Tampilan baru Blogger

Apa yang Menarik dari Tampilan Baru Dashboard Blogger?

Membahas tentang tampilan baru blogger yang beberapa waktu lalu heboh. Mungkin ini seperti doa yang dikabulkan oleh pengguna blogger.com yang akhirnya 22 November 2016 yang lalu, Blogger mengumumkan dalam artikel  A first few tweaks toward a better Blogger bahwa blogger telah merilis tampilan dashboardnya menjadi lebih baru.

 

Cuman, yang jadi pertanyaan kenapa baru sekarang Pangeran membahas tampilan baru dashboard blogger?

 

Gini, alasan paling mendasar karena Pangeran ingin melihat tanggapan dari beberapa temen blogger lain tentang tampilan baru dashboard blogger ini. Sampai sejauh mana mereka sudah memahaminya.

 

Apakah semuanya benar-benar akan merasa nyaman dengan tampilan baru dashboard blogger yang sekarang?

 

Baik, inilah saatnya Pangeran menjelaskan apa saja yang menarik dan kurang menarik dari tampilan baru dashboard blogger yang dirilis bulan kemaren ini.
Mari kita bahas.

 

 

Pada tampilan homepage sebelumnya, ketika kalian mengujungi blogger.com, maka akan langsung diarahkan untuk berada pada page Login seperti ini :

 

homepage login blogger

 

Tapi, lain halnya sekarang. Blogger ingin lebih menjelaskan kepada calon pengguna baru untuk lebih mengenal apa saja yang bisa dilakukan pengguna baru jika membuat blog di blogger. Jika sebelumnya blogger.com, sekarang menjadi blogger.com/about seperti ini :

 

Homepage Blogger About

 

Jujur, ini yang paling menyita perhatian Pangeran. Soalnya, tampilan homepage blogger kali ini nggak ketinggalan zaman. Maksudnya, tampilan homepage dibuat lebih menarik dengan memberikan sedikit pengetahuan apa saja hal yang menarik ketika membuat blog di blogger.

 

Mengusung tampilan material desain, Pangeran pokoknya sangat setuju untuk yang homepage ini. Simple, jelas dan menarik. Google emang tau mana yang terbaik untuk setiap usernya. Untuk yang satu ini wajib banget dipertahankan.

 

2. Menu (Navigasi) tampilan baru dashboard blogger

 

Mungkin ini akan Pangeran bahas satu per satu dari navigasi yang lama ke navigasi yang baru. Sangat banyak sekali yang diubah oleh Blogger pada tampilan dashboard ini.Lalu, menu (navigasi) mana saja yang diubah oleh blogger?

 

Oke, mari kita bahas satu per satu.

Pilihan Blog

 

Pastinya, ada beberapa pengguna yang sudah membuat blog lebih dari satu. Contohnya seperti Pangeran. Pada tampilan yang lama, kita bisa melihat jumlah pageview, kapan terakhir mengepost dan adanya jumlah komentar yang dimoderasi. Tapi, sekarang semuanya tidak lagi. “Kamu udah nggak kek dulu lagi..” XD

 

Saat kalian sudah berada di tampilan baru dashboard blogger yang sekarang, blog yang lebih update akan berada pada pilihan pertama. Masih sama seperti tampilan sebelumnya. Tapi, navigasinya sekarang dijadikan satu pada bilah kiri atas.

 

tampilan baru dashboard blogger

 

Jika kalian bertanya apakah ini menarik atau tidak, lebih baik kita lanjut ke pembahasan selanjutnya.

 

Post

 

Ada beberapa hal yang diubah oleh blogger pada halaman post ini. Misalnya seperti kumpulan post. Icon Komentar dan View mengalami pengubahan.

 

Kemudian, pada entry post juga ada tombol baru yaitu Emoticon (Smile, Symbol dll). Dulunya, jika Pangeran mau memiliki emoticon ini, harus menambahkan coding dulu. Bukan hanya emoticon tapi ada tambahan mengenai akun siapa yang sedang mengepost.

 

entry post baru blogger

 

Komentar

 

Ini yang Pangeran bahas di awal tadi. Blogger sepertinya melakukan sebuah kesalahan. Sebenarnya bukan kesalahan, sih. Lebih tepatnya menghilangkan fungsi yang lebih baik menjadi tidak menarik lagi.

 

Sebelum tampilan yang sekarang, kalian pasti akan mudah mengetahui berapa orang yang sudah mengirimkan komentar tapi belum dipublish (jika komentar blog kalian dimoderasi).

 

moderasi komentar blogger

 

 

Berbeda dengan yang sekarang, blogger justru menghilangkan berapa jumlah komentar yang dimoderasi. Alias kita cuman bisa tau melalui email yang masuk. Jika dari dashboard blogger, harus sering-sering cek manual di komentar yang belum diterbitkan. “Kan nambah kerjaan. -_-“

 

Sarannya, ya semoga Blogger sadar, sih, apa yang udah beliau hilangkan ini berpengaruh besar terhadap penggunanya.

 

Daftar Bacaan

 

Pada tampilan sebelumnya, kalian bisa langsung melihat feed dari postingan terbaru blog yang sudah kalian ikuti. Tapi, sekarang Blogger membuatnya lebih rapi dengan dibuatkan menu tambahan daftar bacaan.

 

daftar bacaan feed blogger

 

Ya kalo Pangeran lebih suka yang sekarang, sih, daftar bacaannya. Karena, di tampilan sebelumnya, dashboard blogger seakan terlalu panjang ke bawah. Untuk sekarang lebih rapi.

 

—o0o—

 

Begitulah tadi pembahasan tentang tampilan baru dashboard blogger di akhir tahun 2016 ini. Sebenarnya masih ada hal lainnya yang diubah oleh blogger. Seperti Ikhtisar ada bagian yang hilang dan Warna link yang sebelumnya lebih memilih warna biru, sekarang sedikit hijau tua soft gitulah.

 

Mengenai tampilan yang sekarang, secara keseluruhan Pangeran sangat suka. Tapi, di beberapa sisi mungkin lebih baik tampilan yang sebelumnya. Ya intinya bagaimanapun tampilan dashboard blogger yang sekarang, konsisten update adalah yang terpenting.

 

Baca juga : 11 Cara menjadi blogger konsisten

 

Pangeran sendiri mohon maaf, selama bulan November kemaren tidak bisa update. Karena, sekarang sudah kembali ke kampung halaman lagi. Jadi, baru di awal Desember kemaren, WIFInya terpasang di rumah.

 

Makanya, sekarang baru bisa update. Ya walaupun nggak bisa update, Pangeran tetep kadang-kadang ke warnet buat ngintip postingan baru blog temen blogger lain.

 

Mudah-mudahan setelah postingan baru ini, WIFI nggak ada masalah, Pangeran akan terus update dan sekarang sedang menyiapkan beberapa kejutan di tahun 2017 untuk tulisanwortel.
Apa aja kejutannya?
Tunggu tahun 2017, ya…
Okelah. Sepertinya itu dulu yang bisa Pangeran bagikan kali ini. Jangan lupa sharing juga apa pendapat dan alasan kalian tentang tampilan baru dashboard blogger yang sekarang di komentar, ya. Pangeran Wortel pamit. See you…

48 thoughts on “Apa yang Menarik dari Tampilan Baru Dashboard Blogger?

    1. Ya gitu deh, kak. Emang sebaiknya feed itu ada di Halaman pertama. Tapi, mungkin Blogger pengen ngasi tampilan yang lebih rapi. Jadi, dibuatlah dalam bentuk menu. 🙂

      Kalo soal ribet, ya gitudeh..

  1. Iya nih tampilannya sekarang berubah, aku lebih suka yang dulu, karena ya simpel aja, sebenarnya skg simpel tapi daftar bacaannya jadi menghilang harus buka satu2 gt.
    but aku tetep cinta sama blogger hehehehe

  2. gua sebenernya tidak mempermasalahkan tentang updatenya blogger. hanya saja gua kesel, yang awalnya kita bisa ngelihat langsung bacaan dari kawan kawan blogger, sekarang langsung muncul di bagian pos, klo kayak ginikan gua malah kesusahan blogwalking ke kawan kawan.

    i love old vesion

  3. Wah emang bener tuh ka kalau tampilan blogger skrg lebih menarik..

    Tapi kalau masalah tampilan statistik aku lebih suka yang dulu ka..
    Diagramnya yang dulu lebih menarik karna menurutku itu simple.

    Tapi nice lah tampilan blogger yang skrg ka 🙂
    Pasti orang yang pertama kali terjun ke dunia blog langsung tertarik sama blogger

    1. Yoi.. Setuju sih, gue. Hehehe. Ya setiap orang beda-beda, sih.

      Nah… Bener banget tuh. Buat yang baru ngeblog dan milih blogger, pasti bakal betah banget. Tau-tau udah rapi aja. 🙂

  4. Aku juga suka tampilan dashboard blogger yang baru, lebih rapi dan simple. Tapi mungkin karena masih baru, masih belum begitu nyaman juga sih. Muehehe~

    Masih keinget yang lama, pas buka biasanya udah langsung liat feed postingan terbaru dari temen blogger lain, pas klik blog gitu juga langsung keluar pageview atau ikhtisarnya gitu, sekarang engga. Tapi overall, tampilan yang baru ini lebih menarik. Duh ini kok plin plan yak. xD

    1. Nah…. Setuju… Karena baru, jadinya butuh penyesuaian, ya Nov. Ya, namanya juga baru.. 😀

      Hahahaha. Intinya ada sisi menarik dan kurangnya juga, ya Nov. Maklumlah, namanya buatan manusia. Pasti masih ada kekurangan di sana-sini. 🙂

      CUman, keseluruhan gue suka banget yg skrg.

  5. Sebenarnya aku nunggu-nunggu updatean terbaru nih dari mas Heru. Aku berfikir apa mungkin membahas tampilan blogger yang baru. Ehh, sekarang bikin 🙂

    Untuk home pagenya aku suka yang terbaru, terlihat lebih fresh dan terlihat lebih menarik, terutama bagi mereka yang baru mau membuat blog 🙂

    Betul mas Heru, aku lebih suka tampilan yang dulu di bagian komentarnya. Yang sekarang jadi harus lebih sering cek komentar.

    Untuk daftar bacaannya aku lebih suka yang sekarang, selain menarik, kita tak perlu scrol sampe ke bawah.

    Oh gitu mas, pantesan tak pernah kelihatan tapi di grup aktf.. hehe
    Semoga sehat terus mas Heru, agar terus bisa berbagi di tulisanwortel ini dan semoga WIFInya selalu bersahabat 🙂

    1. Duh… Maaf, ya Mas. Sejak udah nggak di Pekanbaru, akunya kesulitan jaringan hampir 2 minggu lebih. Tapi, syukurnya sekarang sudah normal kembali. WIFI sudah terpasang. 🙂

      Tentu ikut membahas dong.. Karena, ini moment yang ditunggu-tunggu banget.

      Yoih… Buat yang mau baru terjun ke dunia blogger, tentunya tampilan awal Blogger.com skrg sangat menarik perhatian.

      Nah, itu dia. Soal moderasi keknya jadi masalah. Nggak tau bakalan ada update lagi atau nggak, siapa tau dibuat notif seperti Google+ mungkin. Semoga saja.

      Iya, yang sekarang lebih rapi untuk feednya. Nggak kek dulu. Tapi, kembali soal selera, sih.

      Di Grup aktif pas jaringan ada aja. Kalo ngeblog gini, butuh banget jaringan kenceng. Amin…. Semoga selalu begitu, ya mas.

  6. Saya udah gak pake blogger nih. Tapi emang lebih keliatan eye-catching sih untuk tampilan yg sekarang, tapi meskipun gitu sangat disayangkan juga ya fitur lama yg lebih efisien harus berubah, padahal kalau gak dihilangkan lebih bagus lagi & jadi point plus buat blogger

    1. Bener banget. Lebih material design gitu.. Ya cuman moderasi emang jadi poin yang salah sih, kenapa blogger justru menghilangkannya. Nggak tau apa misinya. Mudah-mudahan ada perbaikan kedepannya.

  7. Yang sekarang agak kurang suka, karena daftar bacaan udah pindah letaknya, jadi kurang praktis aja kalo pas buka lewat hape.

    Tapi untuk tampilan awal sih bagus, simbolnya juga makin baik.

    Semoga blogger makin maju.

  8. Aku juga boleh ikut berpendapat ya.

    Aku ada yang suka dan tidak suka.
    Suka karena lebih rapi. Ringas. Modern. Tidak bertele-tele.

    Tidak suka karena daftar bacaan harus diklik dulu. Aku terbiasa buka blogger pasti uda disuguhin daftar bacaan. Kalau gak dimunculin dulu, jadi percuma follow orang. Karena feeds nya gak realtime. Aku bakal lupa mau lihat update terbaru kalau gak klik dibawah itu.

    Gak sukanya lagi, gak user friendly di UC Mini halan dashboard nya. Buka sih, tapi gabisa beraksi apa2 pas diklik.

    Selain itu suka semua 🙂 karena aju gak ada moderasi.

    Dan kalau fitur notifikasi brp moderasi nya blm dipublish itu ilang, sayang bgt. Minus itu ktaku.

  9. Aku suka sama tampilan barunya, meski sedikit aneh waktu pertama kali lihat perubahan itu..

    Tapi ada satu aja yg kurang sreg sama aku, ya itu daftar bacaannya, kok dipindahin ke paling bawah.??
    Dulunya kan ada di tampilan pertama pas masuk blogger, biasanya itu yang aku suka, aku jadi tahu postingan terbaru blog-blog yg aku ikuti..

    Udah, itu aja sih.. 🙂

    #SalamSapa

  10. Haha awal pertama berubah trus kaget, loh list2 blog yg lain di mana. Kok langsung masuk ke blog pribadi mulu…

    Eh trnyata pilihan list blog nya ada di kiri atas, wkwk ngerjain nih si blogger.

    Update blog yg ku follow jg bingung dmn, trnyata ada di reading liat 😀

    Perubahannya saya suka, entah knapa kerasa lebih ringan. Pdhl ya ga berubah banyak scara tampilan, hehe

  11. looksnya lebih suka yang sekarang sih heru
    tapi lebih enakan yang dulu settingannya
    aku juga lama belum sempet bw jadinya numpuk2 hahaha
    gapapalah nanti dicicil

  12. iya nih baru sadar yang moderasi komentar udah ga ada hahah, iya nih yang komentar musti bolak balik buat lihat siapa ja yang komentarnya, jadi mas Heru jadi jarang nih balesin komentar pengunjungnya, yang lalu lalu banyak kosong, *stalking dikit postpostnya*

  13. Waah lu mah ruu detail banget ngejelasin perubahannya. Gua aja gak begitu merhatiin perubahaan perubahaan itu. Tapi iya sih ru, gua lebih suka dengan tampilan sekarang. Apalagi yang bagian daftar bacaan. Soalnya lebih rapi gitu, di banding yang sebelumnya.
    Nah kalo yang bagian komentar moderasi, itu kayaknya yang pake moderasi bakal ribet deh buat yg pake itu. Jadi bener bener butuh pertimbangan tuh.

  14. Aku agak pangling emang sama tamlilan baru blogger ini, apalagi udah beberapa minggu berlalu tanpa update. Yang paling bikin bingung adalah daftar bacaan, awalnya aku kehilangan daftar bacaan, ini pada ke mana postingan blogger yang aku ikuti, selidik unya selidik ternyata sudah dirapikan dengan menu baru.
    Jujur aja sih aku lebih suka tampilan lama, mungkin karena belum biasa aja, jafi berasa gagu.

    Oh ya bang request tutorial bikin artikel terkait di bawah postingan dong 🙂
    Terimakasih, semoga dikabulkan 😊

  15. Semoga Internet untuk ngeblog tuan Pangeran Wortel lancar selalu.
    Biar postingnya juga semakin lancar.
    Btw, Ane ikutan nunggu kejutan dari Pangeran Woertel di tahun 2017.
    Siapa tahu makin banyak menularkan ide-ide kreatifnya 🙂

  16. Sekarang lebih bagus sih karna lebih simpel.
    Tapi aku ga bisa bohong kalo aku lebih suka sama tampilan yang dulu, ga tau deh kenapa .

    Sejauh ini belum ada masalah sih.
    Tapi Masih harus membiasakan diri dengan perubahan dashbornya wakakak

  17. Ada yang suka dengan tampilan sekarang, ada juga yang suka dengan tampilan lama, semua tergantung selera mas.

    Yang penting tujuan utama bikin artikel yang bermanfaat bagi orang lain, dan bonusnya kita dapet keuntungan dari adsense hihihi

  18. kalo gue sih lebih suka tampilan yang lama, setelah login langsung muncul daftar bacaan blog yang kita follow, jadi gak perlu klik lagi ke bawah (kayak yang di tampilan baru).

    nah kalo di luar dashboard (tampilan sebelum login) gue baru tau kalo designnya dibikin menarik gitu, soalnya gue jarang logout akun gue, jadi kalo buka blogger.com langsung masuk, gak liat tampilan luarnya lagi :))

  19. Kalo komentar moderasi , itu gue kurang nyaman . Ya waktu itu sempat kaget aja,kok beda tampilannya apa emang dasbor gue yang eror apa gimana ? eh tau taunya memang ada perubahan sih .

    Tapi , jujur sih ya gue lebih nyaman sama tampilan yang lama dibandingkan yang sekarang .

  20. Waktu pertama kali Blogger mengubah tampilannya ini aku juga sempat bingung, eh tapi lama-kelamaan makin terbiasa dan enak juga. Soalnya tampilannya lebih ringkas dan rapi. Satu aja sih yang bikin aku agak nggak nyaman, yaitu daftar postingan baru dari temen-temen yang aku follow, nggak langsung muncul pas aku masuk ke blogger. Harus klik ke menu daftar bacaan dulu -_-

  21. untuk melihat blog yang terhapus sekarang gimana ya?

    dicari tdk ketemu
    kalau di tampilan lama khan ketemu biasanya dalam list blog yang dihapus,,,
    tinggal klik menu pemulihan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *