Ada Apa Dengan Mobile Friendly

Halo guys, ketemu hari Kamis lagi dan Saatnya WORTELINFO. Setelah beberapa minggu kemarin gue ngobrolin tentang beberapa pulau di Indonesia, kali ini gue mau ngomongin tentang teknologi, khususnya ngomongin blog, sih. Soalnya postingan ini udah lama banget gue tunda karena gue bakalan lahiran (ya nggaklah, masa gue ngelahirin).

Post WORTELINFO kali ini, Pangeran mau ngomongin soal mobile friendly. Buat kalian yang baru di dunia blogger, mungkin yang namanya mobile friendly nggak begitu penting dan mungkin ada sebagian juga kurang tahu tentang ini. Tapi mudah-mudahan dengan Kalian membaca WORTELINFO kali ini, kalian bisa ngerti apa itu mobile friendly. “Disimak baik-baik, ya.”

Jadi, Mobile Friendly itu apa ya Pangeran? Sama dengan Mantan Friendly gak?

Udahlah jangan pada baper mulu. Pangeran mulai dari pengertian dulu, ya. Jadi, mobile friendly adalah sebuah teknologi design di mana blog/website kalian tampil dengan baik di perangkat mobile (iPhone, iPad, Tablet). Sebenarnya gak di perangkat mobile aja sih, lebih luasnya di semua perangkat. “Kerenkan?”

Terus, apa manfaat kalo design blog kita mendukung Mobile Friendly Pangeran?

Manfaatnya yang paling dekat adalah tampilan blog kalian jadi lebih keren, simple dan tentunya membuat pembaca lebih nyaman. “Kalo udah nyaman, gak bakalan mendua kok.” Hal ini juga mengurangi kejenuhan pembaca blog/website kalian merasa tidak nyaman dengan tampilan PC yang bisa dibilang berat untuk tampil di smartphone.

Seiring berkembangnya teknologi yang ada, dari PC yang berukuran besar sampai diciptakan smartphone yang berukuran kecil, ringan, dan bisa dibawa kemana aja. “Emang sih PC bisa dibawa kemana aja. Tapi ngapain???” Tentunya akan membuat pengguna mobile semakin terus meningkat setiap tahunnya. Apalagi sekarang sudah banyak Hotspot gratis di mana-mana. Hal itu gak menutup kemungkinan, kalo pengguna mobile lebih seneng untuk membuka browser menggunakan smartphone mereka. Ketimbang harus pulang, mandi, nyuci, makan, baru buka PC. Rupanya kuota habis. Tapi, dengan adanya perangkat mobile, pengguna bisa langsung menjelajah dunia hanya dengan genggaman. “Genggamnya jangan kuat-kuat, emang mau nyebrang.”

Rupanya, kemajuan  ini telah menyita perhatian Google untuk membuat pengguna Smartphone ketika melakukan pencarian di Google ada muncul tulisan “Mobile Friendly” Ini contoh tampilan dari google :

Nah, kalo ini tampilan Mobile Friendly pada blog Tulisan Wortel :

Terus, gimana cara supaya blog kita bisa  jadi Mobile Friendly Pangeran?

Kalo kalian tanya caranya buat gimana? Mendingan kalian dateng ke Pekanbaru dan gue ajarin. Tapi gak usah segitunyalah. Sekarang udah banyak banget kok, template blog gratis yang mendukung Mobile Friendly atau kalian juga bisa menambahkan kata Responsive Design ketika melakukan pencarian. Jadi, kalo kalian gak bisa design atau otak-atik template karena takut galau sama HTML. Mending download aja, ya nak. Jangan biarkan otakmu untuk mikirin HTML mulu.. Hati tu… Pikirin.. #eaaaa

Gini Pangeran, blognya udah diganti template yang mobile friendly, terus gimana caranya kita tau blog kita udah Mobile Friendly atau belum?

Gampang kok, gak susah caranya. Kalian cukup membuka link ini : Mobile Friendly Test

Terus masukkan URL blog kalian. Lalu klik Analize (Analsis). Tunggu beberapa saat sampai 100%. “Jangan ngeluh, gak selama nungguin dia Peka kok.” Setelah selesai, maka hasilnya seperti ini :

Ke bawahnya masih ada. Maklum, pake hape.

“Pangeran, blognya udah diganti design Mobile Friendly, udah submit URL dan sama hasilnya seperti punya Pangeran, tapi di pencariam Google kok belum muncul tulisan Mobile Friendly-nya?”

Udahdeh. Jangan panik gitu. Tenang aja, semua pasti butuh proses. Jadi, setelah kalian submit URL di Mobile Friendly Test, URL kalian gak akan langsung muncul tulisan ‘Mobile Friendly’. Bedasarkan Pangalaman Pangeran, beberapa hari yg lalu Pangeran mendesain ulang Blog Usaha Pangeran, dan setelah submit memang gak langsung muncul, butuh 2 hari kemudian baru ada muncul Mobile Friendly di pencarian URL kalian. Gitu… Jadi jangan panik dulu. Ini contoh submit URL baru kemaren :

Ketika setelah submit URL di Mobile Friendly Test
Setelah 2 hari baru muncul text Mobile Friendly
—-o0o—-

Okelah, karena sudah dijelaskan semuanya. Semoga kalian ngerti. Kalo gak ngerti juga, bisa tanya-tanya gue di email atau mau chat langsung di akun Line gue heru.arya. Ow, ya. Ada yang ketinggalan ni. Jadi, semenjak peluncuran Mobile Friendly di pencarian Google, blog/web yang mendukung Mobile Friendly ini, akan lebih dioptimalkan pencariannya dibanding yang gak Mobile Friendly. Tentunya kalian bakalan kebanjiran pengujung. Tapi…. Kalo gak pernah diupdate. Mending simpen saja kalimat barusan.

Semua udah gue jelasin dan gue harap kalian segera mengganti tampilan supaya Mobile Friendly, ya. Terimakasih sudah membaca dan mencermati apa yang Pangeran jelaskan, semoga bermanfaat. Jangan lupa like, comment, share, and subscribe supaya kalian gak ketinggalan kalo ada post baru di tulisan wortel. See you guys….

17 thoughts on “Ada Apa Dengan Mobile Friendly

    1. Mobile Friendly itu istilah untuk menyebut suatu website apakah aksesibel di semua device termasuk mobile device. Sedangkan responsive merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk membuat website menjadi mobile friendly, metode lain yang dapat diguanakan misal dengan redirect permanent to mobile site.

    2. Nah…. Karen baru sempet bales, mas Jefry udah ngejawab. Makasih mas jef. Tadi pengen jawab gitu. Tapi, karena mas jef lebih cepet, malah lebih jelas.

      Nice jawabannya mas Jef.

  1. Hahaahaa aku juga di Pekanbaru Pangeran. Ayoo ajarin aku πŸ˜€
    '' Kalo udah nyaman, nggak bakal mendua kok. '' ya Allah baper. Wkaka

    baru tahu ada mobile friendly :)) hem leh uga nih dicoba. Soalnya aku nggak pinter otak atik HTML. Huhuu

  2. Wah, setelah gue ngecek blog gue, ternyata blog gue termasuk Mobile Friendly.

    Mantep nih, ada keungguulan optimisasi pencarian setelah mobile friendly. Merasa dapet energi buat nge-blog!

    Thanks for information, pangeran πŸ™‚

  3. Inget kalo genggam hp, jangan erat-erat itu hp bukan tangan cewe.
    Pesan tadi dipersembahkan dari jomblo setelah membaca tulisan seorang jomblo.

    Udah move on dari pulau-pulauan nih, ngarepnya giliran pulau-pulau kecil gitu yang dibahas.

    Mobile friendly emang keren sih, cuma aku masih pake mobile friendly bawaan blogger yang warnanya putih. Ringan aja kalo dibuka pas lemot.

    1. Hahahaha Rizki gitu orangnya… Jomblo ngomong jomblo.

      Jangan kebanyakan ngarep. Makanya lo jomblo mulu ki…

      Gak masalah, tapikan gak mendapat optimalisasi pencarian dengan kode 'Mobile Friendly' kan???

      Ini soal pilihan, sih.

  4. mobile-friendly tampilannya doang, kuotanya kagak.. bener kan?
    malah tampilan mobile blogger itu hemat kuota..haha *beda dikit lah haha*
    css-nya kecil, gak pake javascript, dan emang "pure" ke konten doang fokusnya.

    mobile friendly = friendly ke iphone atau ke android doang!

    1. Namanya juga zaman udh maju bg Yunior. Masa' lo mau gituΒ² aja. Ikuti perkembangan dong… Lagian kalo ngomongin kuota keknya gak jadi alasan deh, kenapa gak buat mobile friendly.

  5. Tapi gue malah kurang suka baca lewat ponsel, kalo bisa lewat laptop biar puas sama tampilannya.

    Untuk WordPress yang gratisan keknya gak perlu mikirin ini bg, setiap tema udah ditentukan tampilannya untuk beberapa perangkat mobile. Gue barusan cek, blog gue mobile friendly. Yeeah

    1. Lah sistem Optimalisasi Pencarian Google ini bukan soal lo suka atau enggaknya yu. Ini lebih kepada kemudahan pencari informasi menggunakan ponsel. Karena sekarang sudah banyak sekali ponsel jadi benda yang wajib bagi setiap orang. Makanya, Google memberikan kelebihan pada perangkat mobile friendly. Lebib gampangnya tampil baik di semua perangkat.

      Yey…. Sama kita…

  6. wah… poor me.
    blog gue nggak mobile friendly. blog gue nggak responsive kalau via smartphone dan hape lainnya… mungkin harus diganti biar lebih optimal. nanti sekalian ngerombak templatenya aja dah..

    1. Lo gak usah Mobile Friendly juga udh bagus rating lo jev. -_- Kan kerjaan lo ngeblog terus. Apalagi bisa konsisten. Itu udah cukup.

      Kalo blogger kek gu ini, yang gak bisa ngeblog setiap saat gimana?

      Tapi, patut dicoba. Supaya memberikan pengalaman terbaik buat pembacamu. Selamat mencoba..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *