bisa menyimpulkan ternyata begitulah konsep SEO yang sebenarnya. (seperti yg gue jelaskan di post ini).

      Wah.. Seneng bisa membantu biar ngerti tentang SEO. Tenang. Ini masih panduan openingnya. Nanti di panduan selanjutnya akan lebih banyak belajar lagi. 🙂

  11. SEO memang penting, apalagi buat anak2 content writer gitu.. harga mati tuh yak. tapi blunder dari seo ya begitulah… blogger2 bisa jadi budak2 pageviews. wahahaha. kalo gue sih teknik seo cuma fokusin ke penempatan kata kuncinya aja.. gak mau ambil pusing soalnya, hohoho 🙂

    1. Setuju!!! Tapi, sebanarnya teknik SEO itu nggak rumit kalo udah ngerti konsep dan caranya.

      CUman.. Kebanyakan blogger hanya tau pengertian. BUkan konsepnya. Artinya, kalo nggak ngerti konsep si mesin pencari maunya apa? Ya gimana mau ngerti SEO.

      Nah, penempatan keyword juga jangan salah teknik, ya. 😀

  12. Wah sering banget nih buat tutorial dan tips untuk blog , pange ? .

    Kalo gue sebelum nya gak ngerti sama SEO , ya yang gue ngerti hanya pengertiannya aja. Jujur sih , gue gak tau kira kira blog gue ini gimana jadinya , tapi kalo gue baca dari postingan ini , SEO itu bagaikan udaH jauh banget dari blog gue.

    SEO emang kayaknya udah jadi bagian dari blog ya , pange ?.Setiap kali gue melihat postingan postingan yang berhubungan dengan blog itu enggak terlepas dari yang namanya "SEO".Dan gue pun memang tertarik banget dengan SEO ini.

    1. Iya, Ar. Lagi seneng sharing ilmu yg kebanyakan dipelajari tpi blm sempat dibagikan. 🙂

      Semua blog punya potensi, kok. Seperti yg gue bilang, tanpa Teknik SEO pun, sebenarnya lo tetep bisa mengoptimalkan konten yg lo buat. Asalnya tau konsep dasarnya dgn baik.

      Nggak juga. Apapun blognya bisa dioptimalkan dengan SEO. Waduh… Keknya lo harus pelajarin ulang deh, baca tulisan ini. Biar paham konsepnya.

      Kalo tertarik, mari belajar. 🙂

  13. Aku belajar SEO dikit sih. Nggak master juga. Tapi memang aku akuin SEO itu penting untuk yang pengen halaman utama tapi nggak beratin di konten. Misal, website pemerintahan, sekolah, toko online atau blog personal sekalipun.

    Karena ketika menulis SMP 3 Jember misalnya, google akan langsung mengutamakan website resmi tsb yang sudah ber-SEO. Kalau nggak dikasih SEO, yaaa mungkin bakal kalah jauh sama blog personal yang pembacanya banyak, dan kebetulan lagi bahas SMP 3 Jember.

    Untuk halaman yang seprerti itu yang wajib SEO, supaya tepat sasaran ketika search diblog.

    1. Nah…. Vindy bener banget. Aslinya sih, penting. Cuman, banyak yang ngerasa nggak penting. Padahalkan, (kebanyakan) blogger pengen blognya dibaca. Tapi, yasudahlah.. Itu kembali ke diri mereka masing-masing.

      Nah, terimakasih tamabahn contohnya, ya Vin. NICE!

  14. Saya lebih mementingkan konten dulu. Indikatornya punya banyak pembaca tetap yg selalu menanti, menagih blogger utk update. Kalau udh baru dipoles pake SEO.

    Percuma mati-matian genjot pake SEO tp ternyata konten kita ga bisa bikin pengunjung datang lagi.

    Tapi ya tergantung masing-masing aja. :p

    1. Kenapa nggak sekalian keduanya aja bro? Kalo gue sih, mending konten dibuat berkualitas + SEO. Ini jauh lebih baik daripada yang udah selesai ditulis tanpa teknik SEO, terus mau dipoles? Hem… Berat… Kecuali lo pake Black Hat yang sekarang sering dipinalti sama Google.

      Nah, kalo yg konten nggak berkualitas tapi dibuat SEO sebenarnya nggak percuma juga, sih. Hehehe. Karena, master SEO bilang "SEO No.1" dan "Konten No.2"

      Kalo gue sih, karena belajarnya White Hat SEO yang 'No.1 Konten' 'No.2 Konsisten' dan 'No.3 SEO'

      Yup. Kembali lagi ke pribadinya masing-masing. 🙂

  15. Mnurut saya seo itu penting, konten adalah otak dan seo adalah jantung. Tanpa seo, tulisan itu tidak akan pernah diketahui oleh siapapun. Terkubur, membusuk dan lapar.

    Sya mmpunyai beberapa buku tntang SEO. Dn betul kata penge, apa yg dtuliskan disini masih 10 % sisanya 90% yang blum dikupas tuntas.

    Skalian dibikinin E-book dong pang. :))

    1. Waduh… Rey selalu senada sama gue, nih. HIDUP REY!!! hahahaha. Setuju pake bangetlah, Rey, sama pendapatmu.

      Wah… Bagi-bagi dong, Rey. Bukunya… Yoi, ini masih pembuka ilmu SEO. Nanti di Belajar SEO selanjutnya akan ditambahkan lagi yang 90%.

      Siap… Ditunggu aja sampe ilmu Belajar SEO ini selesai, ya. 🙂

  16. Kayaknnya setelah lama gak kesini kemudian kesini lagi, lo kayaknya bikin postingan yang sangat bermanfaat sekarang, nih. 😀

    Bukannya yang kemarin gak bermanfaat, tapi yang sekarang itu lebih. Kalo kemarin pas gue sering kesini, kan isinya hiburan semua. Sekarang ada info yang cukup bagus.

    Kalo menurut gue, SEO itu emang penting banget buat kita sebagai blogger. Tapi, kalo bikin blog cuma main-main aja, SEO itu gak penting. Soalnya kan SEO itu mempengaruhi hasil pencarian google. Bisa aja kalo kita pinter SEO, setiap post selalu ada di page pertama google.

    Pokoknya, makasih infonya yang bagus ini. KEREENN!! 🙂

    1. Iya, ni Ham. Lo kemana aja, habis dari Blogspot, sekarang udah pindah aja di WordPress. Kenapa? Udah nggak kuat sama HTML? hehehe.

      Alhamdulillah, mudah-mudahan bisa memberikan manfaat kedepannya.

      Iya, sih. Bener banget, Ham. Seperti yang gue bilang. Tergantung tujuan. Kalo blognya cuman pengen buat ngisi waktu tanpa mengharap ada yg baca apalagi dicari di Google.

      Ya, nggak usah pelajar SEO. Bisa aja, Ham. Asalkan itu tadi, kontennya memang bener-bener berkualitas.

      Sama-sama ham. Semoga bisa menambah pengetahuannya soal SEO.

  17. Aku sudha ngerti konsep dan cara kerja SEO, tapi masih terlalu dungu untuk penerapannya. Huhuuu
    Mungkin next time bisa coba-coba lagi belajar SEO.

    Bener bang Pang. Gak bisa dipungkiri juga sih, teknologi membuat orang untuk berkonsultasi dan bertanya secara langsung dengan orang lain. Lebih enak manfaatin internet dan google untuk memecahkan masalah daripada bertanya secara langsung dengan orang lain.

    1. Hahaha. Keknya, bahasanya terlalu gimana gitu, kalo Dungu, ka. Semua orang punya potensi dan porsinya masing-masing, kok. Siapapun bisa. Asalnya itu tadi, nggak gampang nyerah dan mau belajar.

      Ya begitulah, ka. Sekarangpun, mau siapa aja kalo ditanya bukan malah dijawab, eh, malah disuruh nyari di Google. Kalo ada paket? Kalo nggakkan nyesek bawaanya. XD

  18. Keren artikelnya.
    Bermanfaat banget.
    Apalagi menjelaskan nya secara sederhana jadi mudah di pahami sama yang awam sekalipun.

    Thank you PangeranWortel atas sharing nya.
    Sukses selalu.

    Btw, ajarin cara dapetin recehan melalui blog dunk
    hehehhe…

    1. Terimakasih atas apresiasinya, mas Mustafa.

      Sama-sama mas. Mudah-mudahan pembelajaran selanjutnya bisa lebih mudah dipahami dan tentunya mudah untuk diterakan.

      Hehehe. Boleh, mas. Ayuk belajar. 🙂

  19. Kalo pengalaman gue kayaknya paling ampuh emang milih keyword yang tepat di paragraf awal. Itu riset keywordnya gak sekalian dijabarin haha…

    Kalo blog personal kayak gue (yang nulisnya cerita sehari2 mulu) mungkin gak usah mikirin seo ya. Daripada yg niatnya cari info malah nyasar :))

    1. Sebenarnya dalam SEO sih, itu nggak terlalu membuat pengaruh yang besar. Apalagi untuk platform blogger. 🙂

      Riset Keywordnya di next post, Yog. Kelanjutan ini.

      Nggak apa-apalah, kan sambil menyelam minum air. 😀

  20. Wih mantep penjelasanhya padat dan jelas…
    Pange kemaren aku dapet info tentang web yang rank SEO gitu…
    kayaknya seru deh kalo misalnya dibahas…

    terus lain kali bikin sitelink di pencarian google dong… dari kmren gak nemu2 jawabanya…

  21. Mungkin harus kuat riset nya nih biar keyword yg mau kita unggulin bisa muncul di halaman utama. Semakin kuat gugeling dan riset semakin gede peluangnya.

    Tapi kalo blognya kaya gue mungkin nggak terlalu mikirin seo hahaha yg penting di update aja. Kalo hoki mungkin bisa muncul di halaman utama atau dapet site link eheheh

    1. Sebenarnya yg lebih tepat mengerti peluang dan celah. Karena, sekuat apapun riset keywordnya kalo nggak bisa ngasi konten yg lebih baik dari yang ada di pageone, akan ketendang juga, San. 😀

      Nggak apa-apa, kan penerapan SEO itu menyesuaikan aja, sih.

  22. Gw sih masih gak terlalu paham ya tentang SEO, tapi kalo misalnya ngandelin tags yang ada di blog itu ngaruh gak sih? Soalnya pernah coba pake tags yg kira2 sering jadi keywords di search engine, dan itu bikin tulisan gw masuk page one.
    Atau itu salah satu bentuk teknik SEO juga?

    1. Sebenarnya, kalo mau dijelasn mendalam, pengguaan tag hampir nggak ada pengaruhnya sama sekali. Kadang, malah terlalu banyak tag bukan bagus di SEO, orang ngeliat aja udah risih.

      Menurut analisa Pange, sepertinya blogmu itu sudah struktur SEO yang bagus. Tinggal cara menerapkkanya saja.

      Itu bukan salah satu. Teknik SEO itu yang 7 Poin di atas itu.

  23. Ngomongin seo ya pange, hmm.. mungkin untuk saat ini, keknya gak perlu seo ya pange, lagian gue masih newbie banget ahaha… mo belajar merangkai kata-kata yang baik dulu.

    Tapi panduan 1 sama 2 boleh tuh dipraktekin hihi.. biar gak payah-payah amat.

    1. Kalo bisa dipelajari sejak awal kenapa harus nunggu nanti, Yog? Sipp.. Terus banyak belajar tentang menulis konten yg berkualitas. 🙂

      Oke… Tinggal nunggu post selanjutnya aja. 🙂

    1. Sama-sama bg Yud. Semuanya kembali ke bloggernya, sih. Ya, meskipun nggak diterapkan, paling nggak konsep Dasar SEOnya udah bisa dipahami. Biar kalo ada yg nanya nggak bingung2 amatlah. 😀

  24. Pange, blognya makin mantap jiwah! Rapih, kontennya bagus. Coba isi blog aku, siapa tau jadi bagus terus bisa page one eheheh

    SEO sih perlulah dikit-dikit biar lebih rapih sama ena diliat. Tapi kan ini susah ya? Apa dayaku yang ngeliat tulisan panjang lebar aja pusing.

    Kalau aku kudu banyakin belajar nulis konten yang bagus dulu, baru belajar SEO biar blognya makin TOP.

    1. Terimakasih Nad. Semoga selalu bisa begitu. 🙂 Hahahahaha.

      Sebenarnya gini, Nad. di post inilah saatnya dirimu belajar tentang teknik atau konsep dasar SEO. Nanti kalo udah ngerti konsepnya, bakalan gampang banget ngerti di post kelanjutan ini.

  25. Bang Pange, aku mau juga kalo postingan ini dijadikan ebook. Semoga lancar dan segera di rilis ebooknya 😀

    Untuk yang panduan 1 sudah pernah dicoba. Dan, ya. Memang nanti pas di pencarian Google akan muncul deskripsi dari blog kita.

    Untuk yang panduan 2, karena aku baru tau bahwa gambar juga bisa, nanti aku coba praktekkan.

    Kalo tulisan di bold, italic atau di underline di dalam suatu postingan, apa juga bisa berpengaruh? Kok kalo aku baca sekilas tentang SEO (baca sekilasnya sih sudah lama banget), hal-hal yang seperti itu juga berpengaruh.

    1. Aminnnn. Nanti akan dicicil dulu postnya, kalau sudah selesai, baru dibuatkan ebboknya. 🙂

      Panduan 1 udah oke, ya? Sip.. Oke… Sebaiknya diterapkan di post selanjutya, ya kak. 🙂

      Itu sebenarnya nggak terlalu ngaruh sih, kak. Cuman, dalam beberapa penerapan SEO Black Hat banyak menggunakan cara ini. Banyak kok, konten di blog ini tanpa pake kombinasi itu berada di page one.

      Aslinya itu cara lama, sih. Kalo sekarang sejatinya konten sih, yang No.1 dan SEO no.2.

      Tapi… Jika penggunaanya tepat dan gak berlebihan, artinya masih wajar kalo harus dibold, underline dan italic. Ya itu nggak masalah. Karena memang diperlukan. Istilahnya untuk menegaskan bahwa yang kita bahas sekarang tentang A.

      Cuman banyak yg salah kaprah sih, kadang tiba-tiba ada teks yg diunderline dan italic, padahal juga bukan bahas inggris. Tapi lebih ke keyword yg mereka tuju.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *